Viral

3 Jurusan Unik yang Hanya Ada di S2 UI

Chrystina Yohana Limas | 15 January 2019 - 17:18
3 Jurusan Unik yang Hanya Ada di S2 UI

Pernah terbayang kamu belajar menganalisa layaknya detektif CSI? Atau menjadi dokter khusus bagian penerbangan? Atau mempelajari kenapa kasus terorisme bisa terjadi di Indonesia?

FeedMe.id, Jakarta – Jadi almamater UI aja udah membanggakan, Feedies apalagi kalau kamu lulus sebagai ahli kriminologi, dokter spesialis penerbangan, atau analisis kajian terorisme dan masalah internasional. Hmm profesi yang langka kan? Ini lho jurusan unik yang hanya ada di S2 UI :

Kriminologi

Sering bermimpi menjadi detektif CSI dan hobby banget maen Criminal Case di smartphone? Hmm kamu mungkin cocok kalau belajar di jurusan #S2UI kriminologi, Feedies.  Nah yang perlu kamu tahu nih bocorannya kamu bukan hanya belajar jadi detektif tok, kamu akan belajar mengembangkan pemahaman Feedies tentang aspek sosial dan pribadi dari sebuah kejahatan. 

Simpelnya sih kriminologi itu adalah ilmu sosial yang menelaah penyebab kejahatan/perilaku menyimpang di masyarakat, lalu mencari cara terbaik untuk mengelola kejahatan tersebut. Batasan kejahatannya nggak ada Feedies, karena luas banget. 

Kamu bisa menganalisa dari kenakalan remaja yang melanggar hokum, kejahatan internasional, terorisme, sampai kejahatan yang gaib dan abstrak seperti cybercrime (termasuk hacking dan cyber-bullying) dan santet. Ini beneran lho Feedies jadi kalau cinta kamu ditolak jangan sampe dukun bertindak yah, hiiy ngeri ah! Tapi nih setelah lulus kamu nggak hanya jago analisa kejahatan, Feedies. 

Karena nantinya kamu akan dituntut melakukan penelitian sosial misalnya untuk mencari kebenaran yang sebenar-benarnya. Jangan sampai kamu membuat orang yang nggak bersalah dipenjara atau bahkan sebaliknya ya, Feedies. dengan kata lain, lulus dari #S2UI Kriminologi kamu dintuntut bisa menjawab semua permasalahan kejahatan dalam skala nasional maupun internasional.

Kajian Terorisme dan Keamanan Internasional

Dulu mungkin belum ada jurusan seperti ini, Feedies. Namun sejak munculnya ancaman terorisme yang terjadi di Indonesia dan beberapa negara, tentunya dibutuhkan seseorang sebagai analisis berbagai fenomena terorisme yang  mampu menerapkan kebijakan kontra-terorisme dan anti terorisme baik di institutsi pemerintah maupun swasta, organisasi internasional, institusi militer dan kepolisian, organisasi non-pemerintah, dan media.

Setelah lulus, tentunya Feedies diharapkan mampu mengidentifikasi dan menginvestigasi sejumlah kasus terorisme dan perkembangan radikalisme di Indonesia serta di wilayah lain dimana kedua fenomena tersebut saling berkaitan dan membentuk semacam jaringan internasional.

Kedokteran Penerbangan

Pernah dengar nggak Feedies salah satu penyebab kecelakaan pesawat terbang adalah human factor yakni ketika pilot atau salah satu kru terdeteksi diabetes. Nah untuk itulah dibutuhkan dokter spesialis penerbangan yang akan secara rutin mengecek kesehatan para pilot dan kru pesawat sebelum mendapatkan izin terbang.

Di jurusan ini, Feedies akan belajar penyakit-penyakit yang khas dengan penerbangan, investigasi kecelakaan pesawat, dan syarat-syarat yang harus dipenuhi pilot untuk mendapatkan izin terbang. Sedikitnya ada empat aspek utama dan beberapa modul tambahan yang akan dipelajari. 

Empat aspek tersebut adalah atmosfer tempat kerja dan pengaruhnya, serta bagaimana mengatasinya, yang kedua menyangkut keseimbangan dan gangguan keseimbangan yang mungkin saja dialami penerbang sehingga mengalami disorientasi, aspek yang ketiga adalah percepatan khususnya di kalangan militer yang kerap melakukan aerobotik, dan yang terakhir terkait self impulse, di mana penerbang harus tahu keterbasan yang mereka miliki.

Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Kedokteran Penerbangan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) ini bisa ditempuh melalui SIMAK UI. Syarat utamanya adalah mahasiswa tersebut tentu saja harus sudah meraih gelar dokter dengan batas usia maksimal 35 tahun untuk kelas regular, dan 40 tahun untuk kelas khusus. 

