Viral

Ini yang Harus Kamu Lakukan Agar Tidak Termakan Hoax Politik

Chrystina Yohana Limas | 12 December 2018 - 21:57
Ini yang Harus Kamu Lakukan Agar Tidak Termakan Hoax Politik

Masih ingat nggak pilkada setahun yang lalu? Siapa di antara Feedies yang harus kehilangan teman hanya karena beda pilhan dan termakan hoax oleh dua kubu? Nah inilah yang harus Feedies lakukan agar tidak termakan hoax politik

FeedMe.id, Jakarta – Pilpres masih setahun lagi tapi kehebohannya sudah dimulai sejak sekarang. Kamu sebagai millennial harus cerdas di tahun politik yang semakin memanas ini, Feedies. Ini beberapa hal yang harus kamu lakukan :

Cek Alamat Situs

Sebelum membuka portal berita, sebaiknya cek alamat situs yang disebarkan lewat whatsapp, e-mail, atau bahkan nggak sengaja nongol di timeline media sosial kamu. Kamu bisa cek apakah situs tersebut menggunakan jasa domain gratis seperti domain blog. Jika iya patut diragukan keaslian beritanya. Biasanya dalam berita tersebut mencatut dari berita di media resmi hanya dirubah judul dan kata-katanya. 

Menurut catatan Dewan Pers, di Indonesia ada sekitar 43.000 situs di Indonesia yang mengklaim sebagai portal berita. Dari jumlah tersebut, yang sudah diverifikasi sebagai situs berita resmi jumlahnya tidak mencapai 300. Itu artinya di luar jumlah tersebut, ada puluhan ribu situs yang berpotensi menyebarkan berita hoax di dunia maya yang harus Feedies waspadai.

Jangan Termakan dengan Judul Provokatif

Yang kedua kamu harus perhatikan Feedies apakah berita yang kamu baca menggunakan judul yang membuatmu penasaran karena cenderung sensasional yang berujung provokatif. Sebagai contoh, judul tersebut langsung mengarahkan atau memojokkan pihak tertentu. 

Terkadang antara judul dengan isi bisa berbeda. Isi kadang diambil dari berita media resmi, hanya kadang diubah agar menimbulkan persepsi sesuai yang dikehendaki sang pembuat berita hoax. Jadi saat kamu melihat judul berita yang cenderung provokatif, ada baiknya cari referensi berita yang serupa dari portal berita resmi, lalu bandingkan isinya apakah sama atau berbeda. Sehingga Feedies tidak mengambil kesimpulan sepihak, tapi dapat berimbang.

Cari Tahu Sumber Berita yang Tercantum

Jangan keburu Feedies share beritanya yah! Cek dulu sumber berita yang dipakai oleh artikel yang kamu baca, Feedies. Apakah sumbernya berasal dari institusi resmi seperti KPK atau Polri? Saran Feedy jangan cepat percaya jika sumber berita berasal dari pegiat ormas, tokoh politik, atau pengamat. 

Perhatikan juga apakah berita yang kamu baca mengandung keberimbangan sumber, jika hanya ada satu sumber, patut diwaspadai karena kamu tidak dapat mendapatkan gambaran yang utuh. Hal yang perlu juga kamu perhatikan adalah perbedaan antara berita yang dibuat berdasarkan fakta dan opini. Karena fakta adalah peristiwa yang terjadi dengan kesaksian dan bukti, lain halnya dengan opini yang merupakan pendapat dan kesan dari penulis berita sehingga cenderung bersifat subjektif.

Jangan Lupa Cek Keaslian Foto/Video dan Tanggal Berita

Nah hal ini yang kadang sering terlupa oleh Feedies. Jika sudah termakan sebagian oleh berita yang dibaca, lupa mengecek tanggal berita tersebut diupload di media online. Jangan sampai kamu salah membaca tanggal yang tertera. Kamu jangan lupa juga untuk mengecek foto atau video yang ada di berita tersebut. Cara mengecek keaslian foto atau video, manfaatkan google image, lakukan drag dan drop ke kolom pencarian Google Images. Hasil pencarian akan menyajikan gambar-gambar serupa yang terdapat di internet sehingga bisa Feedies bandingkan.

