Santai

Sejarah Halloween: Festival Bangsa Celtic All-hallow Eve

Harith Jobs | 30 October 2018 - 14:47
Sejarah Halloween: Festival Bangsa Celtic All-hallow Eve
Tradisi Halloween yang ngetop di Barat ternyata udah dirayakan selama ribuan tahun lho, Feedies. Dan, Gereja Katolik ternyata berperan besar terhadap perayaan ini.
FeedMe.id, Jakarta ? Akhir Oktober selalu identik dengan yang seram-seram, apalagi penyebabnya kalau bukan gara-gara Hari Halloween yang jatuh di tanggal 31 Oktober. Tradisi ini memang kurang akrab di Indonesia, tapi termasuk ?hari raya? paling heboh di Barat. Wajar aja sih, soalnya Halloween memang berasal dari tanah Inggris, lebih dari 2.000 tahun yang lalu. Baca juga: Aktivitas Setelah Makan yang Nikmatnya Gak Ada Obat Yup, kamu nggak salah baca, Feedies. Halloween beneran udah ada dari 2.000 tahun yang lalu, tapi tentu aja namanya kala itu bukan Halloween. Tradisi ini awalnya adalah festival bangsa Celtic yang hidup di daerah yang sekarang kita kenal dengan Irlandia, Inggris, dan Prancis utara. Bangsa Celtic menyebut tradisi ini dengan nama Samhain (baca: sah-win) dan merupakan bagian dari perayaan tahun baru versi mereka yang jatuh di tanggal 1 November. Hari tersebut menandai berakhirnya musim panas dan musim panen sekaligus menjadi awal dari musim dingin yang kelam. Pada zaman itu, musim dingin selalu diasosiasikan dengan musim kematian. Orang-orang Celtic percaya bahwa di malam 31 Oktober, batas antara dunia nyata dengan dunia orang mati menipis, membuat para arwah bisa dengan bebas menyebrang ke dunia kita, Feedies. Saat perayaan Samhain, biasanya orang Celtic akan menggunakan kostum yang terbuat dari tengkorak dan kulit hewan. Perayaan ini juga dimeriahkan dengan membuat api unggun yang super besar. Beberapa abad kemudian, agama Katolik mulai tersebar ke daerah Celtic. Sama seperti penyebaran agama pada umumnya, ritual-ritual Katolik kemudian berasimilasi dengan kebudayaan asli bangsa Celtic. Misalnya aja, gereja Katolik pada saat itu udah memiliki perayaan All Saints Day yang diselenggarakan untuk mengenang para santo dan santa sekaligus para martir yang dirayakan di tanggal 1 November. Lalu ada juga All Soul Day yang dirayakan di tanggal 2 November untuk mengenang sanak keluarga yang sudah meninggal. Baca juga: Museum di Belanda Ngoleksi Kelainan-kelainan Bayi Seiring berjalannya waktu, ketiga perayaan tersebut berjalan beriringan, terutama karena perayaan All Souls Day kurang lebih sama seperti Samhain: membuat api unggun besar, ada parade, dan pesertanya menggunakan kostum. All Saints Day pada saat itu juga dikenal dengan All-hallows atau All-hallowmas. Sementara itu, malam sebelumnya di mana Samhain dirayakan kemudian mulai disebut dengan nama All-hallow Eve (Malam Al-hallows). Kata inilah yang kemudian berubah menjadi Halloween.

Hiburan

Kuis: Seberapa Kenal Kamu sama Boyband dan Girldband Korea?

Angela Wahyudi | 2 jam yang lalu
Kuis: Seberapa Kenal Kamu sama Boyband dan Girldband Korea?

Banyaknya boyband dan girlband baru di Korea mungkin bikin sebagian dari kamu bingung sama nama-nama grupnya. Apalagi dalam satu grup, jumlah personelnya banyak banget. Nah, Feedy mau ngecek seberapa kamu tau nama-nama dari tiap grup vokal ini!

 

Subscribe to our newsletter

Connect with us

Santai

3 Hal Berbahaya yang Bisa Terjadi saat Kamu Kurang Istirahat

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
3 Hal Berbahaya yang Bisa Terjadi saat Kamu Kurang Istirahat

Ada orang yang menganggap istirahat atau tidur adalah hal yang buang-buang waktu. Padahal hal simpel kayak begini penting banget lho, Feedies. Justru jadi berbahaya kalau kamu kurang istirahat. Bahaya apa? Berikut ini tiga bahanya.

FeedMe.id, Jakarta – Kalau kamu merasakan lelah yang sangat teramat sangat, usahakan selalu langsung bersitirahat ya, Feedies. Soalnya, kalau kamu nggak bersitirahat atau kekurangan jam tidur, bisa-bisa bikin badan kamu jadi lemas dan nggak bersemangat, lho.

Hal ini nggak boleh danggap remeh. Sebagaimana dilansir dari Styl.id, berikut ini tiga hal yang bakal terjadi sama tubuh kamu kalau kamu kurang istirahat.

Gelisah

Waktu istirahat dan suasana harimu diatur sama zat kimi yang sama di otak. Hal ini yang bikin kamu jadi gelisah saat kurang tidur. Nggak cuma itu, kalau kamu kurang istirahat, ini bisa nyebabin depresi dan gampang sakit lho, Feedies.

Konsentrasi Turun

Kekurangan istirahat atau kurang tidur ternyata juga bisa nurunin konsentrasi dan bikin kamu susah fokus, lho. Selain itu, kamu juga bakalan susah mengingat hal-hal penting dan jadi kurang waspada sama lingkungan sekitar. Hal ini bisa terjadi karena tubuh kamu udah dipaksa beraktivitas di saat waktunya beristirahat.

