Santai

5 Alasan Gebetan Kamu Hilang Gitu Aja Kayak Ditelan Bumi

Abyan Naufal | 08 February 2019 - 09:00
5 Alasan Gebetan Kamu Hilang Gitu Aja Kayak Ditelan Bumi

Kamu penasaran kenapa gebetan kamu bisa tiba-tiba hilang dari hubungan yang udah mulai makin erat? Bisa jadi ini alasannya, Feedies.

FeedMe.id, Jakarta – Awalnya dekat banget kayak mau jadian, tapi tiba-tiba gebetan kamu hilang dan lenyap begitu aja kayak ditelan Bumi. Mungkin ini alasannya mereka tiba-tiba menghilang, Feedies.

Gak Cocok

Bisa jadi setelah mencoba erat dan dekat sama kamu, lama-lama dia merasakan ada ketidakcocokan antara diri kalian. Bisa jadi juga dia ilfil sama beberapa hal tentang kamu. Nah, nggak cocok inilah yang bikin dia pun menghilang tiba-tiba. Soalnya kalau bilang-bilang takut nyakitin perasaan kamu. Eh, tapi menghilang juga bikin sakit, ya.

Bosan

Memang alasannya ngeselin, sih. Namun, bisa jadi gebetan hilang tiba-tiba itu karena dia merasa bosan sama kamu, Feedies. Mungkin kamu terlalu intens kontekan sama dia selama ini. Misalnya, nge-chat setiap waktu dan ngatur ini itu. Orang nikah aja nggak gitu-gitu amat.

Sibuk

Jangan berpikir buruk dulu kalau tiba-tiba gebetan kamu meghilang. Mungkin dia memang lagi sibuk banget buat mempersiapkan masa depan yang sukses. Kan masa depan juga ujung-ujungnya buat kesejahteraan pasangan. So, selalu positive thinking ya, Feedies.

Ada yang Lebih Seru

Kamu sih cocok sama dia, ngebosenin juga enggak, dia juga nggak sibuk, tapi ternyata dia ketemu sama yang lebih seru dan pengertian daripada kamu. Wah, kamu nggak bisa apa-apa, deh. Toh dia juga cuma gebetan kamu. Bukan pacar.

Kamu nggak Dianggap Gebetan

Berbeda sama pacaran yang harus diakui oleh kedua belah pihak, gebet menggebet nggak perlu diakui kedua belah pihak, Feedies. Jadi kalau misalnya kamu menganggap dia gebetan belum tentu dia menganggap kamu gebetan. Jadi ya jangan marah ataupun kesel kalau dia tiba-tiba hilang.

Ada pepatah bilang mati satu tumbuh seribu, begitupun juga gebetan. Semoga setelah hilang satu muncul seribu ya. Biar pilihannya banyak. Eh, tapi ribet juga sih kalau kebanyakan.

Event

Sulit Fokus Hingga Kram Otot, Ini Akibat Kurang Minum Air Putih

Chrystina Yohana Limas | 2 jam yang lalu
Sulit Fokus Hingga Kram Otot, Ini Akibat Kurang Minum Air Putih

Lemot banget kalau diajak ngomong, gampang marah, kram otot, atau bahkan sering sembelit. Apakah kamu sering mengalami hal ini saat sedang beraktifitas?

FeedMe.id, Jakarta – Jangan pernah sepelekan kebutuhan air putih untuk kehidupan kita sehari-hari. Karena kurang minum air putih bisa mengalami hal ini:

Sulit Fokus

Diajak ngomong orang nggak nyambung dan mulai menurunnya tingkat konsentrasi, bahkan sering pelupa itu akibat minimnya kecukupan air putih lho, Feedies. Kalau kamu sepelekan, akibatnya fungsi otak bisa terganggu. Karena sebenarnya otak kita itu terdiri dari 75% air dan kalau kekurangan apalagi sampai kehilangan bisa menghambat kinerja otak kita.

“Karena otak kita terdiri dari 75% air, dehidrasi dapat menyebabkan perubahan emosi, kurang konsentrasi, sakit kepala ringan, dan kelelahan,” kata dr. Tria Rosemiarti, Hydration Science Director Danone-AQUA dalam acara peluncuran label baru AQUA di Summarecon Mall Serpong, Jumat (4/10/2019).

Dan biasanya nih kalau sering sulit fokus, lama-lama kamu jadi

Gampang Marah/Emosian

Karena kekurangan cairan bisa menurunkan kemampuan berpikir secara jernih dan tidak dapat mengontrol mood yang berakibat kamu jadi gampang marah/emosian. Riset yang dilakukan University of Connecticut’s Human Performance Laboratory, dehidrasi akibat kurangnya cairan bisa membuat orang mudah marah, mempengaruhi fungsi mental, dan tingkat energi.

“Dehidrasi ringan akibat kekurangan 1,5% cairan dari kebutuhan tubuh bisa mempengaruhi perasaan kita. Terutama pada wanita yang lebih peka pada efek dehidrasi ringan. Kondisi dehidrasi ringan kerap terjadi dalam pelaksanaan aktivitas sehari-hari,” ujar Harris Lieberman, salah satu periset.

Kulit Jadi Kering

Kekurangan cairan juga bisa menyebabkan kulit jadi kering, bersisik, dan timbul kerutan di sana sini. Kulit kering menandakan kondisi yang tidak sehat lho, Feedies. Jadi kalau kamu mau tahu apakah kekurangan cairan atau nggak, efek yang paling terasa dari kondisi kulit kamu.

Sembelit atau Konstipasi

Menurut Ohio State University Wexner Medical Cemter, wasir yang sampai berdarah adalah salah satu penyebab sembelit atau konstipasi. Ini karena kontraksi usus besar yang kurang baik yang menyebabkan penyerapan makanan tidak sempurna. Kalau kamu kurang minum air putih, usus besar tidak dapat mencerna makanan dan membentuk tinja.

