Hiburan

Keren, Media Musik Kenamaan Billboard Ada di Indonesia

Abyan Naufal | 05 December 2018 - 13:00
Keren, Media Musik Kenamaan Billboard Ada di Indonesia

Media musik kenamaan dunia yang sering bikin tangga lagu paling hits, Billboard, akhirnya membuka cabang resmi di Indonesia. Kira-kira Billboard Indonesia bikin tangga lagu hits Indonesia juga nggak ya? Bisa jadi Via Vallen masuk ke daftar itu, tuh.

FeedMe.id, Jakarta – kalau nyari musik yang lagi hits, biasanya orang akan nyuruh kamu melihat top chart Billboard. Hal ini karena Billboard memang udah jadi salah satu media musik terkemuka yang sering bikin chart-chart lagu yang lagi populer, Feedies.

Nah, sekarang media musik terkemuka dari Amerika Serikat ini resmi hadir di Indonesia, lho. Lewat sebuah postingan di instagram mereka @billboard_ina, mereka minta izin untuk memperkenalkan diri.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Billboard Indonesia (@billboard_ina) on

Pada postingan ini diharapkan Billboard Indonesia bisa jadi salah satu jembatan produktif antara musik Indonesia dengan musik global. Yang paling seru, buat kamu yang lagi nyari lagu-lagu hits di Indonesia, mereka juga akan bikin Billboard Hot 100 setiap minggunya.

Sebelum meluncur di Indonesia pada awal Desember ini, Billboard juga udah punya banyak versi bahasa, Feedies. Kurang lebih udah ada banyak versi bahasa di 60 negara seluruh dunia. Billboard sendiri adalah media musik yang ditemukan 1894 oleh William Donaldson dan James Hennegan.

Duh, jadi nggak sabar ya buat nungguin tangga lagu terpopuler versi Billboard Indonesia. Kira-kira Via Vallen jadi peringkat pertama nggak ya?

Gaya

Musikus Peraih Grammy Award Ini akan Manggung di Jakarta

Harith Jobs | 09 August 2018 - 09:09
Musikus Peraih Grammy Award Ini akan Manggung di Jakarta
Berlokasi di LIVESPACE, Jakarta, RAC siap menghibur kamu semua dengan lagu-lagu remix andalannya nih, Feedies!
FeedMe.id, Jakarta ? Kamu tahu RAC? Itu lho, Remix Artist Collection yang jadi proyek solonya DJ sekaligus produser berbakat asal Portugal, André Allen Anjos. Nah, sang DJ peraih Grammy Award ini akan manggung di Jakarta lho, Feedies. Dia akan tampil dalam acara bertajuk In Between pada Jumat, 10 Agustus, di LIVESPACE, Jakarta. LIVESPACE sendiri merupakan tempat acara baru untuk menyelenggarakan berbagai acara/event di kawawan SCBD Lot 8 (ex - Foundry 8 SCBD) dan berada di kawasan strategis pusat bisnis terpadu Jakarta, Sudirman Central Business District (SCBD). Sesuai dengan nama proyeknya, musikus peraih Grammy Award 2017 untuk kategori "Best Remixed Recording" ini terkenal berkat karya-karya musik remix. RAC telah berhasil me-remix lebih dari 200 lagu menjadi lagu dengan aransemen musik yang lebih seru, dinamis, dan keren. Dia senggaknya udah pernah me-remix lagu-lagu dari musisi ternama kayak Lady Ga Ga, Bob Marley, Ella Fitzgerald, Kings Of Leon, dan Katy Perry. RAC juga telah bekerjasama dengan beberapa perusahaan besar dunia dan tampil dalam beberapa iklan bersama perusahaan Apple, Facebook, Google, Citibank, Uber, Delta dan masih banyak lagi. Kepiawan RAC telah membuahkan hasil yang luar biasa di mata musik dunia. Pada 2016 André alias RAC dinominasikan dalam ajang penghargaan musik dunia Grammy Awards 2016 untuk kategori "Best Remixed Recording" dan pada 2017 akhirnya berhasil memenangkan  penghargaan Grammy untuk kategori "Best Remixed Recording" di Grammy Awards 2017. Tiket untuk event musik ini bisa dibeli dengan harga Rp100.000 aja lho, Feedies! Buat kamu yang berminat, bisa langsung cek Rajakarcis.com, Book My Show, tiket.com, Traveloka, Kiostix, Go-Tix, tiketapasaja.com, Blanja.com, dan Loket.com.  

Gaya

Berkat Spotify, Pembajakan Musik Pun Mulai Berkurang

Harith Jobs | 04 August 2018 - 15:04
Berkat Spotify, Pembajakan Musik Pun Mulai Berkurang
Keberadaan Spotify dan aplikasi audio streaming lainnya disebutkan berhasil mengurangi angka pembajakan musik lho, Feedies. Kira-kira apa ya hubungannya? Simak deh penjelasannya di bawah ini.
FeedMe.id, Jakarta ? Keberadaan layanan audio streaming seperti Spotify dan JOOX udah bukan jadi barang asing di zaman sekarang. Feedy yakin kamu juga pasti sekarang dengerin lagu dari aplikasi streaming alih-alih lagu yang ada di music player di hape. Nah, keberadaan aplikasi-aplikasi audio streaming ini ternyata memberikan efek positif terhadap tingkat pembajakan musik, Feedies. Berdasarkan penelitian yang diadakan di Inggris, pembajakan musik berkurang drastis dalam lima tahun terakhir. Penelitian yang dilakukan oleh YouGov tersebut melaporkan bahwa saat ini sisa 10 persen warga Inggris yang mengunduh musik secara ilegal. Sebelumnya, ada sekitar 18 persen  warga Inggris yang melakukan hal tersebut di tahun 2013. ?Spotify memiliki semuanya, dari lagu-lagu terbaru hingga lagu-lagu tua. Jadi udah nggak perlu lagi buat nyari lagu lewat sumber-sumber yang nggak terverifikasi,? ujar salah satu responden penelitian tersebut. Nggak cuma itu, 35 persen warga Inggris ternyata merasa mengunduh lagu bajakan saat ini udah jauh lebih ribet. Di sisi lain, 51 persen merasa kesal ketika musikus favorit mereka hanya merilis lagu terbaru di salah satu aplikasi audio streaming. Misalnya aja, lagu "Everything is Love" (Beyonce dan Jay Z) yang dirilis secara eksklusif di Tidal. ?Download lagu secara ilegal masih menjadi tantangan yang signifikan dalam industri musik. Tapi, setidaknya saat ini udah mulai muncul titik terang atas masalah ini. Penelitian kami mengungkap adanya perubahan perilaku. Orang-orang yang tadinya mendapatkan musik secara ilegal sekarang dimudahkan dengan keberadaan streaming,? kata Justin Marshall, YouGov Associate Director. Lebih lanjut lagi, Marshall menyebutkan, belum bisa diketahui apakah keberadaan Spotify dan kawan-kawan akan memusnahkan pembajakan musik secara keseluruhan. Tapi seenggaknya keberadaan mereka udah terbukti mengurangi tingkat pembajakan.

Gaya

Biar Makin Cinta Indonesia, Kenalan sama 7 Alat Musik Asli Negeri Ini Yuk!

Harith Jobs | 31 July 2018 - 14:22
Biar Makin Cinta Indonesia, Kenalan sama 7 Alat Musik Asli Negeri Ini Yuk!
Siapa sih yang nggak tahu angklung? Alat musik khas Jawa Barat ini adalah salah satu alat musik paling terkenal di Indonesia. Namun, kamu tahu nggak alat musik tradisional lainnya kayak tifa atau pupuik batang padi?
FeedMe.id, Jakarta ? Kamu tentunya udah tahu bahwa negara kita ini adalah salah satu negara dengan budaya paling beragam di dunia. Dari ujung barat sampai ujung timur, setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing, mulai dari pakaian, bahasa, hingga musik. Terkait hal itu, Feedy mau ngajak kamu semua buat kenalan lagi sama beberapa alat musik tradisional asli Indonesia ini.

Angklung, Jawa Barat

feedme.id-angklung Terbuat dari beberapa tabung bambu yang disatukan oleh rangka (yang juga dari bambu), angklung adalah alat musik tradisional asli dari Jawa Barat. Angklung termasuk salah satu alat musik yang hampir pasti ada di sekolah-sekolah. Suara alat musik ini berasal dari tabung-tabung bambu yang muncul saat angklung  digoyangkan. By the way, angklung terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia di Unesco, lho.

Sasando, Nusa Tenggara Timur

feedme.id-Sasando Sasando adalah alat musik petik yang berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara TImur. Dalam bahasa Rote, sasando berarti alat yang bergetar atau berbunyi. Alat musik asli Rote ini sendiri nggak cuma terkenal karena suaranya yang indah, tapi juga bentuknya yang unik. Bagian utama sasando terbuat dari sebatang bambu, di sanalah senarnya dipasang. Nah, batang bambu itu dipasangkan lagi ke wadah berbentuk mangkok yang biasanya dibuat dari anyaman daun lontar.

Tifa, Papua

feedme.id-Tifa Tifa merupakan alat musik yang lazim di daerah Indonesia Timur, khususnya di daerah Maluku dan Papua. Alat musik tradisional ini mirip banget sama kendang yang banyak digunakan di daerah Jawa, cara memainkannya pun sama, dipukul. Bedanya, tifa berukuran lebih langsing dan panjang ketimbang kendang.

Sampek, Kalimantan Timur

feedme.id-Sampek Sama kayak sasando, Sampek juga terkenal berkat wujudnya yang sangat artistik. Alat musik petik asal Kalimantan Timur ini biasanya dihiasi dengan ukiran-ukiran di salah satu sisinya, sementara diujungnya dipasang hiasan yang biasanya menggambarkan taring dan kepala burung. Kata ?sampe? sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Dayak yang berarti ?memetik dengan jari?.

Pupuik Batang Padi, Sumatera Barat

feedme.id alat musik indo Yeap, sesuai dengan namanya, alat musik tiup asal Sumatera Barat ini terbuat dari batang padi. Tepatnya lagi adalah batang padi yang udah tua dan berbuku. Batang padi ini kemudian disambungkan ke lintingan daun pandan atau daun kelapa yang dibentuk seperti corong, jadi mirip terompet gitu, deh. Suara pupuik batang padi katanya bisa terdengar hingga jarak 2 kilometer lho, Feedies.

Kolintang, Sulawesi Utara

feedme.id-Kolintang Kolintang adalah alat musik tradisional khas Minahasa, Sumatera Utara. Alat musik perkusi yang satu ini bisa dibilang adalah versi tradisionalnya xylophone yang lebih terkenal di dunia Barat, soalnya bentuk dan cara memainkannya emang mirip-mirip. Dalam bahasa Minahasa, ajakan buat main kolintang adalah ?mangemo kumolintang?, ajakan itulah yang kemudian jadi asal kata kolintang.

Genggong, Bali

feedme.id-Genggong Genggong mungkin salah satu alat musik paling unik yang pernah kamu lihat, baik dari bentuk, bunyi maupun cara memainkannya. Jadi, genggong berbentuk seperti batang kayu kecil yang tengahnya diiris. Kemudian di salah satu ujungnya dikaitkan tali bisa ditarik, tali inilah yang menjadi sumber suara genggong yang khas. Nah, cara maininnya juga unik nih Feedies, batang kayu tadi ?digenggam? menggunakan mulut, terus sisa ditarik deh tali yang tadi. Unik, ya? Itulah beberapa alat musik tradisional yang ada di Indonesia. Tentu aja list yang Feedy buat ini cuma secuil dari puluhan atau mungkin ratusan alat musik tradisional yang ada di negara kita yang tercinta ini. Siapa tahu abis baca ini, kamu jadi tertarik buat nyari lebih tahu lebih banyak soal alat musik asli Indonesia.  

Gaya

Harga Tiket Konser 5 Musikus Keren Ini Gak Semahal Syahrini

Abyan Naufal | 28 July 2018 - 11:30
Harga Tiket Konser 5 Musikus Keren Ini Gak Semahal Syahrini
Banyak orang yang bilang tiket konser Syahrini yang termahal senilai Rp 25 juta itu nggak wajar. Padahal buat harga sebuah tiket konser, harga segini tergolong biasa aja. Celine Dion juga pernah kok matok harga tiketnya senilai Rp 25 juta. Selain Celine Dion, lima musikus di bawah juga punya rata-rata harga tiket yang tergolong mahal di dunia lho, Feedies.
FeedMe.id, Jakarta ? Baru-baru ini Syahrini ngumumin ke publik kalau doi mau ngadain konser sebagai peringatan 10 tahun perjalanan karirnya. Tiket konser yang bakalan diadain pada 20 September 2018 ini dijual mulai dari yang termurah Rp 335.000 sampai yang termahal Rp 25 juta lho, Feedies. Harga tiket termahalnya ini sama kayak harga tiket termahal Celine Dion waktu konser di Indonesia beberapa waktu lalu. Namun, sebenarnya wajar nggak sih harga tiket konser semahal ini? Menurut Feedy sih wajar-wajar aja. Soalnya, nggak cuma mereka aja yang punya harga tiket mahal. Buktinya lima musikus di bawah ini juga punya rata-rata harga tiket konser yang mahal banget. Ya, meskipun gak semahal Syahrini, sih.

Justin Timberlake

FeedMe.id-JustinTimberlake Kamu pasti tahu dong Justin Timberlake? Doi adalah penyanyi, penulis lagu, dan juga aktor dari Amerika kelahiran 31 Januari 1981. Nama Justin mulai dikenal waktu akhir 1990-an jadi anggota termuda boyband NSYNC. Penyanyi yang udah nerima sembilan Grammy Awards ini punya harga tiket rata-rata senilai US$ 314 atau sekitar Rp 4,32 juta.

The Eagles

Foto: latimes.com Kamu yang anak jaman now mungkin nggak terlalu kenal sama band ini. Band yang dibentuk tahun 1971 ini masih jadi salah satu band terbaik sepanjang sejarah lho, Feedies. Buktinya udah banyak piala dari Grammy Awards dan American Music Awards yang menghiasi lemari penghargaan mereka. Makanya nggak heran kalau harga tiket rata-rata band ini adalah US$ 354 atau sama kayak Rp 4,87 juta.

Maroon 5

Feedmeid-Maroon5_254278177 Siapa sih yang nggak tahu band Maroon 5? Band dengan vokalis seksi, Adam Levine, ini juga punya harga tiket rata-rata yang mahal banget, Feedies. Harga tiket rata-rata mereka buat album Overexposed (2012) adalah US$ 364 atau sekitar Rp 5,01 juta.

One Direction

Foto: usmagazine.com Satu-satunya boyband yang masuk di daftar tiket termahal ini adalah One Direction. Boyband yang berasal dari London ini emang jadi salah satu boyband jaman now yang sukses di seluruh dunia. Album mereka yang berjudul Midnigt Memories (2013) punya harga tiket rata-rata senilai US$ 460 atau sekitar Rp 6,33 juta.

The Rolling Stones

feedme-id-the-rolling-stones-blues Di urutan pertama daftar ini dipegang sama The Rolling Stones. Band rock asal Inggris yang dibentuk tahun 1962 ini punya harga tiket rata-rata sebesar US$ 624 atau sekitar Rp 8,59 juta. Tapi nggak heran sih kalau band inilah yang ada di urutan pertama harga tiket termahal. Karena mereka emang band legendaris yang banyak menginspirasi musikus-musikus jaman sekarang. Meskipun harganya mahal-mahal, tiket konser ini tetep laku, lho. Bahkan para fans ada yang rela berhemat selama berbulan-bulan cuma buat nonton aksi para musikus di atas.

Iseng

Ngaku Demen Musik Indie Indonesia? Buktiin di Kuis Ini!

