Tren

Kalau Diamati, Realme Berpotensi Bunuh Xiaomi

Foto: Bagus Prasetiyo/FeedMe.id
Dibaca 45.0K

Pada kesempatan peluncuran Realme 2, Realme 2 Pro, dan Realme C1, Realme menyebut produk-produk mereka bisa menjadi game-changer. Bahkan, Realme juga mengaku memiliki produk yang bisa menjadi raja baru di smartphone entry level yang sebelumnya dipegang oleh produk-produk Redmi milik Xiaomi.

FeedMe.id, Jakarta – Di Indonesia, ponsel-ponsel asal Negeri Tirai Bambu tampaknya makin mendominasi. Menurut laporan yang diterbitkan Canalys, sebagaimana dikutip dari Geeq.id, pada Mei 2018, lima smartphone dengan market share tertinggi di Indonesia pada Q1 2018 diramaikan oleh ponsel-ponsel Cina. Di antaranya Xiaomi di peringkat dua, Oppo di peringkat tiga, dan Vivo di peringkat empat.

Baca juga: Realme 2: Smartphone Pertama dengan Notch di Harga Rp 2 Jutaan

Oppo dan Vivo sendiri merupakan vendor asal Tiongkok yang lebih sering bermain di sektor ponsel mid-level. Sedangkan Xiaomi, produk-produknya variatif, mulai dari entry-level sampai flagship. Dengan data ini, bisa dibilang scene industri ponsel Indonesia mulai dikuasai oleh Cina, dengan Xiaomi menjadi rajanya nih, Feedies.

feedme.id-top market

Kesuksesan Xiaomi ini lalu dielu-elukan sebagai pergeseran identitas ponsel Cina yang dulu dipandang sebelah mata karena memiliki kualitas rendah menjadi ponsel-ponsel murah dengan spesifikasi tinggi. Namun, Xiaomi sepertinya nggak bisa hanya ongkang-ongkang kaki semenjak Realme merilis tiga ponsel terbarunya sekaligus di Indonesia.

Setelah kesuksesannya di India, Realme kini siap menjajah Indonesia dengan smartphone-smartphone yang menjanjikan tiga hal, yaitu memiliki spesifikasi tinggi, bergaya, dan harga yang terjangkau. Kalau kita bandingkan, Xiaomi sebenarnya sudah lebih awal bermain di smartphone berspesifikasi tinggi dan harga terjangkau.

Foto: Bagus Prasetiyo/FeedMe.id

Foto: Bagus Prasetiyo/FeedMe.id

Lewat produk barunya, Realme C1 yang dibandrol Rp 1.499.000, sepertinya ini bisa jadi gangguan serius untuk dominasi Xiaomi di entry level. Pasalnya, meski dibandrol murah, Realme C1 berani memboyong ponsel dengan layar lega lengkap dengan notch (poni), baterai jumbo 4.230 mAh, dan kamera ganda. Semua itu udah didukung dengan chipset besutan Qualcomm, Snapdragon 450.

Baca juga: Aplikasi-aplikasi Ini Ngabisin 15 Persen Internet Dunia

Untuk smartphone mid level milik Xiaomi juga harus siap-siap dijajah lagi, Feedies. Karena Realme memiliki Realme 2 Pro yang memiliki RAM 8GB dengan Snapdragon 660 AIE dan hanya dibanderol seharga Rp 3.699.000. Perlu diketahui, Realme 2 Pro RAM 8GB dengan internal storage 64GB adalah varian tertinggi dari Realme 2 Pro, sisa variannya memiliki harga yang lebih murah, yaitu Rp 2.899.000 untuk RAM 4GB/64GB, dan Rp 3.299.000 untuk RAM 6 GB/64 GB.

Menurut kamu sendiri, Realme mampu membunuh Xiaomi?

Most Popular

To Top