Masa belajar yang harus ditempuh adalah sekitar 6 semester, kira-kira 3 tahun, Feedies. Gelar yang diperoleh dari program studi ini adalah Spesialis Kedokteran Penerbangan (Sp.Kp).

Ssst, kalau kamu berhasil lulus peluang karir di tiga jurusan unik ini masih terbuka lebar lho, karena jurusan ini termasuk langka banget. Apalagi kalau kamu lulus dengan predikat cum laude, tentu saja taraf hidup alias gaji yang diperoleh berbeda dengan lulusan S1 yang sudah menjamur di negeri ini. Gimana sudah nggak sabar ingin kuliah di tiga jurusan unik S2 UI? Buruan cek info selengkapnya di Program Pascasarjana Universitas Indonesia

Ssst selain jurusan unik, UI juga ingin berbagi merchandise menarik nih untuk Feedies yang kreatif dengan ikutan activation #s2yuk di social media FeedMe. Mudah kok, kamu cukup foto dengan toga S1 kamu, dan upload di akun sosial media kamu, jangan lupa mention akun sosial media FeedMe dan UI yah. Info selengkapnya cek di sosial media FeedMe yah.

Hiburan

Setelah Vakum Lama, Alicia Keys Akhisnya Rilis Karya Baru

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Setelah Vakum Lama, Alicia Keys Akhisnya Rilis Karya Baru

Sudah lama diva dunia Alicia Keys nggak ngerilis album maupun lagu. Namun buat kamu penggemar mereka, penantian itu terbayarkan. Sebab, belum lama ini ia ngerilis lagu terbarunya.

FeedMe.id, Jakarta – Sebagai salah satu diva dunia, karya-karya Alicia Keys jelas ditunggu banyak orang. Sayangnya ia udah lama nggak ngeluarin karya, Feedies. Terakhir ngeluarin karya adalah album Here di tahun 2016.

Nah, saking senangnya ia jadi pembawa acara Grammy Awards 2019 beberapa waktu lalu. Diva kelahiran 25 Januari 1981 ini ngebocorin lagu terbarunya lho, Feedies. Nggak lupa, ia pun mengunggah lagu terbarunya itu lewat akun instagramnya.

Lagu terbaru yang diketahui berjudul “Raise a Man” ini masih mempertahankan musik soul yang emang jadi ciri khasnya. Kayak begini nih lagunya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Alicia Keys (@aliciakeys) on

Meskipun udah merilis sebuah lagu rupanya belum terdegar kabar bahwa dia akan rilis album lagi, Feedies. Apalagi dia masih sibuk dengan dunia akting dan juga berbagai kegiatan sosial yang bikin dia disebut sebagai salah satu orang yang berpengaruh.

Ya, mungkin sekarang masih dirahasiakan kali, ya. Siapa tahu nanti tiba-tiba dia ngumumin album baru. Kita tunggu aja.

Subscribe to our newsletter

Connect with us

Santai

Meski Cantik, Deretan Tanaman Hias Ini Berbahaya Banget

Angela Wahyudi | 2 jam yang lalu
Meski Cantik, Deretan Tanaman Hias Ini Berbahaya Banget

Banyak dari ibu-ibu suka banget menanam tanaman di rumah, terutama tanaman hias. Ini berguna supaya rumah terlihat lebih sejuk dan cantik berkat tanaman hias. Namun, siapa sangka kalau tanaman hias juga ada yang berbahaya?

FeedMe.id, Jakarta – Tanaman hias berguna untuk mempercantik pekarangan rumah. Biasanya ibu-ibu suka nih menanam tanaman hias. Sayangnya, gak semua tanaman hias aman lho, karena ada juga yang berbahaya!

Nah, dalam artikel ini, Feedy bakalan ngasih tahu kamu soal tanaman apa aja yang sebenarnya berbahaya kalau termakan oleh anak-anak maupun hewan peliharaan. Apa aja? Yuk, simak baik-baik!

Kuping Gajah

Tanaman hias yang satu ini pasti udah familiar banget di telinga kamu. Warna daun kuping gajah hijau cerah serta ada juga yang berwarna merah muda. Namun siapa sangka, jika tanaman ini sampai termakan, efeknya bisa membuat wajah dan mata menjadi bengkak, diare hingga muntah-muntah. Untuk itu, jauhkanlah dari anak-anak, ya.

Palem Sago

Tanaman hias ini mirip dengan pohon palem, tapi memiliki ukuran yang kecil. Tanaman ini juga sering dijadikan hiasan rumah atau halaman rumah. Namun perlu diperhatikan, tanaman ini sangat beracun jika sampai termakan karena bisa menyebabkan gagal hati dan diare. Jadi, pastikan tanaman ini dijauhkan dari anak-anak dan hewan peliharaanmu.