Harith Jobs | 04 June 2018 - 16:19
Ngaku Demen Musik Indie Indonesia? Buktiin di Kuis Ini!
Meskipun berjalan di jalur independen, para musisi indie Indonesia nggak kalah bermutu dan ngetop dibandingkan para musisi mainstream lho! Kalo kamu ngaku demen musik indie, coba tes pengetahuan kamu di sini!
[os-widget path="/adminhivi/ngaku-demen-musik-indie-indonesia-buktiin-di-kuis-ini" of="adminhivi" comments="false"]

Gaya

Pemutar Musik Jadul yang Keren Banget di Jamannya

Angela Wahyudi | 21 May 2018 - 08:40
Pemutar Musik Jadul yang Keren Banget di Jamannya
Mendengarkan musik udah jadi bagian dari manusia. Sulit rasanya buat gak mendengarkan musik. Jaman sekarang udah dimudahkan banget untuk bisa mendengarkan musik. Tapi kalo jaman dulu? Begini nih caranya.
Feedme.id, Jakarta ? Sebelum adanya YouTube dan berbagai aplikasi musik lainnya, dulu rasanya susah banget Cuma buat sekedar mendengarkan musik. Emang ada radio, tapi gak mungkin dong radio dibawa kemana-mana? Nah, kalo anak-anak jaman dulu cara mendengarkan musiknya pakai ini nih Feedies..

Walkman

feedme-id-walkman Kalo sekarang kalian lebih familiar dengan Ipod. Mungkin anak 90an banyak yang sempat  bertemu sama benda satu ini. Walkman,  pertama kali dipopulerkan oleh Sony pada tahun 1979. Cara menggunakannya, harus ada kaset tape di dalamnya. Canggih dijamannya, alat ini menyediakan jack audio supaya bisa dipasang headphone dan menghasilkan suara Hi-Fi. Sayangnya, pamornya sekarang udah anjlok banget Feedies, apalagi sekarang kaset udah mulai jarang ditemui. Apa kalian salah satu dari generasi yang pernah menjajal Walkman?

Discman

feedme-id-discman Nah, kalo Discman bisa dibilang udah lebih canggih nih dari Walkman. Alat ini adalah inovasi berikutnya dalam bentuk CD (compact disc). Discman mungkin sempat dirasakan oleh anak mudah generasi tahun 1995 sampai 2000an sih. Discman itu adalah alat ciptaan Sony. Kalo dulu Cuma bisa mendengarkan lagu lewat CD Player di rumah, dengan Discman kalian bisa membawa beserta CDnya kemanapun.

USB Mp3 Player

feedme-id-mp3 Terakhir ada USB Mp3 Player. Alat pemutar musik ini kalo dibandingan dua temannya yang lain adalah yang paling terbaru. Mungkin sampai sekarang ada yang masih menggunakan ini, tapi emang gak banyak. Alat ini muncul sekitar tahun 2000an, lebih tepatnya tahun 2006. Bentuknya menyerupai flashdisk.  Dulu, handphone belum secanggih alat ini lho. Dengan alat ini, kalian bisa menyimpan ratusan lagu dan suara yang dihasilkan jauh dari buruk. USB Mp3 Player model ini membutuhkan sebuah baterai kecil yang juga digunakan pada remote TV. Karena bentuknya seperti USB, kalian bisa memasukan lagu seperti layaknya kalian mentransfer data dari komputer ke flashdisk kalian. Kalian sempet nyobain music player di atas gak nih?

Hiburan

Nih Penyanyi Internasional Anak Asuh Manajer Musik Agnez Mo

Abyan Naufal | 29 April 2018 - 14:39
Nih Penyanyi Internasional Anak Asuh Manajer Musik Agnez Mo
Kabar gembira datang dari artis kebanggaan Indonesia, Agnez Mo, nih Feedies. Doi bener-bener ngepakin sayapnya jadi artis Internasional dengan menandatanganin kontrak sama 300 Entertainment. Selain itu dia juga diasuh sama manajer musik top, Johnny Wright yang udah pernah ngelambungin nama-nama artis terkenal yang kamu tahu. Ini dia artis-artis asuhan Johnny Wright yang terkenal!
Feedme.id, Jakarta ? Kabar membanggakan dateng lagi dari salah satu anak bangsa kita nih, Feedies. Agnes Monica yang sekarang lebih dikenal dengan nama Agnez Mo bener-bener sukses ngepakin sayap karirnya di dunia internasional. Nggak tanggung-tanggung, berita bagus yang hadir dari cewek ini adalah dia baru aja nandatanganin kontrak sama 300 Entertainment yang bakal naungin karirnya lebih lanjut. Selain itu, Agnez Mo bakalan dibimbing sama Johnny Wright. Buat kamu yang nggak tahu siapa Johnny Wright, doi adalah manajer musik artis top internasional. Nggak tanggung-tanggung, nama-nama anak asuh dari Johnny Wright ini pasti deh kamu kenal. Siapa aja ya? Baca deh di bawah ini!

New Kids on the Block

feedme.id - nkotb Boyband hits yang pertama kali muncul di era 80-an ini pasti kamu tahu banget deh. Khususnya juga buat kamu yang anak gaul era 80-an atau 90-an. Lagu-lagu kayak Step by Step udah jadi lagu andalanmu. Nah, NKOTB ini juga sempet dimanajerin sama Johnny Wright.

Janet Jackson

[caption id="attachment_18091" align="aligncenter" width="653"]FeedMe.id: hookedoneverything.com FeedMe.id: hookedoneverything.com[/caption] Diva yang juga merupakan adik dari mendiang raja pop dunia ini juga pasti udah kamu tahulah ya. Yakali kamu nggak kenal sama satu-satunya cewek di keluarga Jackson yang sukses jadi penyanyi ini. Penyanyi ini juga bisa sukses karena sempat diasuh sama Johnny Wright

Justin Timberlake

feedme-id-justin-timberlake-21 Penyanyi ganteng asal Amerika Serikat ini juga dinaungi sama manajer musik yang sama kayak NKOTB dan Janet Jackson. Penyanyi yang mulai dikenal di kelompok musik NSYNC ini kini lebih milih buat solo karir. Waaah nama-nama besar semua lho ya yang diasuh. Bukan nggak mungkin berarti nih kalau Agnez Mo bakalan jadi makin terkenal kayak nama artis di atas. Ye gak?

Hiburan

Drama Musikal ala Broadway Ini Bakal Hadir di Jakarta!

Harith Jobs | 26 April 2018 - 14:25
Drama Musikal ala Broadway Ini Bakal Hadir di Jakarta!
Buat Feedies yang bosen nonton ke bioskop, pertunjukan teater bisa jadi opsi yang seru lho! Kebetulan akhir bulan depan bakal ada drama musikal yang kece banget nih di Jakarta, judulnya Dreamgirls!
FeedMe.id, Jakarta ? Feedies, pada nganggur nggak nih di akhir bulan Mei nanti? Buat kamu-kamu yang nggak ada kerjaan di akhir bulan depan terus bingung mau ke mana, mendingan nonton pertunjukan teater musikal aja di Jakarta. Pertunjukan ini bukan pertunjukan biasa lho, Feedies. Pertunjukan teater musikal ini merupakan salah satu pertunjukan musikal tersukses di Amerika Serikat, Dreamgirls!

Dreamgirls di Indonesia

Feedies mungkin lebih familiar dengan judul ini lewat versi filmnya yang tayang di tahun 2006 dan dibintangi oleh Beyonce Knowles, Jennifer Hudson, dan Jamie Foxx. ?Untuk yang belum familiar dengan musikal Dreamgirls, ini ceritanya mengenai music industry di Amerika di tahun 60an dan 70an. Pada saat itu ada banyak perubahan di industri musik dan itu dipicu oleh beberapa pemain baru di industri tersebut,? ungkap Hans De Waal, sutradara pertunjukan drama musikal ini dalam konferensi pers yang diadakan di Pisa Kafe, Jakarta (25/4). Nah, para pemain baru itulah yang kemudian menjadi inspirasi di balik cerita Dreamgirls. Beberapa grup musik yang menjadi inspirasi tersebut antara lain adalah The Supremes dan Motown Record.

A post shared by JPAC (@jakartapac) on

Dreamgirls sendiri akan berfokus pada kisah tiga cewek berkulit hitam; Deena Jones, Effie White, dan Lorrell Robinson, yang tergabung dalam girlband bernama The Dreamettes. Ketiga cewek ini bertekad buat bisa menembus industri musik mainstream Amerika, sesuatu yang terbilang mustahil mengingat kondisi sosial Amerika Serikat di era tersebut yang masih rasis banget. ?Ini adalah kisah perempuan-perempuan kulit hitam Amerika dan ini kisah di tahun 60-70an yang dibikin panggung teaternya pada tahun 80an. Kalo sekarang di Amerika aja masih kencang isu rasial dan isu perempuan, maka kalian bisa bayangkan situasi apa yang teman-teman perempuan kulit hitam hadapi 40-50 tahun yang lalu,? ujar Tunggal Prawesti, aktivis hak perempuan, yang hadir sebagai narasumber dalam konferensi pers tersebut. Drama musikal ini akan dipentaskan oleh kelompok Jakarta Performing Arts Community (JPAC). JPAC sendiri adalah sebuah komunitas pecinta teater yang didirikan pada tahun 2014. Nah, Dreamgirls ini merupakan pementasan kedelapan yang mereka lakukan. Dreamgirls akan dipentaskan pada tanggal 25-27 Mei 2018 di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Feedies bisa ngecek info lebih lanjut soal drama musikal ini di akun Instagram dan Facebook JPAC.

Gaya

Aplikasi Musik Unik yang Harus Ada di Smartphone Kamu!

Abyan Naufal | 16 April 2018 - 14:52
Aplikasi Musik Unik yang Harus Ada di Smartphone Kamu!
Ada banyak banget jenis aplikasi musik yang bisa kamu pakai di smartphone. Tapi kebanyakan dari kamu pasti pakainya aplikasi itu-itu aja. Yaudah nih Feedy kasih tahu aplikasi unik berbasis musik yang bisa kamu download!
Feedme.id, Jakarta ? Dari sekian banyak aplikasi yang bisa kamu download di smartphone, ada berapa aplikasi berbasis musik yang kamu punya? Palingan juga cuma satu atau dua dan itu juga cuma dipakai buat dengerin musik. Padahal banyak lho aplikasi berbasis musik yang unik dan fungsinya bukan cuma dipakai buat dengerin musik doang. Aplikasi apa aja ya? Cek sampai selesai ya!

Magix Music Maker

Kalau kamu pengen banget bisa punya lagu sendiri tapi nggak bisa mainin dan nggak ngerti sama sekali soal alat musik, not balok, tangga nada dan sebagainya. Kamu coba deh unduh aplikasi ini. Lewat aplikasi ini kamu bisa bikin lagu sendiri apapun genre yang kamu mau. Tinggal gabungin aja pilihan-pilihan isntrumen yang ada.

GarageBand

Hampir sama kayak Magix Music maker, tapi aplikasi ini cuma bisa kamu pakai di gadget kamu yang pakai sistem operasi iOS. Bedanya aplikasi ini sama Magix Music Maker adalah kamu juga harus ngerti cara main musik sebenernya di aplikasi ini. Jadi kalau kamu buta soal musik ya jangan berharap bisa lancar bikin lagu di aplikasi ini.

Shazam

Kadang kamu denger lagu enak banget tapi nggak tahu judulnya apa dan yang nyanyi siapa. Tanya orang di sebelah, doi juga nggak tahu. Makanya kamu pakai aja aplikasi ini. Kamu cuma perlu ngarahin suara lagunya dan dalam beberapa detik keluar deh tuh judul dan penyanyinya.

Piano Tiles

Nah, kalau yang satu ini jenisnya permainan. Siapa tahu kan kamu lagi bosen dan pengen mainin sesuatu yang ada musiknya. Apalagi kalau kamu pecinta piano dan musik klasik, cocok banget deh aplikasi ini buat kamu mainin.

Soundcloud

feedme-id-soundcloud Aplikasi yang satu ini bisa dibilang sebagai media sosial, bisa juga dibilang sebagai pemutar musik. Soalnya di aplikasi ini kamu nggak cuma bisa dengerin lagu. Tapi juga bisa upload lagu ciptaan kamu sendiri. Banyak lho musisi yang promosiin lagunya lewat aplikasi ini.

TuneIn Radio

Radio emang masih jadi salah satu pilihan media paling digemari sekarang ini, Feedies. Jadinya jangan heran kalau radio juga bisa kamu denger lewat aplikasi ini. Di aplikasi ini, hampir semua radio di seluruh dunia dengan berbagai macam jenis siaran bisa kamu dengerin. Jadi, dari sekian banyak aplikasi musik di atas aplikasi mana yang masih kamu punya, Feedies? Buat yang belum pernah make, cobain deh. Seru kok!

Viral

Tipe-Tipe Penonton Konser Musik Yang Pasti Kamu Temui!

Abyan Naufal | 01 April 2018 - 18:28
Nonton konser musik itu seru, Feedies. Selain kamu bisa nontonin musisi idola di atas panggung. Kamu juga bisa notonin tingkah laku penonton yang ajaib abis. Kayak tipe-tipe penonton konser musik yang udah Feedy buat di bawah ini!
Feedme.id, Jakarta ? Konser musik itu emang seru banget, Feedies. Apalagi kalau musisinya itu emang keren banget. Pasti banyak banget deh yang dateng. Aksi si musisi juga seru banget pasti. Tapi selain musisinya ternyata ngeliatin orang-orang yang dateng di konser itu seru, lho. Banyak banget nih jenis orang yang dateng ke konser. Kayak tipe-tipe orang berikut ini nih.

Fans sejati

Fans sejati ini emang fans setia si musisi. Semua latar belakang musisi idolanya dia tahu. Semua lagunya dia hapal dan semua merchnya asli bukan yang KW. Hampir setiap konser si musisi pasti dia datengin. Biasanya fans kayak gini datengnya rame-rame sama fanbase mereka.

Fans Dipaksa

Kalau yang satu ini biasanya adalah tipe penonton hasil paksaan dari pasangan, teman ataupun keluarga. Jadinya mereka itu nggak terlalu tahu soal musisi yang bakalan manggung. Tapi karena dipaksa akhirnya mereka dateng deh.

Fans Dipaksa Tapi Asik

Meskipun dipaksa ternyata ada lho penonton yang tetep asik. Mereka menikmati lagu dengan riang gembira. Bahkan ada yang sampai rela googling buat cari tahu musisi yang lagi dia tonton.

Fans Dipaksa dan Nggak Asik

Kalau udah dipaksa pasti kadang ngehasilin sifat yang nggak asik. Tipe ini biasanya bakalan suka nyeletuk-nyeletukin musisinya nggak jelas. Kadang doi juga suka banget ngeledekin si musisi. Ya, gimana ya. Namanya juga dipaksa.

Bukan Fans dan Bete

Kadang ada orang yang dateng ke konser padahal nggak pengen nonton konsernya. Ya salah satunya tipe fans dipaksa gitu deh. Selain yang masuk tipe asik dan nggak asik. Ternyata ada juga lho yang tipe diem-diem bete. Jadi yang lainnya pada joget, dia malah berdiri di pojokan.

Nggak Hapal Lagu

Kadang ada tuh penonton yang dateng nonton konser tapi nggak hapal lagunya. Jadinya kalau yang lainnya lagi pada nyanyi dia mah ikut-ikutan mangap aja. Hal yang nyeremin terjadi kalau misalnya dia ini tempat nontonnya di barisan paling depan. Soalnya area itu rawan banget buat diajak nyanyi.

Asik Bareng Temen-Temen

Nah, yang datengnya sama fanbase nih pasti seru banget deh. Bisa nonton konser musisi idola, udah gitu sama temen-temen juga. Jadinya bisa asik-asikan bareng deh. Nggak diem aja kayak kambing congek.

