Viral

Kenalan sama Ma’ruf Amin, Cawapres Jokowi di Pilpres 2019, Yuk!

Foto: senayanpost.com
Dibaca 950

Udah nebak-nebak Mahfud MD, eh, ternyata cawapres yang diusung Jokowi buat Pilpres 2019 adalah Ma’ruf Amin. Kamu pasti banyak yang belum tahu deh siapa nama yang barusan Feedy sebut. Biar kamu tahu siapa dia, yuk, kenalan lewat profilnya di bawah ini!

FeedMe.id, Jakarta – Setelah banyak orang yang mengira cawapres Jokowi adalah Mahfud MD, Kamis malam, 9 Agustus 2018 akhirnya Jokowi bareng sama para ketua umum dan sekretaris jenderal parpol pendampingnya ngumumin siapa nama yang bakal jadi pendampingnya di Pilpres 2019.

Ternyata nama yang diusung sama dia bukanlah Mahfud MD kayak yang selama ini kita kira, Feedies. Jokowi bakal mengusung Ma’ruf Amin buat 2019 nanti. Wah, merasa di-PHP-in, ya? Dikira Mahfud MD, ternyata bukan.

Nah, kamu-kamu Feedies yang masih muda pasti belum banyak yang tahu siapa sih sebenernya Ma’ruf Amin ini? Nah, makanya yuk mari kita kenalan lewat profilnya di bawah ini!

Ketua MUI

Ma’ruf Amin sekarang ini udah berusia 75 tahun, usia yang cukup sepuh dan penuh pengalaman tentunya. Saat ini dia punya kedudukan sebagai Rais Aam (Ketua Umum) Syuriah PB NU periode 2015 sampai 2020. Selain itu dia juga menjabat sebagai  Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia atau MUI untuk periode 2015-2020.

Mundur jauh ke belakang, Ma’ruf lahir di Tangeran, Banten, 11 Maret 1943. Dari kecil, keluarganya udah nyekolahin dia ke Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur. Sehabis lulus dari pondok, dia akhirnya nerusin kuliah di Universitas Ibnu Chaldun, Bogor, Jawa Barat.

Dunia Dakwah

Dengan ilmu yang dipunya, Ma’ruf akhirnya terjun ke dunia dakwah. Dia pun jadi anggota koordinasi Dakwah Indonesia (KODI) DKI Jakarta. Selain di KODI, dia juga aktif di organisasi Nahdlatul Ulama dan Majelis Ulama Indonesia sampai sekarang ini.

Dunia Politik

Di dunia politik, Ma’ruf mulai terjun sehabis jadi anggota DPR DKI Jakarta dari Partai Persatuan Pembangunan. Lanjut lagi, Ma’ruf juga pernah diminta Partai Kebangkitan Bangsa buat jadi Ketua Dewan Syuro PKB.

Lewat PKB jugalah, dia pernah jadi anggota DPR/MPR RI. Di masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dia juga diminta buat jadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden dari periode 2007-2009 dan juga periode 2010-2014.

Wah, ternyata luar biasa ya sepak terjang Ma’ruf Amin ini. Oh iya, selain sepak terjang kariernya, ternyata dia juga mendapat anugerah sebagai Doktor Kehormatan atau Doktor Honoris Causa untuk bidang Hukum Ekonomi Syariah dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Gimana, Feedies, jadi tahu kan siapa Ma’ruf Amin itu.

Most Popular

To Top