English Ivy

Tanaman merambat ini memiliki daun yang runcing dan terlihat lembut serta halus. Meski terlihat seperti rumput biasa, english ivy bisa menyebabkan gangguan otak, ruam, ataksia dan dermatitis kontak. Wah, ngeri banget ya, Feedies.

Bunga Lili Perdamaian

Hayoo, siapa yang punya tanaman hias ini di rumah? Memang, tanaman ini sering banget dijadikan tanaman hias karena bentuknya cantik. Namun, hati-hati menyimpannya jika kamu memiliki anak-anak. Baik bagi hewan peliharaan atau anak-anak, tanaman ini sangat berbahaya jika sampai termakan karena sangat beracun. Tapi kalau cuma menyentuhnya, itu aman-aman aja.

Sirih Gading

Memiliki bentuk daun yang unik, membuatt sirih gading banyak penggemarnya. Namun, jangan terlena ya, karena tanaman ini justru beracun jika sampai dimakan. Akibatnya kamu akan muntah-muntah, bengkak dan alergi.

Hiburan

Keren! Victoria Beckham Nggak Pakai Kulit Hewan Untuk Koleksi Terbarunya

Angela Wahyudi | 2 jam yang lalu
Keren! Victoria Beckham Nggak Pakai Kulit Hewan Untuk Koleksi Terbarunya

Nama Victoria Beckham udah gak perlu diragukan lagi kalo soal urusan fashion. Terjun sejak lama di dunia mode, istri dari David Beckham ini baru aja membuat keputusan untuk koleksi terbarunya. Apa ya?

FeedMe.id, Jakarta - Victoria Beckham masuk ke dalam daftar desainer yang menghapus kulit hewan eksotis dari koleksinya. Perempuan berusia 44 tahun itu sudah mengeluarkan pernyataan bahwa lini busananya nggak akan lagi menampilkan kulit eksotis. Sebagai gantinya, perusahaan Victoria Beckham berupaya untuk menggunakan produk yang lebih sedikit memiliki dampak bagi lingkungan.

"Dengan senang hati kami mengonfirmasi bahwa kami akan berhenti menggunakan kulit eksotis di semua koleksi mendatang pada presentasi autumn/winter 2019. Keputusan ini mencerminkan perusahaan dan pelanggan," ujar Victoria Beckham.

Nantinya, koleksi busana Victoria Beckham nggak lagi menggunakan bulu pada rancangannya. Sebelum Victoria Beckham, udah ada beberapa perusahaan mode yang memutuskan untuk nggak lagi menggunakan kulit eksotis dan bulu dalam rancangan busananya seperti, Versace, Michael Kors, Gucci dan Burberry.

Well, gimana nih tanggapan kamu, Feedies?

Santai

Terlalu Banyak Bercermin Dikategorikan Memiliki Gangguan JIwa?

Angela Wahyudi | 2 jam yang lalu
Terlalu Banyak Bercermin Dikategorikan Memiliki Gangguan JIwa?

Kamu suka bercermin? Bercermin adalah hal yang wajar dilakukan seseorang jika dirinya merasa nggak percaya diri sebelum bertemu orang lain atau memulai kegiatan. Namun, jika seseorang terlalu banyak bercermin apakah dapat disebut memiliki gangguan jiwa?

FeedMe.id, Jakarta - Hampir tiap waktu, orang suka banget bercermin. Namun, tahukah kamu jika terlalu sering bercermin, itu tanda kamu mengalami gangguan kejiwaan? Hal ini diungkapkan oleh seorang pisikolog bernama Andrew Hill.

Ia berpendapat, jika terlalu lama dan terlalu sering bercermin bukanlah hal yang baik bagi kesehatan jiwa. Ia menambahkan, terlalu lama atau terlalu sering bercermin dapat mengakibatkan stress dan rasa cemas pada diri seseorang.

Sebab, jika seseorang yang kejiwaannya sehat dan terlalu sering bercermin dia akan mulai fokus pada ketidaksempurnaannya, itu mengakibatkan stres dan rasa cemas yang berlebih. Bahkan ini bisa menyebabkan gangguan kejiawaan kronis lho, Feedies.

Kejiwaan kronis ini disebut dengan Body Dysmorphic Disorder (BDD). Gangguan kejiwaan seperti ini memiliki tanda-tanda seperti ketidakpuasan dalam berpenampilan. Penderita akan merasa cemas secara terus menerus akan kekurangan fisiknya. Padahal kenyataannya, ketidaksempurnaan itu hanyalah hal yang sangat sederhana, bahkan mungkin hanya imajinasi dari si penderita.

Gaya

Padahal Dekil, tapi karena Sepatu Gucci, Harganya Jutaan Deh

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Padahal Dekil, tapi karena Sepatu Gucci, Harganya Jutaan Deh

Alih-alih ngeluarin sepatu keren yang kelihatan mewah, belum lama ini Gucci malah ngeluarin sepatu dekil nan usang. Meskipun begitu, sepatu ini dihargai jutaan lho, Feedies. Simak deh penjelasannya berikut ini.

