Santai

Gili Lawa Terbakar, Ini Kelakuan Bodoh yang Kerap Dilakukan Turis Narsis

Abyan Naufal | 04 August 2018 - 13:35
Gili Lawa Terbakar, Ini Kelakuan Bodoh yang Kerap Dilakukan Turis Narsis
Seluas 10 hektar lahan di Gili Lawa, Nusa Tenggara Timur hangus terbakar cuma gara-gara kelakuan turis yang buang puntung rokok sembarangan. Kelakuan bodoh ini bikin geram banyak orang yang mendengarnya. Sebagai turis yang bijak kamu jangan meniru dia ya, Feedies.
FeedMe.id, Jakarta ? Pada 2 Agustus kemarin, seluas 10 hektar lahan di Gili Lawa, Kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur habis terbakar. Nggak ada hewan atau korban di kebakaran ini. Namun, keindahan padang savana yang biasa dinikmati para turis sekarang udah nggak ada. Semua berubah jadi lahan bekas terbakar. Kabarnya, kebakaran ini terjadi gara-gara puntung rokok salah satu turis yang berkunjung ke Gili Lawa. Mendengar hal ini sebagian besar dari kita tentu geram. Namun kamu tahu gak, sebelum kasus kebakaran ini, ternyata udah banyak banget kelakuan bodoh turis narsis dari dalam negeri yang nggak patut dilakukan di tempat wisata, kayak kelakuan-kelakuan di bawah ini.

Nyentuh Benda Sembarangan

museum macan Sebagai turis, kamu nggak boleh nyentuh benda di tempat wisata secara sembarangan, Feedies. Apalagi kalau benda itu koleksi museum. Bisa-bisa koleksinya rusak kayak yang terjadi di Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara, Jakarta. Beberapa koleksi di museum ini kabarnya rusak gara-gara disentuh sembarangan sama pengunjung yang penasaran dan mau selfie.

Metik Tanaman atau Bawa Pulang Barang Sembarangan

Foto: tribunnews Nyentuh aja nggak boleh, apalagi bawa pulang barang yang ada di objek wisata, Feedies. Namun ternyata, masih ada aja lho turis Indonesia yang suka sembarangan bawa pulang benda atau barang yang ditemuin di obyek wisata. Ya, bukan lukisan juga, sih. Biasanya yang dibawa pulang wisatawan ini adalah bunga. Kayak beberapa kasus pemetikan bunga Edelweis yang dipakai buat selfie dan dibawa pulang.

Manjat Obyek Wisata

Foto: Instagram @princessyahrini / tempo.co Biasanya beberapa obyek wisata emang nggak ada peringatan larangan buat manjat atau nyentuh. Namun, hal ini bukan berarti kamu bisa bebas ngelakuin apa aja. Kamu harus berpikir dewasa dan tetep jaga sikap. Jangan malah pecicilan dan manjat-manjat objek wisata sesuka hati kayak monyet. Apalagi ternyata yang dipanjat obyek wisata keramat. Duh, kacau!

Coret-coret Obyek Wisata

Foto: travel.dream.co.id Kelakuan bodoh turis narsis lainnya adalah coret-coret objek wisata. Hal ini pernah terjadi di Gunung Fuji, Jepang yang dicoret tulisan ?Cla-X Indonesia?.

Buang Sampah Sembarangan

Foto: Mongabay Dari kecil sebenarnya kita udah diajarin buat buang sampah pada tempatnya. Namun ternyata, banyak banget turis yang masih suka buang sampah sembarangan. Gara-gara hal ini, beberapa gunung di Indonesia jadi penuh sama sampah, lho. Selain itu, kasus yang paling baru gara-gara buang sampah rokok sembarangan adalah Gili Lawa jadi terbakar. Foto-foto narsisnya mau, tapi nyimpen sampahnya sendiri gak mau. Kamu memang boleh pamer lagi jalan-jalan, Feedies. Namun, jangan sampai demi kepentingan medsos, kamu malah mengorbankan lokasi wisata, apalagi sampai merusaknya. Sebelum jadi gaul, yuk, jadi manusia yang berbudi dan berakal dulu!

