Nyantai

Unik, Ada Katak Jenis Baru yang Bersuara Jangkrik

Foto: Amir Hamidy via Bobo
Dibaca 123

Katak dan jangkrik adalah dua hewan yang berbeda. Karena jenis hewannya beda, suaranya pun pasti jelas beda. Namun katak berikut ini ternyata bersuara jangkrik, Feedies. Katak apa itu?

FeedMe.id, Jakarta – Feedies, kamu pernah dengar suara katak? Kamu juga pernah denger suara jangkrik? Kedua binatang ini memang jelas memiliki suara yang berbeda. Namun baru-baru ini, ditemukan katak yang bersuara jangkrik.

Katak tersebut adalah katak jenis baru yang ditemukan di Kalimantan. Penemu sekaligus ahli herpetologi Pusat Penelitian Biologi LIPI, Amir Hamidy, mengatakan bahwa suara katak ini mirip jangkrik. Jadi, nggak benar-benar bersuara kayak jangkrik ya, Feedies. Katak dengan ukuran 2 cm ini dibilang bersuara jangkrik karena suaranya nggak putus-putus.

Katak bergenus Leptorachella itu baru berhasil diidentifikasi setelah 18 tahun. Djoko Iskandar, ahli zoologi Indonesia dari Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah orang yang terlibat dalam penemuan katak ini. Djoko dan timnya kemudian memberi katak ini nama Leptorachella fusca dan Leptorachella bondangensis.

Ciri Katak Bersuara Jangkrik

Ciri kedua katak ini adalah ditemukannya pupil mata berbentuk vertikal. Selain itu mereka juga punya kelenjar di sisi badannya, terentang dari bawah kaki depan sampai selangja. Fungsi kelenjar ini adalah buat ngejaga kelembapan kulit katak.

Nah, yang membendakan kedua katak ini adalah kelenjar L. Bondangensis itu terputus-putus, sedangkan kelenjar L. Fusca memanjang. Kedua katak ini juga punya warna yang berbeda lho, Feedies. L. Bondangensis punya warna kulit yang coklat dengan corak-corak di bawah perutnya. Sedangkan L. Fusca punya warna gelap tanpa coklat.

Kalau kamu mau lihat katak bersuara jangkrik ini, mereka cuma bisa ditemukan di daerah hutan tropis sekitar Borneo dan Natuna. Meskipun belum resmi dinyatakan punah, katak ini bisa jadi udah langka atau punah, Feedies. Untuk hal ini para peneliti masih fokus menentukan status konservasinya.

Jadi, kalau ketemu mereka, lihat aja boleh tapi jangan dipegang apalagi disakiti dan bawa pulang ya, Feedies.

Most Popular

To Top