FeedMe.id, Jakarta – Biasanya orang membeli sepatu pasti nyari yang masih mengkilap, bersih, dan baru. Namun, belum lama ini salah satu brand fesyen kenamaan Gucci ngerilis sebuah sepatu yang nggak kelihatan kayak sepatu baru sama sekali.

Yup, alih-alih bikin sepatu baru yang mengkilap, bersih, dan kelihatan mewah, brand asal Italia ini malah merilis sebuah sepatu yang dekil, Feedies. Sepatu sporty dengan garis warna khas Gucci ini dikasih nama Screener.

Meskipun kelihatan usang dan kayak sepatu bekas, sebenarnya Screener ini sepatu baru lho, Feedies. Cuma dikasih efek usang dan dekil aja. Buat mempunyai sepatu ini, kamu harus mengeluarkan uang sebesar 615 euro atau sekitar Rp 9 juta.

Jadi menurut kamu gimana, Feedies, mendingan beli sepatu usang yang emang bekas dengan harga terjangkau atau beli Screener dari Gucci ini?

Hiburan

Katty Perry dan Orlando Bloom Akhirnya Bertunangan

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Katty Perry dan Orlando Bloom Akhirnya Bertunangan

Setelah lama dikabarkan menjalin kasih, akhirnya Katty Perry dan sang kekasih Orlando Bloom resmi bertunangan. Meskipun belum ada pernyataan resmi dari keduanya, banyak bukti yang sudah terpampang. Salah satunya ada di unggahan media sosial mereka.

FeedMe.id, Jakarta – Ada kabar gembira nih dari pasangan selebritas Hollywood. Katty Perry dan Orlando Bloom yang udah dikabarkann lama menjalin kasih akhirnya mutusin buat bertunangan.

Hal ini terlihat dari masing-masing unggahan di Instagram mereka, Feedies. Pelantun "Teenager Dreams" itu belum lama ini mengunggah sebuah foto lagi pakai cincin sambil ditemenin Orlando Bloom. Bahkan di captionnya, dia menuliskan "full bloom" yang bisa jadi nyebutin nama Orlando Bloom atau menyatakan lagi berbunga-bunga alias gembira.

Gak cuma Katty Perry aja, Bloom rupanya juga mengunggah foto yang sama di akun Instagramnya dengan caption "Lifetime" alias seumur hidup. Dari caption ini tersirat banget kayaknya mereka udah yakin buat maju ke jenjang yang lebih serius ya, Feedies.

Nggak cuma dari unggahan keduanya aja, kabar mereka bertunangan juga semakin kuat setelah Ibu dari Katty Perry, Mary Hudson memastikan kabar itu lewat unggahan Facebooknya. Sang Ibundan mengunggah foto Katy dan Bloom yang lagi saling melingkarkan tangannya dengan romantis.

Semoga rencana bahagia keduanya bisa berjalan lancar hingga selamanya ya, Feedies. Feedy turut senang, deh.

Hiburan

Yeay, Kung Fu Hustle akan Dibuat Sekuelnya

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Yeay, Kung Fu Hustle akan Dibuat Sekuelnya

Setelah 15 tahun nggak ada kabar terbaru. Akhirnya Stephen Chow menyatakan bahwa film aksi komedi Kung Fu Hustle lagi dibuat sekuelnya. Kayak gimana kabar terbaru Chow ini? Langsung simak di bawah ini, Feedies.

FeedMe.id, JakartaKun Fu Hustle merupakan film yang dibintangi Stephen Chow dan menjadi salah satu film Asia yang terkenal. Karakter-karakter uniknya pasti masih kamu ingat, misalnya geng kapak yang kejam, tapi juga kocak.

Film ini pertama kali dirilis tahun 2004 dan sehabis itu gak ada lagi kabar tentang kelanjutan filmnya. Seakan-akan film memang udah selesai sampai di situ aja. Namun, di tahun 2019 ini sutradara sekaligus tokoh utama Kung Fu Hustle, Stephen Chow ngasih kabar mengejutkan perihal film aksi komedi ini, Feedies.

Sang aktor berumur 56 tahun itu bilang, dia lagi ngerjain sekuel terbaru dari Kung Fu Hustle. Sekuel ini nantinya akan mengambil latar dunia modern, beda sama Kung Fu Hustle yang latarnya 1930-an.

Meskipun begitu, belum diumumin kayak gimana cerita lanjutan dari Kung FU Hustle ini. Chow sendiri juga belum memastikan apakah dirinya akan bermain di sekuel ini atau nggak.

Ya, udah deh kita tunggu aja kabar terbarunya saat sekuel udah selesai digarap.

close
close
TOP