Gaya

Hebat, Toilet Pintar Ini Bisa Deteksi Penyakit

Abyan Naufal | 08 December 2018 - 13:00
Hebat, Toilet Pintar Ini Bisa Deteksi Penyakit

Zaman dulu toilet cuma bisa dipakai buat buang air kecil dan buang air besar aja. Namun, di zaman sekarang dengan teknologi canggih, muncul toilet pintar yang bisa dipakai buat mendeteksi penyakit seseorang lho, Feedies.

FeedMe.id, Jakarta – Biasanya orang ke toilet cuma buat buang air kecil atau buang air besar. Namun, karena canggihnya teknologi, sekarang kalau kamu ke toilet kamu nggak cuma bisa buang air kecil atau besar doang, tapi juga mendeteksi penyakit kamu. Dilansir dari CNN, toilet yang bisa mendeteksi penyakit ini adalah toilet pintar bernama FitLoo. Toilet pintar ini adalah rancangan para ahli di European Space Agency (ESA) dan Massachusetts Institute of Technology.

FitLoo dibekali teknologi tinggi yang bisa menyaring urin buat mengecek keberadaan protein dan glukosa ekstra. Protein dan glukosa dalam urin sendiri merupakan pertanda adanya masalah dalam tubuh seseorang.

Selain ngecek protein dan glukosa, toilet pintar ini juga bisa mendeteksi kadar gula darah sebagai penanda penyakit diabetes dan juga kanker, lho. Kalau terdapat masalah kesehatan pada tubuh, FitLoo bakalan ngirim pemberitahuan lewat smartphone kamu yang udah disambungin ke toilet ini. Selain itu, toilet ini juga bisa terhubung sama dokter pribadi si empunya lho, jadi bisa selalu diawasi kesehatannya deh. Keren, kan?

"Saat ini orang hanya pergi ke dokter ketika mereka sakit. Kita sering kali tidak mendengarkan tubuh kita, tetapi toilet mengetahuinya setiap kali kita menggunakannya," kata salah satu pimpinan di Toilet Board Coallition Michael Lindenmayer, dikutip dari Metro via CNN.

Meskipun bisa mendeteksi penyakit, Lindenmayer juga menjelaskan bahwa FitLoo cuma ngasih info awal tentang kondisi tubuh aja. Buat pemeriksaan lebih lanjut, pengguna tetep haru ke dokter yang sebenarnya.

Toilet ini udah mulai dipakai para astronaut buat memantau kesehatan mereka di Stasiun Luar Angkasa Internasional atau ISS, lho. Jadi, apakah kamu juga tertarik buat punya toilet pintar ini di rumah?

Viral

Apple Pamerkan Kehebatan Kamera iPhone Xs di Video Ini

Harith Jobs | 18 September 2018 - 09:33
Apple Pamerkan Kehebatan Kamera iPhone Xs di Video Ini
Selain SoC yang tertanam, kamera pada iPhone Xs juga memiliki daya tarik yang membuat kita ngiler untuk segera ngantongin ponsel teranyar dari Apple ini. Nggak main-main, untuk membuktikan kehebatan kamera iPhone Xs, Apple langsung menurunkan video promosi ini.
FeedMe.id, Jakarta ? Usai mengenalkan trio iPhone terbarunya, yaitu iPhone Xr, iPhone Xs, dan iPhone Xs Max, Apple langsung mengunggah beberapa video promosi di channel YouTube resminya. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah video yang menunjukkan kemampuan kamera iPhone Xs melalui beberapa eksperimen. Kalau kamu lihat, setting video tersebut seperti ada dalam sebuah laboratorium yang memang dikhususkan untuk menguji kamera dari iPhone Xs. Perlu diketahui, iPhone Xs memang diselipkan beberapa mode pengambilan gambar yang oke punya, di antaranya ada Slo-mo untuk pengambilan slow motion, Video 4K yang mencapai 60 frame per second, timelapse, sampai mode low light. Sekuens video dibuka dengan pengambilan Slo-mo dengan cara mengambil gambar air yang berdentum efek dari suara speaker. Lalu dilanjutkan dengan eksperimen video 4K 60 fps dengan menggunakan sabun, air, dan sirup jagung. Setelah berbagai eksperimen, video kemudian ditutup dengan pengambilan video 4K tetapi dengan objek yang berbeda. https://youtu.be/xL8piHkl3X8
 Kenapa hasilnya bisa sebagus itu? Dilansir dari GSM Arena, Apple menyematkan kamera ganda pada iPhone Xs dengan resolusi masing-masing  12MP lensa wide-angle aperture f/1.8 dan 12MP lensa telephoto aperture f/2.4 dengan 2x optical-zoom. Kamera tersebut disematkan beberapa teknologi terbaru, salah satunya adalah Smart HDR Untuk kamera depan juga nggak kalah menarik, iPhone Xs memiliki kamera beresolusi 7MP lensa RGB aperture f/2.2.
Gimana, Feedies, kecanggihan kamera ini pantas nggak bikin iPhone Xs dihargai lebih dari 10 juta rupiah?

Viral

Cewek-cewek Ini Masuk Rekor Dunia karena Kemampuan Hebatnya

Abyan Naufal | 30 July 2018 - 12:37
Cewek-cewek Ini Masuk Rekor Dunia karena Kemampuan Hebatnya
Nggak selalu cewek itu lemah, Feedies. Banyak juga kok cewek yang hebat banget. Bahkan beberapa dari mereka saking hebatnya bisa masuk ke rekor dunia, lho. Penasaran siapa aja cewek-cewek itu?
Feedme.id, Jakarta ? Kalau kamu pikir cewek itu lemah, kamu salah banget, Feedies. Soalnya, ada kok cewek yang punya keunikan dan kelebihan di banding kamu-kamu yang cowok. Bahkan keunikannya ini bikin mereka bisa sampai masuk rekor dunia. Siapa aja mereka? Ini dia daftarnya, sebagaimana Feedy kutip dari Styl.id.

Julia Gunthel

feedme.id-Julia Gunthel Kalau kamu tahu manusia karet cuma ada di anime One Piece, kamu salah, Feedies. Di dunia nyata ada juga kok manusia karet. Julukan ini dipegang sama Julia Gunthel, cewek yang punya badan elastis banget. Saking elastisnya, doi bisa masuk ke dalem kotak berukuran 50 liter. Padahal tinggi badannya Cuma 170 cm. Waw, keren, ya!

