Tren

Kota di Cina Bikin Bulan Buatan, Buat Apa Ya?

feedme.id-ciptakan-bulan-buatan
Dibaca 185

Kebayang gak kalo lampu di jalan digantikan oleh Bulan? Bukan satelit Bumi yang asli, tapi Bulan buatan, Feedies. Wah, kayak gimana, tuh? Cari tahu deh di bawah sini.

FeedMe.id, Jakarta – Salah satu kota di Cina berencana bakal menciptakan Bulan buatan ke ruang angkasa pada dua tahun mendatang, Feedies. Nantinya Bulan tersebut akan menerangi jalanan di Chengdu, ibu kota provinsi Sichuan.

Baca juga: Canggih, Supermarket di Singapura Dioperasikan Robot

Dilansir dari Fortune, Bulan buatan ini akan delapan kali lebih terang dari Bulan aslinya hingga membuat kota tersebut makin terang karena pancaran sinarnya. Menurut laporan dari Asia Times, satelit ini dirancang untuk melengkapi cahaya bulan pada malam hari hingga bisa dimanfaatkan untuk mengganti lampu jalan di kota.

Bulan ini akan memancarkan sinar dengan diameter 10 hingga 80 Km, dengan jangkauan ketepatan pencahayaan yang dapat dikendalikan dalam beberapa puluh meter. Dalam jurnal yang dikeluarkan oleh pengembang bersama Chengdu Aerospace Science dan Technology Microelectronics System Research Institute, satelit ini telah diuji coba beberapa tahun lalu.

Bulan buatan manusia ini memiliki lapisan reflektif untuk memantulkan cahaya dari matahari seperti panel surya yang sudutnya disesuaikan. Meski begitu, belum ada informasi lebih detail mengenai satelit tersebut dan kapan akan diluncurkan.

Setelah mendapat persetejuan, Chengdu akan dapat menghemat pengeluaran dalam menerangi seluruh jalanan. Pemerintah kota tersebut optimis dengan adanya proyek ini akan menarik banyak turis untuk berkunjung dan melihat buatan pada malam hari. Satelit ini nantinya bakal terlihat di seluruh bagian Bumi dengan menggunakan teleskop.

Baca juga: Kocak Banget, Deretan Gaya Fashion Aneh Ini Beneran Ada

Wah, gak kebayang deh kalo ada dua Bulan yang menyinari Bumi. Semoga Bulan yang ini gak membuat seseorang yang melihatnya berubah jadi serigala atau monyet raksasa kayak di anime Dragon Ball ya, Feedies.

 

Most Popular

To Top