Nyantai

Mengenal Kanashibari, Fenomena Ketindihan Makhluk Halus di Jepang

feedme.id- sleep paralysis
Dibaca 351

Disebut sebagai ketindihan, fenomena mistis ini gak cuma marak terjadi di Indonesia. Salah satu negara yang kental akan budayanya pun gak lepas dari kejadian mengerikan ini, Feedies. Simak nama lainnya di bawah sini.

FeedMe.id, Jakarta – Fenomena ketindihan gak cuma terjadi di Indonesia, Feedies. Di Jepang, ada istilah kanashibari yang merupakan sebutan untuk mereka yang mengalami sleep paralysis. Hampir sama seperti ketindihan, ini adalah fenomena di mana tubuh masih terbaring, tapi mata terbuka dengan pikiran setengah sadar hingga realita dan mimpi bercampur jadi satu, dan membuat badan gak bisa digerakkan.

Dilansir dari Yokai, mitos seputar kanashibari di zaman dulu dikaitkan dengan kekuatan supernatural yang terjadi pada tubuh. Ada beberapa legenda tentang fenomena tersebut dan masing-masing memiliki penyebab yang berbeda.

Salah satu yang kerap ditemui berasal dari kesurupan, Feedies. Berbagai cerita hantu dalam fenomena ini mulai tersebar pada zaman Edo. Masyarakat Jepang meyakini gangguan tersebut sering dialami oleh anak-anak muda. Hal ini pun membuat psikologis mereka merasa ketakutan.

Beberapa yang udah mengalami fenomena ini mengaku saat kejadian mata mereka terbuka dan bisa melihat sekeliling, tapi gak bisa melakukan apapun. Seringkali, Kanashibari disertai dengan halusinasi pendengaran dan visual.

Kemungkinan mereka juga mendengar suara-suara bersenandung yang aneh, melihat cahaya, merasakan kehadiran makhluk halus di dalam ruangan, hingga membuat dada terasa sesak dan terkadang berasa seperti mengambang di atas kasur. Bahkan, sebagian dari mereka mengalami terror ekstrem dan menganggap dirinya akan mati.

Selain itu, kanashibari juga dapat disebabkan oleh manusia seperti biksu atau penyihir. Berdasarkan legenda dan cerita modern, biasanya makhluk yang menindih mereka adalah sosok hantu wanita yang berambut panjang, yang gak akan segan menatap tajam ke arah korbannya.

Wah, kalau kamu yang mengalami ketindihan, kira-kira kamu bakal melakukan apa, Feedies?

 

Most Popular

To Top