Pixee Fox

feedme.id-Pixee Fox Cewek yang satu ini rela banget ngehabisin duit ratusan juta cuma buat mengubah dirinya kayak karakter di kartun Roger Rabbit, yaitu Jessica Rabbit. Duit ratusan juta itu dia pakai buat operasi plastik memebsarkan payudaranya dan mengecilkan enam tulang rusuknya sehingga bikin pinggangnya jadi kecil banget. Hasilnya, ukuran pinggang doi sekarang cuma 40 cm dan masuk rekor dunia.

Johanna Quaas

feedme.id-Johanna Quaas Umurnya emang udah nggak muda lagi, yakni 92 tahun. Namun, perempuan dari Jerman ini berhasil tercatat di The Guiness Book of Records sebagai pesenam wanita tertua di dunia. Gerakan senam yang susah banget kayak gerakan di palang sejajar bukan masalah buat dia.

Irene Sewell

feedme.id-Irene Sewell Biasanya cewek kalau pakai heels pasti jalannya anggun dan lembut. Namun, beda sama cewek yang satu ini. Irene yang mantan penari asal Amerika Serikat ini bisa lari sambil pakai heels sejauh 43 kilometer. Bahkan hal ini bikin dia nyetak rekor dunia.

Aneta Florczyk

feedme.id-Aneta Florczyk Cewek asal Polandia ini disebut sebagai cewek paling kuat di dunia. Soalnya, cewek yang satu ini bisa ngangkat beban sampai 500 kg sambil ngangkat pria dewasa buat dilemparin dalam waktu 2 menit. Wow, gokil banget ya! Kamu yang cowok aja belum tentu bisa lho, Feedies.

Santai

Hebat, Bahasa Jawa Jadi Bahasa Nasional di Negara Ini!

Abyan Naufal | 13 March 2018 - 09:47
Hebat, Bahasa Jawa Jadi Bahasa Nasional di Negara Ini!
Ada banyak sekali budaya yang dipunya di Indonesia. Ratusan suku, ratusan tradisi, ratusan bahasa. Tapi dari sekian banyak budaya itu, kamu masih melestarikannya nggak nih, Feedies?
Feedme.id, Jakarta ? Kalau selama ini kamu pikir bahasa Jawa cuma dipakai di Indonesia dan oleh orang-orang Jawa, kamu salah besar, Feedies. Soalnya ternyata bahasa daerah asli Indonesia ini dipakai juga di beberapa negara ini. Bahkan pemakainnya cukup aktif lho. Negara mana aja ya?

Suriname

Negara yang terleta di Amerika Selatan ini ternyata emang berpenduduk asli orang Jawa. Lah kok bisa? Jadi dulu ternyata waktu jaman penjajahan, Belanda pernah bawa sekitar 75 ribu orang Jawa buat dipekerjakan di Suriname. Karena berbagai hal, mungkin karena males balik juga, orang-orang ini akhirnya menetap di sana dan pakai bahasa Jawa sebagai bahasa nasionalnya.

Belanda

Sama kayak Suriname, ternyata pengunaan bahasa Jawa di negara ini juga berawal dari masa penjajahan Belanda di indonesia. Bedanya sama Suriname, ternyata banyak orang Belanda yang minat belajar kebudayaan Jawa termasuk bahasanya. Makanya kamu bisa nemuin banyak manuskrip sastra Jawa di Universitas Leiden yang ada di Belanda.

New Caledonia

A post shared by New Caledonia (@newcaledonia) on

Jaman penjajahan dulu, banyak orang Jawa yang diangkut ke sini sama Belanda buat ngurusin pertambangan nikel dan perekebunan. Jadi, bisa dibilang peredaran bahasa di pulau Jawa ini sama kayak di Suriname. Meskipun bahasa Nasional di negara ini ternyata bahasa Prancis, tapi udah hal umum sehari-hari orang di sini ngomong bahasa Jawa.

Kepulauan Cocos

A post shared by New Caledonia (@newcaledonia) on

Kepulauan Cocos ini masuk ke dalam wilayah Australia. Sebelumnya mereka adalah negara jajahan Inggris. Jaman dulu juga banyak orang-orang jawa yang diangkut ke negara ini sama Inggris. Makanya, bahasa Jawa di sini cukup aktif, Feedies.

Malaysia

A post shared by Malaysia?? (@malaysia) on

Negara tetangga yang masih serumpun sama Indonesia ini punya daerah pemukiman tempat orang-orang Jawa tinggal dan berkembang sampai sekarang. Salah satunya adalah Kampung Padang jawa yang ada di Shah Alam. Dulu orang Jawa sama orang Sumatera emang dateng ke sini buat ngolah lahan pertanian. Akhirnya mereka pun menetap di sana. Makanya jadilah Kampung Padang Jawa. Ternyata orang-orang di luar negeri aja mau lho mempertahankan bahasa daerah ini, masa kita nggak sih, Feedies. Pakai bahasa Jawa nggak bikin kamu mengurangi kecintaan terhadap Indonesia dan nggak nasionalis kok. Justru ini jadi bentuk melestarikan bahasa daerah di Indonesia. Nggak mau kan banyak bahasa daerah di Indonesia tiba-tiba punah?   Baca Artikel Aslinya di Geeq.id!

Santai

Selain Sinabung, Gunung Berapi Ini Juga Pernah Meletus Hebat!

Harith Jobs | 24 February 2018 - 14:39
Selain Sinabung, Gunung Berapi Ini Juga Pernah Meletus Hebat!
Sebagai negara yang berdiri di daerah Cincin Api, letusan gunung seperti yang terjadi di Gunung Sinabung bukanlah hal baru. Beberapa letusan gunung berapi di Indonesia bahkan pernah mengakibatkan bencana global!
FeedMe.id, Jakarta ? Untuk kesekian kalinya dalam beberapa tahun terakhir, Gunung Sinabung di Sumatera Utara kembali meletus. Letusannya kali ini mencapai ketinggian hingga 5 kilometer dan mengakibatkan gempa selama sekitar 10 menit, lengkap dengan suara gemuruh. Meskipun sempat ?tertidur? selama 400 tahun, fenomena letusan Sinabung sebenarnya bukan barang baru untuk negara ini. Seperti yang kita tahu, Indonesia secara geografis terletak di daerah Cincin Api, yang berarti hampir semua gunung yang ada di negara tercinta ini adalah gunung berapi aktif. Bahkan, beberapa letusan gunung berapi di Indonesia sempat mengakibatkan malapetaka skala global! Penasaran gunung apa aja yang pernah meledak dengan dahsyat di Indonesia? Simak baik-baik deh.