Gaya

BBM Mau Tutup, 5 Hal yang Pasti Kamu Ingat dari Aplikasi Ini

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
BBM Mau Tutup, 5 Hal yang Pasti Kamu Ingat dari Aplikasi Ini

FeedMe.id, Jakarta – BlackBerry Messenger sebagai salah satu aplikasi pesan instan pertama yang populer sejak kemunculan ponsel pintar di Indonesia, baru-baru ini ngumumin bakalan menutup layanannya.

BBM akan resmi menutup layanannya mulai 31 Mei mendatang. Hal ini dikarenakan emang udah mulai sedikit pengguna aktif pesan instan ini. Padahal, dulu BBM menjadi salah satu pesan instan yang paling populer lho, Feedies. Sampai-sampai banyak hal indah yang bisa kita ingat dari aplikasi ini, misalnya aja deretan hal di bawah ini. Good old days banget, deh.

1. PING

Salah satu hal yang terkenang banget di BBM adalah fitur ini, Feedies. Berbeda dengan aplikasi lain, BBM punya fitur PING! yang fungsinya buat spamming ke teman kamu. Jadi kalau kamu BBM orang tapi gak dibalas, biasanya fitur ini bakal dipakai buat spamming. PING! PING! PING!

2. Paket BBM

Hal lain yang bikin kita terkenang sama jaman keemasan BBM adalah maraknya provider yang menjual paket BBM. Dulu banyak banget yang gak punya pulsa, gak bisa internetan, dan hapenya cuma bisa buat BBM-an karena emang cuma diisi paket BBM. 

3. Tukeran PIN

Salah satu hal paling ngangenin di BBM adalah kalau kenalan sama orang bukan nanya nomor ponsel, melainkan PIN BBM yang sama kayak id atau username. Bahkan, minta PIN BB  dan lika liku BBM ini sampai dijadikan lagu sama Coboy Junior lho, Feedies.

3. Broadcast dari Teman

Old but gold banget nih yang ini. Siapa dulu yang suka pakai fitur broadcast BBM cuma buat promoin temannya? Pasti banyak deh. Apalagi kalau teman BBM-nya banyak, malah bisa buka jasa promo yang bisa dibayar pake jajanan besoknya pas di sekolah.

4. Tahu Apa Selera Musik Teman BBM

Fitur lain yang gak kalah ngangenin di BBM adalah fitur ‘is listening to’. Dengan mengaktifkan fitur ini, semua lagu atau video yang kamu putar bakalan masuk ke status kamu. Begitupun dengan lagu atau video yang teman-teman kamu putar, akan keluar di status mereka. Hal lucu dari fitur ini adalah kadang ada temen kamu yang nonton video porno, tapi lupa matiin fitur ini. Jadinya muncul di statusnya deh judul video yang lagi dia tonton.

5. Aplikasi Pelopor Tanda "Baca"

Feedy sebenernya gak tahu aplikasi mana yang jadi pelopor tanda read terlebih dulu. Namun kalau yang mempopulerkannya, Feedy yakin banget jawabannya BlackBerry Messenger. Kamu pasti masih ingat kan gimana deg-degannya nungguin status pesan kamu buat doi dari "D" berubah jadi "R"?

Namun, kemerosotan popularitas BlackBerry beberapa tahun lalu rupanya juga berimbas ke kemerosotan BBM. Apalagi aplikasi pesan instan lain lebih cepat berinovasi. Ya, udah deh, emang waktunya bilang selamat tinggal sama BBM. 

