Viral

Pakai CCTV dan Menyasar Pelat B, Ini Detail E-Tilang di Jakarta

Harith Jobs | 21 September 2018 - 11:06
Pakai CCTV dan Menyasar Pelat B, Ini Detail E-Tilang di Jakarta
Pelanggaran lalu lintas di ibukota selalu menjadi polemik yang tak kunjung selesai. Banyak hal yang udah dilakukan kepolisian setempat, misalnya operasi rutin agar pengendara kendaraan bermotor jera. Namun sayangnya, solusi tersebut belum berhasil hingga akhirnya polisi memutuskan untuk memanfaatkan E-Tilang. Bagaimana cara kerjanya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini, Feedies.
FeedMe.id, Jakarta - Kepolisian Daerah Metro Jaya akan menerapkan E-Tilang di DKI Jakarta per Oktober 2018. Uji coba ini akan diterapkan di sejumlah protokol, misalnya di Jalan Sudirman dan Jalan MH. Thamrin. Dengan dukungan peralatan canggih dan teknologi modern, polisi menjamin E-Tilang gak akan salah sasaran. Dilansir dari berbagai sumber, untuk penerapannya, E-Tilang akan menggunakan sejumlah CCTV yang memiliki tingkat akurasi hingga 90 persen, nantinya CCTV ini akan diletakkan di beberapa persimpangan dan langsung terhubung ke NTMC Polda Metro Jaya.
?Ada spesifikasinya, yang jelas dalam keadaan gelap pun bisa terlihat dan 90 persen akurat," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf.
Bagaimana cara kerjanya? CCTV merekam data pelanggaran yang meliputi wajah pengemudi, nomor polisi dan ciri-ciri fisik kendaraan, kemudian data tersebut akan dikirim ke pusat monitoring lalu bukti pelanggaran elektronik tersebut diteruskan ke pemilik kendaraan dengan lampiran bukti pelanggaran. Pelanggar wajib membayar denda dengan cara transfer melalui virtual account tertera di BRI. Lalu bagaimana kalau pelanggar gak membayar denda tilang setelah menerima surat tilang? Apabila pelanggar gak membayar denda hingga 2 pekan sejak dikirimkan bukti pelanggaran elektronik, STNK secara otomatis akan diblokir. Untuk nominal denda maksimalnya mencapai 500 ribu rupiah. Penerapan E-Tilang baru berlaku untuk kendaraan dengan kendaraan bernopol B, mengingat belum terintegrasinya sistem secara nasional. Untuk penilangan selain pelat B, Polda Metro Jaya akan bekerja sama dengan dengan Korlantas Polri. Lalu hal apa yang dianggap sebagai pelanggaran lalu lintas? Silakan simak daftar di bawah ini, Feedies.
  • Melanggar marka dan rambu
  • Melanggar batas kecepatan
  • Melanggar jalur khusus bagi kendaraan tertentu
  • Kelebihan daya angkut
  • Menerobos lampu merah
  • Melawan arus
  • Mengemudi tanpa kendali
  • Nggak memakai sabuk keselamatan (mobil)
  • Mengemudi sambil menggunakan ponsel
Penerapan E-Tilang yang udah dilaksanakan di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Inggris dan Singapura diharapkan mampu menciptakan masyarakat lebih tertib dan patuh dengan lalu lintas.