Hal terakhir inilah yang paling penting, karena kadang ada berita yang lolos dari pengamatan kamu. Ini hal terakhir yang harus kamu lakukan

Ikut Grup Diskusi Anti Hoax dan Melek Dunia Poltik

Salah satunya yang bisa kamu ikuti adalah grup atau fanpage Turn Back Hoax. Di grup diskusi ini, kamu bisa bertanya apakah informasi yang kamu baca itu hoax atau bukan. Kamu juga bisa melihat klarifikasi dari sumber berita yang sudah diberikan oleh orang lain.

Bukan hanya mengikuti grup diskusi anti hoax, kamu pun harus melek dunia politik. Agar kamu tidak terbawa arus, dan termakan hoax berita politik. Feedy sarankan kamu meningkatkan kompetensi diri dengan pendidikan lebih tinggi di Ilmu Pasca Sarjana jurusan ilmu politik Universitas Indonesia. 

Ssst bukan hanya jurusan ilmu politik saja yang ada di UI, kamu juga bisa mengambil jurusan unik yang tidak aka nada di kampus lain, yakni Kedokteran Penerbangan. Kamu bisa cek info selengkapnya di Pasca Sarjana Universitas Indonesia. Jangan lupa juga ikutan activity #s2yuk di sosial media FeedMe, ada hadiah menarik untuk caption paling kece, Feedies.

Hiburan

Gokil, Kota di Kanada Deklarasikan Diri sebagai Kota Heavy Metal

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Gokil, Kota di Kanada Deklarasikan Diri sebagai Kota Heavy Metal

FeedMe.id, Jakarta – Biasanya sebuah kota mendeklarasikan diri dengan julukan yang berbau budaya tradisionalnya, sejarahnya atau sesuai dengan keadaan geologisnya, kayak kota Bogor yang disebut kota Hujan atau Surabaya dengan kota Pahlawan. Namun, sebuah kota di Kanada mendeklarasikan diri dengan julukan yang bikin kamu kagum.

Kota di Kanda bernama Montreal ini mendeklarasikan diri sebagai kota dengan julukan unik. Pasalnya, kota ini menyebut diri mereka sebagai Heavy Metal City alias kota Heavy Metal, Feedies. Dilansir dari Hai, julukan ini secara resmi diakui oleh pemerintah Kanada. Julukan ini sendiri diinisiasi sama Craig Sauve yang nawarin resolusi ini ke Dewan Kota.

“Ada puluhan ribu penggemar heavt metal di Montreal yang sangat sejati, mereka menghabiskan banyak waktu untuk berlatih, mempromosikan dan datang ke konser,” kata Sauve kepada CBC Montreal seperti Feedy kutip dari Hai.

“Musik heavy metal yang kami buat sangat dihormati oleh seluruh masyarakat di dunia karena ada keunggulan teknis tertentu yang kami punya,” ujarnya lebih lanjut.

Pantas aja kalau pemerintah Kanada mengakui julukan heavy metal city pada Montreal. Pasalnya, banyak band-band heavy metal dari kota ini, sebut aja Kataklusm, Cryptopsy, The Agonist, Despised Icon sampai Beneath the Massacre.

“Aku sendiri merupakan penggemar heavy metal yang masih aktif. Aku sering dengar heavt metal,” tutur Sauve.

Wah, kalau ada julukan kota dangdut, kira-kira di Indonesia kota apa ya yang pantas menyandang ini ya, Feedies? 

Subscribe to our newsletter

Connect with us

Viral

3 Stereotipe Soal Cewek yang Masih Banyak Dipercaya

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
3 Stereotipe Soal Cewek yang Masih Banyak Dipercaya

FeedMe.id, Jakarta – Masuk tanggal 21 April di Indonesia berarti memasuki Hari Kartini. Kamu yang orang Indonesia pasti udah tahu apa itu Hari Kartini, yakni hari R. A. Kartini, pahlawan perempuan Indonesia yang kerap memperjuangkan emansipasi perempuan.

Dengan perjuangan R.A. Kartini di masa lampau, banyak banget hak perempuan Indonesia yang akhirnya bisa didapatkan sekarang ini, kayak sekolah dan berkarier. Meskipun begitu, di zaman ini ternyata masih ada beberapa stereotipe soal cewek yang masih banyak diyakini sama orang-orang lho, Feedies.

1. Cewek itu lemah

Meskipun sekarang udah zamannya kesetaraan gender, tapi masih banyak banget orang yang memandang sebelah mata terhadap cewek. Salah satu anggapan orang yang masih banyak dipercaya sampai sekarang adalah cewek itu lemah.