Kram Otot

Tubuh yang kekurangan cairan walau hanya 5% saja dari kebutuhan harian, bisa menyebabkan kram otot. Karena air juga berfungsi melumaskan sendi agar gerakan tubuh tetap lancar dan mencegah otot yang kaku dan kram. Saat berolahraga, otot sangat perlu oksigen yang terdapat di air ketika digunakan, agar tidak menyebabkan kram akibat terlalu kering.

“Kehilangan cairan dan elektrolit juga dapat menyebabkan kram otot yang menghambat kinerja kita. Karena itu, kita perlu mengkonsumsi air yang cukup sehat setiap hari dan menjadikannya sebuah kebiasaan,” kata dr. Tria Rosemiarti, Hydration Science Director Danone-AQUA dalam acara peluncuran label baru AQUA di Summarecon Mall Serpong, Jumat (4/10/2019).

Ginjal Terganggu

Tanda-tanda yang terlihat sih biasanya mulai sakit pinggang karena kurangnya asupan air putih setiap hari yang berlangsung begitu lama. Gangguan ini memang biasanya muncul di awal 40 tahun, tapi tidak menutup kemungkinan kita yang masih muda bisa terkena gangguan ginjal. Tahu kan akibatnya kalau ginjal sampai rusak, musti cuci darah yang butuh biaya nggak sedikit. Jadi jangan sampai kurang asupan air putih.

Nah udah tahu kan sekarang akibatnya kalau kamu sampai kekurangan asupan cairan air putih. Jadi yuk mencegah sebelum mengobati dengan cara penuhi asupan air putih sekurang-kurangnya 7-8 gelas per hari atau sekitar 2 liter per hari. Tapi ini pun tidak mutlak karena tergantung usia, jenis kelamin, dan aktivitas setiap orang.

“Kecukupan air memang standarnya 7-8 gelas air atau sekitar 1,8 s.d. 2 liter air namun itu tergantung dari usia, jenis kelamin, dan aktivitas masing-masing orang,” kata dr. Tria Rosemiarti, Hydration Science Director Danone-AQUA dalam acara peluncuran label baru AQUA di Summarecon Mall Serpong, Jumat (4/10/2019).

Subscribe to our newsletter

Connect with us

Santai

Sebelum Konsumsi Yogurt, Baca Dulu Fakta Penting Ini Feedies

Chrystina Yohana Limas | 2 jam yang lalu
Sebelum Konsumsi Yogurt, Baca Dulu Fakta Penting Ini Feedies

Ada beberapa fakta penting yang harus Feedies tahu sebelum kamu konsumsi yogurt lho. Seperti waktu yang tepat konsumsi yogurt, manfaat penting yang belum kamu tahu, alasan penting jangan konsumsi yogurt setelah minum kopi, dan penemuan baru yogurt dengan campuran vitamin C

FeedMe.id, Jakarta – Bahkan kalau kamu mau langsing hanya dengan mengkonsumsi yogurt, harus tahu dulu cara yang tepat lho. Ini nih fakta penting sebelum kamu konsumsi yogurt:

Cara Diet yang Tepat dengan Konsumsi Yogurt

Konsumsi dengan roti gandum atau roti organik seperti roti sourdough yang terbuat dari bakteri baik, agar manfaatnya lebih optimal lagi bisa tambahkan dengan buah dan sayuran. Jangan ditambahkan madu atau gula berlebihan, nanti bukannya kurus malah tambah naik berat badan kamu. Nah kalau kamu ingin diet dengan yogurt lebih optimal, coba pilih

Waktu yang Tepat Konsumsi Yogurt

Kalau kata Dr Haekal Anshari tidak ada waktu yang paling tepat, tapi kalau kamu ingin diet yang optimal, waktu yang paling tepat itu saat sarapan, sehabis makan siang, dijadikan camilan sore seperti contohnya dibuat smoothies atau pudding yogurt kelapa, diminum dua jam sebelum tidur di malam hari. Ini nih alasannya kenapa kamu harus konsumsi yogurt di malam hari dua jam sebelum tidur

Mengandung Tryptophan

Dilansir Foods for Better Health, kandungan typtophan dalam yogurt membuat tidur kamu lebih nyenyak. Hal ini karena tryptophan membantu memproduksi hormone serotonin dan melatonin yang membuat tubuh rileks. Kalau kamu tidur lebih cepat dan nyenyak akan mengurangi keinginan otak untuk terus bekerja yang membuat perutmu jadi gampang lapar dan berakibat naiknya berat badan. Kandungan tryptophan juga cocok untuk kamu yang menderita

Alergi Terhadap Susu/Lactose Intolerant

Ini karena kandungan tryptophan dalam yogurt setara dengan segelas susu. Jadi kalau kamu yang nggak biasa minum susu karena menderita lactose intolerant dan ingin tetap tidur nyenyak, bisa diganti dengan mengkonsumsi yogurt sebagai alternative untuk meningkatkan kualitas tidur. Agar yogurt yang kamu konsumsi tidak kehilangan manfaatnya sebaiknya

Beri Jeda Kalau Ingin Minum Kopi

Kalau kata dokter gizi Haekal Anshari, jangan minum kopi sesudah konsumsi yogurt, karena kalau sudah minum yogurt baru kopi, manfaat yogurt akan terbuang dengan cepat lewat buang air kecil. Haekal mengatakan sifat diuretik bisa menyebabkan seseorang sering buang air kecil. Alasan lainnya, efek pengeroposan tulang karena kandungan kafein dalam kopi, sebaliknya yogurt kaya akan vitamin C, D, dan kalsium yang berfungsi menjaga kesehatan tulang.

“Kalau sudah minum yogurt dulu baru kopi, nanti manfaat yogurt akan terbuang dengan cepat lewat buang air kecil. Jadi belum sempat diserap, sudah dikeluarkan, kan percuma. Jadi baikya yang negative dari kopi gelontorkan dulu. Nanti baru diganti dan diisi yogurt untuk kesehatan tulang,” katanya saat ditemui dalam acara peluncuran Cimory Yolite C+ di XXI Lounge Plaza Senayan, Kamis (19/09/2019).