Family person

Saking pedulinya sama keluarga, ada lho yang nonton konser ngajak keluarganya. Entah konser apa aja itu. Jadinya mulai dari anaknya yang masih kecil sampai kakek nenenknya yang udah sepuh diajak semua. Tapi lihat-lihat jenis konsernya juga ya, Feedies. Jangan sampai deh kamu ngajakin anak kamu nonton konser EDM atau ngajakin nenek kamu nontonin konser rock. Jangan. Berbahaya!

Calo

Tipe ini biasanya dateng ke tempat konser bukan buat mau nonton konser sih. Jadi mereka nggak tahu tuh siapa yang lagi manggung atau apa lagu hits dari si musisi. Mereka dateng ya buat mencari nafkah. Sayangnya cara yang dipakai agak nggak bener. Jadi yang mana nih tipe yang paling sering kamu temuin di konser musik?

Gaya

Lima Aplikasi Musik Online buat Dengerin Lagu Gratis

Angela Wahyudi | 26 March 2018 - 11:51
Lima Aplikasi Musik Online buat Dengerin Lagu Gratis
Udah dipermudah banget ya sekarang buat melakukan apapun jadi gak ribet lagi. Salah satunya pas lagi mau dengerin lagu aja, tinggal download aplikasi ini aja, ya nggak?
Feedme.id, Jakarta - Kalau jaman dulu rasanya mau dengerin musik aja susah dan jarang. Karena harus lewat radio, walkman, atau Discman. Jaman sekarang udh gak perlu ribet lagi soalnya udah ada banyak banget platfrom aplikasi musik yang mempermudah kalian buat dengerin lagu dimana-mana. Berikut list soal aplikasi dengerin musik yang lagi hype banget nih Feedies!

Soundcloud

Soundcloud adalah sebuah platform distribusi suara secara online yang memungkinkan kolaborasi, promosi, dan distribusi dari rekaman suara. Perusahaan ini dibangun pada tahun 2007 di Jerman. feedme-id-soundcloud Fitur utama dari SoundCloud adalah memungkinkan para pecinta dan pembuat musik meng-upload musik mereka dengan URL khusus. Yang udah pasti, fitur ini jauh berbeda dengan MySpace, yang cuma memposting musik di situs MySpace. SoundCloud bekerja sama dengan Twitter dan Facebook untuk membiarkan penggunanya menjangkau khalayak yang lebih baik.

Joox

JOOX merupakan layanan musik streaming legal melalui internet yang diluncurkan oleh perusahaan Tencent Holdings Ltd asal Shenzen, Tiongkok, yang merupakan perusahaan di balik instant messaging WeChat. Para pengguna bisa mendengarkan lebih dari dua juta lagu dan playlist pilihan lokal dan internasional secara gratis, serta mendownloadnya untuk didengarkan secara offline. feedme-id-joox Lewat JOOX Radio, para pengguna bisa mengakses puluhan radio yang terbagi dalam beberapa kategori yang bisa dipilih sesuai selera, dan berisikan lagu-lagu pilihan yang tematik. Kalian juga gak usah khawatir tentang seberapa banyak jumlah paket data yang bakal dihabiskan buat menggunakan JOOX. Soalnya bisa diatur pengaturannya di general setting untuk menentukan seberapa besar data internet yang akan terpakai untuk mendengarkan setiap lagu, serta kualitas lagu yang ingin kamu download.

Spotify

feedme-id-spotify Spotify adalah layanan musik streaming, podcast dan video komersial Swedia yang menyediakan hak digital manajemen yang dilindungi konten dari label rekaman dan perusahaan media. Sejak diluncurkan pada 2008 lalu, beberapa fitur baru terus diberikan oleh Spotify Koleksi musik Spotify tergolong luas, karena diperbarui setiap minggu. Begitu juga dengan katalog playlist-nya yang menjadi fitur andalan layanan ini. Kalo kalian malas mengikuti akun-akun orang lain, kalian bisa memanfaatkan playlist Discover Weekly. Playlist ini diperbarui setiap hari Senin dengan 30 lagu baru. Spotify menawarkan beberapa skema berlangganan. Mulai dari Rp49.990 (per bulan), Rp149.970 (per tiga bulan), Rp299.940 (per enam bulan), dan RP599.880 (per tahun). Sedangkan untuk paket keluarga, tiap anggota keluarga kamu yang berlangganan akan mendapatkan diskon 50 persen dari harga premium.

Google Play Music

feedme-id-googleplaymusic Google Play Musik adalah salah satu aplikasi pemutar music bawaan dari Android, hampir semua tipe Android memiliki fasilitas tersebut. Layanan streaming musik dan lemari musik daring yang dioperasikan oleh Google. Pengguna dengan akun standar dapat mengunggah dan mendengarkan hingga 50.000 lagu tanpa biaya. Aplikasi ini secara gratis di-download di Playstore Smartphone Android. Pengguna dengan akun standar dapat mengunggah dan mendengarkan hingga 50.000 lagu tanpa biaya. Sebuah langganan "All Access", tersedia untuk US$9,99 per bulan, hak pengguna untuk streaming setiap lagu on-demand di katalog Google Play Musik dan kemampuan untuk membuat stasiun radio kustom.  Dari beberapa layanan musik di atas, mana yang jadi favorit kamu nih, Feedies?

Hiburan

Musikus Kecewa Bruno Mars yang Menang Banyak di Grammy

Dini Tiara | 31 January 2018 - 23:36
Musikus Kecewa Bruno Mars yang Menang Banyak di Grammy
Bruno Mars menang banyak di Grammy 2018, tapi kemenangannya justru disayangkan oleh sesama musikus! Wah, kenapa nih? Cek alasannya di halaman berikut, Feedies.
FeedMe.id, Jakarta ? Bruno Mars berhasil menjadi pembawa trofi paling banyak pada ajang Grammys 2018. Berkat album barunya ?24K Magic?, pria berusia 32 tahun berhasil memborong 6 piala untuk kategori Album of the Year, Song of the Year, Record of the Year, Best R&B Song, Best R&B Album, dan Best R&B Perfomance. Bahkan dirinya berhasil mengalahkan sederet musikus yang telah diunggulkan untuk keluar sebagai pemenang seperti Kendrick Lamar, Jay Z, Luis Fonsi, Daddy Yankee, Khalid dan Daniel Caesar.

Gak Sesuai Tema

feedme-id-bruno-mars-grammy Penulis dari majalah musik ternama Rolling Stone, Rob Sheffield mengatakan kalau kemenangan Grammys tahun ini kepada Bruno Mars gak sesuai dengan tema Grammys yang sesungguhnya. Bahkan ia juga bilang kalau ajang musik tahunan tersebut lebih ke-arah parody gold. Hmm?. Entah apa maksudnya, yang jelas kekecewaannya yang menjagokan Kendrick Lemar untuk kategori non-rap harus sirna. Padahal kesempatan menangnya terbuka lebar. Hal serupa juga diakui oleh Jay Z dan SZA, keduanya juga bilang kalau Grammys tahun ini mengingatkan pagelaran Grammys pada tahun 1992 dimana pada tahun tersebut menjadi tahun yang suram untuk genre music grungr, punk, dan rap, keculi untuk kemenangan sang mega bintang Natalie Cole pada lagu ?Unforgettable?. Lagu tersebut menjadi kolaborasi lagu yang apik dengan Ayahnya.

via GIPHY Rob Sheffield juga bilang kalau kemenangan Bruno Mars untuk kategori Album of the Year menjadi lelucon untuk Grammys. Ia lebih percaya diri dan lebih bangga mengatakan kalau Album of the Year 2018 jatuh kepada Kendrick Lamar untuk albumnya berjudul ?Damn?. Ia pun berharap semoga kembali menemukan tradisi Grammys seperti tahun-tahun sebelumnya. Kalau kamu, setuju gak sama kemenangan Bruno Mars?

Hiburan

Gak Lagi Nyanyi, 5 Musikus Ini Banting Setir Jadi Politikus

Bagus Prasetiyo | 20 September 2017 - 15:46
Gak Lagi Nyanyi, 5 Musikus Ini Banting Setir Jadi Politikus
Biarpun semerawut, tapi dunia politik Indonesia kerap dilirik banyak orang. Buktinya, gak sedikit orang yang terjun ke dunia ini padahal latar belakang keilmuan dan pengalamannya gak sesuai. Dari pantauan Feedy, sedikitnya ada lima penyanyi yang udah gak lagi tampil di panggung musik dan memilih panggung politik. Siapa aja mereka?
FeedMe.id, Jakarta ? Dunia politik di Indonesia tampaknya punya magnet kuat untuk bikin orang berkecimpung di dalamnya. Terbukti, gak sedikit lho politikus yang sebenarnya gak punya latar keilmuan di bidang politik dan tata pemerintahan serta gak punya pengalaman, tapi ikut-ikutan masuk partai atau jadi pejabat. Salah satu yang dinilai gampang berpindah haluan menjadi politikus adalah selebriti, entah itu pemain film atau penyanyi. Dengan modal wara wiri di layar kaca, mereka pun punya modal dikenal publik. Makanya gak heran kalau seleb lebih gampang menggaet massa. Bahkan, ada yang sampai banting setir segala lho, Feedies. Dari pantauan Feedy, sedikitnya ada lima penyanyi yang kini beralih haluan dengan menjajal peruntungan menjadi politikus, nih. Siapa aja mereka? Baca juga: Kamu Bisa Tebak Politikus Ini dari Foti Jadulnya? [KUIS]

1. Rhoma Irama

[caption id="attachment_27941" align="aligncenter" width="400"]Foto: KLN Foto: KLN[/caption] Lelaki bernama asli Raden Haji Oma Irama ini sempat bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Gak lama, sekitar tahun 1992, pria yang digelari Raja Dangdut ini berpindah partai ke Golongan Karya (Golkar). Setahun kemudian, yakni 1993, ayah Ridho Rhoma ini menduduki kursi MPR. Kala itu, ia mewakili utusan golongan nih, Feedes. Pada 2015, Rhoma Irama mendirikan Partai Islam Damai Aman (Idaman). Namun sayang, parpol bentukannya gak lolos verifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Baca juga: Jokowi Masuk Lima Besar Pemimpin Dunia untuk Hal Ini

2. Anang Hermansyah

[caption id="attachment_27940" align="aligncenter" width="400"]Foto: Merdeka Foto: Merdeka[/caption] Bekas suami Krisdayanti ini kayaknya udah cukup puas dengan karier bermusiknya. Buktinya, usai jadi mantan vokalis band rock di era 90-an, solois, dan jadi juri di ajang pencarian bakat menyanyi, Anang kini memilih bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN). Beruntung, lelaki kelahiran Jember, 18 September 1971 ini terpilih sebagai anggota DPR RI dan masuk ke dalam komisi X. Baca juga: Tiga Fanboy dan Fangirl Ini Sangar Banget kalo di Medsos

3. Pasha

[caption id="attachment_27936" align="aligncenter" width="400"]Foto: The Jak Foto: The Jak[/caption] Sigit Purnomo Syamsuddin Said alias Pasha pun sama. Bekas vokalis band Ungu ini juga turut menjajal peruntungan di dunia politik nih, Feedies. Bersama Hidayat, bekas Kepala Badan Kepegawaian Sulawesi Tengah dan dengan dukungan Partai Amanan Nasional (PAN) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Pasha pun mencalonkan diri sebagai Wali Kota Palu, Sulawesi Tengah, pada 2015. Untungnya sih dia terpilih. Baca juga: Cerita Lucu Jokowi Bisikin Paskibra Pas Upacara HUT RI

4. Ahmad Dhani

[caption id="attachment_27934" align="aligncenter" width="400"]Foto: Rappler Foto: Rappler[/caption] Sama seperti Anang, Dhani juga musikus ternama Indonesia. Pendiri Dewa 19 ini bukan cuma bisa nyanyi dan main alat musik, tapi juga bikin lagu. Terakhir, Dhani menjadi juri di ajang pencarian bakat menyanyi bareng Anang. Sayang, langkah Dhani gak semulus Anang di dunia politik. Suami Mulan Jameela ini harus menelan pil pahit lantaran gagal jadi Wakil Bupati Bekasi. Baca juga: Uji Pengetahuanmu soal Menteri di Era Jokowi, Berani?

5. Giring

[caption id="attachment_27935" align="aligncenter" width="400"]Foto: SWA Foto: SWA[/caption] Giring Ganesha alias Giring Nidji sekarang ikutan nyemplung di dunia politik, Feedies. Usai jadi vokalis Nidji, grup band beraliran BritPop, kini lelaki kelahiran Jakarta, 14 Juli 1983 ini bakal lebih sering wara wiri di spanduk-spanduk pingir jalan. Pasalnya, ia bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Bisa ditebak, bukan cuma gabung partai, tapi Giring juga mencalonkan diri sebagai anggota legistlatif. Baca juga: Ditanya soal Naruto, Ini Jawaban Polos Jokowi Kalau menurut kamu, apa sih yang bikin mereka mau terjun di dunia politik? Siapa musikus yang memang cocok main politik, Feedies?

Hiburan

Dengerin Nih Kolaborasi Musikus Paling Gokil Tahun Ini

Dini Tiara | 07 September 2017 - 00:17
Dengerin Nih Kolaborasi Musikus Paling Gokil Tahun Ini
Kabar baik nih buat kamu yang suka musik anti-mainstream, musikus favorit kamu rame-rame berkolaborasi. Serunya lagi gak cuma kamu bisa dengerin di panggung doang, tapi ada albumnya. Sebelum kelewatan, intip kolaborasi mereka dalam Urban GiG x Unreleased Project yang kemarin Feedy datengin.
FeedMe.id, JakartaGak ada yang lebih keren dari kolaborasi musikus dari berbagai latar belakang dalam sebuah album. Kamu jadi bisa nikmatin musiknya gak cuma dari atas panggung, tapi dimanapun kamu mau. Apa albumnya dan siapa aja yang terlibat kolaborasi ini?

Urban GiGs x Unreleased Project

Urban GiGs lagi-lagi mengeluarkan proyek seru buat kamu para pecinta musik anti-mainstream, tahun ini Urban GiGs meluncurkan sebuah album yang beda. Isinya kolaborasi antar musikus cutting edge yang gak disangka-sangka. Ada 12 grup musik yang ikut berkolaborasi dalam album yang kamu bisa dapatkan di acara Urban GiGs. Siapa aja yang berkolaborasi? Ada Elephant Kinds x Rock N Roll Mafia, Barasuara X Scaller, Kelompok Penerbang Roket X Kimokal, The Brandals X Agrikulture, Silampukau X The Hydrant, Mocca X Payung Teduh, dan masih banyak lagi.

Buat kamu yang penasaran gimana asiknya kolaborasi mereka, kamu bisa menikmatinya sebentar lagi. Karena Urban GiGs bakal ngadain roadshow keliling beberapa kota, mulai dari Jakarta, Medan, Padang, Pekan Baru, Palembang, Lampung, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, dan Makassar.

Pendatang Baru

Selain para musikus di atas, Urban GiGs juga merangkul musikus pendatang baru dengan membuat album berjudul Sesari Lagu. ?Kami berharap kehadiran SESARI SELAGU akan lebih memacu para generasi muda dan musisi baru untuk terus berkarya serta berpartisipasi dalam ajang seleksi yang kami laksanakan kedepannya. Semoga rangkaian kegiatan UrbanGiGs dapat menjadi sarana sekaligus wadah bagi mereka yang ingin menyalurkan bakat dan kreatifitas mereka di jalur musik Indie? kata Namanda Mandagie, Brand Manager Generation-G. Gimana makin gak sabar nikmatin kolaborasi musik cutting edge yang seru ini? Pantengin terus media sosialnya Urban GiGs di @urbangigs, Feedies.

