Nyantai

Ini Bir yang Diminum Nenek Moyang Kita Jaman Doeloe

feedme.id-bir
Dibaca 1.2K

Tradisi minum-minuman keras rupanya juga pernah dilakukan oleh manusia zaman baheula, lho. Namun, bukan alkohol yang mereka gunakan sebagai bahan dasarnya, Feedies. Mau tahu cara nenek moyang kita meraciknya? Yuk, intip di bawah sini!

FeedMe.id, Jakarta – Siapa sangka kebiasaan minum bir ternyata udah ada dari zaman nenek moyang kita. Hanya bedanya mereka punya cara sendiri untuk meracik minuman keras tersebut di zamannya, yakni dengan menggunakan gandum, Feedies.

Baca juga: Sejarah Teh Celup: Ditemukan Secara Gak Sengaja

Dilansir dari National Geographic, hal ini diungkapkan oleh para peneliti dari Stanford University yang mengklaim telah menemukan bukti pembuatan bir tertua yang menggunakan bahan untuk membuat seral. Penemuan tersebut diduga berasal dari orang-orang Natufian, kelompok pemburu yang tinggal di wilayah Mediterania lebih dari 10 ribu tahun lalu.

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Archaelogical Science: Reports ini telah menganalisis jejak lumping berusia 13 ribu tahun. Dalam studi yang dipimpin oleh Li Liu ini, tim peneliti menemukan pabrik produksi bir di gua Ragefet yang berasa di Israel.

Menuru para ilmuwan, orang-orang Natufian membuat dan mengonsumsi bir sebagai bagian dari ritual untuk menghormati mereka yang telah mati. Adapun tiga proses yang dilakukan nenek moyang dalam meracik bir, pertama-tama, merendam gandum dalam air, menyaring dan mengeringkannya. Lalu menumbuk dan memanaskan gandum, kemudian menambahkan ragi dan membiarkan campurannya larut.

Untuk membuktikannya, tim ilmuwan pun mempraktikkan cara pengolahan bir tersebut. Haslinya sama persis dengan yang dibuar orang-orang Natufian. Salah satu peneliti menjelaskan,

“Penemuan ini menunjukkan bahwa membuat alkohol tidak selalu dari hasil surplus pertanian. Sebaliknya, bir justru diproduksi khusus untuk ritual dan kebutuhan spiritual.”

Baca juga: 2 Makanan Indonesia Masuk Museum Makanan Menjijikkan

Wah, pasti birnya lebih sehat dibanding yang dijual di pasaran, Feedies. Soalnya, terbuat dari gandum yang merupakan bahan untuk membuat sereal. Siapa nih yang penasaran sama rasanya?

 

Most Popular

To Top