FYI, ada aturan waktu yang harus ditetapkan kalau ingin mengkonsumsi keduanya. Haekal mengatakan agar beri jeda waktu setidaknya tiga hingga empat jam dari konsumsi kopi ke yogurt, karena apapun yang kita konsumsi nggak dengan cepat diproses oleh tubuh lho, Feedies.

“Harus melewati banyak organ dahulu. Jadi, idealnya diberi jeda beberapa waktu kalau mau menikmati manfaat dari keduanya,” tambah Haekal lagi.

Manfaat Penting untuk Perempuan

Untuk para perempuan, konsumsi yogurt memberikan manfaat penting. Karena menurut ahli kesehatan UI, Karin Wiradarma, salah satu bakteri baik yang terkandung dalam yogurt yaitu lactobacillus dapat membantu menjaga kestabilan pH atau kadar keasaman daerah intim perempuan. Bakteri probiotik ini akan membantu membunuh jamur dan mengurangi risiko infeksi jamur.

“Jika pH terjaga, segala infeksi dapat terhindar. Selain itu, tentu keputihan juga dapat dihindari,” ucap Karin.

Ada satu lagi fakta penting yang harus kamu tahu sebelum konsumsi yogurt nih, Feedies dan ini penemuan terbaru sekaligus pertama di Indonesia yang penting bagi kesehatan Feedies

Yogurt dengan Vitamin C

Menurut pemerhati gizi, Dr. Haekal Anshari dengan mengkonsumsi yogurt dengan vitamin C penting untuk kesehatan tubuh. Selain menjaga kesehatan pencernaan yang membuat diet jadi lancar, di lain sisi juga terhindarkan dari alergi flu akibat radikal bebas berbahaya untuk kamu yang tinggal di ibukota.

“Konsumsi yogurt yang mengandung manfaat kebaikan susu dan bakteri baik serta Vitamin C harian sesungguhnya sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Benar memang bahwa nutrisi lain pun dibutuhkan namun ketika hal tersebut diasup dengan teratur, begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan. Susu yang mengandung nutrisi yang lengkap seperti; protein, karbohidrat, lemak, kalsium, vitamin dan mineral memiliki manfaat tidak hanya untuk tumbuh kembang anak, namun memiliki manfaat jangka panjang antara lain membantu memelihara kesehatan tulang dan gigi, serta daya tahan tubuh. Sementara yogurt drink yang terbuat dari susu yang difermentasi oleh bakteri asam laktat memiliki kandungan untuk menjaga kesehatan pencernaan, sehingga meningkatkan daya tahan tubuh, membantu menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah, bahkan dapat membantu menurunkan berat badan. Di sisi lain vitamin C harus dikonsumsi sesuai dengan angka kecukupan gizi harian karena bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, membantu pembentukan kolagen dan mempercepat proses pemulihan saat sakit sehingga baik untuk meningkatkan daya tubuh. Karena itu kembali lagi bahwa yogurt plus vitamin C disarankan untuk dikonsumsi secara teratur setiap hari,” kata Dr. Haekal Anshari, pemerhati gizi dalam acara peluncuran Cimory Yolite C+ di XXI Lounge Plaza Senayan, Kamis (19/09/2019).

Cimory Yolite C+ pas banget nih buat kamu yang selalu aktif dan banyak beraktivitas di luar. Karena memberikan manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh seperti yang sudah Feedy paparkan serta kemasannya yang praktis dibawa ke mana-mana nggak bikin ribet kalau mau langsung neguk, Feedies. Cimory Yolite C+ juga hadir dengan lima varian rasa yang bisa kamu pilih seperti original, lemon, jeruk, stroberi, dan bluberi. Setiap varian rasanya lezat dan mengandung vitamin C, harganya juga nggak mahal, hanya Rp 7.900. Jadi, rasa apa yang mau kamu coba, Feedies?

Viral

Simak Fakta Menarik Di Balik Hengkangnya Pepsi dari Indonesia

Chrystina Yohana Limas | 2 jam yang lalu
Simak Fakta Menarik Di Balik Hengkangnya Pepsi dari Indonesia

Berita mengejutkan datang dari minuman pesaing Coca Cola di Indonesia, Pepsi yang resmi akan hengkang dari Indonesia 10 Oktober 2019. Ada fakta menarik di balik hengkangnya Pepsi dari Indonesia

FeedMe.id, Jakarta – Mulai dari sengketa awal dengan Indofood yang menjadi distributor utama hingga nasib KFC dan Pizza Hut yang menjadi pemasok terbesar Pepsi di Indonesia. Simak fakta menarik di balik hengkangnya Pepsi dari Indonesia:

Sengketa Pepsi dengan Indofood

Hubungan Indofood yang menjadi produsen sekaligus distributor utama Pepsi di Indonesia sudah merenggang sejak 2017 dengan Pepsi. Hal ini terkait mundurnya PT Perusahaan Perkebunan London Sumatra Indonesia Tbk (Lonsum) yang merupakan anak usaha IndoAgri, perusahaan yang terafiliasi dengan Indofood dari penerapan sertifikasi minyak sawit berkelanjutan atau Roundtable of Sustainable Palm Oil (RSPO).

Anak usaha IndoAgri yang terafiliasi dengan Indofood, Lonsum, diduga melakukan 23 pelanggaran prinsip dan kriteria industri perkebunan sawit, mulai dari kondisi pekerja, risiko kesehatan, diskriminasi gender pekerja, sampai dengan pekerja anak. Atas hal ini, PepsiCo menyatakan kekecewaannya. PepsiCo beserta perusahaan patungan yang didirikan bersama Indofood memutuskan untuk tidak lagi menggunakan minyak kelapa sawit dari IndoAgri, induk usaha Lonsum.

“Kami sangat kecewa mengetahui upaya IndoAgri untuk menarik PT Lonsum dari RSPO. Ini tidak dapat diterima dan tidak konsisten dengan kebijakan dan komitmen kami tentang minyak sawit berkelanjutan,” ungkap Juru Bicara PepsiCo melansir FoodNavigator-Asia.