Gaya

Ini Nih Bedanya Festival Musik di Indonesia dengan Luar Negeri

Bagus Prasetiyo | 05 September 2017 - 16:16
Ini Nih Bedanya Festival Musik di Indonesia dengan Luar Negeri
Kalau kamu kerap nonton festival musik, baik di dalam maupun luar negeri, pasti kamu merasa ada hal yang berbeda. Itu dari amatan penonton, Feedies. Kalau dari kacamata pengisi acara, bagaimana? Tentu ada juga dong bedanya. Sedikitnya, ada tiga hal yang membedakan festival msuik di Indonesia dengan luar negeri. Pasti kamu tahu deh salah satu poinnya apa. Yeap!
FeedMe.id, Jakarta ? Festival musik jadi satu kegiatan yang gak luput dari agenda tahunan sebagian orang, khususnya pecinta musik. Bagi pecinta musik, festival macam ini jadi satu perburuan yang wajib dihadiri. Mau ke ujung dunia pun kalau yang tampil itu musikus kesukaannya, pasti bakal dikejar. Namun ternyata, ada tiga perbedaan yang mencolok banget lho antara festival musik yang digelar di Indonesia dengan di luar negeri, seenggaknya dari kacamata musikus yang mengisi acara. Ini berdasarkan penuturan Stars and Rabbit, musikus Indonesia yang kerap tampil di dalam dan luar negeri, saat ditemui Feedy beberapa waktu lalu. [caption id="attachment_27180" align="aligncenter" width="400"]Foto: Bagus Prasetiyo/FeedMe.id Stars and Rabbit. Foto: Bagus Prasetiyo/FeedMe.id[/caption] Baca juga: Teza Sumendra: Penoton Konser di Indonesia Murah Joget

Manajemen Waktu

Elda Suryani, salah satu personel Stars and Rabbit menuturkan, manajemen waktu jadi hal yang paling krusial dan membedakan festival di Indonesia dan luar negeri. Ia melanjutkan, festival musik di luar negeri itu disiplin banget.
Kalau bilangnya mulai jam segini, ya, mulainya jan segini. Gak ngaret.
Duo asal Yogyakarta yang pernah kena ngaret 3 jam ini berkata, harusnya hal-hal yang gak bisa diprediksi itu bisa diprediksi karena kerap terjadi berulang. Soal macet, misalnya. Jadi, kalau ada satu musikus yang delay, jadwal gak perlu bergerser. Event organizer dan panitia harus bisa mengantisipasinya dan gak merugikan pihak mana pun. Baca juga: Keren! Stars and Rabbit dan GAC Sukses Gebrak Ecoprak

Produksi

Berikutnya adalah perkara produksi. Elda mengatakan, produksi pada festival luar negeri amat memerhatikan detail. Disiplin pun dilakukan dalam hal produksi. Hal-hal kecil gak luput dari perhatian. Dengan begitu, semua pihak mendapat apa yang mereka inginkan. Sementara festival musik dalam negeri kadang suka mengabaikan detail. Baca juga: Pecah! Konser Ini Berkonsep Unik dan Pertama di Indonesia

Melting Point

Adi Widodo, parner Elda menutrukan, hal terpenting lain yang juga jadi pembeda festival musi di dalam dan luar negeri adalah melting point. Ia berkata, meskipun ada ruangan-ruangan khusus bagi para musikus, panitia, dan pengisi acara yang lain, tapi dalam festival luar negeri juga disediakan satu ruangan, semacam living room alias ruang tamu.
Di sana, pengisi acara bisa berkumpul bersama, ngobrol, dan tukaran kartu nama.
Musikus atau anak produksi yang terlibat, ia melanjutkan, bisa saling kenal dan menjalin relasi. Berdasarkan pengalamannya di festival luar negeri, gak ada yang dibeda-bedakan dalam ruangan ini. Semua pengisi acara dari seluruh dunia berkumpul di ruang tamu dan saling berbaur. Baca juga: Romantis! Penari Latar Beyonce Ini Dilamar Saat Konser Tiga hal di atas merupakan tiga hal yang membedakan festival musik di Indonesia dengan luar negeri dari kacamata pengisi acara. Kalau dari segi penonton, apa yang terasa banget perbedaannya, Feedies?

Hiburan

Musikus yang Batal Konser di Indonesia Sejauh Ini

Dini Tiara | 13 August 2017 - 19:26
Musikus yang Batal Konser di Indonesia Sejauh Ini
Sadar gak sih, banyak lho musikus internasional yang akhirnya batal konser di Indonesia. Hmm.. ada apa ya mereka rame-rame batal konser? 2017 belum kelar, dan masih ada beberapa seleb yang rencananya bakal konser di Indonesia. Tapi sebelum tutup tahun, cek deh daftar musikus yang akhirnya batal konser di Indonesia.
FeedMe.id, JakartaLiat seleb favorit kamu bakal konser di Indonesia? Jangan girang dulu, bisa jadi sebulan kemudian malah batal konsernya. Buktinya, beberapa seleb yang jadwalnya konser di Indonesia tahun ini nih. Feedy udah keburu seneng eh malah batal. Siapa aja yang udah batalin konsernya di Indonesia? Cek daftarnya.

Pitbull

feedme-id-pitbull-singer Sayangnya, Pitbull yang dijadwalkan konser di bulan Mei kemarin batal datang ke Indonesia. Pitbull pernah datang dua kali ke Indonesia di 2011 dan 2013, alasan konser ketiganya di Jakarta ini yaa biasa, gak cocok jadwalnya. Klasik.

Banks

feedme-id-banks-konser-batal Penyanyi cewek ini rencananya bakal gelar konser solo perdana di Jakarta bulan Juli lalu. Tapi sayangnya tiba-tiba sebulan sebelumnya Banks membatalkan konser di Jakarta. Sedih gak lo!

Justin Bieber

feedme-id-justin-bieber-2 Lalu ada Justin Bieber di dalam daftar ini. Justin Bieber tiba-tiba membatalkan konsernya di Asia dan beberapa negara di Amerika Utara. Doi ngaku kecapekan dan harus istirahat.

Monsta X

feedme-id-monsta_x_promoting_the_first_asia_fan_meeting_in_bangkok_2017 Boyband asal Korea ini gagal konser di Indonesia untuk yang kedua kalinya. Pertama kali, di bulan Desember 2016 lalu, Monsta X juga "rencananya" bakal konser di Indonesia, eh taunya cuma rencana semata. Masih ada Ed Sheeran, musikus internasional yang rencananya konser di November mendatang. Kita doain aja dia gak bernasib sama kayak seleb-seleb yang Feedy sebut tadi ya!

Feedio

Ini Nih Musikus yang Sukses di Dunia Akting

Dini Tiara | 09 August 2017 - 15:49
Ini Nih Musikus yang Sukses di Dunia Akting
FeedMe.id, JakartaNyanyi sukses, main film juga sukses. Makin kaya aja nih para musikus ini. Bahkan ada yang sampai dapet Oscar dan sekarang

Santai

Tips Nonton Festival Musik Biar Makin Asik

Dini Tiara | 04 August 2017 - 15:54
Tips Nonton Festival Musik Biar Makin Asik
Pertengahan tahun gini jadi awal dari rentetan festival musik nih Feedies. Biar kamu gak rugi dan nonton-nya makin asik, intip tips-tips dari Feedies nih. Bagikan juga ke teman kamu yang baru pertama kali dateng ke festival musik yuk!
FeedMe.id, Jakarta - Beda sama konser biasa, festival musik punya banyak panggung yang diisi sama banyak musikus dalam waktu yang lebih panjang. Biasanya ada panggung utama, tempat musikus yang jadi pentolan buat tampil. Ada juga panggung yang lebih kecil dan berisi musikus pendukung lainnya. Kamu bisa istirahat selesai nonton satu pertunjukkan. Feedy punya tipsnya biar nonton festival musik yang bakal banyak nongol mulai pertengahan sampai akhir tahun supaya makin asik dan maksimal.

Baju Anti Panas

[caption id="attachment_25788" align="aligncenter" width="645"]Nih contohnya Nih contohnya[/caption] Percaya deh, walaupun festival musik yang kamu datengin itu dimulainya malem, pasti bakal tetep panas. Karena pastinya banyak orang, dan kamu gak bisa diem. Dari foto-foto sampe joget sana-sini. Feedy sarankan kamu pake baju yang tipis dan ringan. Gak perlu juga sih pake beha kayak bule-bule di festival luar negeri sana. Yang penting bajunya adem pas dipake keringetan!

Bawa Air Minum

minum air Bawa sebotol air minum di tas kamu, karena harga air mineral di area festival pasti lebih mahal. Cuma agak susah sih ya untuk beberapa acara yang melarang bawa minuman sendiri. Tapi kalau boleh, bawa deh air minum sendiri. Karena pasti aus banget.

Tisu Basah

via GIPHY Ini tisu wajib hukumnya. Selain buat ngelap keringat yang bikin lengket, kamu bisa pakai buat toilet umum. Saking banyaknya orang, pasti toilet udah kayak apa tau bentuknya. Setidaknya kamu bisa lebih bersih kalau bawa tisu basah.

Cek Artis Lain

Meena saat konser di teater yang telah ambruk. Datang ke festival musik cuma mau liat musikus utaman doang? Wah, kamu ngabisin duit aja nih. Cek juga musikus-musikus lain yang manggung di panggung lain yang lebih kecil. Nemuin musik baru di festival musik itu wajib. Siapa tau mereka yang gak manggung di panggung utama bisa bikin kamu jatuh hati. Jangan lagi "rugi" pas datang ke festival musik. Apalagi buat kamu yang baru pertama kali. Yuk bagikan!

Viral

Lima Musikus yang Sukses di Dunia Akting, Pilih Favoritmu!

Dini Tiara | 24 July 2017 - 16:11
Lima Musikus yang Sukses di Dunia Akting, Pilih Favoritmu!
Gak di Indonesia doang, musikus bisa akting dan main film. Di luar negeri sana juga banyak Feedies. Ada sih yang biasa aja, tapi gak sedikit juga yang kualitas aktingnya T.O.P B.G.T. Lima musikus berikut ini contohnya, bahkan salah satunya pernah dapet Oscar! Wuih udah jago nyanyi jago akting, paket komplit!
FeedMe.id, JakartaDitawarin main film padahal bukan aktor? Ambil aja lagi, kali bisa se-hits lima musikus di bawah ini. Jangan pandang sebelah mata sama akting mereka, walaupun awalnya dikenal sebagai penyanyi, kualitas akting para musikus ini oke banget.

Harry Styles

[caption id="attachment_16552" align="aligncenter" width="766"]Foto: harpersbazaar.com Foto: harpersbazaar.com[/caption] Siapa yang gak kenal orang satu ini? Wah kebangetan kamu, mantan Taylor Swift yang populer banget bareng One Direction masuk ke dunia film jadi aktor. Film Dunkirk yang baru aja tayang di bioskop jadi film pertamanya Harry Styles. Menurut Insider, akting Harry Styles layak dikasih jempol!

Justin Timberlake

feedme-id-justin-timberlake-21 Kalau yang satu ini udah gak diragukan lagi ya, Justin Timberlake udah main banyak film dan prestasinya di dunia film dan musik sama-sama patut dikasih jempol. Apa nih film Justin Timberlake favorit kamu Feedies?

Jennifer Hudson

feedme-id-jennifer-hudson Ingat Jennifer Hudson? Doi jebolan ajang American Idol di season ketiga. Walaupun gak menang, karir nyanyi Jennifer Hudson bisa dibilang sukses. Gak cuma nyanyi, Hudson juga sering nongol di film. Film pertamanya, Dreamgirls memberikan Oscar buat akting Hudson sebagai Effie White. Tepuk tangannya mana??!

Mark Wahlberg

feedme-id-mark-wahlberg Percaya atau nggak, Mark Wahlberg dulunya pentolan band bernama Marky Mark and the Funky Bunch. Di tahun 90-an grupnya Mark Wahlberg ini lumayan terkenal lhoi Feedies. Kemudian Mark Wahlberg terjun ke dunia akting lewat tv seri The Subtitute, dan sekarang udah memerankan karakter dalam film-film ternama kayak Ted dan The Fighter.

Ludacris

  Ludacris pernah dapet Grammy buat lagunya, Yeah! dan sekarang aktif juga di film Fast & Furious. Pertama kali, Ludacris muncul di 2 Fast 2 Furious dan sampai sekarang sering muncul di franchise film tersebut.

Feedio

Oh, Ternyata Ini Musikus Idola Para Personel HiVi!

Bagus Prasetiyo | 16 May 2017 - 11:42
Oh, Ternyata Ini Musikus Idola Para Personel HiVi!
FeedMe.id, Jakarta - Hi, Feedies! Dalam sesi #TanyaHiVi, Feedy ngulik-ngulik grup musik yang satu ini nih. Ada salah satu tantangan yang Feedy kasih, yaitu jawab pertanyaan dengan cepat tanpa perlu berpikir lama. Nah, salah satu pertanyaannya adalah siapa musikus idola para personel HiVi. Hmmm, siapa ya idola mereka? Baca juga: "Merakit Perahu" - HiVi (Live on FeedMe.id) Baca juga: Begini Hasilnya kalau HiVi Bikin Mash Up Lagu Dangdut, Penasaran?

Viral

Intip Tiga Festival Musik Seru di Pertengahan Tahun Ini

Dini Tiara | 23 April 2017 - 09:00
Intip Tiga Festival Musik Seru di Pertengahan Tahun Ini
Bulan April bentar lagi kelar, tandanya kamu harus siap-siap buat menyambut festival-festival musik sebentar lagi. Pertengahan tahun dari Mei ke Agustus jadi waktunya festival musik berbagai genre meramaikan Indonesia. Buat yang suka jazz, ada.. yang suka rock ada.. yang suka lagu kekinian? Ada banget. Yuk cek apa yang bisa kamu datengin sebentar lagi.
FeedMe.id, Jakarta - Dari semua bulan dalam setahun, cuma di pertengahan tahun yang rame sama festival musik tahunan. Selain emang pas sama waktu libur setelah lebaran, waktu-waktu ini juga udah dilewati ujian. Cek nih festival musik asik yang bisa kamu datangi.

Hammersonic

feedme-id-hammersonic-2017 Pas banget kan nihabis ujian nonton konser metal. Hammersonic 2017 menghadirkan Megadeth, The Black Dahlia Murder, Northlane dan musisi-musisi dalam negeri seperti Seringai dan Burgerkill. Hammersonic bakal digelari di Ancol tanggal 7 Mei 2017. Harga tiketnya mulai dari Rp 475 ribu buat harga pre-sale. Baca Juga : Empat Festival Musik Paling Populer di Dunia

Melodi Alam

Buat yang lebih kalem, kamu bisa datang ke Melodi Alam yang bakal digelar tanggal 6-7 Mei 2017. Berlokasi di Gunung Pancar, Sentul, Bogor, dengerin musik di Melodi Alam sambil ditemani suasana pegunungan yang dingin bikin adem hati dan pikiran. Kamu bisa dengerin musik dari band indie kayak Tetangga Pak Gesang, Float, Mr. Sonjaya dan lain-lain. Kamu juga bisa sambil kemah dan barbekyu-an kalau beli tiket paket. Harga tiketnya mulai dari Rp 275 ribu.