Mungkin sebagian besar fisik cewek memang lebih kecil daripada cowok, tapi bukan berarti mereka lemah. Membawa anak di dalam kandungan hingga 9 bulan bisa jadi salah satu contoh bahwa sebenarnya cewek itu kuat.

2. Cewek itu cengeng

Ada juga stereotipe yang masih dipercaya oleh banyak orang adalah cewek itu cengeng. Dikit-dikit nangis. Padahal hal ini wajar lho sebagai manusia. Soalnya, setiap manusia kan pasti punya perasaan. Gak usah cewek, cowok pun kalau nangis juga wajar, kok. Hal ini bukan berarti mereka cengeng.

3. Cewek itu selalu benar

Stereotipe yang paling banyak dipercaya sekarang ini adalah bahwa cewek selalu benar dan gak bisa disalahin. Padahal kalau hal ini beneran terjadi, udah banyak cewek yang dapat nilai bagus waktu ujian gara-gara gak mau disalahin.

Ya, begitulah stereotipe yang masih sering dipercaya soal cewek. Kalau menurut Feedy, itu cuma urusan sifat aja. Soalnya cowok juga ada kok yang lemah, cengeng ataupun selalu benar.

Hiburan

Boyband Super Junior Bakal Konser di Indonesia Lagi Tahun Ini

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Boyband Super Junior Bakal Konser di Indonesia Lagi Tahun Ini

FeedMe.id, Jakarta – Buat kamu semua para ELF alias penggemar boyband Super Junior, siap-siap bahagia, nih. Pasalnya, boyband Korea Selatan kesayangan kamu ini dikabarkan bakalan ngadain konser lagi di Indonesia. Super Junior akan balik ke Indonesia buat tampil lewat konser Super Show 7s yang rencananya digelar pada 15 Juni mendatang di Indonesia Convention Exhibition.

Hal ini diumumkan oleh promotor Mecima Pro lewat akun media sosial mereka pada Kamus, 18 April lalu. Lewat unggahan itu Mecima baru memberikan informasi tanggal dan tempat. Sedangkan info soal tiket akan menyusul secepatnya. Meskipun begitu, sampai sekarang belum ada pernyataan resmi dari Super Junior atau manajemen mereka terkait konser di Indonesia dalam waktu dekat ini.

Perlu kamu tahu, Super Show 7S merupakan tur penutup dari tur Super Show 7 yang udah dilakukan Super Junior dari 2017 lalu. Nah, Super Show 7 ini adalah tur dunia Super Junior yang keempat kalinya. Tur ini dimulai dari 15 Desember 2017 dan dijadwalkan selesai pada Maret tahun ini.

Tur Super Show 7S sendiri udah dimulai oleh Super Junior dari Januari tahun ini, Feedies. Mereka mengusung jadwal keliling dunia yang dimulai dari 2-3 Maret lalu di KSPO Dome, Seoul, Korea Selatan.

Super Junior sendiri terakhir datang ke Indonesia pada 2018 lalu. Mereka mengisi penutupan Asian Games 2018 dan juga sempat mengisi acara di hari ulang tahun salah satu televisi swasta Desember kemarin.

Gaya

BBM Mau Tutup, 5 Hal yang Pasti Kamu Ingat dari Aplikasi Ini

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
BBM Mau Tutup, 5 Hal yang Pasti Kamu Ingat dari Aplikasi Ini

FeedMe.id, Jakarta – BlackBerry Messenger sebagai salah satu aplikasi pesan instan pertama yang populer sejak kemunculan ponsel pintar di Indonesia, baru-baru ini ngumumin bakalan menutup layanannya.

BBM akan resmi menutup layanannya mulai 31 Mei mendatang. Hal ini dikarenakan emang udah mulai sedikit pengguna aktif pesan instan ini. Padahal, dulu BBM menjadi salah satu pesan instan yang paling populer lho, Feedies. Sampai-sampai banyak hal indah yang bisa kita ingat dari aplikasi ini, misalnya aja deretan hal di bawah ini. Good old days banget, deh.

1. PING

Salah satu hal yang terkenang banget di BBM adalah fitur ini, Feedies. Berbeda dengan aplikasi lain, BBM punya fitur PING! yang fungsinya buat spamming ke teman kamu. Jadi kalau kamu BBM orang tapi gak dibalas, biasanya fitur ini bakal dipakai buat spamming. PING! PING! PING!