Tak Perpanjang Kontrak Tapi Berharap Bisa Balik Lagi

Yups, walau telah resmi putus kontrak dengan Indofood, pihak dari PepsiCo berharap bisa balik lagi ke pasar Indonesia dengan merek minumannya yang terkenal yaitu Pepsi, Mirinda, 7UP, dan Mtn Dew. Hal ini disampaikan langsung melalui keterangan resmi dari laman mereka pepsico.com, “PepsiCo berharap dapat kembali ke pasar Indonesia dengan merek minumannya yang terkenal (Pepsi, Mirinda, 7UP, dan Mtn Dew) di masa depan.”

Gimana Nasib KFC dan Pizza Hut?

Keputusan Pepsi hengkang dari Indonesia ini tentunya mempengaruhi permintaan dari beberapa mitranya selama ini yakni KFC dan Pizza Hut yang sudah lama menjadi mitra. Kedua perusahaan fast food terkemuka di Indonesia pun mengambil antisipasi yang dinilai memiliki rasa yang sama dengan Pepsi yakni pesaing terberatnya, Coca Cola.

“Iya, sudah beberapa bulan lalu Pepsi informasikan ke kita kalau mereka mau fokus ke negara lain, nggak di Indonesia. Makanya kontrak dengan kami juga akan berakhir di Oktober nanti. Sejauh ini pasokan Pepsi aman, tapi setelah kontrak berakhir akan pakai Coca Cola,” ujar Direktur PT Fast Food Indonesia Tbk (KFC), Justinus Dalimin, Kamis (03/10/2019).

Ditemui di tempat berbeda, Direktur PT Sarimelati Kencana Tbk (Pizza Hut), Jeo Sasanto mengatakan pihaknya sudah secara bertahap menggantikan Pepsi dengan pesaingnya yaitu Coca Cola.

“Secara bertahap pasokan Pepsi akan digantikan Coca Cola sampai dengan akhir Oktober 2019,’ tegasnya.

FYI, mengutip laporan keuangan PepsiCo tahun 2018 lalu, pendapatannya sebesar USD 64,66 miliar, naik tipis 2% dibanding tahun 2017 sebesar USD 63,52 miliar. Sayangnya justru berita menghilangnya Pepsi dari Indonesia belum diketahui para pengusaha yang tergabung dalam GAPMMI (Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia). Berikut keterangan dari waketum

Belum Ada Informasi Langsung

Waketum GAPMMI, Rachmat hidayah mengaku pihaknya baru mendapatkan kabar tersebut melalui berita yang beredar di media. Oleh karena itu Rachmat belum bisa bicara banyak mengenai hengkangnya Pepsi dari Indonesia.

“Belum ada informasi langsung, tahunya kami dari media,” kata Rachmat dilansir Kumparan.com, Selasa (01/10/2019).

Senada dengan Rachmat, Ketua Umum GAPMMI, Adhi S. Lukman juga tak bisa bicara banyak menganggapi kabar tersebut. Adhi mengatakan belum ada kajian lebih dalam saat ini karena belum dapat laporan, “Saya belum dapat laporan.”

Menanggapi hal tersebut, Kemenperin pun ikut turun tangan dengan rencananya memanggil Pepsico

Kata Kemenperin Soal Hengkangnya Pepsi dari Indonesia

Hingga sekarang, Kemenperin belum terima kabar dari kedua pelaku bisnis yakni dari pihak Indofood dan PepsiCo. Untuk itu, Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Abdul Rochim mengatakan pihaknya akan memanggil PepsiCo untuk menanyakan alasan di balik keputusannya hengkang dari Indonesia.

“Belum ada laporan terkait perpanjangan kontrak Indofood dengan Pepsi, itu B to B (Business to business). Karena belum ada laporan, saya secara pasti belum tahu. Sementara saya akan menanyakan ke Pepsi terlebih dahulu apa masalahnya dan fasilitas apa yang diharapkan sehingga Pepsi masih bisa beroperasi,” kata Abdul seperti dilansir detikcom, melalui pesan singkat, Kamis (03/10/2019).

Hmm, kira-kira PepsiCo masih akan tetap hengkang atau tetap beroperasi nih, Feedies? Kamu sendiri gimana?

Viral

5 Fakta Unik Batik Desa Osing yang Kamu Harus Tahu

Chrystina Yohana Limas | 2 jam yang lalu
5 Fakta Unik Batik Desa Osing yang Kamu Harus Tahu

Salah satu keunikan desa Osing tak hanya atraksi dan kulinernya saja. Batik tulisnya juga memiliki keunikan tersendiri. Dari motif, cara masyarakatnya menyimpan batik, hingga tingkat kerumitan pembuatannya yang sulit ditiru.

FeedMe.id, Jakarta - Bahkan masyarakat Osing memiliki keunikan tersendiri dalam cara penggunaan batik yang berbeda dengan orang lain di Indonesia. Simak yuk fakta unik batik desa Osing yang berhasil Feedy temukan:

Ada Kekuatan Mistis di Balik Motifnya

Salah satu motif batik desa Osing yang mendunia adalah motif Gajah Oling. Ternyata di balik motif ini tersembunyi kekuatan mistis. Alkisah di zaman dahulu, setelah senja para orangtua dilarang keluar rumah membawa anak-anak mereka karena mereka percaya makhluk gaib sedang berkeliaran di waktu-waktu tersebut.

Untuk melindungi anak-anak mereka kalau para orangtua terpaksa harus keluar rumah dan menggendong mereka, para orangtua menggunakan jarit batik motif Gajah Oling. Konon motif ini dipercaya memiliki kekuatan mistis yakni dapat menangkal kekuatan jahat dari makhluk halus di zaman tersebut.

Kekuatan lainnya dari motif batik Gajah Oling ini yang dipercaya masyarakat Osing adalah untuk menenangkan bayi dan anak-anak yang rewel atau menangis dengan cara digendong menggunakan motif Gajah Oling. Hingga saat ini masih banyak masyarakat Osing khususnya para orangtua yang meyakini bahwa Gajah Oling bukanlah sembarang motif namun motif yang memiliki unsur mistis.