Menurunnya Kerja Otak

Sebuah studi yang dilakukan oleh salah satu Sekolah Obat-Obatan dan Sistem Pengobatan yang berpusat di San Diego mengatakan, dengan menggunakan teknologi imaging bergelombang magnetis, memantau kerja otak dalam keadaan kurang tidur. Hasil dari studi ini manyatakan bahwa kerja otak bakalan menurun drastis kalau kurnag istirahat.

Selain itu, kurang istirahat juga bisa ningkatin stres sekaligus terhambatnya regenerasi sel otak yang bisa nyebabin kematian. Jadi, selalu istirahat dengan cukup ya, Feedies.

Gaya

H&M Luncurkan Koleksi Imlek Khusus di 11 Negara Termasuk Indonesia

Bagus Prasetiyo | 2 jam yang lalu
H&M Luncurkan Koleksi Imlek Khusus di 11 Negara Termasuk Indonesia

Kamu berencana membeli pakaian untuk perayaan Imlek? Kalau iya, koleksi dari H&M ini mungkin bisa kamu pertimbangkan. Untuk kamu ketahui, koleksi yang satu ini cuma beredar di 11 negara aja lho, Feedies. Salah satu negaranya adalah Indonesia.

FeedMe.id, Jakarta - Jaringan ritel H&M merilis koleksi terbaru untuk merayakan Imlek. Koleksi yang ditawarkan bagi pria, wanita, dan anak ini hanya eksklusif tersedia di 11 negara aja, Feedies. Adapun 11 itu, antara lain Cina, Hong Kong, Taiwan, Makau, Singapura, Malaysia, Thailand, Indonesia, Filipina, Vietnam, dan Kanada.

Khusus untuk koleksi perempuan, dalam merayakan datangnya Tahun Babi ini, H&M menyediakan gaun bergaya preppy atau loungewear dengan beragam rona merah. Ada warna merah anggur hingga merah muda. Untuk mereka yang tidak ingin ribet, H&m juga menyediakan tampilan sehari-hari yang mudah.

Mulai dari jaket denim, atau jins yang bersulam, plus beragam pilihan aksesori dari tas hingga sepatu, hampir keseluruhan koleksi ini didominasi warna merah. Kampanye Imlek 2019 dari H&M ini juga menampilkan aktor-aktor terbaik dari Tiongkok. Mereka antara lain Yuan Hong & Zhang Xinyi dan duo bibi-keponakan Ma Sichun & Jiang Wenli.

Kamu tertarik untuk beli koleksi ini, Feedies?

Viral

Kumpulan Meme Hasil Debat Capres yang Bisa Bikin Ngakak

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Kumpulan Meme Hasil Debat Capres yang Bisa Bikin Ngakak

Selain menghasilkan sajian berkualitas yang bisa jadi bahan kamu buat menimbang pasangan mana yang akan kamu pilih di pilpres 2019, debat capres semalam ternyata juga menghasilkan kumpulan meme yang kocak nan berfaedah lho, Feedies.

FeedMe.id, Jakarta – Debat calon presiden dan calon wakil presiden Indonesia buat Piplres 2019 baru aja dilangsungkan tadi malam tanggal 17 Januari 2019. Selain meninggalkan banyak kesan bagi kita calon pemilih biar tahu mana yang mau dipilih, debat capres semalam juga menghasilkan banyak meme kreatif dari warganet lho, Feedies.

Nah, buat kamu yang butuh asupan meme dari hasil debat capres semalam, langsung aja cek kumpulan meme debat capres di bawah ini, Feedies.

Ini prediksi panelis debat capres yang muncul sebelum debat capres dimulai.

Saat kamu doang yang bawa contekan be like.

Baca contekan juga, cuma lebih pintar menyembunyikan aja ya.

Kamu dan temen kamu waktu tahu jawabannya benar.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by capres2019 (@politikindo2019) on

Ternyata, tetep pada santun ya, Feedies.

Ekspresi kamu saat udah muak lihat banyak konten capres berkeliaran di timeline.

Ternyata, mereka udah temenan dari kecil lho, Feedies.

Gimana, Feedies, ternyata debat capres menghasilkan meme meme berkualitas, ya.

Viral

Ada Superhero Datangi Latihan Tim Liga Inggris

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Ada Superhero Datangi Latihan Tim Liga Inggris

Bukannya patroli mencari kejahatan dan membela yang benar, beberapa waktu lau ada sosok superhero yang malah ikutan latihan salah satu tim liga Inggris, leicester City. Siapa superhero tersebut?

FeedMe.id, Jakarta – Kalau biasanya superhero berkeliaran di kota buat membasmi kejahatan, pada Kamis, 17 Januari kemarin ada sosok superhero yang malah ikutan latihan rutin salah satu klub liga inggris, Feedies. Yup, pada latihan rutin dari Leicester City rupanya mereka kedatangan sosok supehero manusia laba-laba atau yang biasa kamu kenal sebagai Spider-Man.

Sosok ini jelas bikin kaget setiap pemain yang lagi latihan di lapangan Belvoir Drive termasuk juga sang pelatih Claude Puel. Nggak cuma datang dan ikut latihan aja, sang Spider-Man juga melakukan gestur-gestur sang manusia laba-laba kayak nembakin jaring. Namun, tentu nggak sampai keluar jaringnya. Lewat Twitter resminya, Leicester City pun mengajak penggemarnya buat nebak siapa sih Spider-Man abal-abal ini.

Sosok yang ada di balik kostum ini adalah sosok penyerang andalan Leicester City dan juga Tim Nasional Inggris, Jamie Vardy. Karena tingkahnya tersebut, Vardy pun mednapat pujian dari sang pelatih karena udah bikin suasana jadi seru dan penuh tawa.

Duh, ada-ada aja ya si Jamie Vardy ini, Feedies.

TOP