Viral

Jangan Dulu Berpikir Buruk, Ini Alasan Judo Larang Penggunaan Jilbab

Foto via Bola.com
Dibaca 17.8K

Seorang Judoka Indonesia, Miftahul Jannah, harus rela didiskualifikasi dari cabang blind judo Asian Para Games 2018. Didiskualifikasinya Miftahul ini karena ia menggunakan jilbab saat akan bertanding, padahal jilbab dilarang pada olahraga judo. Lalu, apa alasannya jilbab dilarang pada olahraga ini, ya?

FeedMe.id, Jakarta – Kabar kurang enak datang dari cabang olahraga blind judo Asian Para Games 2018. Pasalnya, judoka Indonesia, Miftahul Jannah didiskualifikasi lantaran dia menolak waktu diminta buat melepas jilbabnya.

Seharusnya Miftahul Jannah dijadwalkan bertanding di kelas 52kg melawan wakil Mongolia, Gantulga Oyun, di JIEXPO kemayoran, Senin, 8 Oktober 2018. Namun ia dilarang bertanding oleh wasit karena belum melepas jilbabnya. Hal ini berpacu pada aturan dari Federasi Judo Internasional (IJF).

Sempat Nangis

Miftahul yang merupakan atlet asal Aceh ini akhirnya memilih buat mempertahankan jilbabnya dan didiskualifikasi. Ia mengaku sempat menangis karena hal ini. Namun, setelah itu dia pun jadi lega akan keputusannya. Karena keputusannya untuk tetap memakai jilbab dia anggap sebagai keputusan terbaik.

“Lebih banyak lega. Saya juga bangga karena sudah bisa melawan diri sendiri, melawan ego sendiri. Saya punya prinsip tak mau dipandang terbaik di mata dunia, tapi di mata Allah,” kata Miftahul Jannah, seperti Feedy kutip dari Bola.com.

Baca juga: Pertama Kali Dikerok, Bule Australia Ini Bahagia

Nggak Cuma Jilbab

Terus kenapa jilbab dilarang ya dalam pertandingan Judo? Sebenarnya yang dilarang nggak cuma jilbab aja, Feedies. Menurut artikel 4 poin 4 dari Federasi Judo Internasional sebenarnya nggak cuma jilbab doang yang dilarang. Tapi semua jenis penutup kepala.

Di artikel itu tertulis, “The head may not be covered except for bandaging of medical nature, which must adhere to this one. ”

Untuk Keamanan

Nah, pertanyaannya sekarang adalah kenapa kok penutup kepala ini dilarang dalam pertandingan judo? Dikutip dari Viva, Penanggung Jawab Tim Judo Indonesia menjelaskan, hal ini dilakukan buat menghindari risiko tercekik penutup kepala saat bertanding, Feedies.

“Ini memang aturan dari judo internasional, alasannya karena ditakutkan pada saat main bawah (newasa), akan ketarik dari lawannya yang bisa menyebabkan tercekik,” kata Ahmad.

Baca juga: Rumah Dilanda Banjir, Emak-emak Ini Tetap Setia Nonton Sinetron

Jadi, sebenarnya nggak sepenuhnya salah kok peraturan dari Federasi Judo Internasional ini.  Karena memang untuk alasan keamanan. Keputusan Miftahul pun nggak salah juga kok, Feedies. Kita semua malah harus mendukung dan menghormati keputusannya. Semangat terus, Miftahul!

Most Popular

To Top