Tingkat Kerumitan Pembuatannya Sulit Ditiru

Motif batik tulis desa Osing/Kemiren hingga saat ini masih dipertahankan, namun beberapa di antaranya memiliki tingkat kerumitan pembuatan yang sulit ditiru pengrajin sekarang. Salah satunya motif Gringsing dengan guratan motifnya yang kecil dan memanjang karena pengerjaannya menggunakan canting berukuran kecil, begitu juga dengan degradasi pewarnaan.

Simpan Batik di Toples Kaca

Masyarakat Osing punay cara khusus menjaga batik warisana leluhurnya, yakni dimasukkan dalam sebuah toples-toples kaca dan dipajang dalam lemari kaca. Batik-batik inni selain disimpan juga sekaligus dipamerkan. Yang unik dan menarik metode penyimpanan seperti ini sudah dikenal dan dilakukan puluhan tahun dan turun temurun, Feedies.

“Ini merupakan tradisi warga Osing melestarikan batik, dengan cara kami,” ujar Haidi Bing Slamet, warga Desa Kemiren/Osing, Kecamatan Glagah, Banyuwangi.

Menurut Haidi, hampir seluruh warga Desa Osing/Kemiren menyimpan batik dengan cara unik seperti itu. Mereka percaya, batik kuno  warisan leluhur tidak akan rusak atau terbebas dari ngengat dan binatang perusak kain kalau disimpan dengan cara dimasukkan dalam toples kaca. Selain itu, toples yang kedap udara dianggap bisa membuat batik lebih awet, dan ssst warga Osing juga percaya ketika menampilkan batiknya, leluhurnya datang.

“Kalau ditaruh di lemari tidak akan awet, khawatir dimakan ngengat. Selain itu kerusakan yang disebabkan dari suhu, udara, dan lain-lain. Dengan kedapanya udara pada toples diharapkan memberi dampak positif terhdap keawetan batik tersebut. Masyarakat Osing percaya bahwa ketika mereka menampilkan batiknya, leluhurnya datang,” ujar pria yang akrab dipanggil Edi.

Tiap Keluarga Wajib Memiliki Batik

Fakta menarik dan unik di desa Osing/Kemiren ini setiap keluarga wajib memiliki batik, karena bagi mereka batik bukanlah sekedar kain biasa tapi menjadi symbol penting seperti persyaratan untuk lamaran yang dilakukan mempelai laki-laki kepada calon istrinya.

“Batik pemberian mempelai laki-laki nantinya akan dipakai mempelai perempuan saat mereka bersanding di pelaminan. Jadi batik itu punya peranan penting dalam sebuah keluarga,” ujar Aekanu Hariyono, pemerhati Batik Banyuwangi.

 Batik Dipakai sebagai Penutup Kepala

Umumnya batik digunakan sebagai bahan utama dalam industry fashion untuk memproduksi pakaian, tas, hingga aksesoris. Tapi unik dan menariknya bagi masyarakat Osing, batik digunakan sebagai penutup kepala yang dipercaya memilki makna sekaligus nilai filosofis tersendiri, yang kemudian dikenal dengan udheng.

“Udheng tidak sekedar penutup kepala, tapi perlengkapan wajib bagi laki-laki Osing saat penyelenggaraan ritual baik bersifat individu maupun komunal,” ungkap Lintu Tulistyantoro, Ketua Komunitas Batik Jawa Timur di Surabaya (KIBAS).

Menurut Aekanu Hariyono, Budayawan Banyuwangi secara filosofis, udheng dipahami sebagai ekspresi dari keyakinan masyarakat tentang pandangan hidup. Bentuk udheng yang segi empat dan berbagai motifnya memiliki nilai magis.

“Dalam pemakaiannya, udheng dilipat membentuk segitiga sama sisi yang mana hal tersebut dapat menyampaikan makna tentang hubungan manusia dengan Tuhan, antar sesama, dan alam,” ungkap Aekanu.

Aekanu juga lantas menjelaskan dalam penggunaannya secara umum ada du acara yaitu udheng Tongkosan yang menutup seluruh kepala dengan penampilan dua segitiga di kanan dan kirinya, dan udheng Sampatan yang memiliki bentuk terbuka dengan segitiga lepas di bagian belakang baik yang menjulang ke atas maupun ke bawah.

“Tongkosan biasanya digunakan dalam acara formal hingga ritual keagamaan. Namun, untuk santai atau pemakaian sehari-hari biasanya Sampatan yang lebih sering digunakan,” tutur Aekanu yang saat ini juga kolektor udheng.

Udheng juga memiliki berbagai motif lho seperti ulo bunting, ukel kerikan, totogan, barong ider bumi, manuk caruk, sabuk mangir, juwono, blarakan, hingga yang paling khas gajah oling.

“Gajah oling digambarkan dengan bentuk menyerupai clurit yang letaknya di Blambangan atau bagian tengah udheng. Motif tersebut memiliki makna  perputaran hidup untuk mencapai harmoni dan kesempurnaan,” tutur Aekanu lagi.

Fakta unik dan menarik lainnya desa Osing sekarang menjadi sentra batik Banyuwangi dan memiliki 22 motif seperti sembruk cacing, gajah oling, umah tawon, kopi pecah, gedheg’an, gajah mungkung, paras gempal, srimpet, wader kesit, kangkong setingkes, lakaran, juwono, gringsing, garuda mungkur, dan sekar jagad. Wah ternyata batik Banyuwangi punya keunikan tersendiri yah, tertarik menggunakannya? Yuk mulai gunakan sekarang apalagi hari ini Hari Batik Nasional, kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikan batik Indonesia.

Santai

Bukan Hanya Kisah Mistis, Desa Osing Ini Juga Terkenal dengan Atraksinya yang Eksotis

Chrystina Yohana Limas | 2 jam yang lalu
Bukan Hanya Kisah Mistis, Desa Osing Ini Juga Terkenal dengan Atraksinya yang Eksotis

Desa Osing yang viral karena dikaitkan dengan kisah mistis KKN di Desa Penari ini ternyata memiliki banyak keunikan yang sempat Feedy bahas beberapa hari yang lalu. Salah satu keunikannya adalah atraksinya yang eksotis.

