Tren

Biar Gak Tertipu Online Shop, Cek Rekeningnya di Cekrekening.id Yuk!

Dibaca 4.6K

Banyaknya kasus penipuan online yang terjadi bikin konsumen takut dalam melakukan transaksi dalam berbelanja di dunia maya. Nah, buat mengurangi tingkat penipuan online, kamu bisa mampir di situs ini, Feedies.

FeedMe.id, Jakarta – Perkembangan teknologi saat ini turut mendorong masyarakat menikmati kemudahan berbelanja secara daring (online). Efektivitas waktu karena gak perlu datang ke toko menjadi salah satu sisi positif berbelanja online.

Sejak adanya platform e-commerce, kamu jadi gak perlu repot-repot untuk pergi ke mal atau toko cuma buat membeli beberapa kebutuhan, benar, gak? Cuma bermodalkan ponsel dan jaringan internet kamu udah bisa deh berbelanja online.

Namun sayang, melakukan transaksi secara online gak selamanya berjalan mulus. Ada risiko yang harus kamu hadapi juga terutama waktu melakukan transaksi pembayaran. Gak sedikit lho para konsumen yang mengeluhkan kalau mereka telah tertipu oleh pihak penjual. Apalagi kalau jumlah uang yang raib dalam jumlah yang cukup besar.

Karena banyaknya kasus penipuan online, akhirnya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) membuat sebuah situs yang bisa digunakan untuk memeriksa suatu nomor rekening. Situs tersebut bernama Cek Rekening ID yang bisa diakses oleh masyarakat luas di situs cekrekening.id.

FeedMe.id-cekrekeningid

Berdasarkan data dari Kementerian Kominfo, ada 16.678 laporan yang masuk ke situs tersebut. Dari seluruh laporan yang masuk tersebut, hampir 14.000 di antaranya adalah tindak kejahatan berupa penipuan transaksi online dan sisanya adalah kasus penipuan investasi, pemerasan, prostitusi online, dan kejahatan lain seperti undian palsu, penyuapan, dan korupsi.

Terdapat dua fitur utama dalam situs ini, yaitu periksa rekening dan laporkan rekening. Sebelum melakukan transaksi pembayaran, kamu bisa mengecek rekening tujuan terlebih dahulu untuk memastikan apakah rekening itu pernah terlibat tindak penipuan atau enggak.

Cuma dengan mampir ke situs Cek Rekening ID, memasukkan nama bank dan nomor rekening, dan hasil rekam jejak rekening itu bakalan muncul deh.

Kemudian kalau kamu merasa ada rekening yang sekiranya melakukan penipuan, tinggal laporkan aja nomor rekening itu lewat aplikasi ini.

Waktu melaporkan suatu nomor rekening, masukkan nama bank, nomor rekening, nama pemilik, kategori penipuan, kronologi, dan mengunggah beberapa bukti penipuan.

Guampang kan, Feedies?

 

Most Popular

To Top