Hiburan

Marlina: Semangat Feminisme Melawan Patriarki [REVIEW]

Bagus Prasetiyo | 28 November 2017 - 19:32
Marlina: Semangat Feminisme Melawan Patriarki [REVIEW]
Menjadi perempuan bisa begitu sulit di Sumba, Nusat Tenggara Timur, salah satu wilayah Indonesia. Apalagi ditambah dengan status sosial ekonomi yang rendah. Inilah yang terpotret dalam Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak. Film arahan Surya Mouly ini berfokus pada persoalan yang kerap dihadapi perempuan Indonesia, yakni tindakan sewenang-wenang dari laki-laki akibat budaya patriarki. Bagaimana Surya menampilkan narasi ini? Simak selengkapnya dalam #ReviewFeedy
FeedMe.id, Jakarta ? Mencari keadilan di Indonesia tidaklah mudah, terlebih jika yang meminta adalah adalah orang miskin dan seorang perempuan. Inilah yang tergambar dalam film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak karya Mouly Surya. Film yang mengambil latar tempat di Sumba ini menampilkan Marsha Timothy sebagai Marlina, Dea Panendra sebagai Novi, Yoga Pratama sebagai Franz, dan Egi Fedly sebagai Markus. Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak mencoba mengangkat posisi perempuan di Indonesia dan masalah yang kerap dihadapi mereka. Lewat naskah yang dibuat Rama Adi dan Garin Nugroho, film ini menampilkan semangat feminisme dalam budaya patriarki di Indonesia. Baca juga: 4 Fakta Menarik Film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak

Empat Babak

marlina-si-pembunuh-dalam-empat-babak-2 Babak pertama adalah perampokan. Segmen ini berkisah tentang Marlina baru saja ditinggal mati Topan, sang suami. Tak lama setelahnya, Marlina didatangai para perampok yang ingin merenggut ternak dan juga kesuciannya. Marlina kemudian meracun para perampok yang sewenang-wenang itu dan memenggal kepala Markus, bos perampok yang memaksanya berhubungan badan. Bagian kedua adalah perjalanan. Sambil menenteng kepala Markus, Marlina berencana pergi ke kantor polisi untuk mengadu. Di tengah jalan, ia bertemu Novi, tetangganya, yang tengah hamil besar. Kepada Marlina, Novi curhat kalau dirinya kerap dituding selingkuh lantaran sudah sepuluh bulan bayi di kandungannya tak kunjung lahir. Masyarakat di sana meyakini, kalau lebih dari sembilan bulan belum melahirkan, bayinya sungsang. Dan, ini dikarenakan si istri selingkuh. Berikutnya adalah babak ketiga, yakni pengakuan. Di sini, Marlina berhasil datang ke kantor polisi. Namun sayang, ia tak mendapat apa yang diingunkannya. Sebab, aparat di sana tak merespons aduan Marlina dengan baik. Kata polisi, mereka butuh melakukan visum dan itu baru bisa dilakukan sebulan kemudian. Bisa dibilang, pengakuan Marlina adalah usaha yang sia-sia. marlina-si-pembunuh-dalam-empat-babak-1 Di sisi lain, Novi bertengkar dengan suaminya karena sang suami lebih percaya perkataan Frans, seorang perampok yang memburu Marlina. Frans berkata bahwa Novi selingkuh. Novi pun mustahil membuktikan dirinya tak main serong lantaran permintaan suaminya yang tak masuk akal, yakni melahirkan si jabang bayi saat itu juga. Babak terakhir, yakni keempat berkisah tentang kelahiran. Di sini, akkhirnya bayi Novi lahir. Namun sebelumnya, Novi dan Marlina harus berurusan dengan Frans yang menawan mereka. Novi harus memasak sup ayam untuk Frans, sementara Marlina harus melayani nafsu birahi garong tersebut. Baca juga: Kalau Pacarmu Melakukan 9 Hal Ini Segeralah Minta Putus