Gaya

E-Tilang, Bikin Pelanggar Lalu Lintas Gak Perlu Sidang

Bagus Prasetiyo | 14 December 2016 - 16:26
E-Tilang, Bikin Pelanggar Lalu Lintas Gak Perlu Sidang
Saat ini hampir semua hal bisa dilakukan secara daring (online), mulai dari berkomunikasi, belanja, belajar, konsultasi, sampai nyari jodoh. Gak mau ketinggalan, bahkan kini tilang juga dilakukan secara online lho Feedies. Serius? Yeap, kamu gak perlu ribet lagi deh. Nih, Feedy jabarkan semuanya khusus buat kamu. Ssst, katanya sih bisa meminimalkan ?uang damai?. Hmmm, apa iya?
FeedMe.id, Jakarta ? Berlalu lintas di jalan raya gak selamanya mulus. Apalagi di jalanan Ibu Kota yang ruwet dan padat merayap. Gak jarang pengemudi kendaraan gemas lantaran gak dapet jalan. Kalo udah begini biasanya melanggar bakal jadi pilihan, mulai dari naik ke atas trotoar, masuk ke lajur bus TransJakarta, belok bukan pada tempatnya, atau masuk ke jalan layang yang bukan untuk jenis kendaraannya. Apapun alasanya, melanggar itu gak boleh ya Feedies karena itu sama aja kamu udah ngambil hak orang lain yang juga bukan hakmu. Nah lho, kamu sama aja kayak koruptor yang kamu sebelin tuh. Kalo udah melanggar dan ketangkep basah polisi biasanya seribus satu alasan bakal keluar biar gak kena tilang. Entah alasan buru-buru, gak tau kalo itu salah, ngaku anak pejabat, balik galak dan nyakar polisi yang nilang, atau kalo udah pasrah banget biasanya ngajak damai. Damai memang indah, tapi sayangnya itu gak boleh berlaku di kondisi ini. Hayooo, masa kamu yang sebal sama koruptor dan tindakan korup malah jadi bagian di dalamnya. Malu, ah! Tapi kena tilang kan ribet dan kudu ikut sidang segala? Eits, itu dulu, sekarang udah gak lagi. Sistem tilang online bisa bikin lebih efisien dan katanya sih bisa memutus rantai ?uang damai?.  

Tilang Online Gak Perlu Sidang

via GIPHY Korps Lalu Lintas Polri kini mengeluarkan pembayaran tilang kendaraan menggunakan sistem online. Sistem ini sendiri udah dirancang sejak Oktober lalu dan  mulai berlaku pada 16 Desember 2016. Nah, masyarakat tinggal mengunduh aplikasi yang disediakan Polri. Lewat aplikasi itu, pelanggar tinggal bayar jumlah denda sesuai pasal yang dilanggar deh. E-Tilang sendiri bisa dibilang bakal mempercepat proses hukum. Ini lantaran yang berlaku penggunaan lembar tilang berwarna biru. Setelah menggunakan E-Tilang, petugas gak perlu lagi nyatet di buku tilang, tapi langsung di aplikasi E-Tilang. Nah, setelah dicatat jenis pelangggarannya, lalu keluar deh besaran denda yang harus dibayarkan. Jadi, pelanggar cuma perlu melakukan penitipan denda tilang melalui bank. Dikutip dari laman resmi NTMC Polri, ini nih keuntungan dari E-Tilang,
Keuntungan dalam penggunaan aplikasi Tilang Online, bisa diketahui secara transparan, akurat dan cepat oleh pihak-pihak terkait seperti Polri, Kejaksaan, Mahkamah Agung/Pengadilan di setiap tingkatan mulai dari Kabupaten/Kota, Provinsi hingga pusat seperti rekapitulasi data penindakan tilang dapat diakses melalui Aplikasi Tilang Online, serta detail data penindakan tilang dapat di akses melalui website yang terhubung dengan jaringan internet.
Tenang, kamu yang alergi dan trauma sama sidang lantaran gak lulus-lulus dan terus-terusan revisi gak perlu takut. Gak bakal ada sidang lagi, cuy! Eh, seenggaknya gak menambah beban sidang dalam hidup kamu deh. Mungkin kudunya Jessica ngikut E-Tilang kali ya biar gak perlu disidang. #Eh?!  