Gunung Galunggung, 1822

feedme-id-gunung-galunggung Gunung di Jawa Barat meledak dengan hebat pada tahun 1822, melontarkan awan panas hingga mencapai ketinggian 24 kilometer! Letusan ini sukses menghancurkan 114 desa dan merenggut nyawa 4.011 orang. Ini merupakan letusan pertama Galunggung yang tercatat dalam sejarah. Sejak itu, Galunggung sempat meledak empat kali lagi, dan yang paling baru terjadi pada tahun 1982. Pada letusan 1982 ini, Galunggung meletus dengan lebih dramatis, lengkap dengan kilat dan petir yang muncul sepanjang erupsi.

Gunung Kelud, 1586

feedme-id-gunung-kelud Letusan Gunung Kelud pada tahun 1586 disebut-sebut sebagai salah satu letusan gunung berapi paling mematikan sepanjang sejarah. Tercatat seenggaknya ada 10.000 orang yang tewas akibat letusan tersebut. Salah satu faktor yang membuat letusan Kelud begitu mematikan adalah aliran laharnya. Kelud sempat membuat heboh saat gunung ini tiba-tiba mengeluarkan asap hingga ketinggian 17 kilometer di udara pada tahun 2014.

Gunung Krakatau, 1883

feedme-id-gunung-krakatau Tanggal 27 Agustus 1883 menjadi salah satu hari paling bersejarah di dunia. Di hari itu, empat ledakan besar muncul dari Pulau Krakatau dan sukses menghancurkan pulau tersebut. Ledakan Krakatau memicu terjadinya tsunami yang kemudian menghantam pesisir Lampung dan Banten, tercatat hampir 40.000 orang tewas akibat kejadian alam ini. Yang nggak tercatat? Diperkirakan hampir 120.000. Suara ledakan Krakatau disebut-sebut sebagai suara paling keras yang pernah muncul di muka bumi, saking kerasnya sampai terdengar dari India sampai Australia! Rata-rata suhu bumi pun sempat turun sebesar 1,2° Celcius akibat banyaknya asap dan abu yang keluar dari Krakatau dan baru normal lagi pada tahun 1888.

Gunung Tambora, 1815

feedme-id-gunung-tambora Letusan Gunung Tambora adalah salah satu letusan paling mematikan sepanjang sejarah manusia. Beberapa catatan menyebutkan kalau hari itu Tambora seakan memuntahkan semua isi perutnya; magma, abu, dan batuan cair berhamburan ke luar, membunuh lebih dari 71.000 jiwa. Sama seperti Krakatau, letusan ini juga berefek ke seluruh dunia. Saking banyaknya abu yang dilontarkan ke atmosfir bumi, iklim pun sampai berubah. Berkat letusan Tambora, tahun 1816 dikenal sebagai Year without a Summer. Semoga gak lagi ada kejadian yang besar seperti letusan gunung di atas ya, Feedies.

Viral

Beredar Video Pesawat AirAsia Berguncang Hebat Saat Terbang

Bagus Prasetiyo | 02 July 2017 - 11:33
Beredar Video Pesawat AirAsia Berguncang Hebat Saat Terbang
Apa rasanya menaiki pesawat yang udah lepas landas lalu terjadi guncangan hebat di dalam kabin saat mengudara? Inilah yang dirasakan para penumpang pesawat AirAsia dengan rute penerbangan Perth, Australia ke Kuala Lumpur, Malaysia, pada Minggu, 25 Juni 2017 silam. Saat guncangan terjadi, ada penumpang yang merekam videonya. Sontak video ini pun jadi heboh.
FeedMe.id, Jakarta ? Insiden dalam perjalanan bisa terjadi pada semua moda, entah itu laut, darat, atau udara. Salah satu yang bikin heboh adalah kejadian yang terjadi pada pesawat AirAsia, baru-baru ini. Pesawat tersebut berguncang hebat layaknya mesin cuci saat berada di udara. Akibatnya, pesawat harus kembali ke bandara asal. Baca juga: Kamu Tahu Gak kalau Besok dan Lusa Punya "Saudara"?

Bergetar Hebat

Pesawat tersebut adalah AirAsia dengan penerbangan dari Perth, Australia ke Kuala Lumpur, Malaysia pada Minggu, 25 Juni 2017 silam. Peristiwa ini terjadi lantaran terdapat masalah teknis setelah pesawat tinggal landas selama 90 menit. Airbus A330, pesawat yang dipakai dalam penerbangan itu, berguncang hebat banget, Feedies. Ibarat kata, kayak mesin cuci. Saat kejadian, ada salah seorang penumpang yang merekam peristiwa tersebut. Kemudian ia mengunggahnya di media sosial lewat akun Instagram miliknya. Penumpang itu menunjukkan hebatnya guncangan yang ia rasakan dan merasa bahwa pesawat akan segera jatuh. Ia menulis,
Saya rasa akan meninggal. Hari ini merupakan awal dari perjalanan, tetapi saya kembali ke Bandara Perth karena masalah teknis (pesawat). Tetapi saya tiba! Terima kasih Tuhan!
Baca juga: 7-Eleven Resmi Tutup, Ini Tujuh Hal yang Bakal Kamu Kangenin Selain akun @maesaya, pengguna Twitter @haji_akil juga mengunggah video serupa. Dalam cuitannya, @haji_akil menduga bahwa kipas mesin pesawat itu copot. Sambil me-mention CEO Air Asia Tony Fernandes, ia mencuitkan,
Bilah kipas pesawat Australia ke Malaysia hilang. Tolong doanya untuk saudara perempuan saya yang ada di pesawat @ AirAsia. Tolong lakukan sesuatu!
Untungnya, pesawat bisa kembali dengan selamat tanpa ada korban. Dikutip dari AFP, petugas gawat darurat telah bersiaga di bandara, tapi tenaga mereka gak dibutuhkan karena pesawat mendarat dengan mulus. Baca juga: Begini Komen Lucu dan Sedih Netizen soal Tutupnya 7-Eleven Eits, bukan berarti naik pesawat itu gak aman ya, Feedies. Semua moda juga punya risiko, kok.

