Santai

3 Fakta dan Hoax Seputar Pemakaman BJ Habibie

Chrystina Yohana Limas | 15 September 2019 - 22:00
3 Fakta dan Hoax Seputar Pemakaman BJ Habibie

Dari viral selfie di makam hingga donor mata untuk Thareq Kemal, si Nick Furry nya Indonesia. Inilah tiga fakta dan hoax seputar pemakaman BJ Habibie, Bapak Teknokrat Indonesia.

FeedMe.id, Jakarta - Professor BJ Habibie yang dikenal semasa hidupnya sebagai Bapak Teknokrat dan pioneer industri penerbangan di Indonesia akhirnya menghembuskan nafas terakhir di RSPAD Gatot Subroto Rabu malam 11 September 2019 pada pukul 18:03 WIB akibat gagal jantung dan penurunan fungsi organ tubuh. Kita semua merasa kehilangan karena beliau telah membaktikan hidupnya bagi Indonesia. Namun di tengah masa berkabung ini, ada fakta dan hoax seputar pemakaman BJ Habibie yang perlu kamu tahu, simak yuk:

BJ Habibie Pernah Takut Mati: Fakta

Pada 2016 silam di acara Mata Najwa Metro TV, Alm BJ Habibie mengatakan saat BJ Habibie masih muda, dirinya pernah mengungkapkan jika takut mati. Alm BJ Habibie menceritakan ketika dirinya mulai sakit-sakitan dan dioperasi, Presiden ke-3 ini mengaku sangat ketakutan dengan kematian. Hal ini lantaran dirinya takut jika dirinya meninggal dunia lebih dulu, tidak ada yang dapat menjaga mendiang istrinya, Ainun.

“Dulu waktu saya muda, terus jadi tua, agak sakit-sakitan, dioperasi, saya takut sekali kalau saya mati. Takutnya, karena saya bertanya, kalau saya tiada lagi, siapa yang jaga Ainun? Siapa yang kawani dia? Tentunya ada Leila, ada yang lain, tapi harus ada 24 jam, who? Saya nggak bisa jawab itu. Karena saya tidak bisa jawab itu, saya takut sekali kalau saya mati,” ungkap Alm BJ Habibie kala itu sambil tersenyum.

Bahkan ketika memesan kavling untuk makam sang istri, Alm BJ Habibie mensyaratkan agar kavling 120 (kavling samping makam istrinya yakni 121) dikosongkan. Itu syarat mutlak Alm BJ Habibie saat memesan kavling makam istrinya di TMP Kalibata, Jakarta Selatan. Alm BJ Habibie sudah menyiapkan sendiri rumah peristirahatan terakhirnya dengan memesan kavling di sebelah makam mendiang istrinya.

“Di kavling nomor 120, kosong, tempat saya nanti. Saya buat persyaratan, tidak mau istri saya dimakamkan di Taman Pahlawan, kavling itu kalau saya tidak di sebelahnya. Kalau nggak, nggak usah. Itu persyaratan mutlak,” tegas Alm BJ Habibie.

Sepeninggal istrinya, Alm BJ Habibie menyatakam siap jika ajal menjemputnya lantaran akan ada yang menjemputnya. Bukan hanya ayah, dan ibunya saja yang menjemput, melainkan mendiang istrinya.

“Sekarang tidak, karena kalau misalnya saya sakit, saya tidak takut. Karena kalau andai kata saya sakit dan sampai waktunya dipanggil masuk ke dalam dimensi dan keadaan Ainun, ya saya tahu yang akan menemui saya pertama bukan ibu saya saja dan keluarga, tapi Ainun menyapa ‘hei, kamu sekarang di sini yaa?’,” ujr Alm BJ Habibie diiringi tawa dan tepuk tangan penonton.

Viral Selfie dengan Nisan Alm BJ Habibie: Fakta

Sehari setelah prosesi pemakaman Alm BJ Habibie, banyak warga yang berdatangan melayat melakukan aksi selfie dengan nisan yang dikecam banyak warganet, termasuk Anggun. Dalam foto yang dibagikan oleh akun twitter @bayugusa itu terlihat kerumunan orang-orang sedang mengabadikan diri dengan nisan Alm BJ Habibie. Foto warga berselfie dengan nisan Alm BJ Habibie ini lantas viral di jagad medsos.

“Don’t let technology kills our empathy (Jangan biarkan teknologi membunuh empati kita),” tulis @bayugusa dalam keterangan fotonya.

Unggahan ini pun lantas mendapatkan respon dari pengguna Twitter. Kebanyakan dari mereka mengecam perilaku orang-orang tersebut yang datang bukan mendoakan namun hanya ingin eksis kepentingan konten.

“Ini beneran berempati, atau demi kepentingan konten sih? Semoga masih banyak yg datang, tulus ingin mendoakan,” tulis akun @anaghifa.

“Kok gw yang jadi sedih yah lht rangorang melakukan itu d dpn makam alm, selfie sm kuburan? Gak bsa kh meeka menyingkirkan smntra sifat pamernya dan mendoakan alm saja spt budaya yg seharusnya,” tambah akun @Arhyproevo.