FeedMe.id, Jakarta- Atraksi yang masih dijaga sampai saat ini di zaman serba modern dan digitalisasi. Atraksi ini adalah tradisi yang dijalankan turun temurun dan kesemuanya masih asli, murni, tanpa ada intervensi dari pihak luar, berikut ulasannya:

Atraksi Tradisi Gedhogan

Ini adalah atraksi yang dilakukan oleh para perempuan berkebaya dengan memukul-mukul lesung dan alu sehingga menimbulkan bunyi yang enak didengar. Tradisi ini masih terjaga saat bercocok tanam, warga di sana menggelar tradisi selamatan berkali-kali. Dari sejak menanam benih padi, ketika padi sudah mulai berisi hingga masa panen. Para petani masih menggunakan ani-ani yang diiringi tetabuhan angklung dan gendang yang dimainkan di pematang sawah. Pada atraksi ini, para warga memainkan musik lesung yang juga menjadi kesenian yang masuk dalam warisan budaya asli suku Osing.

Barong Osing

Desa Osing memang memiliki banyak atraksi yang mampu menyedot perhatian traveler baik dalam maupun luar negeri yang datang. Selain gedhongan yang eksotis dan menyedot perhatian, atraksi barong ini juga mampu menyedot perhatian. Atraksi ini hampir mirip dengan kesenian reog asal Ponorogo. Berciri wujud singa bersayap dan bermahkota menunjukkan mata melotot, bertaring, dagu bergerak yang dimainkan dua orang. Kesenian barong ini sering dimainkan terutama dalam ritual Barong Ider Bumi.

Sepuluh Ewu Cangkir Kopi

Ini adalah festival yang diadakan setiap tahun GRATIS. Sebanyak 10 ribu atau sepuluh ewu cangkir kopi disajikan gratis bersama kudapan khas lokal di pelataran rumah setiap warga di desa Osing seperti kucur/cucur yang berwarna coklat agak gelap karena menggunakan gula aren, cenil kudapan yang disajikan dengan hidangan mirip sate ditaburi parutan kelapa, kue lepet, tape ekor, ketan kirip, klemben, percek berbahan dasar pisang mirip mie berwarna kuning atau kerupuk rujak buah gerobak, dll.

Agar menghasilkan citarasa kopi terbaik, cara penyajiannya harus seragam. Kopi disajikan dalam cangkir kecil berwarna putih, bergambar bunga yang khas dan ditutup agar panasnya lebih tahan lama. Cara minum kopi seperti ini adalah tradisi warga Osing Desa Kemiren yang merupakan suku asli Banyuwangi sejak zaman nenek moyang dahulu. Ada ungkapan dari nenek moyang mereka dalam bahasa Osing yakni “Welurine Mbah Buyut Kemire Ngombe Kopi Cangkir Tutup”, yang artinya adalah meminum kopi dengan cangkir yang ada tutupnya.

Cara pembuatan kopi Osing sendiri masih tradisional, Feedies. Kopinya disangrai tidak menggunakan wajan dari aluminium, tapi dari tembikar. Para penyangrai ini adalah mbah-mbah yang berumur kira-kira 65 s.d ≥ 70 tahun. Karena menggunakan tembikar, kopi Osing memiliki rasa yang berbeda, terlihat lebih hitam. Yang perlu kamu tahu ada makna filosofi dari warga Osing di balik festival sepuluh ewu cangkir kopi yaitu “sak corot dadi seduluran” yang artinya “sekali seduh kita bersaudara”, yaitu dengan meminum kopi yang disuguhkan sebagai symbol menyambung silaturahmi dan menambah persaudaraan. Meminum kopi khas warga Osing bukan saja pada festival Sepuluh Ewu Cangkir Kopi yang diadakan setiap tahun saja lho, Feedies. Kamu bisa menikmatinya dalam sebuah festival yang juga diadakan setahun sekali ini, yakni

Festival Tumpeng Sewu

Bukan hanya saja sebuah ritual adat yang menjadi tradisi berulang setiap tahun, namun festival ini menjadi atraksi wisata Banyuwangi yang dihadiri ribuan warga dari berbagai penjuru desa maupun wisatawan. Tumpeng sewu sesuai namanya menghidangkan seribu tumpengan yang ditutup daun pisang dilengkapi lauk khas warga Osing/Kemiren yakni pecel pithik dan sayur lalapan sebagai pelengkap.

Baik wisatawan dan warga desa Osing bersama-sama menikmati tumpeng di tengah jalan Desa Osing/Kemiren. Jadi mulai jam 17:30 WIB, jalan menuju desa adat Kemiren/Osing telah ditutup untuk Festival Tumpeng Sewu. Untuk siapapun yang ingin menuju desa ini harus berjalan kaki demi menghormati ritual adat ini. Sekitar jam 18:00 WIB atau tepatnya usai sholat Magrib, ritual dilangsungkan di bawah temaram api obor, dan semua orang duduk bersila di atas tikar ataupun karpet yang digelar di depan rumah.

Sebelum makan tumpeng sewu, warga diajak berdoa agar desa mereka dijauhkan dari segala bencana dan sumber penyakit karena ritual tumpeng sewu diyakini merupakan selamatan tolak bala. Setiap rumah warga desa Osing minimal mengeluarkan satu tumpeng yang diletakkan di depan rumahnya. Usai berdoa yang dibacakan sesepuh dari masjid di desa setempat, warga dipersilakan makan tumpeng bersama. Festival Tumpeng Sewu ini adalah tradisi adat Suku Osing, suku asli warga Banyuwangi di desa Kemiren yang juga dikenal dengan nama Desa Osing, digelar seminggu sebelum Idul Adha.

Festival Gandrung Sewu

Ini adalah festival pertunjukkan tari kolosal Banyuwangi yang ditampilkan oleh seribu lebih penari dengan tetabuhan Gamelan Osing, sesuai dengan nama festivalnya, gandrung sewu, dimana sewu berarti seribu. Festival ini sudah dimulai sejak tahun 2012, di mana pertunjukkan selalu diadakan di pantai Boom Marina dengan latar pemandangan indah pantai dan selat Bali, dari siang hingga matahari terbenam.