Gaya

Hebat! Cimol dari Indonesia Ini Bisa Deteksi Hoax dan Mendunia

Bagus Prasetiyo | 28 April 2017 - 10:43
Hebat! Cimol dari Indonesia Ini Bisa Deteksi Hoax dan Mendunia
Siapa yang gak tahu cimol? Itu tuh, camilan khas Bandung ini punya rasa yang gurih dan nikmat. Kini, cimol mendunia lho, Feedies. Bukan lewat rasanya, tapi lewat kemampuannya yang ajib, yakni mendeteksi berita palsu alias hoax. Lho, kok bisa? Ya, bisa dong. Cimol gitu, lho. Penasaran? Begini nih enaknya, eh kisahnya!
FeedMe.id, Jakarta ?  Cimol panganan khas Bandung, Jawa Barat bukan cuma gurih dan nikmat, tapi juga mendunia lho, Feedies. Pasalnya, baru-baru ini, cimol asal Indonesia memenangan kompetisi Microsoft lantaran bisa mendeteksi berita palsu alias hoax. Wah, mantep, gak, tuh? Baca juga: Terungkap! Ini Nih Situs Indonesia yang Demen Nyebar Hoax Eits, tapi ini bukan cimol makanan, Feedies. Cimol ini merupakan tim asal Indonesia yang terdiri dari para mahasiswa asal Istitut Teknologi Bandung (ITB). Atas dasar kesukaan mereka terhadap cimol, maka nama camilan itu dipakai deh sebagai nama tim mereka. Baca juga: Wow! 5 kabar Hoax Ini Sempat Gegerkan Dunia

Cimol Anti Hoax

[caption id="attachment_22634" align="aligncenter" width="400"]Ini dia penampakan tim Cimol. Foto: Microsoft Ini dia penampakan tim Cimol. Foto: Microsoft[/caption] Nah, Tim Cimol ini baru aja memenangi Microsoft Imagine Cup Regional Asia Tenggara. Dalam ajang tersebut, mereka menciptakan pendeteksi berita hoax atau Hoax Analyzer. Hoax Analyzer merupakan aplikasi berbasis web yang bertujuan memerangi penyebaran berita palsu atau hoax, Feedies. Aplikasi ini bisa mengidentifikasi hoax pada sumber informasi tertentu, lho. Baca juga: Empat Cara Ampuh Biar Kamu Gak Jadi Korban Hoax Penggunaan aplikasi ini pun cukup mudah. Kamu hanya perlu memasukkan informasi apa aja dari internet, baik teks maupun gambar. Kemudian informasi yang kamu masukkan akan diidentifikasi apakah konten itu hoax atau fakta. Baca juga: Wow! Remaja Ini Dapat Uang Miliaran dari Bikin Hoax Layanan seperti ini memang jarang banget, Feedis. Sistem Hoax Analyzer ini mirip seperti Snopes.com, sebuah situs pemeriksa fakta asal Amerika Serikat. Cara kerjanya juga serupa, yakni menguji kebenaran dengan menarik informasi berdasarkan kata kunci serupa dari situs-situs yang dianggap kredibel. Baca juga: Apa Kamu Korban Hoax? [KUIS] Dalam keterangan tertulis dari Microsoft, tim Cimol berharap penemuan mereka bisa membantu pengguna menyaring informasi palsu dan memverifikasi sumber klaim sebelum menyebarkan. Baca juga: Begini Nih Cara Google Skakmat Situs Penyebar Hoax! Kelar dari ajang ini, tim akan bersaing dengan 50 tim lain dari seluruh dunia untuk memperebutkan hadiah utama US$ 100 ribu atau sekitar Rp 1,3 miliar dalam World Finals Imagine Cup 2017. Bukan cuma itu, tim Cimol juga berkesempatan mendapatkan bimbingan langsung dari CEO Microsoft Satya Nadella, lho. Wah, seamangat tim Cimol! Kalian pasti enak, eh pasti bisa!    

Gaya

Hebat! Indonesia Bakal Gunakan Alat Ini untuk Prediksi Gempa

Bagus Prasetiyo | 07 April 2017 - 12:37
Hebat! Indonesia Bakal Gunakan Alat Ini untuk Prediksi Gempa
Bencana ibarat kenangan akan mantan yang suka datang tiba-tiba tanpa bisa diketahui dulu sebelumnya. Bedanya, kerusakan yang ditimbulkan akibat bencana jauh lebih parah dan mematikan. Gempa bumi, misalnya, bukan cuma menghancurkan bangunan, tapi juga memakan korban. Kini, kita gak perlu khawatir lagi, Feedies. Pasalnya Indonesia bakal bikin alat pendeteksi gempa. Pssst, ini hasil kolaborasi dengan Jepang, lho!
FeedMe.id, Jakarta ? Gempa bumi menjadi salah satu ancaman bencana besar di Indonesia. Dari data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), lebih dari 184 juta masyarakat Indonesia berpotensi terkena gempa bumi pada kategori sedang hingga tinggi. Sayangnya hal ini diperparah dengan kemampuan memprediksi gempa di Indonesia yang masih rendah. Eits, jangan panik dulu, Feedies. Pasalnya, Indonesia bakal menerapkan teknologi prediksi gempa seperti yang dipakai Jepang, lho. Kamu tahu dong kalau Jepang merupakan negara dengan potensi gempa yang amat tinggi? Bedanya, di Jepang, gempa bumi dan tsunami udah bisa diprediksi dengan cukup baik.

Gabungan Teknologi Canggih

[caption id="attachment_21537" align="aligncenter" width="400"]Biarpun Jepang kena gempa, tapi korban minim korban jiwa. Foto: Shutterstock Biarpun Jepang kena gempa, tapi korban minim korban jiwa. Foto: Shutterstock[/caption] Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, melalui siaran tertulisnya bilang, Earthquake Prediction Research Centre Japan (EPRC) udah mengembangkan teknologi yang memungkinkan gempa dan tsunami bisa diprediksi. Teknologi ini merupakan gabungan teknologi canggih, seperti satelit, radar, GPS sensor dan peralatan pendukung lain, seperti pendeteksi gelombang elektromagnetik. Di samping itu, dukungan teknologi ini tentu disertai beragam data seperti tinggi muka air. Data yang digunakan berasal dari data yang diperoleh dari satelit milik Amerika Serikat, Rusia, Jerman dan Jepang. Beragam data tadi kemudian diolah dan dianalisis dengan supercomputer artificial intelligence. Dengan diterapkannya teknologi tersebut, nantinya setiap orang yang berada di wilayah rawan bencana akan mendapatkan informasi potensi ancaman gempa. Surel (e-mail) peringatan dini dapat diakses melalui ponsel yang memberitahukan 1 hari jelang gempa berkekuatan 5 atau lebih terjadi. Namun begitu, Sutopo, melalui pesan singkat, berpesan,
Pengetahuan risiko dan kesigapan untuk melakukan evakuasi ke tempat yang lebih tinggi juga sangat penting dipahami oleh setiap individu.
 