Alur Tilang Online

feedme-id-tilang-online Untuk tilang online, ada sepuluh tahapan yang kudu dilalui. Pertama, petugas kepolisian menindak pelanggar. Kedua, petugas polisi memasukan data tilang pelanggar pada aplikasi Tilang Online. Ketiga, pelanggar mendapat notifikasi pembayaran tilang. Keempat, pembayaran denda tilang bisa melalui jaringan perbankan. Kelima, pelanggar bisa mengambil barang bukti yang disita dengan menunjukkan bukti pembayaran. Keenam, nah, ini nih yang bikin enak, pelanggar gak perlu hadir di persidangan atau diwakili kepada petugas. Berikutnya, ketujuh, persidangan memutuskan nominal denda tilang. Kedelapan, kejaksaan mengeksekusi Putusan Tilang. Kesembilan, pelanggar mendapat notifikasi SMS berisi informasi putusan. Kesepuluh, sisa dana titipan denda tilang, dapat diambil di bank atau ditransfer ke rekening pelanggar. Wih, masyarakat gak perlu repot lagi deh untuk ikut sidang tilang di pengadilan. Wah, kalo udah begini sih diharapkan para pelanggar gak lagi ?berdamai? sama petugas polisi di lapangan ya. Eits, tapi lebih baik lagi sih kalo gak melanggar, biar gak perlu keluar uang denda. Tapi kira-kira, ?uang damai? masih ada gak ya? Yuk, cinta damai dengan gak ngasih uang damai!          

Sponsored Content

James Gunn Bikin Film Superman Jahat

Chrystina Yohana Limas | 2 jam yang lalu
James Gunn Bikin Film Superman Jahat

Pernah terpikir nggak sama kamu, Feedies kalau Superman itu ternyata bukan alien yang baik? James Gunn, sutradara film buatan Marvel, Guardians of the Galaxy Vol.1&2 terpikir untuk membuat film superhero penyebar terror, berbanding terbalik dengan film superhero yang biasa kamu lihat, Feedies. 

FeedMe.id, Jakarta – Film superhero produksi Sony Pictures Entertainment yang diproduseri James Gunn ini ditampilkan bukan untuk menyelamatkan bumi. Kekuatan yang dimiliki superhero ini justru membuat kepanikan dan kekacauan di bumi. Simak cuplikan trailernya di bawah ini

Adegan Awal Mirip dengan Asal Muasal Superman

Ceritanya ada sepasang suami istri yang diperankan oleh Elizabeth Banks dan David Benman yang udah lama merindukan anak. Suatu hari, di rumah mereka yang letaknya di pedesaan, mereka kedatangan meteor yang mendadak jatuh dan turun di depan rumah mereka. 

Dari meteor yang jatuh itu, sang istri menemukan bayi alien, dan memutuskan mengadopsi bayi tersebut. Adegan awalnya mirip dengan kisah awal muasal Superman, namun berbeda karena sang bayi justru tumbuh dengan kemampuan dan sifat yang berbeda dengan superhero layaknya Superman.

Ini Keanehan si Anak Alien

Dalam cuplikan yang ditampilkan, sang anak alien bernama Brandon ini terlihat sangat menyeramkan. Melayang-layang di kegelapan, bermain dengan api, dan suka menggambar simbol-simbol aneh di buku catatannya. Pada akhir cuplikan, Brandon terlihat mengejar pelayan yang masuk ke lemari pendingin, tapi pintunya dirusak oleh kekuatan dalam dirinya yang mirip laser mata.

Sang ibu yang awalnya membela Brandon dan meyakinkan anak alien ini kalau dia memiliki kebaikan dalam dirinya akhirnya mulai ketakutan, dan bersembunyi di bawah ranjang. Sementara Brandon terus melakukan kekacauan dan penghancuran besar-besaran dengan mengenakan topeng dan jubah merah mirip Superman. 

Kapan Tayang?

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Brightburn (@brightburnmovie) on

Film superhero jahat, BrightBurn buatan James Gunn yang disutradarai oleh David Yarovesky yang terkenal lewat film horror The Hive (2014) ini dijadwalkan tayang Mei 2019. Gimana Feedies menurut kamu film bergenre superhero-horror ini? Kalau kamu penasaran tonton aja dulu trailernya, Brightburn, dan pantengin terus FeedMe.id untuk kabar selanjutnya yah, Feedies.

Subscribe to our newsletter

Connect with us

Santai

5 Makanan Khas Sri Lanka yang Harus Kamu Coba

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
5 Makanan Khas Sri Lanka yang Harus Kamu Coba

FeedMe.id, Jakarta – Feedies, buat kamu yang suka makanan India dan juga suka makanan Indonesia, pernah gak kepikiran gimana jadinya kalau dua cita rasanya tersebut digabung? Kalau pernah kepikiran, kamu harus nyobain makanan khas Sri Lanka.