Anggun C. Sasmi turut menyayangkan aksi berebut selfie dengan nisan Alm BJ Habibie. Anggun mengunggah dua foto aksi tersebut disertai caption yang meluapkan kesedihan, “Melihat foto ini mendadak sedih. Mungkin sudah saatnya ada edukasi untuk para ‘Generasi Selfie’ yang harus belajar menilai situasi dan melihat konteks. Ada saat untuk bisa selfie dan untuk tidak,” tulis pelantun ‘Show on The Sahara’ dan ‘Tua-tua Keladi’ di akun Instagramnya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Anggun Official (@anggun_cipta) on

Anggun berpendapat aksi berebut foto dengan nisan Alm BJ Habibie ini sangat tidak pantas, dan tidak perlu dilakukan, “Ada banyak hal yang bisa diposting tapi banyak juga yang tidak perlu. Foto makam Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie.”

Unggahannya ini pun menuai ribuan komentar, seperti dari Dewi Gita dan Bertrand Antolin yang turut menyayangkan aksi berebut selfie tersebut.

“Masyaallah, sedih banget lihatnya,” cetus Dewi Gita.

“Demam kebutuhan gambar relevan terkini buat upload di sosmed. Its sad but it is what it is. No compassion and thoughs about non others but oneself.”

“Semua dasarnya adalah dari pendidikan.Tidak bisa menempatkan diri mana yang harus dan mana yang tidak harus. Tapi selalu ada kata,’Ini kan hak saya’ sebagai tameng dari keegoisan dan matinya rasa empati. Sedih banget,” timpal warganet lainnya.

Anggun pun menambahkan respon lain bahwa netizen yang ber-selfie dengan nisan Alm BJ Habibie seakan sudah tidak ada tata krama dalam ber-medsos ria, “Seakan-akan tata krama dalam hidup tidak berlaku di media sosial.”

Viralnya warganet selfie dengan nisan Alm BJ Habibie ini justru tidak dipermasalahkan oleh putra bungsu Alm BJ Habibie, Thareq Kemal yang mendapat julukan Nick Furry Indonesia karena mengenakan eye patch pada mata sebelah kanan. Bahkan dirinya menyebutkan bahwa itu (selfie dengan nisan alm ayahnya) normal di zaman modern.

“Kalau masalah itu (selfie dengan nisan Alm BJ Habibie), sebetulnya hak orang ya. Boleh mau selfie, ini mungkin banyak yang pengin foto sama Pak Habibie, dia pikir ya saya nggak dapat aslinya, seenggak-enggaknya kuburannya. Kebetulan kiri kanan ada bapak dan ibu. Saya juga nggak masalah. Mau doain silakan, mau selfie juga nggak masalah. Ini zaman modern kok,” ujar Thareq Kemal Habibie di Kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan.

Hoax Donor Mata untuk Thareq Kemal Habibie

Dua hari setelah BJ Habibie meninggal, beredar broadcast bahwa Alm BJ Habibie mendonorkan kornea matanya untuk putra bungsu yang dijuluki Nick Furrynya Indonesia, Thareq Kemal Habibie. Broadcast ini pun lantas mendapat bantahan dari pihak keluarga. Broadcast tersebut awalnya menyoroti penampilan Thareq yang kerap mengenakan penutup mata (eye patch) di mata kanannya. Dalam broadcast tersebut, disebutkan Almh Ainun akan mendonorkan korneanya ke Thareq, namun urung hingga akhirnya Alm BJ Habibie lah yang menjadi donor. Sebelum jenazah BJ Habibie dimakamkan, korneanya diambil untuk putra bungsunya, Thareq. Ini nih Feedies isi broadcastnya

Thareq Kemal Habibie

Tampil di tv hingga pemakaman sang ayah, tetap dengan mata kanan ditutup. Kenapa...???

Pasti publik penasaran, ada apa dengan mata kanan putra kedua Presiden ke 3 RI itu?

Ini jawabannya; kornea mata kanan Thareq Kemal ternyata rusak. (Semenjak 12 thn silam). Tadinya kornea mata sang ibu, Hj Ainun Habibie yg akan didonorkan. Tp saat wafat 2010 silam, riwayat kanker yg menggerogoti tubuh Ibu Ainun membuat tim dokter urung melakukan operasi donor.

Nah, sang ayah, Prof BJ Habibie, semenjak 2016 lalu sudah mendaftar sbgai pendonor kornea matanya buat si bungsu Thareq.

Jadi, sebelum dikebumikan, tim dokter sdh mengambil kornea mata Alm BJ Habibie. Operasi kornea tdk harus sampai mencongkel biji mata.

Cinta Orang Tua Sepanjang jalan dan Cinta Anak Sepanjang Penggalah, dapat dimaknai Cinta Orang Tua kepada Anaknya Tiada Batas, sebaliknya Cinta Anak kepada Orang Tuanya Terbatas.

Betapa mulianya BJ Habibie, jasadnya saja masih bisa dijadikan amal Shaleh.