We The Fest

feedme-id-wtf-2017 WTF bakal diadakan di Agustus tanggal 11-13. Tapi tiketnya udah dijual dari beberapa waktu lalu nih Feedies. Tahun ini bakal ada Kodaline, Yuna, Gnash, Dua Lipa, Daya, Charlie XCX dan duo hip hop grup asal Korea, Epik High. Ini festival buat kamu yang gak lepas dari lagu-lagu top 40 setiap harinya deh. Harga tiket dijual dari Rp 960 ribu. Lebih mahal dari dua festival sebelumnya, tapi kamu bisa nonton artis-artis yang hits dan kekinian banget sekarang. Selain tiga festival di atas, kamu yang tinggal atau berencana ke Bali bisa dateng juga ke Ubud Vilage Jazz Festival di tanggal 11 Agustus. Atau nikmati Jazz Gunung Bromo di tanggal 18-19 Agustus. Pilih festival mana nih Feedies buat tahun ini? Baca Juga : Di Festival Ini Kamu Bisa Makan Testis Hewan Sepuasnya

Hiburan

Film Mulan Gak Dibuat dalam Format Musikal

Dini Tiara | 21 March 2017 - 11:58
Film Mulan Gak Dibuat dalam Format Musikal
Film-film Disney udah dikenal dengan musik-musiknya yang hits. Tapi menurut pengakuan sutradara yang membuat Mulan, film ini gak ada musik atau lagu seru kayak di Beauty and The Beast ataupun Frozen! Wah, bakal kayak apa filmnya ya? Aneh atau malah beda dan seru? Intip wawancara Niki Caro di bawah!
FeedMe.id, Jakarta - Mulan jadi salah satu proyek film live-action Disney yang bakal tayang berikutnya. Seperti film-film lainnya, Feedy udah mengira musik kayak apa yang bakal muncul dalam film Mulan. Tapi sayang, dalam wawancara dengan Moviefone, Niki Caro sang sutradara bilang gak ada lagu-lagu unyu dalam film Mulan! Waduh.

Banyak Berantem

via GIPHY Dalam wawancara, Caro bilang, film Mulan nanti bakal jadi  "big, girly martial arts epic." Walaupun Caro gak menjelaskan secara detail, tapi dari bocorannya, kita bisa ekspektasi kalau film Mulan bakal penuh adegan berantem yang seru Feedies. Beda sama para princess yang sebelumnya udah difilmkan, Mulan memang punya cerita yang lebih historis dan diwarnai dengan adegan-adegan berantem. Mungkin kamu gak akan menemukan kisah menye-menye di film Mulan nanti. Nah begitu ditanya soal rumor kalau Mulan bakal gak ada lagu-lagu kayak dalam format film Disney lainnya, Caro bilang, "no, no songs for now." Hmm, entah karena belum ada penyanyi yang cocok buat proyek film Mulan atau memang ada rencana gak membuat film ini dalam format musikal seperti Beauty and The Beast, Niki Caro gak menjelaskan lebih lanjut. Rencananya, film Mulan bakal dirilis bulan November tahun 2018 mendatang. Kelihatannya masih lama, tapi yakin, tau tau udah tahun baru aja nanti Feedies! Gimana, kamu tertarik nonton cerita princess tangguh yang satu ini? Yuk tebak-tebakan, siapa yang bakal memerankan Mulan di film nanti? Tebakan Feedy ada disini.

Hiburan

Pengaruh Tommy Page pada Perkembangan Industri Musik Dunia

Fahmi Anky | 05 March 2017 - 18:50
Pengaruh Tommy Page pada Perkembangan Industri Musik Dunia
Dunia musik kembali dikagetkan dengan meninggalnya salah satu orang yang berpengaruh di industri musik dunia, Tommy Page. Page dikabarkan menghembuskan nafas terakhir pada usia 46 tahun, Feedies. Kabarnya ia meninggal karena melakukan bunuh diri. Namun, hal tersebut masih menjadi tanda tanya. Satu hal yang pasti, Page berperan cukup besar dalam perkembangan industri musik dunia, lho. Begini nih perannya!
FeedMe.id, Jakarta ? Thomas Alden Page atau yang akrab dengan nama Tommy Page dikabarkan meninggal dunia. Kabar meninggal dunia dari pelantun ?I?ll Be Your Everything? itu muncul di laman Billboard. Page meninggal dunia pada usia 46 tahun. Beberapa rekanan menyebut kematiannya disebabkan karena bunuh diri. Namun, hingga kini kabar tersebut masih simpang siur, Feedies. Page memulai karir sejak usia 16 tahun. Berawal dari sering mengunjungi sebuh klub populer di kawasan New York, ia kerap bertemu dengan Whitney Houston, Rob Lowe, dan Beastie Boys untuk menjadi asisten sementara selama tampil di klub tersebut. Namun, kadang-kadang Page juga memanfaatkan kesempatan itu untuk memperkenalkan sederet demo lagunya.  

Mulai Serius Bermusik

[caption id="attachment_20727" align="aligncenter" width="400"]Foto: Variety Foto: Variety[/caption] Ketika berusia 18 tahun, Page diminta untuk menulis sebuah lagu untuk lagu latar film Shag. Berkat kerja kerasnya itu, ia berhasil merilis debut albumnya yang dirilis lewat Sire/Warner Bros. Lagu-lagunya direkam pada bulan November 1988. Empat lagu yang berhasil itu cukup sukses diterima penikmat musik. Beberapa di antaranya, ?A Zillion Kisses?, ?Turning Me On?, ?I Think I?m in Love?, dan ?A Shoulder to Cry On?. Kemudian karier bermusik Page juga semakin diperhitungkan. Ia merilis sebuah lagu yang diciptakan khusus untuk sang nenek tercinta. Lagu hasil kolaborasi dengan New Kids on the Block berjudul ?I?ll Be Your Everything? dan sempat merajai tangga lagu Amerika.  

Sang Pencetus Billboard

[caption id="attachment_20726" align="aligncenter" width="400"]Foto: ABC News Foto: ABC News[/caption] Rasa cintanya terhadap musik ia dedikasikan kepada salah satu media musik populer, Billboard. Setelah sukses menjalankan tur dunianya bersama New Kids on the Block pada tahun 1990, Page bergabung dengan Warner Bros./Reprise Records. Di sana, Page bertugas sebagai A&R Executive and Vice President. Selama menjalankan tugasnya, ia sukses menelurkan Michael Buble, Alanis Morissette, Josh Groban, David Foster, dan Greenday. Kepada Billboard, Page pernah berkata,
Sepanjang karier bermusikku, aku bermimpi punya lagu/album yang berhasil menjuari Billboard.
Pada tahun 2011, Page keluar dari Warner Bros./Reprise dan bergabung dengan Billboard sebagai associate publiser. Meskipun hanya dua tahun bekerja sebagi seorang publisher di Billboard, kariernya terus merangkak naik. Pada 2013, ia menjabat sebagai vice president di sebuah layanan musik dan radio digital Pandora. Selamat jalan, Page!

Hiburan

Bocoran Java Jazz Festival 2017 dan Musikus yang Wajib Kamu Tonton!

Fahmi Anky | 02 March 2017 - 21:00
Bocoran Java Jazz Festival 2017 dan Musikus yang Wajib Kamu Tonton!
Java Jazz ke-13 kali ini menampilkan 170 shows, 1000 musikus, dan 14 panggung. Bingung mau tonton yang mana? Tenang, Feedy punya rekomendasinya untuk kamu. Karena penampilan musikus lokal kali ini bakal banyak berkolaborasi dengan musikus mancanegara yang pastinya bikin kagum. Gak percaya? Simak konsep kolaborasinya.
FeedMe.id, Jakarta ? Feedy udah sempat bahas fakta menarik seputar ?Java Jazz Festival 2017?. Dari 170 shows, 14 panggung, dan lebih dari 1000 musikus tampil meramaikan Java Jazz ke-13. Dari sekian banyaknya pertunjukan dan musiskus yang tampil. Kamu pasti bakal bingung mau tonton yang mana. Pasalnya tim program Java Jazz gak sembarangan memilih musikus yang tampil pada festival jazz terbesar di dunia. Daripada kamu bingung. Feedy punya rekomendasi musikus yang wajib kamu tonton. Apalagi musikus lokal yang tampil di festival itu bakal menyuguhkan tampilan dengan konsep berbeda lho. Banyak musikus lokal yang berkolaborasi dengan sejumlah musikus prestisius dunia.

Tribute to Whitney Houston

Setiap tahunnya Java Jazz bakal selalu mengusung konsep berbeda untuk para penampilnya. Jika tahun 2015 Java Jazz sempat memeliki konsep ?Tribute to Michael Jackson? dengang menampilkan Shandy Sondoro, Glenn Fredly, dan Marcell. Kali ini, pada perhelatan ?Java Jazz Festival 2017? gilirannya ?Tribute to Whitney Houston?.

A sweet reminder for all of you, y'all surely don't wanna miss this special tribute at @javajazzfest

A post shared by DIRA (@dirasugandi) on

Sederet musikus wanita popoler kebanggaan Tanah Air ikut ambil andil. Beberapa diantaranya Dira Sugandi, Lea Simanjuntak, Kamasean, dan duo eletronik pendatang baru Soundwave. Mereka bakal tampil tanggal 3 Maret di BNI STAGE jam 22.30 WIB.

Endah N' Rhesa X DUADRUM

Duo akustik Endah Widiastuti dan Rhesa Aditya a.k.a Endah N? Rhesa selalu menampilkan konsep dan kualitas musik apik di panggung Java Jazz. Jika sebelumnya berkolaborasi apik dengan Dialog Dini Hari (DDH). Pada kesempatan kali ini, pasangan suami istri itu bakal menampilkan konsep kolaborasi. Duo itu bakal berkolaborasi dengan DUADRUM.
sp; Kolaborasi keduanya menjadi salah satu daya tarik yang sulit untuk dilewatkan. Pasalnya, Endah bilang kalau kolaborasi keduanya hanya akan dilakukan untuk perhelatan ?Java Jazz Festival 2017?. Sedangkan belum ada kepikiran untuk membuat proyek jangka panjang. Endah N? Rhesa sebelumnya sempat ikut ambil andil pada album perdana DUADRUM lewat lagu ?Waktu Tak Terganti?. Musikus lintas genre musik ini bakal membawa atmosfer yang unik dan mengesankan. Yup! Penampilan Endah N? Rhesa memang gak pernah mengecewakan. Kolaborasi Endah N' Rhesa X DUADRUM dapat disaksikan tanggal 5 Maret di Java Jazz Stage jam 17.15 WIB.

Jazz Orchestra of the Concertgebouw Feat. Dira Sugandi

Kemampuan vokal seorang Dira Sugandi udah gak perlu diragukan lagi Feedies. Istri dari Elfa Zulham bakal tampil bersama Jazz Orchestra of the Concertgebouw. Nama Jazz Orchestra of the Concertgebouw menjadi daya tarik yang juga sayang untuk dilewatkan. Apalagi big bang asal Belanda yang dijuluki ?the best, the most versatile, and swingest bid band? kerap kali wara-wiri tampil di belahan dunia dan acara kerajaan.

Perpaduan vokal Dira Suganti yang powerfull dan alunan musik yang megah dari Jazz Orchestra of the Concertgebouw akan memberi warna ?Java Jazz Festival 2017? menjadi lebih ?berkelas?. Sebelumnya, Dira Sugandi sempat berkolaborasi dengan Jason Mraz dan David Foster pada perhelatan Java Jazz. Tampaknya tim program emang tidak asal-asalan memilih kolaborator. Feedy gak sabar tonton kolaborasinya di Tebs Stage jam 18.00 WIB. Untuk pertama kalinya musikus legendaris Indonesia, Iwan Fals tampil di panggung ?Java Jazz Festival 2017?. Kayak apa konsep penampilannya?

Barasuara Feat. Ron King Horn Section

Bersama @indralesmana & @adrakarim.

A post shared by BARASUARA (@barasuara) on

Nama grup musik Barasuara memang sedang berada dipuncak popularitas. Hampir disetiap festival musik selalu menghadirkan nama grup musik yang digawangi oleh Iga Massardi, TJ Kusuma, Gerald Situmorang, Marco Steffiano, Asteriska, dan Puti Chitara. Grup musik yang selalu menulis lirik-lirik dalam bahasa Indonesia akan membawa gebrakan baru di panggung ?Java Jazz Festival 2017. Iga Massardi dan personel Barasuara akan berkolaborasi dengan Ron King Horn Section. Tentunya akan menjadi hal baru untuk Barasuara. Sebelumnya, Sheila On 7 juga sempat berkolaborasi dengan Ron King Horn Section pada perhelatan ?Java Jazz Festival 2015?. Dan kolaborasi keduanya membuat kagum penonton. Penampilan Barasuara Feat. Ron King Horn Section dapat disaksikan tanggal 5 Maret di Hall A1 jam 4 sore. Lalu, apakah kolaborasi Barasuara dengan Ron King Horn Section bakal mengulang kesuksesan yang sama? We?ll see, Feedies.

Iwan Fals Feat. Maurice Brown & Kirk Whalum

Untuk pertama kalinya musikus legendaris, Iwan Fals ambil bagian pada perhelatan Java Jazz. Jujur aja, hal itu bikin Feedy senang sekaligus deg-degan. Pasalnya, Iwan Fals gak cuma nyanyi sendirian lho. Penyanyi berusia 55 tahun itu bakal berkolaborasi dengan Maurice Brown dan Kirk Whallum.

Asik asik! #konserbersihfals Foto oleh: @pritt

A post shared by Virgiawan Listanto (@iwanfals) on

Kebayang dong, gimana bakal keren kolaborasi antara perpaduan suara rock Bang Iwan dengan peraih GRAMMYs untuk musik jazz dan gospel, Maurice Brown dan Kirk Whalum. Kedua musikus mancanegara itu bukan lah nama sembarangan Feedies. Keduanya kerap kali mengerjakan proyek musik dengan musikus populer dunia seperti Whitney Houston, Luther Vandross, Babyface, Dave Koz, CeeLo Green, Musiq Soulchild, dan masih banyak lagi. Penampilan Iwan Fals Feat. Maurice Brown & Kirk Whalum dapat disaksikan di BNI Stage jam 23.30 WIB. See you there, Feedies!  

Hiburan

Musikus Ini Ditemukan Pharrell Williams, Begini Ceritanya

Tabita Makitan | 24 February 2017 - 23:10
Musikus Ini Ditemukan Pharrell Williams, Begini Ceritanya
Maggie Rogers adalah salah satu musikus yang beruntung. Pertama, dia bisa ketemu produser ternama, Pharrell Williams. Kedua, Pharrell suka banget sama gaya musiknya sampai-sampai video pertemuan mereka jadi viral di YouTube. Hmm, apa sih yang membuat Pharell sampai begitu terkesan? Yuk, kita kenalan sama Maggie Rogers dan musiknya!
FeedMe.id, Jakarta - Pertemuan Maggie dan Pharrel Williams bukanlah sebuah kebetulan. Ceritanya, Pharrell mengisi salah satu masterclass di tempat Maggie kuliah. Beberapa mahasiswa yang terpilih diminta mempresentasikan lagu-lagu yang mereka buat dan nantinya akan dikomentari langsung oleh Pharrell. Duh, siapa yang gak deg-degan ya kalau gitu? Tibalah giliran Maggie untuk memperdengarkan lagunya yang berjudul "Alaska". Saat lagu diputar, Pharrell menunjukkan ekspresi terkejut campur kagum. Orang yang melihat jadi penasaran sama komentar Pharrell terhadap musiknya Maggie. Setelah selesai mendengarkan, dia langsung bilang, "Wow" dan menambahkan, "I have zero notes for that and I'll tell you why. You're doing your own thing. It's singular."

Pharell Williams nggak ragu-ragu untuk memuji musiknya Maggie yang sangat unik. Dia sampai nggak bisa membandingkannya dengan yang lain dan nggak punya catatan apapun untuk mengoreksi musiknya. Sejak saat itu, setiap orang yang sudah menonton video masterclass ini nggak sabar untuk menunggu kapan Maggie akan merilis musiknya. Setelah viral, gimana karya Maggie Rogers sekarang?  