Tepat dan Akurat

[caption id="attachment_21536" align="aligncenter" width="400"]Kalau alat ini terwujud, kita bisa aman. Foto: Shutterstock Kalau alat ini terwujud, kita bisa aman. Foto: Shutterstock[/caption] Ada yang lebih hebat lagi nih, Feedies. Prediksi dari alat ini akurat, lho. Persentase akurasi dalam kurun waktu 3 tahun (1 Februari 2013-31 Januari 2016) menunjukkan nilai tinggi. Gempa dengan kekuatan magnitude 6 terjadi 38 kali dan terdeteksi sebelum gempa terjadi sebanyak 31 kali atau akurasinya mencapai 82 persen. Gempa dengan magnitude 5?5,9, nilai akurasinya sebesar 77 persen. Wah! Asal kamu tahu, lewat teknologi canggih ini, Jepang udah dapat memprediksi potensi gempa sehingga masyarakatnya siap siaga mengantisipasi risiko terburuk. Apabila bencana itu terjadi, ada 323 ribu jiwa di 30 prefektur terpapar bahaya tersebut, lho. Untungnya Jepang bisa memprediksi gempa besar yang kemudian memicu tsunami tersebut. Wah, keren ya Feedies! Semoga alat canggih ini segera terwujud ya. Jadi, gak perlu ada lagi deh ada korban jiwa akibat gempa.

Viral

Hebat! Anjing Ini Berhasil Selamatkan Balita dari Kebekuan

Bagus Prasetiyo | 13 February 2017 - 17:23
Hebat! Anjing Ini Berhasil Selamatkan Balita dari Kebekuan
Soal setia bukan cuma jadi sifat manusia aja kok, hewan juga. Bahkan, mungkin kesetiannya hewan ngalahin manusia. #Eh. Salah satu hewan yang terkenal setia adalah anjing. Pasti kamu udah gak asing lagi dong sama berbagai kisah kesetiaan hewan berkaki empat ini, misalnya aja cerita Hachiko. Kali ini, ada anjing serupa, Feedies. Bukan cuma setia, anjing ini juga penyelamat nyawa. Penasaran sama ceritanya?
FeedMe.id, Jakarta ? Sebutan ?sahabat manusia? tampaknya cocok disematkan kepada anjing. Udah banyak kisah yang menceritakan kalau hewan berkaki empat ini setia banget. Kamu pasti tahu kisah Hachiko, kan? Kesetiaan anjing ternyata bukan isapan jempol, lho. Salah satu kisah setianya berasal dari Rusia. Di sana, ada seekor anjing yang berhasil menyelamatkan seorang balita dari kedinginan. Gimana sih kisah pengorbanannya?  

Menghangatkan Balita yang Ditinggal Pergi

via GIPHY Seekor anjing di Rusia, yang gak diketahui nama dan jenisnya, seperti dikutip Feedy dari Metro.co.uk pada Minggu, 12 Februari 2017, mendapatkan gelar pahlawan. Anjing itu menyelamatkan nyawa balita laki-laki berusia dua tahun yang ditinggalkan ibunya di dalam rumah selama dua hari dengan suhu minus 20 derajat celsius. Jadi, sang ibu balita itu ninggalin anaknya gitu aja tanpa alasan yang jelas di rumahnya di wilayah Altai, Rusia. Balita itu ditinggalkan bersama seekor anjing tadi. Mirisnya, bukan cuma ditinggal, tapi si ibu cuma memakaikan pakaian seadanya aja, padahal suhu udah minus. Untungnya ada anjing di dalam rumah tersebut. Selama dua hari, anjing itu terus menjaga kehangatan si balita sehingga balita bisa bertahan hidup. Naluri anjing untuk membuat hangatlah yang bikin si balita gak meninggal kedinginan. Setelah dua hari sejak ditinggalkan, tetangga sekitar pun menemukan balita yang ditelantarkan itu. Dengan cepat, balita tersebut dilarikan ke rumah sakit. Diketahui, si balita udah terkena hipotermia akut lho, Feedies. Akhirnya, si balita langsung mendapat perawatan khsuus di rumah sakit terdekat. Hmmm, coba kalau gak dihangatkan oleh anjingnya, bisa lebih parah, tuh. Peristiwa ini sebenarnya terjadi pada Januari 2017, tapi kasusnya baru diungkap. Sang ibu kembali ke rumah setelah empat hari balitanya diselamatkan tetangga. Kini, ibu yang tega itu diperiksa polisi. Ia terancam masuk penjara dan kehilangan hak asuh anak. Nah, sekarang kamu makin yakin kan kalau anjing iitu sahabat setia manusia? Jadi, jangan sakiti hewan ini lagi ya, Feedies. Apa lagi sampai dibikin makanan. Anjing itu bukan hewan konsumsi, lho.

Viral

Hebat! Tiga Siswa Indonesia Juarai Kompetisi Google

Bagus Prasetiyo | 02 February 2017 - 03:02
Hebat! Tiga Siswa Indonesia Juarai Kompetisi Google
Indonesia patut berbangga nih. Pasalnya, ada tiga siswa asal Indonesia yang mengharumkan nama negeri ini di kancah internasional. Gimana enggak, mereka bertiga berhasil menjuarai kompetisi yang diadakan Google lho, Feedies. Eits, ini bukan sembarang kompetisi ya. Kontes yang dimenangkan mereka ini adalah Google Code-in (CGI). Penasaran mau tau itu apa?
FeedMe.id, Jakarta ? Siapa bilang pelajar Indonesia minim prestasi? Itu sih mungkin yang cuma bisa nyindir tanpa aksi dan cuma bisa basa basi aja, Feedies, bukan ketiga siswa ini nih. Kalau tiga siswa ini sih patut banget diacungi jempol. Gimana enggak, mereka berhasil menjuarai kompetisi Google Code-in (CGI), yakni kontes pengembangan game online berskala global. Wih, mantap!  

Google Code-in

via GIPHY Google Code-in (GCI) merupakan sebuah kontes pengembang game online berskala global yang ditujukan untuk seluruh siswa remaja berusia 13-17 tahun di berbagai negara. Pada GCI 2016, sebanyak 1.340 siswa dari 62 negara organisasi berhasil menyelesaikan 6.418 tugas secara impresif. Pada Senin, 30 Januari 2017 lalu, Google baru aja mengumumkan daftar pemenang utama dan para finalis dari kontes ini. Ada satu hal yang mencengangkan dari pengumuman itu. Dari 34 remaja yang terpilih dan berhasil menyelesaikan 842 tugas pada GCI 2016, terdapat tiga pemenang asal Indonesia.  