Semangat Feminisme

marlina-si-pembunuh-dalam-empat-babak-3 Tak heran rasanya bila Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak mondar mandir di sejumlah festival flm luar negeri. Pasalnya, film ini sarat gambaran nyata tentang ketimpangan gender yang terjadi di Indonesia serta kritikan terhadap budaya patriarki, budaya yang menempaktan laki-laki lebih tinggi pada tatanan kehidupan sosial. Budaya ini tergambar dari perampok yang datang dan sewenang-wenang merasa berhak terhadap ternak serta tubuh Marlina. Sebelum mati dipenggal, Markus berkata kepada Marlina bahwa Marlina adalah perempuan paling beruntung bila menuruti keinginan komplotan perampok. Tentu kalimat ini amat merendahkan martabat perempuan. Selain itu, gambaran budaya patriarki juga terlihat dari sikap polisi yang tak menganggap pemerkosaan adalah hal pelik. Sikap superior lainnya bisa dilihat dari kekerasan verbal dan non-verbal yang dilakukan suami Novi kepada Novi. Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak bukan cuma menampilkan gambaran ketimpangan itu, melainkan bentuk perlawanannya juga. Marlina, misalnya, bukan cuma berani memenggal lelaki yang mau mengangkangi haknya tetapi juga membawa kepalanya ke kantor polisi. Ketika diajak Novi ke gereja untuk mengaku dosa, Marlina merasa ia tak berdosa melakukan pembunuhan itu. Ini merupakan bentuk perlawanannya terhadap lelaki yang semena-mena terhadap tubuhnya. marlina-si-pembunuh-dalam-empat-babak-4 Semangat feminisme bukan cuma hadir dari tokoh utama, tapi juga sosok Novi. Setelah diam saja setiap dituding selingkuh karena bayi di kandungan tak kunjung lahir, akhirnya Novi berani melawan suaminya. Keberanian ini juga muncul di bagian akhir saat Novi melawan Frans. Marlina dan juga Novi bisa menjadi contoh bagaimana perempuan harusnya bersikap. Bukan soal membunuh, tapi soal sadar akan haknya. Mereka punya hak atas tubuh mereka sendiri dan berhak menolak segala jenis paksaan pihak luar, serta menolak tunduk dan direndahkan martabatnya. Keduanya juga mengajarkan untuk melawan kesewenang-wenangan. Baca juga: Wajib Tahu! Tujuh Hal Ini Juga Bentuk Pelecehan Seksual Lewat pengambilan gambar yang cenderung statis, Mouly Surya mampu membuat narasi Marlina tampil apik. Mata penonton juga dimanjakan dengan pemandangan savana dan alam yang masih belum terjamah di Sumba, Nusa Tenggara Barat. Meskipun terdapat adegan keji, tapi Mouly sukses membungkusnya menjadi sesuatu yang miris. Superioritas lelaki juga mampu tampil menjengkelkan dan nyata. Bisa dikatakan, Mouly bisa menampilkan semangat feminisme dalam konteks masyarakat tradisional yang dikuasai budaya patriarki. Kekautan perempuan yang mungkin tidak diprediksi sebelumnya bisa ditampilkan dengan apik. Feedy memberikan skor 7,7/10 untuk film ini.

Santai

Terapi Musik Punya 4 Manfaat Luar Biasa buat Tubuh

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Terapi Musik Punya 4 Manfaat Luar Biasa buat Tubuh

Musik ternyata nggak cuma sekadar hiburan, melainkan juga bisa dijadikan terapi dengan berbagai manfaat. Lalu, apa aja manfaat terapi musik? Langsung simak di bawah ini, Feedies.

FeedMe.id, Jakarta – Musik emang nggak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Selain sebagai hiburan, ternyata musik juga punya banyak manfaat lain lho, Feedies. Melansir dari CNN, terapi musik punya banyak manfaat. Berikut ini empat manfaat yang bisa kamu dapatkan dari terapi musik.

Mengatasi Depresi

Terapi musik bisa membantu beberapa orang melawan depresi, lho. Sebuah studi di tahun 2008 menemukan fakta bahwa orang yang dapat terapi musik lebih, mungkin mengalami penurunan gejala depresi. Manfaat ini didapatkan setelah pasien diminta buat mendengar musik dan bernyanyi improvisasi.

Menekan Stres

Ternyata musik juga bisa menekan stres lho, Feedies. Sebuah studi di tahun 2008 pada 236 ibu hamil menunjukkan, terapi musik mengurangi tingkat stres dan cemas mereka. Penelitian di tahun 2009 juga menemukan bahwa musik bermanfaat buat menekan stres pada pasien gagal jantung. Hasil studi bilang, musik punya manfaat pada tekanan darah, denyut jantung, laju pernapasan dan rasa sakit pada orang dengan penyakit gagal jantung.

Mengatasi Autisme

Nggak cuma stres dan depresi aja, terapi musik juga bisa bantu meningkatkan keterampilan komunikasi anak-anak dengan kelainan spektrum autisme, Feedies. hal ini ditemuin dalam sebuah penelitian terbatas.