Dan berikut ini adalah tanggapan dari pihak keluarga, Ilham Akbar Habibie dan penjelasan langsung dari Thareq Kemal Habibie yang menyebutkan kalau berita ini hoax. Bahkan Thareq sampai berpesan agar kita itu jangan termakan berita-berita yang nggak jelas di medsos.

Ilham, kakak Thareq menegaskan kalau adiknya mengenakan penutup mata lantaran mengalami glaukoma, dan tidak mungkin bisa menerima donor kornea mata akibat penyakit diabetes.

“Itu tidak benar. Karena itu tidak bisa diselamatkan donor mata. Itu bukan kornea, itu masalah di belakang, di retina. Nggak bisa didonor itu. Itu penyakit mata. Gossip, hoax, karena secara medis tidak bisa. Tidak bisa misalnya kita ambil lain siapa pun, ganti, lalu sembuh, nggak bisa itu. Mata itu kompleks. Jadi nggak segampang itu,” tegas Ilham dikutip dari detikcom di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

Dilansir detikcom, Thareq pun buka alasan kepada awak media perihal dirinya yang viral di medsos karena mengenakan eye patch pada mata sebelah kanan. Thareq sudah mengalami gangguan mata sejak 3,5 tahun yang lalu. Dengan mengenakan penutup mata, Thareq akui lebih fokus melihat dengan satu mata.

“Sekarang once and for all, saya jelasin di depan TV bahwa saya itu kan sebetulnya diabetes. Diabetes itu mengakibatkan saya jadi glaukoma. Glaukoma adalah di mana di mata terjadi perubahan tekanan. Kalau tekanannya membesar, ini mata kiri saya masih bagus, tekanannya kira-kira 13. Mata sini udah 25. Akibat tekanan yang tinggi itu, di bagian belakang cahaya akan masuk, itu Namanya retina ya. Retina itu karena kegencet jadi sel-selnya hancur. 100 persen udah hancur. Di sini saya buka ya. Biar orang bilang saya nggak katarak atau apa. Cuma kalau gini saya nggak ngelihat apa-apa. Cahaya pun nggak kelihatan. Kalau saya buka gini, saya lihat kalian tuh lebih buram, nggak bisa tajam. Karena begini mungkin otak saya udah puluhan. Saya baru begini udah 3 tahun, 3,5 tahun. Saya udah terbiasa ngelihat ini. Begitu terbuka setengah kabur. Kalau ketutup begini, saya bisa fokus,” ungkapnya di kediaman BJ Habibie.

Thareq lebih lanjut menepis kabar mendapat kornea mata dan mengaku heran ada pihak yang menyebar hoax tersebut.

“Kalau mengenai kornea itu, itu juga nggak bener. Memang mereka donor. Tapi waktu ibu saya meninggal di Jerman, karena saking buru-buru, jadi belum sempat diambil. Kalau bapak saya lebih lagi. Orang saya ada di situ, siapa yang ngambil? Kita langsung bawa ke kamar jenazah, mandiin, bawa ke sini. Banyak datang belasungkawa. Jadi entah siapa yang buat hoax. Saya udah selalu bilang jangan percaya siapa-siapa yang media-media yang kayak gitu-gitu percaya sama kalian nih yang asli berita nih. Jangan yang palsu-palsu berita," tegas Thareq kepada awak media kala itu.

Nah itulah fakta dan hoax seputar pemakaman Alm BJ Habibie. Kalau Feedies pernah mendengar atau membaca yang mana nih, fakta atau hoax?

Trending
Santai

Bokek Saat Weekend? Coba Lakukan Kegiatan Ini

Chrystina Yohana Limas | 2 jam yang lalu
Bokek Saat Weekend? Coba Lakukan Kegiatan Ini

Nongkrong di cafe, nonton atau nyobain kuliner baru emang asyik. Tapi kalau lagi bokek gimana?

FeedMe.id, Jakarta - Weekend tengah bulan bete karena bokek? Yah coba deh lakukan kegiatan ini, dijamin nggak bete

Lari

 

Yups ini nih olahraga murah yang bikin kantong bolong. Cuma modal sepatu kets atau sepatu olahraga kamu bisa dapat banyak manfaat lho. Kamu bisa pakai kaus, celana pendek/celana training panjang, dan botol minum. Tempat olahraga bisa di mana aja, keliling kompleks rumah, lapangan bola, atau kalau di kota-kota besar kamu bisa memanfaatkan tuh Car Free Day. 

Beres-beres Rumah/Kamar Kos

Nggak mau kan rumah atau kamar kos jadi sarang kuman penyakit? Nah beres-beres deh. Nggak ribet kalau kamu mau memulainya. Jangan nunggu ada si bibik dulu baru dibereskan. Bersih-bersih rumah/kamar kos selain bikin bersih dan nyaman tentu saja tubuh jadi sehat karena bergerak terus.

Masak Yuk

Senin sampai Jumat mungkin kamu nggak sempat. Hmm weekend pasti ada waktu dong. Saatnya manfaatkan dapur buat masak. Nggak bisa masak, kan ada tutorial buat belajar masak di youtube bahkan instagram lho. Belanja ke pasar nggak bikin kantong bolong. Kalau mau hemat ke pasar tradisional, kamu jadi bisa belajar gimana nawar harga kan?