Subscribe to our newsletter

Connect with us

Gaya

BlackBerry Messenger Tutup Mulai 31 Mei, Ini Alasannya

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
BlackBerry Messenger Tutup Mulai 31 Mei, Ini Alasannya

FeedMe.id, JakartaTime flies so fast, gak terasa yang dulunya diagung-agungkan, sekarang udah mau tumbang aja. Yup, Feedy lagi ngomongin BlackBerry Messenger. Salah satu aplikasi pesan instan ini udah mengucapkan salam perpisahan lho, Feedies.

Aplikasi yang juga biasa disebut BBM ini memutuskan buat menutup layanannya di Indonesia mulai 31 Mei 2019. Keputusan ini diketahui karena BBM sendiri yang ngasih pengumuman resmi.

"Time to Say GOOD BYE. BBM akan berhenti beroperasi pada 31 Mei 2019. Terima kasih sudah menjadi bagian dari perjalanan BBM di Indonesia," begitu pesan pengumuman yang tertera.

Penutupan ini disebabkan karena pertumbuhan dari platform ini nggak seperti yang diharapkan.

“Kami menghormati keputusan Emtek, kendati kami kecewa karena platform tidak bisa tumbuh seperti yang diharapkan,” ujar Chief Marketing Officer BlackBerry Mark Wilson seperti dikutip dari Crackberry.

PT Elang Mahkota Teknologi atau Emtek merupakan pemegang lisensi platform ini. Lisensi pesan instan ini pada 2016 lalu dipegang oleh Creative Media Works Pte. Ltd (CMW Pte Lts) buat mengoperasikan BBM consumer cros platform. CMW Pte Ltd sendiri merupakan bagian dari PT Kreatif Media Karya (KMK) yang merupakan anak perusahaan Emtek group.

Meskipun tutup, Emtek memastikan kalau layanan BBM yang ditutup cuma versi konsumer. Seiring dengan pengumuman ini, BlackBerry juga ngumumin platform BBM Enterprise (BBMe) masih tersedia buat kamu dan bisa diundung dalam waktu dekat buat pengguna Android dan iOS.

Pesan instan yang dulu populer banget ini udah mulai meredup tajinya sejak 2015, Feedies. Penurunan pengguna aktif pun terus merosot dari Juni 2016 sampai sekarang dan berujung keputusan buat menutup layanan sepenuhnya.

Hiburan

Episode 1 Game of Thrones Musim 8 Pecahkan Rekor Baru

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Episode 1 Game of Thrones Musim 8 Pecahkan Rekor Baru

FeedMe.id, Jakarta – Episode pertama musim delapan Game of Thrones berhasil memecahkan rekor baru. Kisah di tanah Westeros ini berhasil memcahkan rekor penonton terbanyak dengan 17,4 juta penonton di Amerika Serikat doang.

Dilansir dari CNN, pada Senin, 15 April 2019, HBO menyatakan angka ini merupakan angka total penonton yang didapat dari penonton konvensional di HBO maupun platform streaming mereka, kayak HBO GO dan HBO NOW.

Sebelumnya rekor penonton terbanyak Game of Thrones mereka dapatkan saat penayangan episode 7 musim ke-7 yang menceritakan tentang ancama Night King yang udah mau memasuki Westeros. Episode ini ditonton 16,9 juta orang di Amerika.

Nggak heran Game of Thrones berhasil mecahin rekor penontonnya sendiri. Pasalnya, pas penayangan episode pertama musim 8 kemarin, GoT langsung banyak dicuitkan di Twitter. Masih dilansir dari CNN, tercatat ada lebih dari 5 juta cuitan dan 11 juta mention yang ngomongin tentang episode pertama GoT ini.

Game of Thrones merupakan serial yang diangkat dari novel A Song of Ice and Fire karya George RR Martin. Serial ini pertama kali tayang di HBO pada 2011 dan berakhir pada 2019 lewat musim ke-8.

