Nyantai

Hal Sepele soal Sikat Gigi yang Kamu Lakukan Ini Ternyata Berbahaya

feedme.id sikat gigi
Dibaca 3.3K

Hayo, seberapa sering kamu ganti sikat gigi, Feedies? Tiga bulan sekali? Enam bulan sekali? Satu tahun sekali? Para pakar sih nyaranin buat ganti tiap tiga-empat bulan sekali. Lebih dari itu? Siap-siap aja terima risikonya, Feedies.

FeedMe.id, Jakarta – Menyikat gigi udah jadi salah satu hal yang selalu dilakukan setiap hari. Bangun pagi, mandi, sikat gigi. Di malam hari, sebelum tidur, sikat gigi lagi. Terus aja begitu tiap hari, ya nggak, Feedies? Dengan tingkat pemakaian yang begitu tinggi, wajar kalau akhirnya sikat gigimu harus sering diganti.

Para pakar kesehatan gigi menyarankan untuk mengganti sikat gigimu sekitar tiga hingga empat bulan sekali. Skenario lain yang mewajibkan kamu mengganti sikat gigi adalah ketika kepala sikatmu udah mulai berantakan.

“Kalau sikatnya udah rusak, kamu nggak bisa membersihkan gigimu dengan efektif,” ujar Keith Arbeitman, seorang dokter gigi, dilansir dari Bussiness Insider.

Arbeitman juga menyarankan untuk sekali-sekali menyapukan lidahmu ke deretan gigi. Kalau kamu ngerasa gigimu nggak licin, bisa jadi sikat gigimu udah jelek – atau kamunya yang nggak sikat gigi berhari-hari.

Kamu tentu sedikit bertanya-tanya, “tiga bulan kan nggak lama, boros banget dong kalau ganti sikat gigi sesering itu?” Ya nggak? Ya, silakan aja kalau mau pake sikat gigi sampai enam bulan atau satu tahun, tapi ada risiko besar yang menghantui, Feedies.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2015, sikat gigi menjadi salah satu benda di kamar mandi yang paling mudah dihinggapi berbagai bakteri, virus, maupun parasit. Risiko tersebut pun meningkat kalau kamu menggunakan kamar mandi bersama.

Dan, jangan pernah sekali-sekali mempertimbangkan untuk menggunakan tutup sikat gigi. Usut punya usut, alih-alih membantu menghalangi bakteri hingga di sikat, tutup sikat gigi justru membantu bakteri tumbuh di sikat gigi yang kamu gunakan, Feedies.

Terus gimana dong caranya biar sikat gigi kita bisa bebas bakteri? Ternyata jawabannya simpel: simpan aja dengan posisi berdiri tegak lurus dan biarkan dia mengering sendiri.

“Bakteri yang hinggap di sana dijamin bakal mati dengan cara itu,” ujar Arbeitman.

Most Popular

To Top