Viral

Fakta Dagestan, Tempat Asal Khabib Nurmagomedov

Foto via heavy.com
Dibaca 314

Khabib Nurmagomedov jadi terkenal setelah menang melawan Conor McGregor dan mengamuk di luar oktagon pada pertandingan UFC pada 7 Oktober kemarin. Terkenalnya Khabib ini juga bikin banyak orang penasaran sama Dagestan, tempat asal dari petarung bebas ini.

FeedMe.id, Jakarta – Sehabis bertarung sama Conor McGregor, nama Khabib Nurmagomedov jadi semakin terkenal. Pasalnya, dia berhasil ngalahin Conor pada pertandingan UFC di T-Mobile Arena, Nevada, Las Vegas pada Minggu, 7 Oktober lalu. Selain itu, aksinya usai pertandingan yang menyerang kru dari McGregor di luar oktagon juga bikin nama Khabib makin meroket. Penyerangan ini sendiri dilakukan karena Khabib merasa ayah dan agamanya telah dihina sebelum pertandingan.

Terkenalnya Khabib ternyata juga bikin banyak orang penasaran sama daerah asalnya yang masih asing banget di telinga masyarakat umum. Khabib memang berkewarganegaraan Rusia. Namun, sebenarnya ia adalah orang Dagestan, sebuah Republik di bawah kekuasaan Federasi Rusia.

Nah, buat kamu yang penasaran sama Dagestan, berikut ini Feedy kasih sedikit faktanya yang dihimpun dari berbagai sumber.

Dikelilingi Gunung

feedme.id-Dagestan

Republik Dagestan terletak di atas pegunungan Kukasus. Secara geografis, letak ini ada di dekat Timur Tengah atau Asia Barat. Dengan total area 50.300 km persegi, wilayah Dagestan lebih dominan dikelilingi ngarai dan jurang, Feedies.

Mayoritas Penduduknya Muslim

feedme.id-Dagestan 5

Meskipun masuk wilayah Rusia, mayoritas penduduk di Dagestan adalah muslim, Feedies. Jumlahnya bahkan lebih dari 80 persen. Mereka jugalah negara Islam pertama di wilayah Rusia. Maka dari itu nggak heran kalau Khabib juga memeluk agama Islam.

“Masjid Kembar” Istanbul Turki

feedme.id-Dagestan 3

Kalau ada kembaran dari Masjid Biru Istanbul Turki, itu adalah Masjid Agung Makhachkala, masjid paling besar yang ada di Makhachakala, Ibu Kota Dagestan. Kemiripan ini ternyata memang sengaja karena Masjid Agung Makhachkala memang meniru Masjid Biru Istanbul Turki.

Baca juga: Sebelum Jadi Musuh, Khabib Ternyata Akur dengan McGregor

Paling Multietnis di Rusia

feedme.id-Dagestan 2

Dari semua wilayah Rusia, Republik Dagestan adalah wilayah yang paling multietnis. Saking multietnisnya, Dagestan disebut juga sebagai “Mountain of Language” atau “Mountain of Nationalities”.  Ada 40 etnis yang berdiam di sana.

Gimana, Feedies, berkat Khabib kamu jadi makin kenal Dagestan, kan? Ada rencana buat pergi ke sana?

Most Popular

To Top