Viral

Lebih dari 50 Tahun Beraksi, Pencopet Asal Jepang Ini Tertangkap Juga

feedme.id - Kazutoshi Yamaguchi
Dibaca 575

Kejahatan ada di mana-mana dan beragam banget kasusnya, salah satunya pencopetan. Bahkan, tempat ramai pun gak lagi bikin para pencopet takut. Kayak yang dilakukan pencopet profesional asal Jepang ini.

FeedMe.id, Jakarta – Aksi copet gak akan ketebak kapan dan di mana bakal terjadi. Makanya kamu harus waspada ya, Feedies. Kadang aksi mereka licin banget kaya belut.

Nah, ternyata aksi copet mencopet gak cuma terjadi di Indonesia aja, tapi juga Jepang. Bahkan, ada pencopet di Jepang yang udah beroperasi sejak tahun 1965.

Dia adalah Kazutoshi Yamaguchi, pencopet separuh baya yang usianya 69 tahun. Kazutoshi baru aja berhasil ditangkap oleh kepolisian Jepang. Pria ini bahkan dijuluki “Bag Master Yamaguchi” oleh banyak media.

Master copet ini tertangkap pada waktu dia lagi mencoba nyopet dompet berisi 6.000 yuan atau senilai 700 ribu rupiah dari seorang perempuan berusia 19 tahun di kereta Tokyo’s Toei Oedo Line.

Dilansir kepolisian Jepang dari ANN, Kazutoshi Yamaguchi mengatakan “Saya mencopetnya, karena benda itu muncul di hadapan saya.”

feedme.id - Kazutoshi Yamaguchi

Dalam video penangkapan Kazutoshi Yamaguchi, kakek yang udah menjalani masa pensiun tersebut terlihat lemah dan menggunakan tongkat untuk berjalan.

Dugaan muncul bahwa Kazutoshi Yamaguchi menjadikan kondisinya tersebut untuk menarget korbannya di kereta api.

Menurut data pemerintah Jepang pada November 2017, pelaku kriminal yang berusia di atas 65 tahun lebih berpotensi untuk mengulangi kejahatannya setelah mereka dijatuhi hukuman. Hal ini cenderung berbeda dibanding para penjahat yang usianya lebih muda.

Sebanyak 2.498 pensiunan dijatuhi hukuman penjara pada tahun 2016, dan sebagian besar kasus yang dilakukan adalah tindak pencurian dan pengutilan. Angka ini ternyata mengalami peningkatan empat kali lipat dibanding tahun 1997.

Gak cuma itu, ternyata permasalahan ekonomi jadi alasan klasik yang digunakan oleh para pensiunan di Jepang yang tertangkap melakukan tindak kriminal.

 

Most Popular

To Top