Nyantai

Sejarah Teh Celup: Ditemukan Secara Gak Sengaja

teh celup
Dibaca 948

Teh celup mulai banyak dibahas lagi belakangan ini lantaran sebuah perusahaan teh celup terbesar di Indonesia, Sariwangi, baru aja dinyatakan bangkrut. Nah, kali ini Feedy nggak akan bahas bangkrutnya Sariwangi, tapi sejarah dari teh celup. Kamu tahu gak, ternyata teh celup ditemuin secara nggak sengaja lho, Feedies.

FeedMe.id, Jakarta – Beberapa waktu lalu sebuah perusahaan teh terbesar di Indonesia, Sariwangi, dinyatakan pailit alias bangkrut. Padahal perusahaan ini adalah perusahaan Indonesia pertama yang menawarkan teh celup di tahun 1973

Meskipun baru diperkenalkan pertama kali di Indonesia tahun 1973, sebenarnya teh celup udah cukup populer di dunia bertahun-tahun sebelumnya lho, Feedies. Kabarnya, teh celup mulai muncul di tahun 1908.

Nggak Sengaja

feedme-id-teh

Kemunculan jenis teh ini sendiri sebenarnya nggak disengaja. Cerita berawal dari seorang importir teh asal Amerika Serikat bernama Thomas Sullivan. Thomas mengirim beberapa contoh teh ke pelanggan dengan kantong sutra. Awalnya ia memasukkan teh ke kantong sutra dengan alasan biaya pengemasannya lebih murah.

Siapa yang mengira, ternyata si pelanggan malah nyelupin kantong berisi teh yang dikirim sama Thomas. Kemudian para pelanggannya pun suka akan kepraktisan ini dan minta Thomas mengemas tehnya di kantong sutra lagi.

Sejarah Lain

Kantong teh loh bukan es teh

Menurut sejarah teh celup lainnya, teh ini pertama kali ditemuin sama Roberta C. Lawson dan Mary Molaren dari Wisconsin. Kabarnya Roberta dan Mary udah nemuin teh celup dari tahun 1901.

Penemuannya ini dimaksudkan biar nggak banyak limbah teh yang terbuang. Soalnya, kalau pakai metode teh celup, cuma sedikit daun teh yang terbuang buat bikin secangkir teh. Berbeda dengan versi Thomas, versi Roberta dan Mary adalah versi teh celup yang dibuat dari kain jala.

Nggak nyangka ya, kepraktisan yang kita nikmati selama ini ternyata awalnya nggak sengaja.

Most Popular

To Top