Santai

Jari Masih Biru-biru Habis Nyoblos? Gini Cara Hilangkan Bekas Tintanya

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Jari Masih Biru-biru Habis Nyoblos? Gini Cara Hilangkan Bekas Tintanya

FeedMe.id, Jakarta – Biar dalam pemungutan suara di pemilu gak ada kecurangan, setiap orang yang habis nyoblos pasti disuruh nyelupin jarinya ke dalam tinta. Tinta ini buat menandakan kamu udah ngasih hak pilihmu.

Sehabis nyoblos juga biasanya banyak foto jari bertinta yang berkeliaran di media sosial. Biasanya sih buat eksis, tapi ada juga jari bertinta yang keliaran di mal. Kalau ini bisa jadi lagi berburu diskonan pemilu, Feedies.

Tinta pemilu ini diciptakan dari bahan yang kuat dan gak mudah luntur. Meskipun begitu, tinta ini bisa luntur dengan sendirinya dalam waktu sekitar 3 hari, tergantung seberapa dalam kamu nyelupin jari ke tinta.

Nah, buat kamu yang gak mau jarinya ditutupi tinta terlalu lama, berikut ini Feedy kasih tahu beberapa benda yang bisa bantu kamu hilangkan tinta pemilu. 

Aseton

Kamu yang sering membersihkan kuku pasti tahu apa itu aseton. Soalnya, zat kimia ini biasanya dipakai buat membersihkan kuku dari kuteks. Selain buat membersihkan kuku, aseton juga bisa kamu pakai buat bersihin bekas tinta ungu di jari dan kuku lho, Feedies.

Alkohol

Mungkin beberapa dari kamu gak nyimpen aseton di rumah. Kalau kayak begitu kamu bisa pakai alkohol, Feedies. Soalnya, selain bisa bunuh bakteri pada luka, alkohol juga bisa menghilangkan bekas tinta pemilu. Caranya, gak jauh beda sama kamu kalau membersihkan kuku pakai aseton. Tuang di kapas dan gosok jari yang bertinta.

Losion

Mau bersihin tinta dengan aroma yang harum? Kamu bisa coba menghilangkan bekas tinta pemilu dengan losion badan. Caranya. kamu bisa oleskan losion di jari dan gosok sampai bersih. Oh iya, losion anti nyamuk juga bisa, kok. Biar sekalian gak digigit nyamuk.

Pasta Gigi

Selain buat membersihkan gigi, pasta gigi yang kamu punya juga bisa bikin jari kamu bersih lagi dari tinta pemilu. Caranya, oleskan pasta gigi ke jari, lalu diamkan sebentar dan gosok sampai bersih. Oh iya, gosoknya gak usah pakai sikat gigi ya, Feedies.

Nah, itu dia cara membersihkan tinta bekas pemilu. Eh, tapi kalau kamu masih mau ngejar diskonan, lebih baik biarin aja tintanya hilang secara alami.

Hiburan

Ini Jadwal Tayang Lengkap Game of Thrones Season 8

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Ini Jadwal Tayang Lengkap Game of Thrones Season 8

FeedMe.id, Jakarta – Para pecinta serial fantasi Game of Thrones pasti lagi senang banget. Pasalnya, musim terbaru Game of Thrones yang juga merupakan musim terakhirnya udah tayang secara resmi dari 15 April kemarin.

Di musim terakhirnya, salah satu serial TV paling populer ini bakal fokus menceritakan Jon Snow dan Daenerys Targaryen yang ngumpulin pasukan buat bareng-bareng melawan pasukan white walker yang udah semakin dekat ke Westeros.

Dan satu hal yang bikin kamu semua para penggemar Game of Thrones girang adalah, dengan musim terakhir ini kita akan tahu siapa yang akhirnya menduduki Iron Thrones dan memimpin Seven Kingdom.

Serial yang dibintangi Sophie Turner dan Kit Harington ini bakalan mengudara lewat televisi berbayar HBO. Nah, biar kamu gak ketinggalan nonton Game of Thrones, ada baiknya kamu harus tahu jadwal-jadwal pemutaran episode serial ini, Feedies.