Nyuci Mobil/Motor Kesayangan

Nemenin kamu ke mana-mana, nganter ke sana kemari. Masa iya kamu sebodo teuing ngeliat mobil/motor kesayangan kotor. Apalagi pas musim hujan gini kan pasti kotor banget. Bersih-bersih mobil/motor bikin tubuh juga sehat karena bergerak. Kan hepi ngeliat kendaraan kesayangan kinclong.

Baca Buku di Perpustakaan Kota

Suka baca? Nggak perlu beli buku kok. Kamu bisa pinjam buku di perpustakaan kota/kampus/sekolah kamu. Tinggalkan dulu sebentar deh medsos kamu. Saatnya kembali ke konvensional, menghirup aroma buku, membacanya lembar demi lembar sambil duduk tenang. Otak kamu juga fresh lagi dan wawasan kamu bertambah. Cari buku yang genrenya belum pernah kamu baca. Atau buku yang sesuai dengan hobi baru kamu misalnya fotografi, travelling, memasak, berkebun, dll.

Hunting Foto

Untuk kamu yang hobi fotografi, bisa lho hunting foto di kota tempat tinggalmu. Nggak perlu ngabisin duit harus travelling yang jauh. Sekedar ke Ancol aja hunting sunset atau sunrise juga oke lho. Banyak spot foto menarik asal kamu jeli dan tentu menggunakan feeling kamu sebagai fotografer. 

Berkebun

Di kota besar seperti Jakarta memang sulit untuk berkebun. Tapi dengan media pot kamu tetep bisa berkebun atau memanfaatkan lahan kosong di balkon rumah. Banyak tanaman yang bisa kamu tanam dengan media pot. Misalnya cabe, tomat, tauge, daun singkong, kacang panjang, sawi, bunga pepaya, dll. Kalau punya lahan di halaman rumah yang nggak terpakai kamu bisa menanam semangka, pepaya, mangga, dll. Kamu bisa mencari tutorialnya di youtube atau ikut komunitas berkebun. Nambah teman sekaligus punya hobi baru. Kamu juga jadi lebih sehat kan? 

Yuk cobain kegiatan ini saat weekend. Nggak bikin kantong bolong, tubuh jadi lebih sehat, otak jadi fresh, jiwa jadi lebih tenang dan bahagia.

Subscribe to our newsletter

Connect with us

Viral

Selain Gay Village, Ini Objek Wisata Menarik di Manchester

Chrystina Yohana Limas | 2 jam yang lalu
Selain Gay Village, Ini Objek Wisata Menarik di Manchester

Tempat yang membuat Reynhard Sinaga, predator seks asal Indonesia yang telah divonis penjara seumur hidup ini memiliki objek wisata menarik lain. Patut dikunjungi ketika kamu sedang berkunjung ke Manchester, Inggris.

FeedMe.id, Jakarta - Walau dijuluki markas LGBT bertaraf dunia dan sering menggelar festival LGBT setahun sekali, Canal Street tetap terkenal dengan objek wisata ini. Nih objek wisata yang bisa kamu jumpai

Galeri Seni

 

Ada berbagai macam seni kelas dunia yang ditampilkan seperti karya Adolphe Valette, Annie Louisa Swynnerton, dan Christian Dior. Cukup berjalan kaki sekitr lima menit saja menuju galeri seni kelas dunia ini dari Canal Street.

Monumen Alan Turing

Dikenal sebagai bapak komputer, memorial ini terletak di Taman Sackville, pinggir wilayah Gay Village. Kamu bisa berfoto di monumen ini sambil menikmati indahnya kawasan sepanjang Canal Street.

Richmonds Tea Room

Puas menjelajahi Gay Village dan berkeliling Canal Street, kamu bisa melepas lelah dengan bersantai menikmati menu afternoon tea bernuansa mewah di Richmonds Tea Room, kedai teh terkenal di Manchester. Kamu harus mencoba afternoon tea yang terkenal kelezatannya dengan fresh sandwich, kue, buah, dan brewed loose-leaf pot of tea.

Old Trafford

Nah untuk kamu fans MU, si setan merah, wajib nih mengunjungi kawasan ini. Stadion dengan kapasitas 75.635 penonton ini adalah markas klub MU sejak 1910. Sir Bobby Charlton menjuluki stadion ini dengan sebutan "The Stheatre of Dreams".

Whitworth Art Gallery

Galeri ini sayang untuk dilewatkan, karena galeri ini adalah ikon yang jadi favorit wisatawan. Ada sekitar 55.000 koleksi karya seni yang memanjakan mata. Galeri ini sendiri terletak di Whitworth Park yang menjadi satu dengan Manchester University.

Nah itulah objek wisata menarik di Manchester selain Gay Village yang bisa kamu nikmati.