Awalnya Viral, Sekarang Sibuk Tur

shout out to independent women everywhere. thank you @spotify !

A post shared by Maggie Rogers (@maggierogers) on

Sebenarnya Maggie Rogers bukanlah seorang musikus dadakan. Sebelum pertemuannya dengan Pharrell Williams, ia adalah seorang pemain banjo yang sudah merilis beberapa EP secara independen. Ia menggambarkan musiknya sebagai gabungan antara folk dan dance. Kalau diperhatikan dalam lagu-lagunya ia banyak juga memasukkan suara-suara dari alam yang membuat musiknya semakin terasa natural. Single pertama yang dia rilis berjudul Alaska. Lagu inilah yang mengantarkannya jadi salah satu musikus indie yang dikenal luas di seluruh Amerika Serikat. Di Spotify, lagu ini sudah didengar sebanyak 27 juta kali.

Rupanya, makin ke sini Maggie Rogers makin membuktikan kalau dia bukan hanya seorang musikus yang pernah memukau Pharrell Williams. Setelah Alaska, Maggie merilis dua single lagi, yaitu "Dog Years dan On + Off". Hal ini berlanjut sampai minggu kedua di bulan Februari ia merilis EP yang berjudul Now That The Light Is Fading. Ada lima lagu di dalamnya yang bisa kamu nikmati, "Color Sing", "Alaska", "On + Off", "Dog Years", dan "Better".

Dan tampaknya fans Maggie Rogers mulai tumbuh pesat bukan hanya di Amerika tapi di Eropa juga. Buktinya, selama sebulan nanti Maggie bakal tur keliling Eropa dan semua tiketnya udah ludes!
Wow! Semoga selanjutnya kita bakal lihat Maggie Rogers ada di panggung-panggung penghargaan musik bergengsi.

Hiburan

Musikus Populer Ini Gak Pernah Bawa Pulang Piala GRAMMYs!

Fahmi Anky | 17 February 2017 - 13:13
Musikus Populer Ini Gak Pernah Bawa Pulang Piala GRAMMYs!
Meskipun ajang penghargaan The 59th Annual Grammy Awards udah selesai digelar. Namun, hingga kini masih banyak cerita menarik seputar ajang penghargaan bergengsi di Amerika bahkan di dunia untuk tetap disimak. Salah satunya, dibalik karya-karya gemilang dan populer musikus yang sering kita dengar. Nyatanya, banyak di antara musikus tersebut gak pernah mambawa pulang piala GRAMMYs lho. Apa alasannya?
FeedMe.id, Jakarta ? Meskipun perhelatan The 59th Annual Grammy Awards telah selesai. Namun, ajang penghargaan musik tertinggi di Amerika bahkan dunia masih menyimpan sejumlah cerita menarik. Salah satunya sederet musikus populer yang belum pernah menyabet piala GRAMMYs. Punya karya bagus dan terkenal bukan menjadi jaminan bisa bawa pulang piala GRAMMYs. Bisa jadi momentum juga menjadi penentu untuk bisa bawa pulang ajang penghargaan yang udah digelar sebanyak 59 kali. Beberapa musikus seperti Bjork hingga One Direction ternyata belum pernah icip piala GRAMMYs lho. Bahkan nama-nama berikut ini juga bikin kamu kaget karena belum sekalipun bawa pulang piala GRAMMYs.

Björk

[caption id="attachment_20114" align="aligncenter" width="766"]Foto: @bjork/Instagram Foto: @bjork/Instagram[/caption] Penyanyi ikonik asal Islandia, Björk ternyata belum sekalipun bawa pulang piala GRAMMYs. Meskipun namanya kerap kali disebut-sebut sebagai ?Ibunda Musik Alternatif? karena kerap kali menghasilkan karya yang mengundang kagum. Nyatanya, hal itu belum berhasil bikin namanya berjaya di ajang GRAMMYs.

Sepanjang karir bermusiknya ia telah mengumpulkan lebih dari 100 penghargaan internasional dan sebanyak 14 kali masuk nominasi GRAMMYs. Björk sering banget masuk nominasi untuk kategori ?Best Music Video? karena kekuatan visualnya yang mumpuni. Bahkan lima album terakhrnya Medúlla, Vespertine, Biophilia, Volta, dan Vulnicura masuk kategori ?Best Alternative Music Album? lho. Meskipun gak pernah menang GRAMMYs, penyanyi berusia 51 tahun itu gak ambil pusing dan terus berkarya.

Nicki Minaj

[caption id="attachment_20115" align="aligncenter" width="766"]Foto: thatgrapejuice.net Foto: thatgrapejuice.net[/caption] Meskipun singlenya kerap kali jadi langganan Billboard Hot 100. Namun, hal itu gak menjamin namanya berjaya di GRAMMYs. Baru-baru ini pelantun ?Anaconda? dinobatkan sebagai salah satu penyanyi wanita terpopuler di Billboard Hot 100. Ia berhasil mengalahkan Taylor Swift, Beyonce, Madonna, Mariah Carey hingga Diana Ross.

Sebanyak 10 kali namanya masuk nominasi GRAMMYs. Namun, gak ada satu pun piala yang jatuh digenggamannya. FYI, ?Queen of Rap? menjadi penyanyi wanita rap pertama yang tampil solo menyanyikan ?Roman Holiday? pada GRAMMYs 2012.

Katy Perry

[caption id="attachment_20116" align="aligncenter" width="766"]Foto: @katyperry/Instagram Foto: @katyperry/Instagram[/caption] Hampir seluruh penikmat musik kenal banget dengan deretan single Katy Perry. Mulai dari ?Hot and Cold? hingga ?Roar?. Bahkan karyanya kerap kali masuk nominasi GRAMMYs. Salah satu alasan gagalnya membawa pulang piala GRAMMYs, karena Ia kerap kali bersaing dengan nominator yang lebih kuat.

Selama hampir tujuh tahun masuk nominasi GRAMMYs. Ia telah mengantongi 13 nominasi. Beberapa nominasi diantaranya ?Album of the Year: Teenage Dream?, ?Record of the Year: Fireworks?, dan ?Song of the Year: Roar?. Selain tiga cewek ini, ternyata pria-pria ini juga belum pernah icip piala GRAMMYs lho.

Justin Bieber

[caption id="attachment_20117" align="aligncenter" width="766"]Foto: @justinbieber/Instagram Foto: @justinbieber/Instagram[/caption] Sejak kemunculannya dengan single ?Baby?, nama Justin Bieber mulai banyak masuk pada daftar nominasi penghargaan bergengsi. Anak didik Usher ini sempat masuk nominasi GRAMMYs sebanyak 7 kali. Meskipun kerap kali menerima banyak penghargaan internasional hingga Guinness World Records. Namun, sebagai solois, Ia belum sekalipun membawa pulang GRAMMYs.

Bieber sempat bawa pulang GRAMMYs tahun 2016 bersama Jack Ü lewat single ?Whe Are Ü Now?. Namun, sebagai seorang solois dengan tingkat popularitas tinggi dan memiliki fanbase yang loyal. Udah sepatutnya seorang Bieber menerima penghargaan bergengsi sekelas GRAMMYs sebagai solois. Bahkan lewat album Purpose, ia meraih empat nominasi dan (kembali) gagal membawa pulang GRAMMYs.

One Direction

[caption id="attachment_20119" align="aligncenter" width="766"]Foto: usmagazine.com Foto: usmagazine.com[/caption] Meskipun saat ini para personelnya tengah sibuk berkarir solo. Namun, boy band yang terbentuk tahun 2010 kerap kali kurang beruntung menghadapi GRAMMYs. Boy band jebolan ?X Factor UK? belum sekalipun masuk nominasi GRAMMYs.

Padahal sederet karyanya sering jadi langganan Billboard Hot 100. Bahkan sederet albumnya seperti ?Take Me Home?, ?Midnight Memories?, dan ?Up All Night? gagal masuk daftar nominasi GRAMMYs. Alsannya, masa perilisan album dan lagu-lagu One Directin sering meleset dari yang dijadwalkan oleh perhitungan GRAMMYs. Karya yang masuk dalam perhitungan GRAMMYs adalah karya yang dirilis di bulan Oktober hingga September. Terkenal bukan jaminan menang penghargaan ya, tapi kalau lagunya enak, gak usah menang apa-apa, pasti tetap didengar. Gimana menurut kamu?

Hiburan

Tiga Musikus Ternama Ini Absen di Grammy 2017!

Fahmi Anky | 06 February 2017 - 14:36
Tiga Musikus Ternama Ini Absen di Grammy 2017!
Ajang peghargaan insan musik tertinggi di Amerika, Grammy Awards 2017 bakal segera hadir dalam waktu dekat. Sederet pengisi acara udah memberikan konfirmasi. Termasuk Chance The Rapper, Strugill Simpson, Gary Clarck, dan Little Big Town. Mereka dipastikan bakal tampil di panggung 59th Grammy Awards. Tapi, ada kabar yang mengecewakan. Justin Bieber, Drake, dan Kanye West memilih absen di GRAMMYs 2017!
FeedMe.id, Jakarta ? Perhelatan Grammy Awards 2017 tinggal seminggu lagi. Sederet musikus dikabarkan bakal menjadi pengisi acara salaha satu ajang penghargaan insan musik bergengsi dunia. Beberapa diantaranya Chance The Rapper, Strugill Simpson, Gary Clark Jr, dan Little Big Town. Selain beberapa nama di atas. Kabarnya Beyonce, Adele, The Weeknd, Ed Sheraan, Bruno Mars, John Legend, Carrie Underwood, Keith Urban dan Rihanna bakal ikutan tampil di ajang penghargaan 59th Grammy Awards. Namun, sederet musikus yang (mungkin) ditunggu penampilannya di Grammy 2017 bakal absen lho. Yup! Justin Bieber, Kanye West, dan Drake memilih gak hadir.

Alasan Bieber, Drake, dan Kanye West Absen di Grammy

[caption id="attachment_19602" align="aligncenter" width="620"]Foto: Billboard.com Foto: Billboard.com[/caption] Panggung Grammy ke-59 dipastikan gak bakal lihat penampilan Drake, Justin Bieber, dan Kanye West. Pasalnya ketiga musikus itu sepakat absen dari panggung Grammy 2017. Dilansir oleh The Sun, salah satu alasan absennya pelantun ?Love Yourself? karena panggung ajang penghargaan tertinggi untuk insan musik Amerika udah bukan menjadi representatif penyayi muda. Padahal tahun ini, mantan kekasih Selena Gomez berhasil mendapatkan empat nominasi Grammy. Berbeda dengan Bieber, mantan kekasih Rihanna malah beralasan karena jadwalnya bentrok dengan rangkaian turnya. Drake memang sedang sibuk promosi album teranyarnya, Views hingga Maret 2017. Tahun ini palantun ?One Dance? berhasil mendapatkan delapan nominasi lho. Sedangkan, musuh bebuyutan Taylor Swift absen karena yakin kalah dengan kulit putih. Hmmm...pasalnya pelantun ?Famous? berhasil mendapatkan tujuh nominasi. Namun dilansir oleh Mirror, suami Kim Kardashian bilang kalau ia ingin hidup tenang. Hal itu cukup beralasan karena sebelumnya, ia sempat mengalami depresi dan dirawat di rumah sakit pasca perampokan yang dialami oleh istrinya. Hmn walaupun tiga nama terkenal ini gak datang, setidaknya kita bisa lihat Adelle, setuju?

Hiburan

Prince Jadi Rebutan Layanan Musik Digital!

Fahmi Anky | 03 February 2017 - 19:43
Prince Jadi Rebutan Layanan Musik Digital!
Layanan musik digital mulai berebut untuk mendapatkan hak siar katalog The Purple One milik Prince. Sebelumnya hak siar secara eksklusif diperoleh oleh Tidal. Namun, pada 12 Februari 2017 hak eksklusif itu bakal berakhir. Makanya beberapa layanan musik digital udah dipastikan bakal segera menerbitkan katalog musik The Purple One dalam waktu dekat. Bahkan ajang Grammy Awards kabarnya tengah mempersiapkan ?Tribute to Prince?.
FeedMe.id, Jakarta ? Penantian panjang penggemar Prince di layanan musik digital bakal berakhir. Yup! Karena beragam alasan mulai dari royaliti hingga izin publikasi, kini layanan musik digital bakal memasukan katalog lagu-lagu Prince. Selama ini kan, hampir dua tahun, katalog lagu-lagu Prince hanya tersedia di Tidal aja, Feedies. Pasca sang legendaris, Prince meninggal pada 21 April 2016 silam, layanan musik digital berburu untuk mendapatkan izin katalog lagu-lagu Prince. Namun sayangnya, Tidal lebih beruntung. Layanan musik milik Jay Z udah lebih dulu mendapatan kontrak eksklusif katalog lagu-lagu musikus asal Amerika itu sebelum meninggal.  

Kontrak Eksklusif Berakhir

[caption id="attachment_19514" align="aligncenter" width="766"]Foto: rollingstone.com Foto: rollingstone[/caption] Dilansir dari Pitchfork, layanan musik sekaligus label rekaman milik Jay Z bakal mengakhiri kontrak eksklusif pengedaran katalog lagu-lagu Prince. Kontrak eksklusifnya bakal berakhir tanggal 12 Februari 2017. Maka dari itu banyak banget layanan musik digital yang berlomba-lomba untuk mendapatkan hak siar katalog lagu-lagu Prince. Sejak Juli 2015, Purple One alias Prince punya kontrak eksklusif dengan Tidal. Padahal sebelumnya katalog Prince sempat tersedia di Spotify. Namun, hak siarnya ditarik kembali. Pihaknya memastikan gak akan memperpanjang kontrak eksklusif dengan Tidal.  

Bakal Tersedia di Layanan Musik Digital

[caption id="attachment_19516" align="aligncenter" width="766"] Foto: usatoday[/caption] Setelah kontrak eksklusifnya dengan Tidal berakhir, katalog lagu-lagu Prince bakal segera hadir di beragam layanan musik digital. Apple Music dan Amazon Music bakal menjadi "rumah" musuk digital baru untuk katalog musik The Purple One. Sedangkan Spotify bakal kembali menarik hak siar The Purple One dalam waktu dekat. Dilansir oleh Billboard, layanan musik digital Spotify sempat mengubah logonya menjadi warna ungu. Kontrak eksklusif The Purple One dengan Tidal yang berakhir pada 12 Februari 2017 bertepatan pula dengan ajang Grammy Awards 2017. Pihak Billboard menyatakan, dalam ajang itu akan tampil sederet penyanyi populer, seperti Rihanna, The Weeknd, dan Bruno Mars untuk memberikan penampilan ?Tribute to Prince?. Namun, hingga kini pihak penyelenggara Grammys belum memberikan pernyataan resmi.

Hiburan

Elton John Terlibat di Musikal The Devil Wears Prada

Fahmi Anky | 02 February 2017 - 18:10
Elton John Terlibat di Musikal The Devil Wears Prada
Film ikonik ?The Devil Wears Prada? yang dibintangi oleh Merryl Streep dan Anna Hathaway bakal diadaptasi ke drama panggung musikal. Bahkan Elton John dipastikan ikut terlbat pada proses produksinya. Fox Stage Productions juga bilang selain Elton John bakal ada Paul Rudnick yang ikut mengulik-ulik musiknya.
FeedMe.id, Jakarta ? Film ?The Devill Wears Prada? yang sukses dirilis tahun 2006 bakal diadaptasi ke panggung Broadway. Film yang diangkat dari novel laris Lauren Weisberger sukses menjadi salah satu film ikonik kekinian. Bahkan kabarnya Elton John dipastikan terlibat pada proses produksinya. Film arahan sutradara David Frankel sempat memperoleh dua nominasi piala Oscar untuk kategori ?Best Actress: Meryl Streep? dan ?Best Achievement in Costume Design?. Dilansir oleh US Magazine, film ini merupakan pengalaman pribadi sang penulis novel, Lauren Weisbeger. Lauren Weisbeger dipercaya untuk menjadi asisten Anna Wintour, Editor in Chief majalah Vogue. ?The Devil Wears Prada? menampilkan bintang utama seperti Anne Hathaway dan Meryl Streep.

