Nyantai

Riset: Dunia Perlu Lebih Banyak Superhero Perempuan

feedme.id-wonderwoman4
Dibaca 180

Ketimpangan jumlah antara superhero perempuan dan superhero lelaki, entah di layar lebar maupun layar kaca, ternyata berimbas pada kepercayaan diri remaja perempuan lho, Feedies. Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah sini!

FeedMe.id, Jakarta – Kisah-kisah superhero, baik dalam bentuk film, serial tv, maupun komik, selalu identik dengan cowok. Tren ini mulai berubah beberapa tahun belakangan ini, terutama setelah Wonder Woman rilis di tahun 2017. Film yang dibintangi oleh Gal Gadot tersebut menjadi bukti film superhero dengan karakter utama perempuan bisa sukses di pasaran.

Baru-baru ini, BBC America dan Women’s Media Center mengadakan polling di sektor dunia hiburan untuk mencari tahu efek keberadaan superhero perempuan. Polling ini kurang lebih menanyakan apakah para partisipan melihat sudah ada cukup banyak role model yang menjadi representasi gender sang partisipan di layar kaca atau layar lebar.

Hasilnya, sebanyak 2/3 partisipan perempuan menjawab tidak. Nggak cuma itu, penelitian ini juga menemukan fakta bahwa remaja perempuan ada kecenderungan lebih nggak percaya diri ketimbang remaja laki-laki. Para peneliti dari kedua lembaga tersebut pun menyimpulkan bahwa representasi perempuan dalam dunia superhero dan sci-fi itu sangat penting.

“Kisah-kisah sci-fi dan fantasi bisa membantu remaja untuk mengembangkan ide atau cita-cita terkait masa depan mereka. Karakter superhero sendiri bisa menjadi wujud yang sangat penting untuk membentuk pola pikir remaja dalam menghadapi sebuah masalah,” ujar Sarah Barnett, Presiden BBC America.

Sementara tu, Presiden Women’s Media Center Julie Burton mengaku terkejut para remaja cowok yang mengikuti polling tersebut juga menyadari representasi superhero perempuan masih timpang. Menurutnya, kesadaran dan pola pikir para remaja pria ini bisa menjadi dasar pola pikir mereka di masa depan nanti.

Kamu sendiri ngerasa udah banyak superhero perempuan belum di dunia hiburan saat ini?

 

 

Most Popular

To Top