Trending
Viral

5 Wisata Natuna yang Membuat Pulau Ini Jadi Rebutan Dua Negara

Chrystina Yohana Limas | 2 jam yang lalu
5 Wisata Natuna yang Membuat Pulau Ini Jadi Rebutan Dua Negara

Pulau Natuna yang terletak di Kepulauan Riau sedang hangat jadi pembicaraan lantaran klaim sepihak dari China. Menurut China pulau tersebut masih masuk dalam batas wilayah Laut China Selatan. Namun ternyata bukan hanya itu saja yang jadi faktor utama. Pulau Natuna konon menyimpan kekayaan alam yaitu gas alam dan minyak bumi.

FeedMe.id, Jakarta - Selain kekayaan alam ini, daerah ini menyimpan banyak tempat wisata yang memesona. Dilansir situs resmi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Natuna, ini nih tempat wisata di Natuna yang diklaim sepihak oleh China dan jadi rebutan dua negara (China dan Indonesia)

Masjid Raya

Masjid yang terletak di Ranai, ibukota Natuna ini sekilas bangunannya mirip dengan Taj Mahal nya India Feedies karena ada semacam kolam di tengah jalan menuju bangunan utama masjid berbentuk taman dan sungai sepanjang 1,2 km. Masjid yang jadi ikon Natuna ini memiliki luas hingga mencapai 5.500 m2 dan dapat menampung hingga 5000 jemaah dengan 180 jemaah dalam satu baris.

Dengan dominasi warna hijau dan kuning telur, masjid ini memiliki empat menara yang masing-masing tingginya mencapai 17 meter. Wow, tinggi juga yah Feedies. Desain masjid ini pun unik karena ada lubang angin yang membuat suhu udara tetap sejuk. Ornamen pada pintu masjid ini dituliskan oleh Pesona Indonesia terinspirasi dari Alquran. Selain pilar, kubah masjid ini juga memiliki ketinggian 17 meter yang melambangkan jumlah rakaat dalam sehari.Sedangkan jika dilihat dari dalam, hiasan kaligrafi dan desain motif bunga masjid Natuna mempercantik dekorasi area kubah masjid.

Pulau Senua

Pulau di dalam pulau yang terletak di Kabupaten Natuna ini ternyata berbatasan langsung dengan Malaysia Timur. Di sini kamu bisa menikmati wisata dan atraksi menarik mulai dari bermain bola di pantai pasir putih, batuan granit raksasa, menelusuri gua, berenang dan snorkeling melihat terumbu karangnya indah hingga memancing. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa melihat Kekah, primata langka yang hanya hidup di pulau ini.

Bukit Kapur

Terletak di ketinggian 400 meter, bukit dengan trek yang cukup menantang ini wajib dijelajahi oleh Feedies yang suka tantangan. Wisata bukit kapur ini adalah destinasi yang menawarkan keindahan hutan belantara. Kalau kamu punya drone, kamu bisa menangkap momen indah Natuna dari ketinggian.

Hutan Mangrove Pengadah

Terletak di muara Sungai Semitan, kawasan hutan mangorve ini dibangun secara swadaya oleh masyarakat Desa Pengadah. Pesona hutan mangrove ini bisa dinikmati dengan menyusuri sungai dengan perahu. Lupakan hiruk pikuk kota, saatnya kamu menikmati hutan bakau, dan menikmati aneka ragam fauna yang berkeliaran di sepanjang kawasan hutan mangrove ini. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi Kampong Lama Semitan yang kaya akan budaya dan kuliner tradisional Riau dengan mencoba menginap di rumah warga lokal.

Taman Batu Alif

Taman yang terletak di Ranai, Kabupaten Natuna ini memiliki luas hingga tiga hektare. Di taman ini kamu dapat menikmati deretan bongkah batu Megalitith dan indahnya air laut yang super jernih. Berjalanlah di sekitar tumpukan batu seperti dermaga, menikmati lembutnya pasir pesisir Natuna, ataupun naik ke atas batu-batu granit besar.

Kamu juga bisa berjalan di jembatan kayu dari satu batu ke batu lain yang terdapat di taman ini. Selain itu, kamu juga bisa bermain ayunan di pesisir dangkal sambil menikmati cipratan air dan matahari terbenam ketika berayun. Taman ini dinamakan Alif karena nama Alif sendiri diambil dari batu paling tinggi di sini yang berbentuk seperti Alif, huruf pertama hijaiah.

Trending
Gaya

Ingin Simple tapi Modis di Musim Hujan? Gunakan Lima Outfit Ini

Chrystina Yohana Limas | 2 jam yang lalu
Ingin Simple tapi Modis di Musim Hujan? Gunakan Lima Outfit Ini

Masuk musim penghujan pasti repot banget kalau mau bepergian keluar rumah baik ke kantor, kampus, sekolah, atau sekedar hangout. Di satu sisi kamu pengen pakai pakaian yang simple tapi juga pengin tetap modis dan formal (untuk Feedies yang udah kerja)

FeedMe.id, Jakarta – Daripada bingung, yuk contek lima inspirasi outfit yang cocok dikenakan saat musim penghujan dilansir Boldsky. Kamu bisa tetap tampil simple dan modis dengan lima outfit ini

Celana Kulot, Cocok untuk Segala Aktivitas

Celana yang satu ini bisa dipadu padankan dengan busana formal atau non formal misalnya blouse atau kemeja. Selain nyaman, celana kulot akan membuat kamu bisa tetap tampil simple dan modis baik ke kantor, kampus, sekolah, ataupun hangout ke mal.