Festival tarian ini sebenarnya adalah wujud syukur warga atas tanah yang subur dan hasil panen yang melimpah. Tema dari pertunjukkan ini pun selalu berbeda setiap tahunnya. Kalau tahun lalu bertema kepahlawanan yaitu Layar Kumendung, tahun ini judulnya Panji Panji Sunangkoro diselingi drama kolosal.

Nah itulah atraksi yang ada di Desa Kemiren/Osing, Banyuwangi. Kalau ke sana bulan Oktober ini jangan lupa menonton Festival Gandrung Sewu yang jadi latar kisah misteri KKN di Desa Penari oleh Simpleman tanggal 12 Oktober 2019.

Santai

5 Tempat Cari Jodoh Di Dunia yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi buat Para Jomblowers

Chrystina Yohana Limas | 2 jam yang lalu
5 Tempat Cari Jodoh Di Dunia yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi buat Para Jomblowers

Kalau kamu masih belum dapat jodoh juga saat travelling, mungkin kamu perlu ke tempat cari jodoh di dunia ini deh. Siapa tahu aja kamu segera menemukan jodohmu di lima tempat ini

FeedMe.id, Jakarta – Mulai dari Arab Saudi, Italia, Thailand, hingga Jepang. Kamu bisa berburu jodohmu di lima tempat ini, baik sendiri atau rame-rame dengan sohib yang juga jomblo. Nih lima tempat cari jodoh di dunia yang terkenal dan wajib dikunjungi kamu, Feedies:

Jabal Rahmah, Arab Saudi

Terletak di tepi padang Arafah, sebelah timur kota Makkah. Untuk Feedies yang pernah umroh atau naik haji tempat ini pasti sudah nggak asing lagi. Tempat ini letaknya di puncak bukit yang tingginya mencapai 70 meter. Tempat ini dipercaya oleh orang-orang sebagai titik temu Adam dan Hawa. Bahkan kabarnya sih di tempat ini didirikan monument untuk mengabadikan tempat manusia pertama di dunia ini dipertemukan.

Nggak heran banyak peziarah yang berdoa di monument cinta Adam dan Hawa seputar masalah jodoh. Coba saja kamu berdoa di monument cinta ini, siapa tahu kamu dipertemukan dengan jodohmu oleh Tuhan YME seperti kisah Adam dan Hawa.

Four Faces Budha, Thailand

Masyarakat/warga Thailand lebih sering menyebutnya dengan sebutan Thao Maha Brahma. Patung yang didirikan sejak tahun 1956 ini terletak di perempatan Jalan Thanon Phloen Chit dan Jalan Thanon Ratchadamri di Kawasan Pratunam. Banyak banget yang datang ke tempat ini dan berdoa meminta perlindungan, kesehatan, mendoakan keluarga dan anak, peruntungan, rezeki, terutama jodoh.

Kalau kamu ke sini, kamu akan dikenakan biaya sebesar 10-25 Baht dan wajib bawa sesajen. Setelah berdoa, kamu harus membasuh wajah dengan air suci yang sudah disediakan di tong besar. Bagi siapa saja yang doanya dikabulkan, jangan lupa nih harus balik lagi ke Thao Maha Brahma. Jadi untuk kamu yang Budha atau memiliki kepercayaan taoisme, bisa nih berdoa di Four Faces Budha, siapa tahu ketemu jodoh juga di tempat tersebut, dan kalau doanya terkabul jangan lupa balik lagi.

Trevi Fountain, Italia

Adanya di Roma, ini adalah airmancur yang terkenal dengan mitos tentang cinta di Italia. Trevi Fountain memiliki kolam selebar 20 meter dengan relief bergaya klasik baroque, tinggi air mancur di Trevi Fountain hampir 26 meter. Warga Italia percaya siapapun yang melemparkan sebuah koin ke kolam akan berkesempatan kembali ke Roma, kalau melempar dua buah koin nah akan ketemu jodohnya atau cinta sejatinya, dan kalau melempar tiga buah koin, akan menikah dengan cinta sejatinya.

Tapi lempar koin ii ada syaratnya, Feedies nggak bisa sembarangan. Kamu harus lempar dengan tangan kanan melalui bahu kiri. Tertarik mencoba, Feedies? Siapa tahu bisa ketemu jodoh babang ganteng atau eneng cantik asli Italia di air mancur Trevi Fountain kan.

Rumah Juliet, Italia

Selain air mancur Trevi Fountain, ada satu tempat di Italia yang dipercaya sebagai mitos cinta. Pasti kamu udah nggak asing kan dengan kisah Romeo dan Juliet, kisah cinta tragis paling fenomenal di zamannya yang terkenal sampai ke seluruh dunia ini dan banyak bikin orang penasaran. Nah kamu bisa menemukan kisahnya di Rumah Juliet di kota Verona, Italia yang begitu fenomenal. Banyak traveler dari berbagai belahan dunia yang datang berbondong-bondong hanya untuk melihat tembok Rumah Juliet lho, Feedies.

Di Rumah Juliet ini ada patung besar berbentuk Juliet. Patung ini jadi sasaran favorit object foto para traveler di seluruh dunia. Konon kalau bisa berfoto dengan patungnya, kamu bisa beruntung dalam percintaan, ya barangkali bisa ketemu jodoh juga di Rumah Juliet, hehehe.

Kuil Kiyomizudera, Kyoto, Jepang

Kalau kamu ke Kyoto, jangan lupa mampir ke kuil ini. Konon kuil ini jadi tempat kepercayaan warga Jepang untuk mendapatkan jodoh. Pemandangannya sangat memukau, kota Kyoto terpampang nyata indah dari kejauhan. Di jalan menuju keluar kuil ini ada air pancuran, di sinilah tempat mencuci muka yang dipercaya warga Jepang yang ingin segera mendapatkan jodoh.