2. Paket BBM

Hal lain yang bikin kita terkenang sama jaman keemasan BBM adalah maraknya provider yang menjual paket BBM. Dulu banyak banget yang gak punya pulsa, gak bisa internetan, dan hapenya cuma bisa buat BBM-an karena emang cuma diisi paket BBM. 

3. Tukeran PIN

Salah satu hal paling ngangenin di BBM adalah kalau kenalan sama orang bukan nanya nomor ponsel, melainkan PIN BBM yang sama kayak id atau username. Bahkan, minta PIN BB  dan lika liku BBM ini sampai dijadikan lagu sama Coboy Junior lho, Feedies.

3. Broadcast dari Teman

Old but gold banget nih yang ini. Siapa dulu yang suka pakai fitur broadcast BBM cuma buat promoin temannya? Pasti banyak deh. Apalagi kalau teman BBM-nya banyak, malah bisa buka jasa promo yang bisa dibayar pake jajanan besoknya pas di sekolah.

4. Tahu Apa Selera Musik Teman BBM

Fitur lain yang gak kalah ngangenin di BBM adalah fitur ‘is listening to’. Dengan mengaktifkan fitur ini, semua lagu atau video yang kamu putar bakalan masuk ke status kamu. Begitupun dengan lagu atau video yang teman-teman kamu putar, akan keluar di status mereka. Hal lucu dari fitur ini adalah kadang ada temen kamu yang nonton video porno, tapi lupa matiin fitur ini. Jadinya muncul di statusnya deh judul video yang lagi dia tonton.

5. Aplikasi Pelopor Tanda "Baca"

Feedy sebenernya gak tahu aplikasi mana yang jadi pelopor tanda read terlebih dulu. Namun kalau yang mempopulerkannya, Feedy yakin banget jawabannya BlackBerry Messenger. Kamu pasti masih ingat kan gimana deg-degannya nungguin status pesan kamu buat doi dari "D" berubah jadi "R"?

Namun, kemerosotan popularitas BlackBerry beberapa tahun lalu rupanya juga berimbas ke kemerosotan BBM. Apalagi aplikasi pesan instan lain lebih cepat berinovasi. Ya, udah deh, emang waktunya bilang selamat tinggal sama BBM. 

Gaya

BlackBerry Messenger Tutup Mulai 31 Mei, Ini Alasannya

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
BlackBerry Messenger Tutup Mulai 31 Mei, Ini Alasannya

FeedMe.id, JakartaTime flies so fast, gak terasa yang dulunya diagung-agungkan, sekarang udah mau tumbang aja. Yup, Feedy lagi ngomongin BlackBerry Messenger. Salah satu aplikasi pesan instan ini udah mengucapkan salam perpisahan lho, Feedies.

Aplikasi yang juga biasa disebut BBM ini memutuskan buat menutup layanannya di Indonesia mulai 31 Mei 2019. Keputusan ini diketahui karena BBM sendiri yang ngasih pengumuman resmi.

"Time to Say GOOD BYE. BBM akan berhenti beroperasi pada 31 Mei 2019. Terima kasih sudah menjadi bagian dari perjalanan BBM di Indonesia," begitu pesan pengumuman yang tertera.

Penutupan ini disebabkan karena pertumbuhan dari platform ini nggak seperti yang diharapkan.

“Kami menghormati keputusan Emtek, kendati kami kecewa karena platform tidak bisa tumbuh seperti yang diharapkan,” ujar Chief Marketing Officer BlackBerry Mark Wilson seperti dikutip dari Crackberry.

PT Elang Mahkota Teknologi atau Emtek merupakan pemegang lisensi platform ini. Lisensi pesan instan ini pada 2016 lalu dipegang oleh Creative Media Works Pte. Ltd (CMW Pte Lts) buat mengoperasikan BBM consumer cros platform. CMW Pte Ltd sendiri merupakan bagian dari PT Kreatif Media Karya (KMK) yang merupakan anak perusahaan Emtek group.

Meskipun tutup, Emtek memastikan kalau layanan BBM yang ditutup cuma versi konsumer. Seiring dengan pengumuman ini, BlackBerry juga ngumumin platform BBM Enterprise (BBMe) masih tersedia buat kamu dan bisa diundung dalam waktu dekat buat pengguna Android dan iOS.

Pesan instan yang dulu populer banget ini udah mulai meredup tajinya sejak 2015, Feedies. Penurunan pengguna aktif pun terus merosot dari Juni 2016 sampai sekarang dan berujung keputusan buat menutup layanan sepenuhnya.