Rok Petticoat

Rok mengembang di bawah lutut ini bisa kamu padankan dengan busana formal untuk ke kantor atau kalau ada acara formal misalnya kemeja. Supaya nggak kotor dan terkena cipratan air, pilih rok petticoat di bawah lutut. Kamu bisa tetap tampil kece meski jalan di tengah hujan.

Midi Dress

Nah untuk kamu yang ingin tampil feminine, bisa pilih midi dress. Untuk kesan formal kamu bisa pilih warna abu-abu. Tinggal tambahkan ikat pinggang kecil untuk mempermanis penampilan kamu.

Rok Pensil

Tampil modis dan fashionable dengan rok pensil untuk segala aktivitas kamu. Kalau mau formal untuk ke kantor, pilih rok pensil renda aja Feedies. Padukan dengan atasan blouse atau blazer dengan warna yang cocok dengan rok kamu.

Celana Panjang

Musim hujan pakai celana panjang? Yups kamu tetap bisa pakai celana panjang tanpa perlu takut bakal kotor. Caranya? Gampang kok. Siasati aja dengan digulung beberapa kali lipatan asal jangan digulung sampai di atas lutut. Lagipula menggulung celana panjang katanya sih lag tren, Feedies.

Selamat mencoba lima inspirasi outfit untuk musim hujan ini, Feedies.

Trending
Santai

Ponsel Terendam Air Saat Banjir, Begini Cara Menyelamatkannya

Chrystina Yohana Limas | 2 jam yang lalu
Ponsel Terendam Air Saat Banjir, Begini Cara Menyelamatkannya

Air menjadi musuh utama komponen alat elektronik. Tak terkecuali ponsel kesayanganmu yang diklaim anti air. Beberapa langkah penyelamatan ini ampuh menghidupkan kembali ponselmu yang terendam air saat banjir. Dari menggunakan beras hingga silica gel untuk pertolongan pertama

FeedMe.id, Jakarta – Mayoritas ponsel pasti rentan terhadap serangan air apalagi di tengah bencana banjir sekarang yang mungkin saja ponsel tak sengaja jatuh ke air atau terendam saat sedang di charge. Pertolongan pertama ini semoga dapat membantu menyelamatkan ponselmu yang terendam air saat banjir

JANGAN Dinyalakan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah matikan ponsel atau jangan dinyalakan. Kalau dihidupkan kembali, komponen listrik perlahan akan rusak. Karena komponen di dalam ponsel memiliki aliran listrik melalui baterai. Perlu diingat listrik tidak bersahabat dengan air, Feedies.

Bongkar Ponsel

Langkah kedua adalah bongkar ponsel. Pertama, lepaskan penutupnya seperti jelly case atau penutup casing belakang (kalau ponsel kamu menggunakan baterai non tanam). Kedua, keluarkan kartu SIM plus kartu memori eksternal. Nah yag ketiga, kalau kamu jago utak atik barang elektronik, silakan bongkar seluruh perangkat ponsel agar air dapat mengering lebih cepat.

Jangan coba-coba bongkar perangkat seluruh komponen ponsel kalau kamu nggak ngerti-ngerti banget, bukannya tambah baik yang ada ponsel kamu tambah rusak. Mending bawa ke toko elektronik kalau dirasa ponselmu keadaannya cukup parah karena terendam air.

Masukkan ke dalam Beras

Pasti punya dong di rumah? Yang ini cukup ampuh Feedies. Cukup masukkan ponsel ke dalam wadah yang sudah diisi beras secukupnya lalu diamkan selama 24 jam atau seharian penuh. Kalau masih error masukkan lagi ke dalam beras dan diamkan 24 jam. Kalau masih belum baik juga tuh ponsel, coba lakukan ini

Gunakan Silica Gel

Silica gel terkenal sebagai zat pelembab yang baik dan cukup ampuh seperti beras. Lakukan hal sama persis seperti ketika menggunakan beras. Tapi harus diingat nih kalau seandainya belum berhasil jangan lakukan hal di bawah ini

Dijemur di bawah Sinar Matahari atau Keringkan dengan Hair Dryer

Walau instan dan terlihat menjanjikan dalam proses pengeringan ponselmu tapi berbahaya. Karena suhu yang tinggi dapat merusak sebagian komponen dari ponsel kamu. Salah-salah bisa meleleh tuh ponselmu. Saran Feedy coba kamu gunakan 

Vacuum Bag dan Vacuum Cleaner

Cara ini cukup ampuh untuk menyedot air dalam ponsel yang terendam air karena banjir daripada dikeringkan dengan hair dryer atau dijemur di bawah sinar matahari. Pertama siapkan vacuum bag. Kedua, masukkan ponselmu dalam kantong vakum/vacuum bag. Ketiga, sedot udara di dalamnya dengan menggunakan  vacuum cleaner.