Nah itulah lima tempat cari jodoh di dunia yang terkenal dan wajib dikunjungi buat kamu para jomblowers. Percaya atau nggak, coba saja buktikan sendiri. Nggak ada salahnya dicoba, kalaupun nggak ketemu jodoh yah seenggaknya kamu bisa menikmati suasana yang berbeda dengan tempat wisata lainnya.

Santai

Dapat Jodoh Saat Travelling? Mau Bangeeets! Ini Nih Tipsnya

Chrystina Yohana Limas | 2 jam yang lalu
Dapat Jodoh Saat Travelling? Mau Bangeeets! Ini Nih Tipsnya

Travelling memang untuk refreshing, keluar dari kepenatan. Tapi gimana dong kalau penatnya itu karena belum move on dari si mantan atau bahkan mantan kamu satu aktivitas dengan kamu yang tiap hari ketemu mulu? Hmm nggak ada salahnya lho cari gebetan baru saat travelling. Ibaratnya nih sambil menyelam minum air, pikiran fresh hati berbunga-bunga

FeedMe.id, Jakarta – Sayangnya udah travelling ke sana kemari kok ya belum ada yang nyangkut, hmm barangkali kamu belum praktekkan tips dari Feedy berikut ini nih. Tips ini Feedy rangkum dari beberapa sumber yang pernah ngalamin sendiri lho:

Ramah dan Murah Senyum

Coba deh bayangin kalau muka kamu asem, kecut, atau bahkan mata melotot, mulut maju lima senti cuma karena makaan di pesawat rasanya nggak enak, siapa juga yang minat ngedektin. Contoh juga misalnya kamu nggak bisa tukeran tempat duduk di pesawat yang ingin dekat jendela, ya jangan pasang muka bete. Bayangin kalau orang yang duduk dekat jendela itu ganteng, cantik, atau punya sodara yang potensial buat dijodohkan dengamu?

Sayang banget kan hilang kesempatan dapetin jodoh potensial. Jadi berusahalah ramah dan murah senyum dengan siapa saja yang kamu temui. Tapi tetap waspada juga ya jangan terlalu diumbar, kita nggak pernah tahu niat orang terhadap kita. Asal nggak menonjol dan terlihatlah membaur denagn warga lokal.

Bersikap baik dan ramah serta murah senyum adalah kunci agar orang nyaman dengan kamu. Nah kalau sudah nyaman, kamu jadi lebh mudah ngobrolin hal-hal sederhana dalam kehidupan. Semakin banyak kesamaan, lebih mudah bukan untuk didekati.

Ikutan Trip yang Ditawarkan di Tempat Tujuan

Misalnya di Phuket, coba cari trip ke Phi Phi Island. Nah di sanalah kamu bisa menemukan jodoh selain bonusnya bisa mendapatkan pemandangan di pulau yang terkenal dengan James Bond Island. Cobalah membaur dan ajak ngobrol peserta trip.

Lihat-lihat juga lah jangan sampai kamu ngajak ngobrol atau pedekate orang yang udah punya pasangan, salah-salah nyari musuh bukan teman baru. Pastikan orang yang didekati jomblo jadi bebas buat kamu untuk flirting dengannya.

Punya Kamera Bagus Jangan Dianggurin

Kalau punya kamera bagus jangan dianggurin atau cuma untuk foto object pemandangan doang. Gunakan kameramu minimal yang mirrorless lah untuk fotoin si dia. Tips ini terutama untuk cowo yang ingin modusin cewek saat travelling nih. Kalau kamu fotoin dia, kamu jadi bisa punya alasan untuk menghubungi setelah selesai travelling kan. FYI, cewek itu senang kalau punya cowok yang jago motret apalagi kalau punya kamera bagus dan terkesan mahal.

Travelling Jangan Cuma Tiga Hari

Dimana-mana travelling itu lebih dari tiga hari, Feedies. Kalau cuma sehari sih namanya weekend-nan doang. Pergi ke tempat yang jauh misalnya nih ke Sumba, Nepal, Eropa, Jepang, Aussie, USA, atau keliling ASEAN yang pasti butuh waktu dua minggu atau bahkan lebih. Kadang cinta tumbuh karena terbiasa. Pernah dengar kan pepatah ini, witing tresno jalaran soko kulino? Jadi sebiasa mungkin pergilah travelling minimal seminggu. Manfaatkan betul-betul momentum yang ada, Feedies.

Ajak Ngobrol Traveler Lain

Nggak perlu malu kenalan dengan traveler lain. Mulailah buka obrolan denagn traveler lain yang juga sedang travelling. Misal lagi nunggu di bandara, lagi santai di pantry hostel atau saat sarapan pagi di balkon hostel, di tempat wisata atau saat menunggu makanan di sebuah kedai.

Kamu bisa buka obrolan dengan celetukan missal, “Mas, jam berapa nih? Kok belum boarding ya?” Atau dengan tanya begini, “Mbak, mau ke Bali juga? Tujuan ke mana kalau boleh tahu?” Nah setelah itu biarkan percakapan mengalir secara natural.

Jaga Penampilan Selama Travelling

Janagn pernah tidak percaya love at the first sight, karena al itu bisa saja terjadi saat travelling. Jadi perhatian betul penampilan kamu. Buat yang cewek pakai make-up natural aja yang penting nggak kucel, kusam, dan keliatan nggak cerah. Kalau kamu nggak punya alis atau bentuk alismu aneh, bentuk dulu dengan pensil alis dan cetakan alis.

Jangan sampai salah kostum, rambut berantakan, tubuh bau nggak mandi saat travelling. Kita nggak bakal tahu akan ketemu jodoh di mana. Jadi sebisa mungkin jaga penampilan yang rapi saat berinteraksi dengan banyak orang, siapa tahu ada yang nyangkut ya nggak?

Oke deh sekarang segera kemas ransel/backpackmu, persiapkan rencana travellingmu, dan praktekkan tips ini saat travelling. Semoga segera menemukan jodohmu dan udah bisa digandeng ke orangtua saat acara kumpul keluarga.                

TOP