Siswa Indonesia

via GIPHY Ketiga siswa Indonesia itu adalah Kaisar Arkhan dari FOSSASIA, Raefaldhi Amartya Junior dari Haiku, dan Scott Moses Sunarto dari Moving Blocks. Mereka berhasil membawa harum nama Indonesia dan organisasinya di tengah ketatnya persaingan global yang melibatkan seluruh negara di dunia lho, Feedies. Lebih jauh, ketiga pemenang asal Indonesia ini berhasil unggul dari sejumlah pemenang lainnya yang berasal dari Romania, India, Rusia, Hongkong, Singapura, Kamerun, Uruguay, Polandia, bahkan Amerika Serikat, Inggris, dan Jerman. Duh, hebat banget gak sih? Tiga pemenang asal Indonesia tersebut, bersama 31 pemenang lainnya, nantinya berkesempatan mengunjungi Google Campus selama empat hari pada musim panas ini. Mereka akan bertemu dengan para Google engineer,  sekaligus menikmati keindahan Bay Area. Selain itu, 51 orang finalis akan mendapatkan sertifikat digital dari Google. Dari siaran tertulis yang diterima Feedy, Google menyampaikan bahwa kualitas hasil kerja para siswa yang berpartisipasi sangat mengagumkan.
Sangat menarik meilhat generasi coders muda bermunculan.
Nah, dengan ini terbukti kan kalau remaja Indonesia itu juga bisa berbuat positif dan gak cuma nyindir tanpai aksi dan prestasi aja. Kamu juga harus mengekor mereka ya, Feedies. Ya, paling enggak, kalau gak bisa berprestasi, minimal jangan nyusahin ya.

Hiburan

Episode 1 Game of Thrones Musim 8 Pecahkan Rekor Baru

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Episode 1 Game of Thrones Musim 8 Pecahkan Rekor Baru

FeedMe.id, Jakarta – Episode pertama musim delapan Game of Thrones berhasil memecahkan rekor baru. Kisah di tanah Westeros ini berhasil memcahkan rekor penonton terbanyak dengan 17,4 juta penonton di Amerika Serikat doang.

Dilansir dari CNN, pada Senin, 15 April 2019, HBO menyatakan angka ini merupakan angka total penonton yang didapat dari penonton konvensional di HBO maupun platform streaming mereka, kayak HBO GO dan HBO NOW.

Sebelumnya rekor penonton terbanyak Game of Thrones mereka dapatkan saat penayangan episode 7 musim ke-7 yang menceritakan tentang ancama Night King yang udah mau memasuki Westeros. Episode ini ditonton 16,9 juta orang di Amerika.

Nggak heran Game of Thrones berhasil mecahin rekor penontonnya sendiri. Pasalnya, pas penayangan episode pertama musim 8 kemarin, GoT langsung banyak dicuitkan di Twitter. Masih dilansir dari CNN, tercatat ada lebih dari 5 juta cuitan dan 11 juta mention yang ngomongin tentang episode pertama GoT ini.

Game of Thrones merupakan serial yang diangkat dari novel A Song of Ice and Fire karya George RR Martin. Serial ini pertama kali tayang di HBO pada 2011 dan berakhir pada 2019 lewat musim ke-8.

Subscribe to our newsletter

Connect with us

Santai

Jari Masih Biru-biru Habis Nyoblos? Gini Cara Hilangkan Bekas Tintanya

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Jari Masih Biru-biru Habis Nyoblos? Gini Cara Hilangkan Bekas Tintanya

FeedMe.id, Jakarta – Biar dalam pemungutan suara di pemilu gak ada kecurangan, setiap orang yang habis nyoblos pasti disuruh nyelupin jarinya ke dalam tinta. Tinta ini buat menandakan kamu udah ngasih hak pilihmu.

Sehabis nyoblos juga biasanya banyak foto jari bertinta yang berkeliaran di media sosial. Biasanya sih buat eksis, tapi ada juga jari bertinta yang keliaran di mal. Kalau ini bisa jadi lagi berburu diskonan pemilu, Feedies.

Tinta pemilu ini diciptakan dari bahan yang kuat dan gak mudah luntur. Meskipun begitu, tinta ini bisa luntur dengan sendirinya dalam waktu sekitar 3 hari, tergantung seberapa dalam kamu nyelupin jari ke tinta.

Nah, buat kamu yang gak mau jarinya ditutupi tinta terlalu lama, berikut ini Feedy kasih tahu beberapa benda yang bisa bantu kamu hilangkan tinta pemilu. 

Aseton

Kamu yang sering membersihkan kuku pasti tahu apa itu aseton. Soalnya, zat kimia ini biasanya dipakai buat membersihkan kuku dari kuteks. Selain buat membersihkan kuku, aseton juga bisa kamu pakai buat bersihin bekas tinta ungu di jari dan kuku lho, Feedies.

Alkohol

Mungkin beberapa dari kamu gak nyimpen aseton di rumah. Kalau kayak begitu kamu bisa pakai alkohol, Feedies. Soalnya, selain bisa bunuh bakteri pada luka, alkohol juga bisa menghilangkan bekas tinta pemilu. Caranya, gak jauh beda sama kamu kalau membersihkan kuku pakai aseton. Tuang di kapas dan gosok jari yang bertinta.

Losion

Mau bersihin tinta dengan aroma yang harum? Kamu bisa coba menghilangkan bekas tinta pemilu dengan losion badan. Caranya. kamu bisa oleskan losion di jari dan gosok sampai bersih. Oh iya, losion anti nyamuk juga bisa, kok. Biar sekalian gak digigit nyamuk.

Pasta Gigi

Selain buat membersihkan gigi, pasta gigi yang kamu punya juga bisa bikin jari kamu bersih lagi dari tinta pemilu. Caranya, oleskan pasta gigi ke jari, lalu diamkan sebentar dan gosok sampai bersih. Oh iya, gosoknya gak usah pakai sikat gigi ya, Feedies.

Nah, itu dia cara membersihkan tinta bekas pemilu. Eh, tapi kalau kamu masih mau ngejar diskonan, lebih baik biarin aja tintanya hilang secara alami.

Hiburan

Ini Jadwal Tayang Lengkap Game of Thrones Season 8

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Ini Jadwal Tayang Lengkap Game of Thrones Season 8

FeedMe.id, Jakarta – Para pecinta serial fantasi Game of Thrones pasti lagi senang banget. Pasalnya, musim terbaru Game of Thrones yang juga merupakan musim terakhirnya udah tayang secara resmi dari 15 April kemarin.

Di musim terakhirnya, salah satu serial TV paling populer ini bakal fokus menceritakan Jon Snow dan Daenerys Targaryen yang ngumpulin pasukan buat bareng-bareng melawan pasukan white walker yang udah semakin dekat ke Westeros.