Hiburan

Episode 1 Game of Thrones Musim 8 Pecahkan Rekor Baru

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Episode 1 Game of Thrones Musim 8 Pecahkan Rekor Baru

FeedMe.id, Jakarta – Episode pertama musim delapan Game of Thrones berhasil memecahkan rekor baru. Kisah di tanah Westeros ini berhasil memcahkan rekor penonton terbanyak dengan 17,4 juta penonton di Amerika Serikat doang.

Dilansir dari CNN, pada Senin, 15 April 2019, HBO menyatakan angka ini merupakan angka total penonton yang didapat dari penonton konvensional di HBO maupun platform streaming mereka, kayak HBO GO dan HBO NOW.

Sebelumnya rekor penonton terbanyak Game of Thrones mereka dapatkan saat penayangan episode 7 musim ke-7 yang menceritakan tentang ancama Night King yang udah mau memasuki Westeros. Episode ini ditonton 16,9 juta orang di Amerika.

Nggak heran Game of Thrones berhasil mecahin rekor penontonnya sendiri. Pasalnya, pas penayangan episode pertama musim 8 kemarin, GoT langsung banyak dicuitkan di Twitter. Masih dilansir dari CNN, tercatat ada lebih dari 5 juta cuitan dan 11 juta mention yang ngomongin tentang episode pertama GoT ini.

Game of Thrones merupakan serial yang diangkat dari novel A Song of Ice and Fire karya George RR Martin. Serial ini pertama kali tayang di HBO pada 2011 dan berakhir pada 2019 lewat musim ke-8.

Santai

Jari Masih Biru-biru Habis Nyoblos? Gini Cara Hilangkan Bekas Tintanya

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Jari Masih Biru-biru Habis Nyoblos? Gini Cara Hilangkan Bekas Tintanya

FeedMe.id, Jakarta – Biar dalam pemungutan suara di pemilu gak ada kecurangan, setiap orang yang habis nyoblos pasti disuruh nyelupin jarinya ke dalam tinta. Tinta ini buat menandakan kamu udah ngasih hak pilihmu.

Sehabis nyoblos juga biasanya banyak foto jari bertinta yang berkeliaran di media sosial. Biasanya sih buat eksis, tapi ada juga jari bertinta yang keliaran di mal. Kalau ini bisa jadi lagi berburu diskonan pemilu, Feedies.

Tinta pemilu ini diciptakan dari bahan yang kuat dan gak mudah luntur. Meskipun begitu, tinta ini bisa luntur dengan sendirinya dalam waktu sekitar 3 hari, tergantung seberapa dalam kamu nyelupin jari ke tinta.

Nah, buat kamu yang gak mau jarinya ditutupi tinta terlalu lama, berikut ini Feedy kasih tahu beberapa benda yang bisa bantu kamu hilangkan tinta pemilu. 

Aseton

Kamu yang sering membersihkan kuku pasti tahu apa itu aseton. Soalnya, zat kimia ini biasanya dipakai buat membersihkan kuku dari kuteks. Selain buat membersihkan kuku, aseton juga bisa kamu pakai buat bersihin bekas tinta ungu di jari dan kuku lho, Feedies.

Alkohol

Mungkin beberapa dari kamu gak nyimpen aseton di rumah. Kalau kayak begitu kamu bisa pakai alkohol, Feedies. Soalnya, selain bisa bunuh bakteri pada luka, alkohol juga bisa menghilangkan bekas tinta pemilu. Caranya, gak jauh beda sama kamu kalau membersihkan kuku pakai aseton. Tuang di kapas dan gosok jari yang bertinta.

Losion

Mau bersihin tinta dengan aroma yang harum? Kamu bisa coba menghilangkan bekas tinta pemilu dengan losion badan. Caranya. kamu bisa oleskan losion di jari dan gosok sampai bersih. Oh iya, losion anti nyamuk juga bisa, kok. Biar sekalian gak digigit nyamuk.

Pasta Gigi

Selain buat membersihkan gigi, pasta gigi yang kamu punya juga bisa bikin jari kamu bersih lagi dari tinta pemilu. Caranya, oleskan pasta gigi ke jari, lalu diamkan sebentar dan gosok sampai bersih. Oh iya, gosoknya gak usah pakai sikat gigi ya, Feedies.

Nah, itu dia cara membersihkan tinta bekas pemilu. Eh, tapi kalau kamu masih mau ngejar diskonan, lebih baik biarin aja tintanya hilang secara alami.

TOP