Episode 1, Durasi 54 menit:

- Senin, 15 April 2019, pukul 08:00 WIB dan 21.00 WIB

- Selasa, 16 April 2019, pukul 11:45 WIB

- Rabu, 17 April 2019, pukul 21.50 WIB

- Kamis, 18 April 2019, pukul 13:40 WIB

- Sabtu, 20 April 2019, pukul 21:35 WIB

 

Episode 2, Durasi 58 menit:

- Senin, 22 April 2019, pukul 08:00 WIB

- Selasa, 23 April 2019, pukul 11:45 WIB

- Rabu, 24 April 2019, pukul 21.50 WIB

- Kamis, 25 April 2019, pukul 13:40 WIB

- Sabtu, 27 April 2019, pukul 21:35 WIB

 

Episode 3, Durasi 1 jam 22 menit:

- Senin, 29 April 2019, pukul 08:00 WIB

- Selasa, 30 April 2019, pukul 11:30 WIB

 

Episode 4, Durasi 1 jam 18 menit:

- Senin, 6 Mei 2019, pukul 08:00 WIB

 

Episode 5, Durasi 1 jam 20 menit:

- Senin, 13 Mei 2019, pukul 08:00 WIB

 

Episode 6, Durasi 1 jam 20 menit:

- Senin, 20 mei 2019, pukul 08:00 WIB

Kalau udah tahu jadwalnya, jangan lupa dicatat ya, Feedies. Kalau perlu pasang alarm biar gak ketinggalan nonton setiap episode serunya.

Pojok

Tips Biar Lancar Nyoblos Pas di TPS

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Tips Biar Lancar Nyoblos Pas di TPS

FeedMe.id, Jakarta – Pda 17 April 2019, Indonesia mengadaka pemilihan umum. Seluruh warga negara yang udah cukup umur, diharapkan menggunakan hak pilihnya. Namun sebelum kamu pergi ke tempat pemungutan suara (TPS), ada baiknya kamu harus menyiapkan beberapa hal dulu, Feedies. Biar gak bingung, nih Feedy kasih sedikit tips biar siap nyoblos di TPS 17 April nanti.

1. Cek Nama di DPT

Sebelum kamu pergi ke TPS, pastikan dulu apakah nama kamu udah ada di daftar pemilih tetap atau DPT belum. Biasanya kalau nama kamu udah ada di DPT, kamu akan mendapat undangan buat nyoblos dari lingkungan setempat. Kalau belum dapat undangannya, kamu bisa mengeceknya di lindungihakpilihmu.kpu.go.id.

2. Siapin Dokumen yang Diperluin

Kalau udah ada di DPT, kamu siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan di TPS, misalnya undangan dan KTP. Dokumen-dokumen nggak penting lain gak usah dibawa, ya, kayak isalnya BPKB, ijazah SD sampai SMA ataupun surat lamaran kerja.

3. Mandi

Jangan lupa sebelum berangkat ke TPS, kamu harus tampil maksimal, Feedies. Bagaimana caramu tampil maksimal? Ya, paling nggak kamu harus mandi dulu sebelum ke TPS. Selain biar kamu cakep, biar orang sebelah kamu yang ikutan antre gak keganggu sama bau ketek dan ilermu.

4. Sarapan

Proses mencoblosnya sih biasanya cepet karena kamu udah punya pilihan sendiri-sendiri. Namun, ada kemungkinan kamu akan lama menghabiskan waktu di TPS karena mengantre. Jadi, sebelum berangkat jangan lupa sarapan dulu ya biar kamu gak keroncongan pas di TPS. Soalnya, di TPS gak dapet nasi kotak.