Dan satu hal yang bikin kamu semua para penggemar Game of Thrones girang adalah, dengan musim terakhir ini kita akan tahu siapa yang akhirnya menduduki Iron Thrones dan memimpin Seven Kingdom.

Serial yang dibintangi Sophie Turner dan Kit Harington ini bakalan mengudara lewat televisi berbayar HBO. Nah, biar kamu gak ketinggalan nonton Game of Thrones, ada baiknya kamu harus tahu jadwal-jadwal pemutaran episode serial ini, Feedies.

Episode 1, Durasi 54 menit:

- Senin, 15 April 2019, pukul 08:00 WIB dan 21.00 WIB

- Selasa, 16 April 2019, pukul 11:45 WIB

- Rabu, 17 April 2019, pukul 21.50 WIB

- Kamis, 18 April 2019, pukul 13:40 WIB

- Sabtu, 20 April 2019, pukul 21:35 WIB

 

Episode 2, Durasi 58 menit:

- Senin, 22 April 2019, pukul 08:00 WIB

- Selasa, 23 April 2019, pukul 11:45 WIB

- Rabu, 24 April 2019, pukul 21.50 WIB

- Kamis, 25 April 2019, pukul 13:40 WIB

- Sabtu, 27 April 2019, pukul 21:35 WIB

 

Episode 3, Durasi 1 jam 22 menit:

- Senin, 29 April 2019, pukul 08:00 WIB

- Selasa, 30 April 2019, pukul 11:30 WIB

 

Episode 4, Durasi 1 jam 18 menit:

- Senin, 6 Mei 2019, pukul 08:00 WIB

 

Episode 5, Durasi 1 jam 20 menit:

- Senin, 13 Mei 2019, pukul 08:00 WIB

 

Episode 6, Durasi 1 jam 20 menit:

- Senin, 20 mei 2019, pukul 08:00 WIB

Kalau udah tahu jadwalnya, jangan lupa dicatat ya, Feedies. Kalau perlu pasang alarm biar gak ketinggalan nonton setiap episode serunya.

Pojok

Tips Biar Lancar Nyoblos Pas di TPS

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Tips Biar Lancar Nyoblos Pas di TPS

FeedMe.id, Jakarta – Pda 17 April 2019, Indonesia mengadaka pemilihan umum. Seluruh warga negara yang udah cukup umur, diharapkan menggunakan hak pilihnya. Namun sebelum kamu pergi ke tempat pemungutan suara (TPS), ada baiknya kamu harus menyiapkan beberapa hal dulu, Feedies. Biar gak bingung, nih Feedy kasih sedikit tips biar siap nyoblos di TPS 17 April nanti.

1. Cek Nama di DPT

Sebelum kamu pergi ke TPS, pastikan dulu apakah nama kamu udah ada di daftar pemilih tetap atau DPT belum. Biasanya kalau nama kamu udah ada di DPT, kamu akan mendapat undangan buat nyoblos dari lingkungan setempat. Kalau belum dapat undangannya, kamu bisa mengeceknya di lindungihakpilihmu.kpu.go.id.

2. Siapin Dokumen yang Diperluin

Kalau udah ada di DPT, kamu siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan di TPS, misalnya undangan dan KTP. Dokumen-dokumen nggak penting lain gak usah dibawa, ya, kayak isalnya BPKB, ijazah SD sampai SMA ataupun surat lamaran kerja.

3. Mandi

Jangan lupa sebelum berangkat ke TPS, kamu harus tampil maksimal, Feedies. Bagaimana caramu tampil maksimal? Ya, paling nggak kamu harus mandi dulu sebelum ke TPS. Selain biar kamu cakep, biar orang sebelah kamu yang ikutan antre gak keganggu sama bau ketek dan ilermu.

4. Sarapan

Proses mencoblosnya sih biasanya cepet karena kamu udah punya pilihan sendiri-sendiri. Namun, ada kemungkinan kamu akan lama menghabiskan waktu di TPS karena mengantre. Jadi, sebelum berangkat jangan lupa sarapan dulu ya biar kamu gak keroncongan pas di TPS. Soalnya, di TPS gak dapet nasi kotak.

5. Gak Usah Bawa Benda yang Gak Perlu

Selain nyiapin hal-hal di atas sebelum pergi nyoblos, ada satu hal lagi yang harus kamu perhatikan sebelum pergi ke TPS, yaitu kamu gak perlu bawa benda-benda yang gak diperlukan ke TPS. Benda-benda gak diperlukan ini misalnya paku buat nyoblos. Sebab, di sana udah disiapin paku khusus buat nyoblos.

Gimana, apakah kamu udah siap buat pergi ke TPS dan memberikan hak pilihmu? Pokoknya sih jangan golput ya, Feedies.

Viral

Sebelum Nyoblos, Kenali Dulu Perbedaan Warna Surat Suara Pemilu 2019

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Sebelum Nyoblos, Kenali Dulu Perbedaan Warna Surat Suara Pemilu 2019

FeedMe.id, Jakarta – Pada 17 April 2019 semua orang Indonesia yang telah cukup umur akan memberikan suaranya dalam pemilihan umum. Kamu yang udah punya hak suara harus banget dateng lho, Feedies.

Nah, buat kamu yang mau nyoblos besok, jangan lupa kamu bakal menerima banyak surat suara waktu di TPS. Hal ini karena kamu nggak cuma memilih presiden, Feedies. Di TPS kamu juga harus memilih wakil rakyat dari tingkat DPRD Kabupaten/kota, Provinsi dan juga DPR. Jadinya surat suara yang kamu terima nanti bakalan banyak dan warna-warni.

Lalu, apakah kamu sudah tahu perbedaan warna surat suara yang kamu pegang? Kalau belum, nih Feedy kasih lihat perbedaannya sekilas.

Warna Abu-abu

Di surat suara berwarna abu-abu, kamu akan ditampilkan foto calon presiden dan wakil presiden yang ikut bertarung pada pemilu kali ini. Surat suara berwarna abu-abu ini ditujukan buat memilih presiden dan wakilnya.

Warna Kuning

Surat suara berwarna kuning ini berbeda sama surat suara abu-abu, Feedies. Di surat suara kuning ini kamu harus memilih calon legislatif buat menjadi anggota DPR RI.

Warna Biru

Turun lagi setelah presiden dan DPR RI, ada surat suara berwarna biru dengan tulisan DPRD Provinsi di bagian depan. Sama kayak tulisannya, waktu surat suara ini dibuka kamu bakalan ngelihat 16 logo patai dan daftar nama caleg di bawahnya buat memilih anggota DPRD Provinsi kamu.