Banyak orang yang bilang makanan khas Sri Lanka rasanya mirip-mirip kayak makanan khas India digabung dengan cita rasa khas Indonesia. Lalu, makanan khas Sri Lanka apa yang harus kamu cobain? Menurut Feedy, lima makanan berikut ini, Feedies.

1. Watalappan

Salah satu makanan khas Sri Lanka yang harus kamu coba adalah Watalappan. Makanan dengan nama yang asing di telinga kita ini adalah salah satu makanan populer di negara kecil ini. Meskipun populer, katanya sih agak sulit buat nyobain makanan ini. Soalnya, makanan ini cuma disajikan buat acara-acara tertentu doang.

Makanan bernama watalappan ini punya cita rasa yang hampir mirip sama custard telur tapi dengan pengaruh Melayu dan beberapa tambahan khusus kayak gula aren, pala, kapulaga dan juga santan. Makanan ini biasanya jadi pilihan buat jadi makanan penutup.

2. Lamprais

Makanan khas Sri Lanka berikutnya yang harus kamu cobain adalah lamprais. Makanan yang biasa disebut burger belanda ini memang makanan yang dulunya diturunkan oleh keturunan Burghers Belanda. Selain itu, bentuk makanan ini dari luar juga kelihatan bulet kayak bungkus burger.

Meski disebut burger belanda, lamprais ini sebenarnya kombinasi dari nasi, kari daging sapi/domba/babi, sambal, ikan, terung, kacang-kacangan dan perkedel yang dibungkus sama daun pisang dan dikukus juga dipanggang. Jadi, mirip-mirip nasi bakar ya, Feedies.

3. Dhal

Makanan berikutnya yang harus dicoba adalah Dhal. Makanan ini bisa dibilang jadi salah satu makanan pokok di Sri Lanka lho, Feedies. Buat masak ini, bahan yang dibutuhin cuma bawang bombay, cabe hijau dan beberapa rempah kayak daun pandan, fenugreek, jinten dan kayu manis buat selanjutnya dicampur sama santan. Nah, makanan ini sendiri kayak kari dengan tekstur yang lebih tipis dibanding kari khas India.

4. Kottu Roti

Buat makanan cepat saji khas Sri Lanka, penyajian kottu roti ini mirip sama nasi goreng, tapi ada bedanya. Kalau nasi goreng bahannya dari nasi, kottu roti bahannya dari roti, tepatnya berbahan roti godamba khas Sri Lanka. Roti godamba ini bakalan dipotong kecil-kecil sebelum nantinya digoreng pakai bahan lain kayak sayuran, telur, dan daging.

5. Appa

Sekilas makanan khas Sri Lanka ini mirip sama kue ape khas Jakarta. Tapi appa berbeda, Feedies. Soalnya, camilan Sri Lanka ini dibuat dari fermentasi tepung beras dan santan yang didadar dengan kulit pinggir yang renyah. Mirip kue ape banget, ya. Bedanya, kalau kue ape cuma dimakan gitu aja, appa bisa disajikan berbagai macam, salah satunya bisa dimakan pakai telur mata sapi di atasnya, bisa pakai susu, bisa juga jadi pengganti nasi dan pakai pelengkap kuah kari beserta lauk.

Gimana, Feedies, tertarik buat nyobain makanan khas Sri Lanka?

Hiburan

Injak Usia 40 Tahun, Kourtney Kardashian Ketakutan

Angela Wahyudi | 2 jam yang lalu
Injak Usia 40 Tahun, Kourtney Kardashian Ketakutan

FeedMe.id, Jakarta – Kenginan selalu tampak muda walaupun udah memasuki usia lanjut adalah impian semua orang, terutama kaum hawa. Banyak dari para perempuan yang belum bisa menerima kenyataan dirinya semakin bertambah tua. Hal ini pun dirasakan Kourtney Kardashian yang saat ini merasa karena harus menerima kenyataan bahwa dirinya akan bertambah tua. Sebab, pada 18 April 2019 kemarin, Kourtney Kardashian baru aja genap menginjak umurnya yang ke-40 tahun.

