Nyantai

Video Assistant Referee di Piala Dunia Bikin Pertandingan Jadi Nggak Seru!

Foto: Sky Sports
Dibaca 384

VAR atau Video Assistant Referee adalah teknologi video yang bantu wasit ngelihat sudut pandang sebuah pelanggaran yang bertujuan buat ngambil keputusan. Gara-gara ini nggak ada lagi deh tuh keputusan wasit yang salah. Tapi ternyata pertandingan sepakbola juga jadi nggak asik gara-gara VAR ini!

Feedme.id, Jakarta – Kamu yang nonton Piala Dunia 2018 nyadar nggak sih kalau beberapa kali wasit tuh bukannya mimpin pertandingan malah ke pinggir lapangan buat nonton TV. Eh ternyata TV di pinggir lapangan yang diintipin wasit ini adalah teknologi baru yang bisa bantu wasit ngambil keputusan, Feedies. Teknologi baru ini namanya VAR atau Video Assistant Referee. Jadi setiap ada pelanggaran yang butuh keputusan krusial wasit bakalan nonton TV dulu di pinggir lapangan dan memastikan apakah bener pelanggaran atau nggak. Gara-gara teknologi ini akhirnya segala pelanggaran bisa terlihat jelas deh sama wasit.

Tapi menurut Feedy dan beberapa penggemar bola, ternyata teknologi VAR ini ada nggak enaknya juga lho, Feedies. Kira-kira hal nggak enak apa aja ya?

Kurang Dramatis

Foto: Shutterstock

Foto: Shutterstock

Banyak yang bilang gara-gara VAR ini nih sisi dramatis sepakbola jadi hilang, Feedies. Kalau dulu sepakbola jadi dramatis gara-gara keputusan wasit yang kontroversial, gara-gara VAR nggak ada lagi tuh unsur dramatis dan kontroversial dari sepakbola. Jadi bumbu drama pertandingannya pun hilang deh.

Pertandingan Kepotong

feedme.id - nonton bola

Kalau wasit keseringan pakai VAR, akhirnya pertandingan yang lagi berjalan seru jadi kepotong-potong mulu deh. Ini kan ngeganggu penonton yang lagi seru-serunya nonton ya. Selain itu juga pasti ganggu tempo permainan yang udah mulai terbentuk dari masing-masing tim.

Jadi Lama

Nah, gara-gara kepotong VAR akhirnya juga berimbas ke waktu pertandingan yang jadi lama deh. Bayangin aja setiap wasit mau pakai VAR dia harus pergi ke pinggir lapangan dulu. Habis itu dia harus nonton TV yang muter pelanggarannya itu beberapa kali sebelum akhirnya yakin sama keputusan yang bakalan diambil. Akibat ini juga akhirnya tambahan waktu dari sebuah pertandingan buat ngeganti jeda-jeda tadi juga bakal lebih panjang deh. Nggak enak kan ya.

Meskipun ada hal nggak enak yang terjadi gara-gara VAR, sebenernya teknologi ini juga bagus sih. Soalnya gara-gara teknologi ini nggak ada lagi tuh tim yang dirugikan gara-gara kesalahan manusia dalam mengambil keputusan dan pertandingan juga jadi makin fair deh.

Most Popular

To Top