Tapi kalau misalnya kamu nggak punya vacuum bag nggak masalah hanya menggunakan vacuum cleaner. Caranya pertama, letakkan vacuum cleaner di atas area ponsel yang basah. Kedua, nyalakan alat tersebut selama lebih kurang 20 menit untuk menyedot air yang masuk ke dalam mesin ponsel. Hati-hati yah jangan meletakkan terlalu dekat vacuum cleaner ke ponsel.  Kalau terlalu dekat, penyedotan menggunakan vacuum cleaner justru bisa merusak ponsel.

Semoga tips di atas membantu yah Feedies. Kalau seandainya ponselmu tetap masih belum berfungsi, saran Feedy sih sebaiknya bawa ke ahlinya kalau memang rusaknya cukup parah atau yah terpaksa beli baru kalau seandainya biaya perbaikannya lebih mahal atau sama dengan kalau kamu beli ponsel baru.

Trending
Viral

Peristiwa Unik Saat Banjir Besar yang Melanda Kawasan Jadetabek Ini Bikin Geleng-geleng

Chrystina Yohana Limas | 2 jam yang lalu
Peristiwa Unik Saat Banjir Besar yang Melanda Kawasan Jadetabek Ini Bikin Geleng-geleng

Mulai dari BMW nyangkut di pohon hingga koloni kecoa yang ikut mengungsi. Beberapa peristiwa unik saat banjir besar yang terjadi di awal tahun 2020 yang melanda kawasan Jadetabek ini Feedy rangkum dari berbagai sumber

FeedMe.id, Jakarta – Hujan lebat yang terus menerus mengguyur sejak Rabu (1/1/2020) subuh telah merendam sebagian kawasan Jadetabek. Ketinggian banjir pun bervariasi mulai dari sepinggang orang dewasa, sepaha, sedada, hingga seleher bahkan ada yang mencapai atap rumah. Di tengah bencana banjir, terekam sejumlah peristiwa unik yang bikin geleng-geleng. Simak selengkapnya di bawah ini

Penampakan Ular Nyasar di Komplek Warga

Terekam oleh salah satu netizen di Cinere banjir setinggi 1,5-meter dengan arus deras telah menyeret ular yang konon memiliki bisa mematikan. Menurut penuturannya, mungkin ular tersebut datang dari Bogor dan terseret arus air dan nyasar ke halaman rumahnya.

Tak hanya di Cinere, tetapi juga di kawasan Bekasi Rabu siang 1 Januari 2020 tepatnya di Perumahan Alamanda Regency Blok D Bekasi terlihat jelas penampakan seekor ular besar dan panjang berenang memasuki rumah warga. Berikut penampakannya

BMW Nyangkut di Pohon

Banjir besar yang melanda kawasan Jelupang,Tangerang Selatan menghebohkan jagat media sosial dengan sebuah unggahan salah satu akun Twitter. Unggahan tersebut menampilkan sebuah mobil BMW yang hanyut terbawa arus banjir.

Sebelumnya pemilik akun Twitter juga membagikan sebuah tangkapan layar percakapan di grup whatsapp. Dalam tangkapan layar itu, tampak seseorang sedang menginformasikan bahwa mobil BMW-nya terseret arus banjir. Sekitar satu jam kemudian, pemilik akun Twitter kembali mengunggah percakapan yang menunjukkan warga telah berhasil menemukan BMW yang terseret arus banjir dalam keadaan tersangkut di pohon.

Terjang Banjir Demi Mengantarkan Makanan

Jagat media sosial Twitter juga dihebohkan oleh seorang pemuda yang nekat menerjang banjir demi mengantarkan makanan dari Pamulang untuk teman-temannya yang nge-kos di Kemang, Jakarta Selatan. Video yang diunggah oleh akun Twitter @iniakunrafli tampak seorang pemuda bernama Kevin terlihat membawa kantong plastik berwarna merah menerjang banjir dengan ketinggian sedada orang dewasa.

Selain mengantarkan makanan, Kevin juga diketahui mengajak teman-temannya keluar dari kos dan membawa barang-barang. Video ini menyentuh hati sejumlah warganet yang mendoakan Kevin dan memberinya apresiasi.

Main Kayak Depan Kampus

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Gusti M.S (@gusti.mboten.sare) on

Bukan hanya Twitter Feedies yang dibanjiri video atau foto penampakan peristiwa unik banjir. Sebuah video yang diunggah akun Instagram @gusti.mboten.sare ini menampilkan seorang cowok yang memanfaatkan moment banjir dengan bermain kayak di depan kampus. Cowok tersebut tampak girang akhirnya kesampaian bermain kayak walau hanya di depan kampus. Ckckck ada-ada aja memang netizen +62 ini.

Hewan pun Ikut Mengungsi

Dilansir Tribunews, bukan hanya warga yang mengungsi, hewan-hewan pun ikut mengungsi. Viral beberapa tingkah berbagai jenis hewan seperti kucing, tikus, bahkan koloni kecoak yang menyelamatkan diri untuk bertahan hidup. Aksi tersebut terekam dan viral di jagad media sosial Twitter.