Warna Hijau

Kalau ke tempat pemungutan suara kamu juga bakalan dapet surat suara berwarna hijau. Surat suara warna ini ditujukan buat memilih anggota DPRD Kabupaten/Kota. Namun, ternyata di beberapa daerah ada perbedaan, Feedies.

Dilansir dari CNBC Indonesia, surat suara di Daerah Istimewa Aceh punya partisipan partai yang lebih banyak daripada nasional, yaitu 20 partai. Sedangkan di DKI Jakarta surat suara jenis ini nggak ada. DKI Jakarta cuma akan mendapatkan 4 surat suara doang. Jadi jangan bingung ya, Feedies.

Warna Merah

Nah, surat suara yang terakhir adalah surat suara berwarna merah, Feedies. Surat suara ini ditujukan buat memilih calon anggota legislatif DPD RI. Meskipun warnanya sama. Bentuk surat suara ini di beberapa daerah berbeda, Feedies.

Hal ini karena jumlah anggota DPD RI di setiap provinsinya itu berbeda-beda. Melansir CNBC Indonesia, ada sembilan perbedaan surat suara warna ini, yaitu surat suara berisi 12 calon, 16 calon, 18 calon, 24 calon, 27 calon, 32 calon, 36 calon, 48 calon dan 60 calon.

Setelah mengetahui perbedaan surat suara pada pemilu 2019 ini Feedy harap besok kamu gak bingung lagi ya, Feedies. Pokoknya jangan sampai golput ya.

Santai

Kumpulan Tempat Makan yang Beri Diskon Pas Pemilu 2019

Angela Wahyudi | 2 jam yang lalu
Kumpulan Tempat Makan yang Beri Diskon Pas Pemilu 2019

FeedMe.id, Jakarta – Tanggal 17 April 2019 menjadi hari libur nasional. Ini karena pada hari tersebut merupakan hari pemilihan umum untuk memilih presiden dan wakil presiden serta anggota dewan.

Namanya juga pesta demokrasi, layaknya berpesta, sejumlah restoran dan tempat wisata di Indonesia pun yang menyediakan promo dengan menunjukkan jari kelingking kalian sebagai tanda udah menggunakan hak pilih pada hari tersebut.

Apa aja sih restoran dan tempat wisata yang ngasih diskon? Berikut daftarnya.

Bread Talk dan J.Co

Pecinta roti bisa langsung mampir nih ke outlet Breadtalk setelah selesai menunakan tugas kalian sebagai warga negara dengan mencoblos dan mencelupkan jari kalian ke tinta ungu. Tunjukkan jari ungu kamu dan dapatkan Fire Floss, C's Floss, atau Rendang Floss dengan harga Rp7.500.

Oh ya! Kamu juga bisa mampir ke J.Co dengan menunjukkan jari ungu kamu kepada kasir outlet J.Co dan dapatkan JCOFFEE favorit apa aja dengan ukuran Due seharga Rp25.000.

Bakmi GM

Dengan minimal pembelian Rp60 ribu, kamu bisa dapetin gratis dua es teh manis. Kalau kamu melakukan transaksi pembelian lebih dari Rp120 ribu, kamu bisa mendapatkan gratis dua fruit punch. Tunjukin aja jari ungu kamu ya, Feedies!

Roppan

Tunjukkan jari ungu kamu kepada kasir restoran Roppan dan dapatkan dua lusin pastry atau box of 8 t-pan dan bisa dicampur lho, Feedies. Semua cuma dengan harga Rp115 ribu.

Gokana Teppan

Pastikan kamu menggunakan hak pilih kamu 17 April nanti ya! Lalu datang ke outlet Gokana Ramen & Teppan karena Gosumo akan bagiin Dolce Soft Pudding Gratis bagi Gokana San yang udah menggunakan hak pilihnya!

Taman Safari Indonesia

Buat yang gak puas dengan promo makanan, bisa lanjut jalan-jalan ke Taman Safari Indonesia, Bogor setelah nyoblos. Cuma dengan follow akun Instagram @taman_safari, kamu bisa mendapatkan tiket seharga Rp170 ribu aja. Oh iya, harga tiket ini udah termasuk Safari Journey, wahana permainan, Istana Panda, dan 9 pertunjukan lainnya, lho.

Atlantis Water Adventures

Wisata air yang berlokasi di Ancol Taman Impian ini juga mengadakan harga spesial khusus di tanggal 17 April. Pastikan tinta yang ada kelingking kamu gak hilang, karena kamu bisa lebih hemat 50 persen untuk penyewaan seluruh fasilitas di Atlantis Water Adventures!

Hiburan

Terungkap, Ariana Grande Idap Penyakit PTSD

Angela Wahyudi | 2 jam yang lalu
Terungkap, Ariana Grande Idap Penyakit PTSD

FeedMe.id, Jakarta – Tahun 2018 menjadi tahun yang bersejarah buat Ariana Grande. Sebab, tiga lagunya serentak booming di tangga lagu Hollywood. Namun di balik perjuangannya pada tahun ini, Ariana pernah melalui sejumlah peristiwa yang membuatnya trauma hingga sekarang.

Masih ingat dengan peristiwa yang memilukan saat teror bom menimpa konser Ariana Grande di Manchester, Mei 2017? Hal ini ternyata memengaruhi kondisi mental Ariana Grande lho, Feedies.

Mantan kekasih Pete Davdison ini mengidap PTSD atau Post Trauma Stress Disorder. Ini adalah gangguan stres yang timbul setelah seseorang mengalami sebuah kejadian yang traumatis.

Pelantun lagu "Thank u, Next!" ini sempat takut membagikan masalah mental yang dialaminya ini. Namun, akhirnya dirinya bisa terbuka ke publik dan membagikan foto hasil pemindaian otaknya.

Foto hitam putih itu menunjukkan perbandingan kondisi otak sehat dan yang mengalami PTSD. Dalam kondisi normal seharusnya terdapat beberapa area di otak yang lebih menonjol. Namun, mereka yang mengalami PTSD memiliki area menonjol yang berbeda.

"Menakjubkan dan menakutkan.. Guys.. Otakku, bukan bercanda," tulis Ariana di foto pemindaian otak yang awalnya ia bagikan di group chat itu.

Belum jelas kapankah rekam otak ini diambil. Namun, Ariana Grande sendiri pernah curhat mengenai kondisi ini dalam wawancaranya dengan British Vogue edisi Juni 2018.

"Aku benci mengakui ini. Sulit untuk mengatakannya karena banyak orang mengalami hal lebih parah dari aku. Tapi iya, ini hal yang nyata. Aku rasa aku tidak akan tahu bagaimana cara membahasnya tanpa menangis," kata dia.

TOP