Tren

Keren, Mahasiswa Ini Ciptakan Sepatu Anti Pelecehan Seksual

feedme.id sepatu listrik
Dibaca 226

Buat kamu para cewek yang mungkin perlu senjata buat di jalan, mungkin bisa mempertimbangkan pakai sepatu buatan mahasiswa ITB ini.

FeedMe.id, Jakarta – Nggak bisa dipungkiri, kasus pelecehan seksual masih sering banget dijumpai di kalangan cewek-cewek Indonesia. Mulai dari catcalling hingga pelecehan secara fisik. Hal inilah yang kemudian mendorong seorang mahasiwa ITB bernama Hibar Syahrul Gafur untuk menciptakan sepatu anti pelecehan seksual.

Dilansir dari Tempo, sepatu ini dilengkapi dengan penyetrum listrik berdaya 450 volt. Cara kerjanya pun gampang aja, kamu sisa menendang si pelaku dan listrik pun otomatis akan mengalir. Namun, Hibar udah mengatur sedemikian rupa supaya listrik tersebut hanya mengalir saat sepatu dipakai menendang, bukan sekadar menyentuh.

Listrik tersebut juga sebenarnya berasal dari sebuah baterai 9 volt, Feedies. Baterai ini kemudian dihubungak ke beberapa komponen lainnya di dalam sol sepatu. Dari sana, listrik dialirkan ke sepasang kawat tembaga yang berada di bagian ujung sepatu.

“Kedua kutub dari dua kawat berlistrik itu akan menyatu ketika ditendangkan ke pelaku,” ujar Hibar kepada sebagaimana Feedy kutip dari Tempo.

Hibar udah memastikan kalau sepatu ini aman untuk digunakan sehari-hari. Sang pengguna nggak perlu khawatir tiba-tiba tersetrum, bahkan ketika sepatu tersebut basah atau tersiram air.

Sepatu anti-pelecehan seksual ini udah diciptakan oleh Hibar sejak lima tahun yang lalu. Hibar yang kala itu masih kelas 2 SMP melakukan riset dengan biaya Rp 2 juta. Inovasi yang ia ciptakan ini pun berhasil mendapatkan medali emas dalam kompetisi International Exhibition fo Young Inventor kategoro Safety and Health di Malaysia pada 2013 lalu.

Most Popular

To Top