Nyantai

Banyak yang Salah Kaprah, Ini Makna Poligami Sebenarnya

Feedme.id-poligami
Dibaca 4.2K

Kamu sering denger kata poligami? Pasti selama ini kamu cuma beranggapan kalau poligami adalah seorang laki-laki yang punya istri lebih dari satu. Padahal arti sebenarnya bukan itu, Feedies. Makna poligami lebih luas dari itu. Penasaran apa makna poligami sebenarnya? Cek di bawah ini! #EdisiBahasa

FeedMe.id, Jakarta – Biasanya orang cuma memiliki satu istri atau satu suami. Namun di beberapa negara, ada lho yang memiliki lebih dari satu pasangan. Di Indonesia, misalnya, praktik memiliki lebih dari istri kerap kita temui. Sejumlah figur publik pun ada yang melakukan hal ini.

Praktik menikahi lebih dari satu perempuan ini biasa dikenal masyarakat sebagai poligami. Namun sayangnya, banyak orang masih salah kaprah soal poligami.

Makna Poligami Sebenarnya

Ternyata, kata poligami di Indonesia itu mengalami penyempitan makna lho, Feedies. Ditilik dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, makna poligami sebenarnya adalah sistem perkawinan yang salah satu pihak memiliki atau mengawini beberapa lawan jenisnya dalam waktu yang bersamaan.

Jadi, mau laki-laki punya istri lebih dari satu atau perempuan punya suami lebih dari satu, mereka tetap disebut melakukan poligami. Nah, yang membedakan adalah jenis poligaminya.

Kalau laki-laki yang punya istri lebih dari satu harusnya disebut poligini. Sedangkan kalau perempuan yang memiliki suami lebih dari satu disebut poliandri.

Sayangnya sekarang ini orang lebih mengenal poligini sebagai poligami, dan perempuan dengan suami lebih dari satu sebagai poliandri.

Penyempitan makna juga terjadi pada kata-kata lainnya lho, Feedies. beberapa di antaranya adalah madrasah dan homoseksual. Madrasah berasal dari bahasa Arab yang artinya sekolah. Semua jenis sekolah sejatinya adalah madrasah. Namun, arti kata ini menyempit jadi hanya sekolah yang berbasis Islam aja.

Hal ini juga berlaku pada homoseksual. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia versi daring (online), homoseksual artinya keadaan tertarik terhadap orang dari jenis kelamin yang sama. Baik laki-laki maupun perempuan yang memiliki ketertarikan dengan jenis yang sama harusnya disebut homoseksual.

Kalau pada lelaki homoseks disebut gay, perempuan homoseks sebutannya lesbian. Namun akibat penyempitan makna, sama seperti poligami, homoseksual kini kerap diidentikan dengan lelaki yang menyukai lelaki aja.

Sekarang, kamu jangan salah lagi, ya. Perempuan juga bisa tuh poligami.

 

Most Popular

To Top