Seperti seekor kucing yang nekat menceburkan diri ke air untuk berpindah tempat dari sebuah atap rumah dan nekat naik ke pohon. Tikus kecil nampak berlindung pada sandal yang mengapung di air. Bukan hanya kucing dan tikus yang terekam kamera warganet, koloni kecoa pun ikut mengungsi dengan berusaha berlindung di sebuah pagar rumah. Koloni kecoak ini tampak bergerombol menempel pada pagar tersebut.

Nah itulah sejumlah peristiwa unik yang viral di jagad media sosial saat banjir besar yang melanda kawasan Jadetabek Rabu, 1/1/2020. Kita sama-sama berdoa yuk Feedies agar banjir segera surut dan kita semua terhindar dari penyakit yang biasanya menjangkiti sesudah wabah banjir.

Trending
Santai

Dari Diet Vegan Hingga Kuliah di Aussie, Ini Resolusi 2020 Amanda Rawles

Chrystina Yohana Limas | 2 jam yang lalu
Dari Diet Vegan Hingga Kuliah di Aussie, Ini Resolusi 2020 Amanda Rawles

Jelang tutup tahun 2019, Amanda Rawles telah memiliki resolusi untuk dijalani di tahun 2020. Resolusi ini disampaikan kepada Feedy seusai acara Hair Talk Sharing di Big Bang Festival, JIEXPO Kemayoran, Jakarta. Amanda mengakui kalau tahun ini banyak yang belum bisa diwujudkan karena kesibukannya syuting dari pagi hingga pagi lagi.

FeedMe.id, Jakarta – Wanita kelahiran 25 Agustus 2000 ini memiliki resolusi yang menyangkut pendidikan, kesehatan, hingga kariernya. Inilah cerita resolusi 2020 yang ingin diwujudkan Amanda kepada Feedy

Ingin Kuliah di Aussie

Target kuliah sudah direncanakan sejak dua tahun yang lalu namun hingga tahun 2019 ini belum bisa diwujudkan. Amanda mengatakan untuk sekolah tak bisa ditunggu, tapi harus diciptakan. Bagi Amanda pendidikan amat penting. Pada awal tahun depan Amanda akan mengambil jenjang sarjana di negeri Kanguru, Australia. Dirinya ingin hidup normal layaknya anak millennials pada umumnya yang melanjutkan sekolah dan bukan menjalani hidup dengan ritme waktu yang tak tentu pergi pagi pulang pagi lantaran pekerjaannya di dunia entertainment.

“Insya Allah melanjutkan pendidikan, rencana aku akan ambil matrikulsi-nya dulu 4 bulan baru lanjut ke university. Aku memilih sekolah lagi karena aku suka belajar dan ingin sejenak hidup lebih normal. Enggak pergi pagi, pulang pagi karena pekerjaan,” ucap Amanda ketika ditemui usai acara Makarizo Hair Talk di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Sabtu (28/12/2019).

Ingin Main Film Action

Tak hanya tentang pendidikan, Amanda juga memiliki resolusi untuk kariernya di dunia entertainment. Dia ingin mengembangkan karakter aktingnya dengan bermain di film yang lebih menantang dan berbeda misalnya film action.

“Aku pengin banget ngembangin karakter akting aku jadi lebih menantang dan berbeda, misalnya main film action,” ucap Amanda.

Diet Vegan Demi Lingkungan

Sebagai aktris, Amanda Rawles tentunya harus selalu hidup sehat untuk menjaga stamina dan tubuhnya. Tapi ternyata untuk tahun 2020, Amanda memiliki resolusi lain terkait hidup sehatnya yakni diet vegan untuk membantu lingkungan. Selain olahraga, makan makanan sehat, dan lebih terorganisir menjalani aktivitasnya sehari-hari.

“Pengin banyakin air putih, kurangi makanan berminyak, dan rencana aku ingin diet vegan buat bantu lingkungan juga,” ucapnya lagi mengenai resolusi 2020 yang ingin dia wujudkan.

Amanda memberikan tips nih buat kamu yang ingin resolusi 2020 nya terwujud yaitu, “Bila perlu kita catat ya, seperti yang suah aku lakukan misalnya ada keinginan aku bikin catatan atau semacam bucket list agar terwujud satu per satu,” tutupnya mengakhiri pembicaraan sore itu dengan Feedy dan awak media lain.

Tak hanya Amanda nih yang menyampaikan resolusi 2020 nya, pengunjung yang saat itu hadir di acara Makarizo Hair Talk Sharing juga diajak melukiskan resolusi 2020 nya dalam sebuah tas yang dibagikan #TeamMakarizo.

“Kami terinspirasi dari Tasya Kissty yang memang berkecimpung di dunia kreatif. Kami, dari pihak brand ingin bersama-sama dengan konsumen setianya menyambut tahun baru yang lebih baik, semangat, berinovasi, dan penuh dengan energi positif,” jelas #TeamMakarizo.

By the way, kamu sendiri udah buat resolusi apa nih untuk tahun 2020? Kalau udah buat kira-kira siap nggak untuk mewujudkan resolusi 2020 kamu?

Trending
TOP