Viral

Miris! Sering Dikunjungi Astronot, Bulan Banyak Sampah

feedme.id-moon
Dibaca 211

Bulan merupakan salah satu obyek luar angkasa yang paling sering dikunjungi oleh astronot. Dari berbagai kunjungan itu, ternyata membuat Bulan penuh dengan sampah, Feedies. Bahkan, jumlahnya mencapai ribuan, lho.

FeedMe.id, Jakarta – Sejak pertama kali dijamah oleh Neil Amstrong pada 20 Juli 1969, Bulan seakan gak pernah lepas dari misi para peneliti, Feedies. Bahkan, NASA sendiri udah bolak-balik ke satelit Bumi tersebut sebanyak enam kali setelah melakukan pendaratan pertamanya menggunakan Apollo 11 pada tahun 1972.

Dilansir dari National Geographic, seiring berjalannya misi tersebut manusia ternyata juga meninggalkan barang-barang di sana hingga menumpuk menjadi sampah sebanyak 809 obyek, Feedies.

Puing-puing itu terdiri dari peralatan ilmiah seperti modul pendaratan Bulan, enam bendera Amerika, dan empat retroflektor atau cermin yang membantu ilmuwan mengetahui Bulan bergerak 3,8 cm lebih jauh dari planet kita setiap tahunnya.

feedme.id-Trash-on-the-Moon-

Parahnya, ada 96 kantong berisi kotoran manusia, air kencing, dan muntah yang dibiarkan menggeletak di Bulan. Selain itu, ada juga dua bola golf, gunting kuku, foto astronot James Irwin yang sepertinya sengaja ditinggalkan.

Anehnya lagi, ada 100 tagihan sejumlah US$ 2 yang ditinggalkan di Bulan. Adapun alasan di balik tertinggalnya tagihan itu lantaran selama misi Apollo, para astronot hanya dibayar sekitar 17.000 dolar AS. Nilai itu dianggap kurang bagi manusia yang terlatih dan terlibat dalam salah satu misi paling berbahaya di dunia.

Saat itu James Irwin dan Dave Scott, dua astronot Apollo 15 memutuskan untuk mengumpulkan seluruh tagihan sejumlah $2 dan membawanya ke Bulan untuk mereka foto di luar angkasa, lalu menandatanganinya, membawa balik ke Bumi dan menjualnya di lelang untuk mendapatkan keuntungan.

Sayangnya, mereka malah lupa membawanya balik ke Bumi. Selain bekas sampah dari misi Apollo, ada juga berkas puing-puing dari misi program robot Luna milik Rusia. Kalo ditotal, jumlahnya mencapai 187.400 kilogram sampah yang berserakan di permukaan Bulan.

Wah, kalo udah banyak sampah duluan, gimana nanti bisa jadi objek wisata di luar angkasa ya? Yah, semoga aja tindakan lebih lanjut untuk membuat Bulan bebas dari sampah ya, Feedies.

 

Most Popular

To Top