Membantu Pasien Kanker

Penilitian lain juga menunjukkan ternyata terapi musik bisa bantu pasien kanker, Feedies. Selain bisa ngurangi kecemasa pasien kanker. Musik diklaim bisa bantu pasien ngeringanin mual dan muntah akibat dosis tinggi kemoterapi.

Wah, nggak nyangka ya, ternyata terapi musik punya banyak manfaat.

Subscribe to our newsletter

Connect with us

Hiburan

Ayah Kylie Jenner Liburan ke Indonesia Bersama Tunangannya

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Ayah Kylie Jenner  Liburan ke Indonesia Bersama Tunangannya

Salah satu anggota keluarga Jenner, yaitu Caitlyn Jenner, baru-baru ini berkunjung ke Indonesia untuk liburan bersama tunangannya. Pergi ke manakah ia selama di Indonesia?

FeedMe.id, Jakarta – Baru-baru ini salah satu anggota Jenner berkunjung ke Indonesia lho, Feedies. Namun, bukan Kylie ataupun Kendall, melainkan sang ayah, yang kini bernama Caitlyn Jenner. Hal ini diketahui lewat sebuah video Caitlyn dan tunangannya, Sophia Hutchins, yang lagi ada di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Di Indonesia, mereka mengunjungi destinasi wisata yang ada di Magelang. Hal ini terungkap setelah MakeUp Artist Ryan Ogilvy mengunggah video Caitlyn Jenner lagi didandani. Ryan dan timnya memang lagi mendapat tugas mendadani orang tua selebritas paling populer di dunia ini, Feedies.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ryan Ogilvy (@ryanogilvy) on

Selama di Indonesia, diketahui kalau Caitlyn dan tunangannya berada di resort milik pengusaha Sandiaga Uno bernama MesaStila yang berlokasi di Desa Losari, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Caitlyn Jenner (@caitlynjenner) on

Caitlyn yang berusia 68 tahun dikabarkan akan segera menikah dengan tunagannya, Sophia, yang berusia 47 tahun lebih muda. Dilihat dari unggahan foto di Instagram masing-masing, mereka nampak enjoy menikmati liburannya di Indonesia kali ini, Feedies.

Hiburan

Ikutan #10YearsChallenge, 3 Seleb Ini Tetap Awet Muda

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Ikutan #10YearsChallenge, 3 Seleb Ini Tetap Awet Muda

#10YearsChallenge yang beredar di internet belakangan ini bertujuan buat membandingkan foto 10 tahun yang lalu dengan foto sekarang di tahun 2019. Namun, gimana jadinya ya, kalau ternyata kamu awet muda kayak tiga selebritas yang ikutan di bawah ini? Jadi kayak nggak ikutan challenge, deh.

FeedMe.id, Jakarta – Internet nggak akan berhenti dari yang namanya challenge. Buktinya, di awal tahun aja udah muncul challenge baru yang menghebohkan, yakni #10YearChallenge. Tantangan ini mengharuskan kamu mengunggah foto jadul 10 tahun lalu buat dibandingin sama foto sekarang di tahun 2019.

Banyak banget orang yang ikutan challenge ini, termasuk juga para selebritas Indonesia. Nah, dari sekian banyak seleb Indonesia yang ikutan, tiga orang ini terlihat kayak nggak ikutan challenge saking awet mudanya. Siapa mereka?

Sandra Dewi

Kita semua sepakat, kalau ditanya siapa seleb Indonesia yang cantik dan awet muda, maka jawabannya adalah Sandra Dewi. Kecantikan selebritas yang satu ini seakan nggak pernah pudar. Kayak foto dirinya pada #10YearsChallenge yang memakau bando dan kalung hits pada masanya.

Shandy Aulia

Nggak cuma ngasih foto 10 tahun lalunya, Shandy Aulia justru ngasih foto dirinya 14 tahun yang lalu waktu dia masih berumur 18 tahun. Yang bikin Feedy terkejut adalah, meskipun udah belasan tahun lamanya, wajah cantik Shandy Aulia masih awet muda banget lho, Feedies. Setuju gak?

Maia Estianty

Maia Estianty dikenal sebagai seleb Indonesia yang mempunyai wajah awet muda. Hal ini pun dibuktikan Maia lewat #10YearsChallenge. Potret dirinya 10 tahun yang lalu dengan yang sekarang pun nggak ada bedanya, Feedies. Benar-benar awet muda.