Dilansir dari HollywoodLife, seorang sumber terdekatnya mengatakan, "Kourtney sangat takut memasuki usia 40 tahun karena dia tak mau menjadi tua dan berurusan dengan segala sesuatu yang datang bersama (umur barunya)."

Meski begitu, di tengah ketakutannya, Kourtney Kardashian mensyukuri apa yang dimilikinya saat ini. Sebab, meskipun umurnya udah 40 tahun, tapi tampilan Kourtney masih seperti perempuan berusia 20 tahun.

Walau berusia lanjut, Kourtney Kardashian tetap percaya diri dengan segala pencapaiannya, termasuk memiliki tubuh yang indah. Salah satu yang memotivasiya untuk tetap percaya diri adalah melihat ibunya, Kris Jenner. Biarpun berusia 63 tahun, Kris Jenner juga gak mau kalah cantik dan awet muda dari kelima anak perempuannya itu.  

Menginjak usia 40 tahun, Kourtney Kardashian kabarnya gak bakalan menggelar pesta besar-besaran, seperti yang biasa dilakukan oleh keluarganya. Makan malam bersama dengan ketiga anaknya, Scott Dissick dan keluarga dekat, jadi pilihan Kourtney untuk merayakan usia barunya.

 

Viral

Selain di Sri Lanka, Ini Daftar Gereja yang Juga Pernah Diserang Bom

Angela Wahyudi | 2 jam yang lalu
Selain di Sri Lanka, Ini Daftar Gereja yang Juga Pernah Diserang Bom

FeedMe.id, Jakarta – Insiden berupa serangan bom yang yang menyerang gereja di Sri Lanka pada Minggu Paskah, 21 April 2019 menambah daftar deretan Gereja di dunia yang mengalami masalah yang sama.

Akibat insiden ini, sekitar 137 orang diketahui menjad korban atas ledakan bom. Selain Sri Lanka, belum lama serangan bom Gereja Katedral Bunda Maria dari Gunung Karmel di Jolo, Filipina Selatan, pada Minggu, 27 Januari 2019, menjadi bukti tempat ibadah telah menjadi salah satu sasaran terorisme.

Inilah serangan bom yang terjadi di gereja dalam tiga tahun terakhir

1. Gereja Koptik Ortodoks, Mesir 

Ledakan di gereja koptik Ortodoks ini terjadi pada Sabtu, 5 Januari  2019 di dekat sebuah kawasan pemukiman di ibu kota Kairo, Mesir. Belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab, tapi Mesir udah dikenal selama bertahun-tahun memerangi para militan garis keras. Serangan ini terjadi cuma berselang dua hari sebelum umat Kristen Ortodoks merayakan hari raya Natal. Karena insiden ini, seorang aparat kepolisian tewas.

2. Gereja Bethel Memorial Methodist, Pakistan 

Ledakan bom terjadi di luar gedung gereja Bethel Memorial Methodist, di Quetta kota, Pakistan pada 17 Desember 2017. Pelaku yang terdiri dari dua orang meledakkan bom yang melekat pada tubuh mereka waktu ratusan umat kristen lagi beribadah jelang misa Natal. Ledakan bom bunuh diri ini setidaknya menewaskan 9 orang.

3. Gereja Episcopal St. Stephen di Beaumont, Amerika Serikat 

Ledakan terjadi di gereja Episcopal St. Stephen, 10 Mei 2018. Berawal dari sebuah paket berisi bom yang kemudian meledak di sebuah tangga menuju pintu masuk gereja Bom. Bom itu baru meledak pada tengah malam. Beruntungnya, ledakan ini gak menimbulkan korban jiwa. Hanya sejumlah kaca di gereja pecah dan beberapa bagian dinding berlubang karena dampak ledakan.

 

Santai

Bukannya Pakai Roti, Sandwich Ini Malah Pakai Acar Timun

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Bukannya Pakai Roti, Sandwich Ini Malah Pakai Acar Timun

FeedMe.id, Jakarta – Kalau kamu dengar "sandwich" pasti yang terpikir sama kamu adalah roti lapis. Hal ini sebenarnya wajar, Feedies. Pasalnya, sandwich memang dibuat dari roti yang diisi dengan daging dan beberapa sayuran.