Elton John Terlibat Proses Produksi

[caption id="attachment_19424" align="aligncenter" width="766"]Foto: towleroad.com Foto: towleroad.com[/caption] Fox Stage Productions telah mengumumkan kalau Elton John dan Paul Rudnick bakal terlibat pada proses produksi ?The Devil Wears Prada? versi broadway. Penyanyi berusia 69 tahun, bakal bertugas mengulik urusan musik. Dilansir oleh The Guardian, hal itu disampaikan oleh Fox Stage Productions lewat press release per tanggal 26 Januari.
Re-imagining The Devil Wears Prada for the musical theatre is super exciting. I?m a huge fan of both the books and the feature film, and a huge aficionado of the fashion world. I can?t wait to sink my musical teeth into this hunk of popular culture, ujar pelantun ?Your Song? dalam memberikan keterangan press, sepertiyang dikutip oleh The Guardian.
Penyanyi asal Inggris itu gak sabar untuk mulai mengerjakan proyek terbarunya. Apalagi ia bakal bekerja sama dengan salah satu sahabatnya, Paul Rudnick. Paul Rudnick emang populer sebagai penggubah musik adaptasi Broadway.

Bukan Proyek Broadway Pertama

[caption id="attachment_19425" align="aligncenter" width="766"]Foto: newsweek.com Foto: newsweek.com[/caption] Kualitas musik Elton John gak perlu diragukan lagi Feedies. Musikus asal Inggris itu telah melahirkan banyak karya musik sukses dipenjuru dunia. Bahkan ia merupakan salah satu musikus tersukses dengan penjualan album mencapai lebih dari 300 juta unit di seluruh dunia. FYI, proyek drama panggung musikal ?The Devil Wears Prada? bukan proyeknya yang pertama lho.

Sebelumnya, peraih Piala Oscar tahun 1995 untuk kategori ?Best Original Song: Can You Feel the Love Tonight? sempat mengerjakan musik untuk adaptasi broadway ?The Lion King?, ?Billy Elliot?, dan ?Aida?. Hingga kini, belum muncul nama aktor dan aktris yang terlibat dalam adaptasi drama panggung musikal ?The Devil Wears Prada?. Gak sabar lihat hasil akhirnya nih!

Hiburan

Ternyata, Musikus Populer Ini Gak Pernah Jadi Jawara Versi Billboard

Fahmi Anky | 26 January 2017 - 18:15
Ternyata, Musikus Populer Ini Gak Pernah Jadi Jawara Versi Billboard
Nama populer dan punya banyak penggemar belum tentu jadi jaminan masuk jajaran Billboard Hot 100 teratas. Ada beberapa penilaian dari Billboard yang mungkin masih belum bisa diraih oleh beberapa musisi yang belum sempat icip peringkat pertama di Billboard Hot 100. Lalu musikus mana aja yang gak pernah icip posisi tertinggi Billboard Hot 100?
FeedMe.id, Jakarta ? Nama populer dan karya musik yang digemari banyak orang belum tentu jadi jaminan masuk jajaran Billboard Hot 100 teratas. Ada beberapa penilaian dari Billboard yang mungkin masih belum bisa diraih oleh beberapa musisi yang belum sempat icip peringkat pertama di Billboard Hot 100. Yang menarik, Ed Sheeran kembali ke industri musik dengan mengeluarkan dua single sekaligus seperti ?Castle on the Hill? dan ?Shape of You? dan kedua single-nya berhasil menempati peringkat 10 besar Billboard Hot 100. Bahkan ?Shape of You? berhasil menempati peringkat pertama lho. Namun, sederet musikus ini belum pernah menempati peringkat pertama Billboard Hot 100. Padahal lagu-lagu mereka banyak yang tau. Bahkan rangkaian tur dunianya juga sukses besar. Siapa aja mereka?

Fifth Harmony

[caption id="attachment_19047" align="aligncenter" width="766"]Foto: @fifthharmony/Instagram Foto: @fifthharmony/Instagram[/caption] Jebolan The X Factor US 2012, disebut-sebut sebagai girl group asal Amerika yang sukses. Karya musik mereka mudah diterima oleh pendengarnya. Bahkan salah satu singlenya ?Work from Home? berhasil menempati peringkat ke-4 Billboard Hot 100.

Kritikus musik menyebut, Fifth Harmony jelmaan Destiny?s Child yang sukses sebagai girl group asal Amerika. Meskipun telah ditinggal oleh salah satu personelnya, Camila Cabello. Fifth Harmony masih menunjukkan eksistensinya dengan tampil perdana kuartet di ajang penghargaan People?s Choice Awards 2017.

Selena Gomez

[caption id="attachment_19048" align="aligncenter" width="755"]Foto: @selenagomez/Instagram Foto: @selenagomez/Instagram[/caption] Sejak merilis album solo studio kedua Revival. Mantan kekasih Justin Bieber, sukses merilis single demi single. Bahkan lagu-lagunya berhasil menempati peringka 10 besar Billboard Hot 100. Sebut aja lagu ?Good For You? (#5), ?Same Old Love? (#5), dan ?Hands to Myself? (#7).

FYI, Selena Gomez udah jadi langganan Billboard Hot 100 sejak tahun 2009. Namun, karya musiknya belum pernah menempati peringkat pertama Billboard Hot 100. Kabarnya, ia bakal segera merilis lagu baru dalam waktu dekat. Jadi, sepanjang tahun 2017, Selena masih ada peluang untuk menempati peringkat pertama Billboard Hot 100.

Diplo

[caption id="attachment_19049" align="aligncenter" width="760"]Foto: @diplo/Instagram Foto: @diplo/Instagram[/caption] Thomas Wesley Pentz a.k.a Diplo dikenal sebagai salah satu DJ bertangan dingin yang kerap kali menciptakan hits untuk penyanyi populer. Ia juga bikin kolaborasi musik dengan Skrillex dan Jack U. Diplo kerap kali berada dibalik layar pembuatan lagu dan berkolaborasi dengan Gwen Stefani, M.I.A, Britney Spears, Madonna, Shakira, Beyonce, No Doubt, Justin Bieber, Usher, Ellie Goulding, Sean Paul, hingga penyanyi Korea CL dan G-Dragon.

Proyek kolaborasinya kerap kali langganan masuk Billboarg Hot 100. Sebut aja kayak lagu ?Paper Planes? milik M.I.A menempati peringkat ke-8. ?Lean On? berada di peringkat ke-4, dan yang terbaru ?Cold Water? berada di peringkat ke-2.  

Nicki Minaj

[caption id="attachment_19050" align="aligncenter" width="698"]Foto: @nickiminaj Foto: @nickiminaj/Instagram[/caption] Nicki Minaj menjadi salah satu musisi yang paling banyak menyumbang hit. Tercatat ada 70 single Minaj yang berada di Billboard Hot 100. Penyanyi asal Amerika itu udah merilis tiga album. Album teranyarnya berjudul Pinkprint dirilis tahun 2014. Lewat album itu ia merilis ?Anaconda? dan sukses menempati peringkat ke-2 Billboard Hot 100.

Tahun ini, ia masih memiliki kesempatan untuk berada diperingkat pertama bersama Ariana Grande, lewat single-nya ?Side to Side?.

Ariana Grande

[caption id="attachment_19051" align="aligncenter" width="724"]Foto: @arianagrande/Instagram Foto: @arianagrande/Instagram[/caption] Ariana Grande mulai dikenal di industri musik pertama kali saat berkolaborasai dengan Mika. Keduanya sukses mempopulerkan lagu ?Popular Song?. Ariana Grande diketahui udah menyumbang delapan lagu di Billboard Hot 100. Lagu terbarunya yang juga hasil kolaborasi dengan Nicki Minaj hanya mampu bertahan diperingkat ke-4 Billboard Hot 100.

Sedangkan posisi puncaknya berada di peringkat ke-2 yaitu lagu ?Problem? yang juga hasil kolaborasi dengan rapper asal Australia, Iggy Azalea. Namun, Ari sepertinya masih punya peluang untuk meraih tahta tertinggi di Billboard Hot 100. Pasalnya, ia bakal merilis lagu ?Everyday? yang diambil dari album teranyarnya, Dangerous Woman. Let?s see!

Hiburan

Ternyata, Musikus Luar dan Lokal Ini Punya Kemiripan, Lho!

Fahmi Anky | 13 January 2017 - 11:29
Ternyata, Musikus Luar dan Lokal Ini Punya Kemiripan, Lho!
Feedy, kira-kira lagu apa yang paling sering kamu dengar. Nah, beberapa hari lalau Feedy sempat iseng untuk ngedengerin lagu nih. Tanpa sengaja ada beberapa kemiripan antara lagu lokal dengan lagu internasional. Mirip yang dimaksud bukan jiplak ya. Melainkan mengarah pada judul lagunya, lho. Ternyata ada beberapa kemiripan judul lagu dari musikus lokal dan internasional. Dijamin bisa bikin kamu ngakak! 
FeedMe.id, Jakarta ? Suka dengerin  lagu? Coba cek playlist kamu. Kira-kira lagu apa yang paling sering kamu dengar. Nah, beberapa hari lalau Feedy sempat iseng untuk ngedengerin lagu. Tanpa sengaja ada beberapa kemiripan antara lagu lokal dengan lagu internasional. Kemiripan itu mengarah kepada judul lagunya sih. Entah pencipta lagu internasional yang meniru judul lagu milik musikus dalam negeri atau sebaliknya. Beberapa lagu berikut ini kayaknya masih suka kamu dengar deh.  

Kodaline vs Radja

feedme-id-radja_kodaline Masih ingat gaya khas vokalis band dengan kaca mata hitam, rambut setengah pirang dan belah tengah? Yup! Radja sempat populer di tengah musik ber-genre melayu dan menggerayangi pasar musik Tanah Air beberapa tahun silam. Ian Kasela, Moldy, Odjie, dan Vidie sempat membawakan hits berjudul ?Jujur?. Lagu itu sendiri dirilis pada 2004.

Entah band asal Irlandia, Kodaline yang meniru dan ngefans dengan Radja, yang jelas Kodaline sempat merilis lagu berjudul ?Honest? tahun 2015. Lagu itu juga sempat dibawakan saat mereka tampil pada sebuah festival musik di Indonesia.  

Michael Buble vs D?Bagindas

feedme-id-dbagindas_buble Penyanyi Jazz asal Kanada yang sukses memperoleh empat Grammys ini sempat mempopulerkan lagu ?L.O.V.E?. Meskipun lagu itu merupakan lagu yang telah di aransemen ulang dari penyanyi aslinya Nat King Cole (1964). Ternyata, lagu yang telah dirilis pada 2007 itu sukses merajai tangga lagu Billboard.

Gak mau kalah dengan seniornya, d'Badindas, band beraliran musik pop melayu itu merilis hits single ?C.I.N.T.A?. Lupa yang mana lagunya? Begini potongan reffnya, ?bertahan satu cinta, bertahan satu C.I.N.T.A. Bertahan satu cinta, bertahan satu C.I.N.T.A?. Lagu yang dirilis pada 2010 itu kemudian banyak diaransemen ulang oleh penyanyi Tanah Air lainnya.  

Bon Jovi vs Virzha

feedme-id-bon-jovi_virzha Band rock legendaris era ?80an, Bon Jovi, sempat memberikan sentuhan baru untuk musik rock dunia. Bon Jovi dan personel lainnya sempat mempopulerkan lagu ?I?m Your Man? yang telah dirilis tahun 2015. Lagu itu menceritakan tentang perjuangan seorang lelaki untuk pujaan hatinya.

Ada hubungan apa Bon Jovi dan Virzha? Mereka duet? Bukan. Jebolan Indonesian Idol seri kedelapan itu sempat merilis single bertajuk ?Aku Lelakimu?. Lagu itu terdapat pada album perdananya berjudul Satu yang dirilis bulan Februari 2015.  

Bruno Mars vs Doel Sumbang

FeedMe.id-Doel Sumbang x Bruno Mars Generasi ?90-an pastinya gak asing dengan lagu ?Kalau Bulan Bisa Ngomong?. Lagu yang dipupulerkan oleh Doel Sumbang ini menjadi salah satu daftar lagu yang wajib dinyanyikan saat berkumpul dengan temang-teman. Pasalnya lagu itu sangat populer dan kamu gak bakal dianggap kekinian kalau gak hafal liriknya.

Ternyata ada kemiripan antara Doel Sumbang dan Bruno Mars. Wuih....ternyata penyanyi asal Amerika itu bikin lagu dengan judul yang sama dalam versi bahasa Inggrisnya yang berjudul ?Talking to the Moon?. Lagu itu dirilis tahun 2010 dan sempat merajai tangga lagu Brazil Billboard Hot 100 Airplay dan Brazil Billboard Hot Pop Songs. Hmmm, kalau mereka pada duet gimana jadinya? Seru dong ya pastinya. Kamu suka sama yang mana nih, Feedies?

Hiburan

Wow, Video Musik Justin Bieber Ditonton Miliaran Kali!

Fahmi Anky | 01 January 2017 - 00:32
Wow, Video Musik Justin Bieber Ditonton Miliaran Kali!
Feedies, baru-baru ini, Justin Bieber baru aja dinobatkan sebagai ?Top Artist of the Year?. Vevo mengukuhkan Bieber sebagai artis paling ngetop lewat akun Twitter resminya. Bieber berhasil mengungguli penyanyi populer lainnya dengan meraih 6,3 miliar youtuber. Bieber baru aja menyelesaikan ?Purpose World Tour? akhir November 2016. Namun, ia masih akan melanjutkan tur dunianya pada bulan Februari 2017. Videoklip Bieber mana sajakah yang berhasil dilihat lebih dari 1 miliar kali?
FeedMe.id, Jakarta ? Justin Bieber baru aja dinobatkan sebagai ?Top Artist of the Year? versi Vevo. Ia berhasil mengungguli Adele, Beyonce, Taylor Swift, dan Drake. Bieber dan Belibers pastinya senang dengan gelar tersebut. Hingga bulan September 2017, mantan kekasih Selena Gomez masih sibuk menjalankan ?Purpose World Tour?. Total keuntungan ?Purpose World Tour? hingga akhir November 2016 sekitar US$2,4 million (Rp 32 miliar). Nmaun, ia masih harus menyelesaikan sisa ?Purpose World Tour? di 38 kota kawasan Eropa dan Australia hingga bulan September 2017. Menjelang akhir tahun 2016, video musik milik Justin Bieber berhasil ditonton lebih dari 6,3 miliar. Dilansir oleh Aceshowbiz, Vevo menobatkan pelantun yang populer dengan hits single ?Baby? tanggal 23 Desember lewat akun Twitter resminya. Bahkan sang manajer, Scooter Braun menyambut kabar baik dari Vevo. Berikut daftar video musik Bieber yang ditonton lebih dari 1 miliar kali.

Love Yourself

Dirilis tanggal 14 November 2015, ?Love Yourself? merupakan single ketiga dari album studio keempat Bieber, Purpose. Single yang dirilis tanggal 9 November 2015 berhasil menempati peringat pertama tangga lagu Billboard Hot 100 dan UK Single Chart. Bieber menciptakan lagu ?Love Yourself? dan dibantu oleh Ed Sheeran dan Benny Blanco. Lewat lagu itu juga Bieber meraih dua nominasi Grammys sebagai ?Song of the Year? dan ?Best Pop Solo Perfomance?. Hingga kini, videoklip ?Love Yourself? berhasil ditonton lebih dari 1 miliar kali.

