Nyantai

Nggak Nyangka, Makanan Indonesia Ini Ternyata ‘Keturunan Belanda’

Foto: Vemale.com
Dibaca 888

Budaya Indonesia memang beragam banget. Sampai akhirnya makanan pun ada yang terpengaruh dari budaya Belanda. Contohnya, makanan-makanan berikut ini, Feedies.

FeedMe.id, Jakarta – Indonesia selama ini dikenal punya hubungan yang panjang dengan Belanda. Hal ini nggak lain dan nggak bukan karena Indonesia pernah dijajah Belanda cukup lama, Feedies.

Salah satu bukti dari hubungan kedua negara ini, selain dari peristiwa sejarahnya, bisa dilihat juga dari kulinernya. Gak sedikit lho Indonesia yang banyak terpengaruh dari makanan Belanda. Ini beberapa di antaranya.

Perkedel

feedme.id-perkedel

Makanan yang dibuat dari kentang yang dihaluskan ini merupakan makanan keturunan Belanda lho, Feedies. Namun di Belanda, makanan ini gak dibuat dari kentang, melainkan daging. Namanya juga bukan perkedel, tapi disebut frikadeller. Frikadeller sendiri sebenarnya juga diadopsi dari olahan daging cincang khas Denmark.

Kroket

feedme.id-kroket

Sama kayak perkedel, kroket biasanya juga dibuat dari tumbukan kentang. Di Belanda, kroket juga nggak dibuat dari kentang, melainkan daging yang berisi ragout atau cincangan sayur dan dilapisi sama tepung panir deh.

Kaasstengels

feedme.id-kaasstengels

Kalau Lebaran, kamu pasti sering deh nemuin kue kaassstengels. Nah, kue ini juga keturunan Belanda, yang artinya stik keju. Dari namanya, seharusnya udah bisa ditebak kalau kue ini terbuat dari keju dan dari Belanda.

Semur

feedme.id-semur

Kalau selama ini semur dianggap sebagai makanan berkuah tradisional dari Indonesia, ternyata sebenernya semur ini juga makanan yang berasal dari Belanda. Di Belanda, makanan ini bernama smoor dan berbahan dasar daging yang direbus bersama tomat dan juga bawang.

Lapis Legit

feedme.id-lapis legit

Sebelum bernama lapis legit dan jadi populer, kue yang biasa kamu temui di pasar ini bernama spekkoek. Kue dengan rasa manis dan berlapis-lapis ini juga diadopsi dari kuliner Belanda lho, Feedies.

Ternyata nggak semua kuliner Indonesia itu murni dari Indonesia. Ada juga ternyata yang keturunan Belanda.

Most Popular

To Top