5. Gak Usah Bawa Benda yang Gak Perlu

Selain nyiapin hal-hal di atas sebelum pergi nyoblos, ada satu hal lagi yang harus kamu perhatikan sebelum pergi ke TPS, yaitu kamu gak perlu bawa benda-benda yang gak diperlukan ke TPS. Benda-benda gak diperlukan ini misalnya paku buat nyoblos. Sebab, di sana udah disiapin paku khusus buat nyoblos.

Gimana, apakah kamu udah siap buat pergi ke TPS dan memberikan hak pilihmu? Pokoknya sih jangan golput ya, Feedies.

Viral

Sebelum Nyoblos, Kenali Dulu Perbedaan Warna Surat Suara Pemilu 2019

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Sebelum Nyoblos, Kenali Dulu Perbedaan Warna Surat Suara Pemilu 2019

FeedMe.id, Jakarta – Pada 17 April 2019 semua orang Indonesia yang telah cukup umur akan memberikan suaranya dalam pemilihan umum. Kamu yang udah punya hak suara harus banget dateng lho, Feedies.

Nah, buat kamu yang mau nyoblos besok, jangan lupa kamu bakal menerima banyak surat suara waktu di TPS. Hal ini karena kamu nggak cuma memilih presiden, Feedies. Di TPS kamu juga harus memilih wakil rakyat dari tingkat DPRD Kabupaten/kota, Provinsi dan juga DPR. Jadinya surat suara yang kamu terima nanti bakalan banyak dan warna-warni.

Lalu, apakah kamu sudah tahu perbedaan warna surat suara yang kamu pegang? Kalau belum, nih Feedy kasih lihat perbedaannya sekilas.

Warna Abu-abu

Di surat suara berwarna abu-abu, kamu akan ditampilkan foto calon presiden dan wakil presiden yang ikut bertarung pada pemilu kali ini. Surat suara berwarna abu-abu ini ditujukan buat memilih presiden dan wakilnya.

Warna Kuning

Surat suara berwarna kuning ini berbeda sama surat suara abu-abu, Feedies. Di surat suara kuning ini kamu harus memilih calon legislatif buat menjadi anggota DPR RI.

Warna Biru

Turun lagi setelah presiden dan DPR RI, ada surat suara berwarna biru dengan tulisan DPRD Provinsi di bagian depan. Sama kayak tulisannya, waktu surat suara ini dibuka kamu bakalan ngelihat 16 logo patai dan daftar nama caleg di bawahnya buat memilih anggota DPRD Provinsi kamu.

Warna Hijau

Kalau ke tempat pemungutan suara kamu juga bakalan dapet surat suara berwarna hijau. Surat suara warna ini ditujukan buat memilih anggota DPRD Kabupaten/Kota. Namun, ternyata di beberapa daerah ada perbedaan, Feedies.

Dilansir dari CNBC Indonesia, surat suara di Daerah Istimewa Aceh punya partisipan partai yang lebih banyak daripada nasional, yaitu 20 partai. Sedangkan di DKI Jakarta surat suara jenis ini nggak ada. DKI Jakarta cuma akan mendapatkan 4 surat suara doang. Jadi jangan bingung ya, Feedies.

Warna Merah

Nah, surat suara yang terakhir adalah surat suara berwarna merah, Feedies. Surat suara ini ditujukan buat memilih calon anggota legislatif DPD RI. Meskipun warnanya sama. Bentuk surat suara ini di beberapa daerah berbeda, Feedies.

Hal ini karena jumlah anggota DPD RI di setiap provinsinya itu berbeda-beda. Melansir CNBC Indonesia, ada sembilan perbedaan surat suara warna ini, yaitu surat suara berisi 12 calon, 16 calon, 18 calon, 24 calon, 27 calon, 32 calon, 36 calon, 48 calon dan 60 calon.

Setelah mengetahui perbedaan surat suara pada pemilu 2019 ini Feedy harap besok kamu gak bingung lagi ya, Feedies. Pokoknya jangan sampai golput ya.

TOP