Nyantai

5 Kota Dunia Dinobatkan Sebagai Kota Literasi

Feedme.id - kota literasi
Dibaca 277

Karena pengaruh literasi yang sangat besar terhadap kehidupan, UNESCO pun menobatkan beberapa kota menjadi kota literasi. Kota apa aja itu? Langsung aja simak ulasan Feedy di bawah ini.

FeedMe.id, Jakarta – Literasi adalah sebuah istilah yang dipakai buat kemampuan atau kegiatan membaca dan menulis. Sebuah kegiatan yang dianggap remeh, tapi sebenarnya sangat penting buat kemajuan sebuah bangsa.

Hal ini karena literasi adalah salah satu hal yang membentuk manusia lebih berpengetahuan dan beradab. Pokoknya membangun kehidupan manusia deh, Feedies. Karena hal penting ini, UNESCO pun menobatkan beberapa kota buat masuk sebagai kota literasi dunia. Berikut ini lima di antaranya.

Baca juga: 2 Makanan Indonesia Masuk Museum Makanan Menjijikkan

Edinburgh, Skotlandia

Kota perama yang dinobatkan oleh UNESCO sebagai kota literasi adalah kota Edinburgh di tahun 2008. Nggak heran kalau kota ini dinobatkan jadi kota literasi. Soalnya, Skotlandia punya banyak penulis sastra terbaik, Feedies.

Melbourne, Australia

Dari negara tetangga, ada Melbourne yang menjadi kota literasi berikutnya. Kota ini dipilih UNESCO karena Melbourne mendukung penuh kegiatan-kegiatan literasi dan selalu membudayakan membaca di setiap kesempatan, Feedies. Bagi kebanyakan warga Melbourne, membaca adalah salah satu kesenangan mereka.

Krakow, Polandia

Banyak hal yang membuat UNESCO menunjuk Krakow sebagai kota literasi. Di antaranya adalah karena kota ini menjadi pusat akademik dan intelektual paling signifikan di Eropa. Kota ini jadi tempat lahirnya bahasa dan sastra Polandia. Arsip Krakow juga mengandung harta tulisan Eropa, termasuk banyak manuskrip dan incunabula. Main Market Square di Krakow juga merupakan salah satu toko buku tertua di dunia yang berdiri dari tahun 1610.

Ljubljana, Slovenia

Ljubljana menerima gelar kota literasi dari UNESCO di tahun 2015. Hal ini karena Ljubljana adalah salah satu kota yang mendukung festival sastra dengan penulis baik lokal maupun asing. Ljubljana juga mendukung dalam penerbitan karya-karya mereka.

Nottingham, Inggris

Nottingham pernah jadi juara kota sastra dalam skala funia. Hal ini juga bikin Nottingham didapuk jadi kota literasi. Warga di sini ataupun pengunjung kota akan terus bahagia karena disambut suguhan-suguhan yang menginspirasi lewat aktivitas membaca, menulis, dan menikmati kata-kata dalam sastra.

Baca juga: Cara Masak Indomie Salted Egg Biar Gurihnya Berasa

Itu dia lima kota yang didapuk oleh UNESCO menjadi kota literasi dunia, Feedies. Ayo kita mulai rajin membaca dan menulis biar salah satu kota di Indonesia juga bisa dinobatkan jadi kota literasi!

Most Popular

To Top