Wah, kira-kira apa ya rahasia yang bikin mereka bisa awet muda kayak begini?

Santai

Pandai Memanipulasi, Ini Fakta Kucing yang Mengejutkan

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Pandai Memanipulasi, Ini Fakta Kucing yang Mengejutkan

Di balik kelucuan, kegemasan, kepolosannya serta bulu-bulunya yang lembut, ternyata kucing menyimpan beberapa fakta yang mengejutkan lho, Feedies. Fakta apa aja? Simak berikut ini.

FeedMe.id, Jakarta – Kucing menjadi salah satu hewan domestik yang paling populer buat jadi peliharaan selain anjing. Wajah dan tingkahnya yang gemesin menjadikan hewan berbulu ini favorit banyak orang.

Nah, kamu tahu nggak sih, ternyata di balik wajah imutnya ini, kucing menyimpan beberapa fakta yang cukup mengejutkan, lho. Fakta kayak gimana? Langsung baca artikel ini sampai selesai ya, Feedies.

Suka Tidur

Kamu pasti sering banget ketemu kucing lagi tidur. Entah itu tidur di mana aja dan dengan pose kayak gimana pun. Hal ini bisa dimaklumi, Feedies. Sebab, sebagian besar hidup kucing memang dihabiskan buat tidur. Rata-rata kucing menghabiskan dua per tiga hidupnya buat tidur.

Bisa Nemuin Jalan Pulang

Percaya atau nggak, kalau kamu meninggalkan kucing di tempat yang agak jauh, mereka masih bisa nemuin jalan pulangnya sendiri lho, Feedies. Menurut para ahli, hal ini bisa dilakukan kucing karena mereka memahami di mana mereka berada dari sudut sinar matahari dan juga sel magnetik di otak mereka yang bekerja kayak kompas.

Kucing Punya Sidik Jari

Sama kayak manusia, kucing juga punya hal unik yang dimiliki setiap individunya lho, yaitu sidik jari. Namun, kalau kucing bukan benar-benar sidik jari sih, Feedies. Soalnya, sidik pengenal itu bukan terdapat di jari mereka melainkan di hidung.

Bisa Ngerasain Gempa

Kucing adalah salah satu hewan yang bisa ngerasain datangnya gempa lebih cepat dibandingkan hewan lain. Ini karena kucing adalah hewan yang sangat sensitif terhadap getaran. Mereka bisa ngerasain gempa bumi antara 10-15 menit sebelum manusia merasakannya.

Bisa Memanipulasi Manusia

Sama kayak pacar kamu yang imut, tapi pandai memanipulasi. Kucing juga hewan yang pandai memanipulasi manusia, Feedies. Kemampuan beradaptasi kucing bisa bikin mereka ngerti bahwa ada manusia yang sayang sama dirinya atau nggak. Dengan begitu, kucing pun bisa dengan mudah mengatur vokalnya buat nyiptain suara yang melas ataupun manja sebagai cara memanipulasi kamu biar kamu nurut sama mereka.

Setelah tahu fakta-fakta kucing di atas, apakah kamu masih tetap cinta sama hewan kecil berbulu ini, Feedies?

Hiburan

Daftar Lengkap Nominasi Oscar 2019, Ada Favoritmu?

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Daftar Lengkap Nominasi Oscar 2019, Ada Favoritmu?

Akhirnya daftar lengkap nominasi ajang bergengsi Academy Awards ke-91 atau Piala Oscar 2019 udah diumumkan. Total ada 25 nominasi yang diumumkan pada Selasa malam kemarin. Lalu siapa ajakah yang berhasil masuk nominasi ajang bergengsi ini? Berikut daftar lengkapnya.

FeedMe.id, Jakarta – Ajang penghargaan film dunia, Academy Awards atau Piala Oscar memang selalu ditunggu insan perfilman. Nah, pada Selasa, 22 Januari lalu, akhirnya The Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS) selaku penyelenggara mengumumkan nominasi lengkapnya untuk edisi ke-91 tahun ini nih, Feedies.

Pembacaan nominasi ini dilakukan oleh aktor Kumail Nanjiani dan Tracee Ellis Ross di Samuel Goldwyn Thatre, Beverly Hills, California. Nama-nama film yang diprediksi akan mendulang banyak nominasi kayak Roma, Bohemian Rhapsody dan A Star is Born pun benar-benar masuk banyak nominasi.

Lalu seperti apa nominasi lengkap dari Piala Oscar 2019 ini? Langsung lihat daftarnya di bawah ini ya, Feedies.

