Nyantai

Alasan Ilmiah Kenapa Dipeluk Bisa Bikin Bahagia

feedme.id pelukan
Dibaca 711

Menurut penelitian, pelukan terbukti meningkatkan keintiman dan relationship satisfaction lho, Feedies. Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah sini!

FeedMe.id, Jakarta – Kita semua sepakat kalau dipeluk pasti bikin bahagia. Apalagi kalau dipeluknya pas abis berkonflik sama orang yang bersangkutan, entah itu orang tua, saudara, teman, atau pasangan.

Namun, kenapa sih dipeluk itu bisa bikin bahagia? Pertanyaan itulah yang berusaha dijawab oleh para peneliti dari Carnegie Mellon University di Pennsylvania, Amerika Serikat. Mereka mengadakan eksperimen untuk mencari tahu efek pelukan setelah bertengkar bagi temperamen seseorang.

Dipimpin oleh Dr. Michael Murphy dari Fakultas Psikologi, tim peneliti ini melakukan eksperimen kepada 404 partisipan selama dua pekan. Dalam kurun waktu tersebut, para partisipan diwawancara terkait pertengkaran yang mereka alami, apakah mereka setelah itu berpelukan dengan orang yang bersangkutan atau nggak, dan bagaimana efek yang timbul setelah pelukan.

Hasilnya, penelitian ini menemukan kalau mereka yang memeluk orang yang bertengkar dengannya lebih merasa positif ketimbang yang nggak.  Menurut para peneliti, hal ini membuktikan sentuhan antar manusia bisa memberikan efek positif saat membangun hubungan dengan orang lain.

“Sentuhan interpersonal non seksual menjadi salah satu topik penting dalam kajian studi hubungan sosial manusia dewasa. Sentuhan interpersonal terasosiasi dengan meningkatnya keamanan hubungan, meningkatnya rasa mendapat dukungan dari pasangan, meningkatkan keintiman, relationship satisfaction yang lebih tinggi, serta lebih mudah menyelesaikan konflik,” tulis para peneliti dalam laporan mereka.

Baca juga: 4 Kebohongan dalam Hidup yang Pasti Kamu Nikmati

Lebih lanjut lagi, meski mereka menemukan korelasi positif antara berpelukan dengan membaiknya mood seseorang, tim peneliti ini juga mengakui kalau mungkin ada hal lain yang mengakibatkan mood partisipan menjadi positif.

Udah pelukan belum hari ini, Feedies?

Most Popular

To Top