Namun, gimana jadinya kalau sandwich nggak memakai roti, malah pakai pickle alias acar dari timun sebagai pembungkusnya? Ternyata hal ini benar-benar terjadi. Alih-alih pakai roti, di Amerika Serikat ada jenis sandwich baru yang bernama pickle sandwich.

Perlu kamu tahu, pickle merupakan salah satu isian dari sandwich. Terkadang acar mentimun ini juga bisa jadi camilan dan disantap tanpa apa pun. Adalah Elsie’s, restoran asal Amerika Serikat yang berani mendobrak hakikat sandwich dari roti lapis jadi acar lapis. Idenya ini datang dari salah satu pemiliknya Katherine Cohen. Cohen terinspirasi dari resep keluarganya.

Meskipun roti yang menjadi pembungkus sandwich ini diganti pickle, isian sandwichnya masih sama kayak sandwich pada umumnya kok, Feedies. Masih terdapat smoked beef, daging ayam, keju dan saus-saus khas lainnya.

Memang secara tampilan kreasi sandwich yang satu ini kelihatan aneh. Namun begitu, pickle sandwich dinilai lebih sehat, lho. Soalnya, roti yang biasa ada di sandwich udah berubah jadi acar timun, yang artinya asupan karbohidrat yang ada di dalam sandwich jadi berkurang.

Lalu berapa sih harga pickle sandwich yang unik ini? Seporsi pickle sandwich dengan isian klasik dijual seharga USD8,50 atau sekitar Rp119 ribu. Buat menambah isian sesuai selera kamu dikenakan biaya tambahan sebesar 24 sen.

Jadi, gimana nih, apakah kamu tertarik buat nyobain sandwich unik ini?

Hiburan

Keren Juga, Boyband BTS Setara The Beatles soal Hal Ini

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Keren Juga, Boyband BTS Setara The Beatles soal Hal Ini

FeedMe.id, Jakarta – K-Pop alias musik Korea sekarang ini gak boleh diremehin lagi, Feedies. Pasalnya, banyak banget boyband dan girlband dari Negeri Ginseng ini yang berhasil mencetak prestasi secara internasional.

Prestasi terbaru dari ranah Kpop ini berhasil diraih oleh boyband BTS. Hal ini mereka raih sehabis album Map of the Soul: Persona yang dirilis beberapa pekan lalu langsung menempati posisi pertama Billboard 200.

Hal ini merupakan capaian ketiga BTS dalam kurun waktu kurang dari setahun. Sebelumnya album mereka Love Yourself: Tear juga berhasin menempati posisi pertama di Juni 2018. Terus dilanjut oleh album Love Yourself: Answer yang juga menempati posisi pertama di September 2018.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by BTS official (@bts.bighitofficial) on

Melansir Billboard via CNN, capaian ini bikin BTS mempunyai rekor yang sama kayak band legendaris dari Inggris, The Beatles. Di tahun 1995 sampai 1996, album Anthology 1, Anthology 2, dan Anthology 3 The Beatles berhasil menempati posisi pertama dalam kurun waktu cuma 11 bulan. Selain the Beatles, band The Monkees juga pernah ada di posisi ini dengan waktu kurang dari satu tahun.

Torehan The Monkees ini didapatkan pada 1967 lewat album More of the Monkees yang berhasil duduk di peringkat pertama pada Februari. Kemudian dilanjut oleh Headquarters pada Juni dan Pisces, Aquarius, Carpicorn, and Jones LTD pada Desember.

Memangnya selaku apa sih album BTS kok bisa sampai duduk di urutan pertama? Berdasarkan dara Nielsen Music, album terbaru BTS itu berhasil terjual sebanyak 230 ribu kopi dalam satu pekan setelah perilisan. Angka ini juga jadi yang terbanyak buat penjualan album boyband Korea Selatan.

Gokil juga ya BTS bisa sampai kayak begini. Kamu para penggemarnya pasti bangga, deh. Soalnya, ada andil dirimu juga di balik torehan prestasinya ini.

TOP