Best Picture:
'Black Panther'
'BLACKkKLANSMAN'
'Bohemian Rhapsody'
'The Favourite'
'Green Book'
'Roma'
'A Star Is Born'
'Vice'

Best Actor:
Christian Bale - 'Vice'
Bradley Cooper - 'A Star Is Born'
Willem Dafoe - 'At Eternity's Gate'
Rami Malek - 'Bohemian Rhapsody'
Viggo Mortensen - 'Green Book'

Best Actress:
Yalitza Aparicio - 'Roma'
Glenn Close - 'The Wife'
Olivia Colman - 'The Favourite'
Lady Gaga - 'A Star Is Born'
Melissa McCarthy - 'Can You Ever Forgive Me?'

Best Supporting Actor:
Mahershala Ali - 'Green Book'
Adam Driver - 'BLACKkKLANSMAN'
Sam Elliot - 'A Star Is Born'
Richard E Grant - 'Can You Ever Forgive Me?'
Sam Rockwell - 'Vice'

Best Supporting Actress:
Amy Adams - 'Vice'
Marina De Tavira - 'Roma'
Regina King - 'If Beale Street Could Talk'
Emma Stone - 'The Favourite'
Rachel Weisz - 'The Favourite'

Best Director:
Spike Lee - 'BLACKkKLANSMAN'
Pawel Pawlikowski - 'Cold War'
Yorgos Lanthimos - 'The Favourite'
Alfonso Cuaron - 'Roma'
Adam McKay - 'Vice'

Animated Feature:
'Incredibles 2'
'Isle of Dogs'
'Mirai'
'Ralph Breaks the Internet'
'Spider-Man: Into the Spider-Verse'

Animated Short:
'Animal Behavior'
'Bao'
'Late Afternoon'
'One Small Step'
'Weekends'

Adapted Screenplay:
'The Ballad of Buster Scruggs'
'BLACKkKLANSMAN'
'Can You Ever Forgive Me'
'If Beale Street Could Talk'
'A Star Is Born'

Original Screenplay:
'The Favourite'
'First Reformed'
'Green Book'
'Roma'
'Vice'

Cinematography:
'Cold War'
'The Favourite'
'Never Look Away'
'Roma'
'A Star Is Born'

Best Documentary Feature:
'Free Solo'
'Hale County This Morning, This Evening'
'Minding the Gap'
'Of Fathers and Sons'
'RBG'

Best Documentary Short Subject:
'Black Sheep'
'End Game'
'Lifeboat'
'A Night at the Garden'
'Period. End of Sentence'

Best Live Action Short Film:
'Detainment'
'Fauve'
'Marguerite'
'Mother'
'Skin'

Best Foreign Language Film:
'Capernaum' - Libanon
'Cold War' - Polandia
'Never Look Away' - Jerman
'Roma' - Meksiko
'Shoplifters' - Jepang

Film Editing:
'BLACKkKLANSMAN'
'Bohemian Rhapsody'
'The Favourite'
'Green Book'
'Vice'

Sound Editing:
'Black Panther'
'Bohemian Rhapsody'
'First Man'
'A Quite Place'
'Roma'

Sound Mixing:
'Black Panther'
'Bohemian Rhapsody'
'First Man'
'Roma'
'Star Is Born'

Production Design:
'Black Panther'
'The Favourite'
'First Man'
'Mary Poppins Returns'
'Roma'

Original Score:
'Black Panther'
'BLACKkKLANSMAN'
'If Beale Street Could Talks'
'Isle of Dogs'
'Mary Poppins Returns'

Original Song:
'All The Stars' - 'Black Panther'
'I'll Fight' - 'RBG'
'The Place Where Lots Things Go' - 'Mary Poppins Returns'
'Shallow' - 'A Star Is Born'
'When A Cowboy Trades His Spurs For Wings' - 'The Ballad of Buster Scruggs'

Makeup and Hair:
'Border'
'Mary Queen of Scots'
'Vice'

Costume Design:
'The Ballad of Buster Scruggs'
'Black Panther'
'The Favourite'
'Mary Poppins Returns'
'Mary Queen od Scots'

Visual Effects:
'Avengers: Infinity War'
'Christopher Robin'
'First Man'
'Ready Player One'
'Solo: A Star Wars Story'

Piala Oscar 2019 akan diadakan pada 24 Januari 2019 di Dolby Theatre, Los Angeles. Jadi, apakah film favoritmu ada yang masuk nominasi di atas, Feedies?

close
close
TOP