What Do You Mean

?What Do You Mean? merupakan lagu kolaborasi antara Bieber, Def Jam, Jason ?Poo Bear Byod, dan Mason Levy. Single perdana mantan kekasih Selena Gomez dari album keempat Purpose, dirilis tanggal 28 Agustus. Lagu yang kental dengan unsur pop dan tropical house ini masuk dalam jajaran best songs of 2015. Bahkan, singlenya berhasil membawa Bieber untuk pertama kali mencicipi jawara Billboard Hot 100. Videoklipnya diperankan oleh aktor populer, John Leguizamo. Hingga kini videoklip ?What Do You Mean? berhasil ditonton lebih dari 1,4 miliar kali. Videoklip yang satu ini masih diambil dari album keempatnya, Purpose. Bahkan jumlahnya hampir sejajar dengan jumlah penonton videoklip ?Gangnam Style? milik PSY.

Sorry

Single kedua ?Sorry? diambil dari album keempat Purpose ditulis oleh Julia Michaels, Justin Tranter, Sonny Moore, Michael Tucker, dan Bieber. Lagu itu juga diproduseri oleh Skrillex dan Blood. Lagu yang mengisahkan tentang permohonan maaf seorang kekasih dan meminta untuk diberikan kesempatan kedua. Berkat lagu ?Sorry? Bieber berhasil menempati peringkat pertama Billboard Hot 100. Lewat lagu ini pula, menggantikan single ?Love Yourself? yang turun diperingkat ke-3. Video klip ini dirilis tanggal 22 Oktober 2015. Ia berkolaborasi dengan Scott ?Scooter? Braun dan Paris Goebel sebagai produser. Tidak seperti videoklip Bieber sebelumnya, video ?Sorry? justru hanya menampilkan barisan penari latar perempuan yang dipimpin oleh Lauren Hudson Petrilli. Hingga kini videoklip ?Sorry? berhasil ditonton lebih dari 2,1 miliar Youtuber.

Hiburan

Mariah Carey atau Justin Bieber Video Musik Natalnya Paling Populer?

Fahmi Anky | 31 December 2016 - 23:20
Mariah Carey atau Justin Bieber Video Musik Natalnya Paling Populer?
Meskipun Hari Natal udah lewat, Namun, suasana bahagia dan gembira dapat kembali berkumpul dengan orang-orang yang dicintai masih membekas. Bahkan suasananya pun masih terasa. Baru-baru ini, YouTube merilis video musik Natal yang paling banyak ditonton oleh youtuber. Mariah Carey dan Justin Bieber mendominasi peringkat lima besarnya lho. Kira-kira video musik Natal siapa yang paling populer antara Mariah Carey dan Justin Bieber?
FeedMe.id, Jakarta ? Selamat Hari Natal untuk Feedies yang merayakannya! Masih dalam suasana perayaan Natal dan liburan. Baru-baru ini YouTube merilis video musik Natal yang paling banyak ditonton. Mariah Carey dan Justin Bieber mendominasi peringkat lima besarnya lho. Grup akapela seperti Pentatonix juga mengisi daftar peringkat video lagu Natal yang paling ditonton versi YouTube. Berikut lima video lagu Natal yang paling banyak ditonton.

?Little Drummer Boy? Pentatonix

 

PTX sukses merilis?Little Drummer Boy? tanggal 19 November 2013. Lagu itu berhasil menempati peringkat ke-2 Billboard Streaming Song dan peringkat pertama Billboard Holiday 100. Saking suksesnya, ?Little Drummer Boy? berhasil mendapatkan Billboard Awards. Bukan hanya itu aja, lagu ?Little Drummer Boy? berhasil masuk kembali di tangga lagu Billboard tahun 2014. Hingga kini videonya sudah ditonton lebih dari 117 juta kali.

?All I Want For Christmas is You? Justin Bieber And Mariah Carey

 

?All I Want For Christmas is You? pertama kali dipopulerkan oleh diva pop dunia, Mariah Carey. Tahun 1994, pelantun ?I Stay In Love? merilis lagu yang dicipakannya bersama Walter Afanasieff. Untuk pertama kalinya, Mariah Carey membuat lagu dan album khusus untuk musim liburan Natal yang berjudul, Merry Christmas. Setelah sukses membawakan versi lawasnya, ia menggandeng penyanyi muda, Justin Bieber. Bahkan lagu Christmas andalannya juga ada dalam album Natal Bieber berjudul Under the Mistletoe. ?All I Want For Christmas is You? versi duet dengan mantan kekasih Selena Gomez ini sudah ditonton 131 juta kali.

?Last Christmas? Wham!

 

Lagu lawas yang masih menjadi ?primadona? saat perayaan Natal yakni ?Last Christmas? yang dipopulerkan oleh duo asal Inggris, Wham! Duo yang sukses era tahun ?80-an digawangi oleh George Michael dan Andrew Ridgeley. ?Last Christmas? sukses dirilis tanggal 3 Desember 1984 dan hingga kini banyak penyanyi populer dunia yang doyan cover lagunya. Ashley Tisdale dan Carly Rae Jepsen juga sempat bikin aransemen ulang lagu ?Last Christmas? lho. Gak heran videonya diputar 232 juta kali. Penasaran siapa yang ada diperingkat ke-2 dan pertama video musik Natal paling banyak ditonton versi YouTube?

?All I Want For Christmas is You? Mariah Carey

Untuk pertama kalinya Queen of Pop Mariah Carey bikin album dan lagu bertema Natal dan liburan. Tanggal 1 November 1994, mantan kekasih Eminem ini merilis lagu ?All I Want For Christmas is You?. Lagu ?All I Want For Christmas is You? yang bertempo up-beat banyak menggunakan backing vocals. Lirik lagunya juga cukup nyeleneh. Secara umum, liriknya mengisahkan seorang perempuan yang gak butuh hadiah dan lampu Natal. Satu-satunya yang diinginkan hanya bertemu dengan pria yang dicintainya. Pada video musik ?All I Want For Christmas is You?, Mariah Carey kabur bersama anjingnya dan keluarganya untuk menikmati liburan akhir tahun. Carey juga tampil mengenakan kostum Sinterklas yang sedang bermain-main di lereng gunung bersalju. Video musiknya berhasil ditonton lebih dari 275 juta kali.

?Mistletoe? Justin Bieber

?Mistletoe? merupakan single kedua dari album studio kedua, Under the Mistletoe. Penyanyi asal Kanada, Justin Bieber merilis album studio keduanya tanggal 17 Oktober 2011. Lagu ber-genre pop dan R&B terinpirasi dari musik reggae. ?Mistletoe? juga mendapatkan respon positif dari kritikus musik dunia. Video musiknya digarap oleh Roman White mengusung tema musim Natal dan liburan ditengah-tengah musim salju. Bieber menyanyikan lagu ?Mistletoe? pertama kali saat menggelar ?My World Tour? tanggal 6 Oktober 2011 di Stadium Olympic, Rio de Janeiro, Brazil. Bahkan, mantan kekasih Selena Gomez mengatakan, ?I?m really excited. [The song is] really catchy. I know all y fans are going to love it. It?s something that I feel like they?re going to be singing every Christmas.? Hingga kini video ini sudah dilihat 267 juta kali.

Hiburan

Lima Karya Musik Terbaik George Micahel ala Feedy

Fahmi Anky | 29 December 2016 - 14:49
Lima Karya Musik Terbaik George Micahel ala Feedy
George Michael, bintang pop era ?80-an hingga ?90-an tutup usia di umur yang terbilang muda, yakni 53 tahun. Mantan personel duo pop asal Inggris Wham! itu mulai naik daun saat kemunculan MTV pertama kali di tahun ?90-an. Berkat cita rasa musiknya yang kuat, nama George Michael semakin berkibar dan disejajarkan dengan Prince, Michael Jacsok, Madonna, Elton John hingga David Bowie. Untuk mengenang karya-karya Michael, Feedy bakal kasih tau lima karya musik terbaik darinya.
FeedMe.id, Jakarta ? Hingga kini ucapan belasungkawa masih terus mengalir untuk mendiang George Michael. Pop star era ?80-an hingga ?90-an itu tutup usia di umur yang masih muda, yakni 53 tahun. Jauh sebelun era "anak nongkrong" muncul, Michael udah lebih dulu populer bersama rekan duetnya, Andrew Ridgely. Keduanya berkolaborasi membentuk duo pop Wham! dan menghasilnya hith single ?Last Christmas?. Karier Wham! semakin berkibar pasca merilis album Faith tahun 1987. Album tersebut merajai chart dunia. Bahkan lagu-lagunya sukses mendominasi tangga lagu Billboard Hot 100. Meskipun secara terbuka penyanyi asal Inggris mengaku sebagai gay, tapi gak bisa dipungkiri cita rasa musik Michael justru semakin dicintai. Pada saat itu, gak banyak musikus yang berani dan sukses menulis lagu mengenai human condition. Nama George Michael semakin berkibar dan disejajarkan dengan Prince, Michael Jacsok, Madonna, Elton John hingga David Bowie. Bahkan karakter musiknya semakin kuat dan meyakinkan. Feedy bakal ngasih tau lima karya musik terbaik dari George Michael.  

I Want Your Sex

Lagu ?I Want Your Sex? dirilis pertama kali 1 Juni 1987. Lagu fenomenal ini terdapat di album Faith. Bukan hanya lagu dan video musiknya yang banyak dikritik karena banyak berbicara soal seks. Namun, saking fenomenalnya banyak penikmat musik menyukai lagu itu. Hingga akhirnya, lagu yang diciptakan dan diproduseri oleh George Michael dibagi menjadi tiga bagian tiga kali lho. Bagian pertama berdurasi 4 menit 44 detik,  bagian kedua berdurasi 4 menit 38 detik, dan bagian ketiga berdurasi 3 menit 48 detik. Bukan hanya itu aja, ?I Want Your Sex? menjadi lagu latar film Beverly Hills Cop II. Meneriknya, meskipun ?I Want Your Sex? sukses, tapi Michael gak pernah membawakan lagu itu sejak Faith World Tour.  

Last Christmas

Bisa dikatakan kalau "Last Christmas" menjadi lagu Natal yang paling sukses. Kala itu George Michael menciptakan lagu "Last Christmas" untuk dinyanyikan bersama rekan duetnya Andrew Ridgeley. Lagu yang dirilis 3 Desember 1984 itu hingga kini banyak di-cover oleh penyanyi populer dunia. Mulai dari Whigfield, Billie Piper, Hillary Duff, Ashley Tisdale, Carly Rae Jepsen hingga Ariana Grande ikut mengaransemen ulang lagu tersebut.  

Freedom '90

Solois asal Inggris itu sengaja menambahkan ?90? untuk membedakan single ?Freedom? milik Wham!. "Freedom '90" merupakan single ketiga dari album Listen Without Prejudice Vol. 1. Lagu "Freedom '90" sempat dibawakan oleh Michael saat tampil dalam penutupan Olimpiade London 2012. Bukan hanya itu aja, "Freedom '90" juga berhasil menembus peringkat ke-8 Billboard Hot 100 dan terjual lebih dari 500 ribu unit di Amerika.  

Careless Whisper

Lagu ?Careless Whisper? merupakan lagu yang gak pernah absen dibawakan oleh George Michael. Kala itu, ?Careless Whisper? ditulis oleh Michael dan Andrew Ridgeley. Lagu itu itu menjadi lagu solo perdana Michael pasca hengkang dari Wham!. ?Careless Whisper? sukses merajai tangga lagu lebih dari 25 negara dan terjual lebih dari 6 juta unit di seluruh dunia. Berkat lagu itu, ia berhasil meraih Awit Awards untuk kategori "Lagu Yang Paling Banyak Diunduh".  

Faith

Lagu yang dipopulerkan oleh George Michael dirilis tanggal 12 Oktober 1987 ini menjadi debut solo Michael. Selain single, ia juga merilis album solo dengan judul yang sama. Bahkan keseluruhan materi album Faith diproduseri olehnya. ?Faith? berhasil menembus peringkat pertama tangga lagu Billboard Hot 100 dan peringkat kedua UK Singles Chart. Bukan cuma itu, "Faith" juga berhasil mendapatkan nominasi sebagai "International Single of the Year" versi Juno Awards 1989 dan "Best Art Direction in a Video" versi MTV Video Music Awards 1988. Bahkan album Faith berhasil meraih "Album of the Year" versi Grammy Awards 1989. Dari semua karya-karya George Michael di atas, mana yang paling berkesan buatmu?

Hiburan

Video Musik Kontemporer dari Tulus Berjaya di Piala Maya

Fahmi Anky | 23 December 2016 - 21:20
Video Musik Kontemporer dari Tulus Berjaya di Piala Maya
Tulus kembali raih penghargaan Feedies. Kali ini ia berhasil mendapatkan penghargaan dari Piala Maya. Untuk pertama kalinya Piala Maya mengapresiasi karya non-film. Tulus berhasil membawa Piala Maya untuk kategori ?Videoklip Musik Terpilih?. Ia berhasil unggul dari Raisa, G.A.C., Maliq N D?Essentials, dan Endah N Rhesa. Kayak apa info selengkapnya, klik halaman selanjutnya Feedies.
FeedMe.id, Jakarta ? Tahun 2016 bisa dibilang sebagai tahun keberuntungan Tulus. Setelah sukses membawa pulang piala bergengsi dari Anugerah Musik Indonesia sebagai ?Artis Solo Pria Pop Terbaik?, dan penyanyi paling populer versi Feedy. Kini giliran membawa pulang Piala Maya. Tulus menjadi pemenang pertama kategori ?Videoklip Musik Terpilih. Untuk pertama kalinya, Piala Maya memberikan penghargaan khusus untuk kategori non-film. Berkat album studio ketiganya Monokrom, Tulus meraih banyak kesuksesan. Lewat single ?Pamit? dan ?Ruang Sendiri? ia berhasil ungguli Glenn Fredly, Afgan, dan Anji sebagai penyanyi pria paling populer sepanjang tahun 2016. Bahkan untuk pertama kalinya, alumni arsitek Universitas Parahyangan Bandung, sukses menggelar konser di San Fransisco.

Raih Piala Maya Pertama

Piala Maya 2016 punya kategori baru yang bernama ?Videoklip Musik Terpilih?. Ada lima video musik terpilih antara lain ?Raisa: Kali Kedua?, ?Maliq & D?Essentials: Mendekat Melihat Mendengar?, ?Endah N Rhesa: Ruang Bahagia?, ?G.A.C. ? Cinta? dan ?Tulus: Ruang Sendiri?. Piala Maya sengaja menghadirkan kategori baru, karena ingin mengapresiasi karya non-film terutama video musik.
Tulus berhasil ungguli keempat nominator lainnya. Video musik ?Ruang Sendiri? digarap oleh Galih Mulya Nugraha. Video musik ?Ruang Sendiri? di unggah via YouTube sejak tanggal 28 Juli 2016. Hingga kini vido musiknya udah ditonton lebih dari 8 juta youtuber. Video musik Tulus memang selalu punya konsep unik dan gak terduga Feedies. Pada video musik ?Ruang Sendiri? ia menggandeng seniman kontemporer asal Kota Solo, Melati Suryodarmo.

Konsep Video Musik Kontemporer ala ?Ruang Sendiri?

Suatu suguhan menarik tonton video musik teranyar Tulus. Ia berhasil keluar dari konsep mainstream video musik yang bertema sepasang kekasih bertengkar dan happy ending. Penggarapan yang ?mahal? berkat tangan dingin Galih Mulya Nugraha. Ia berhasil menggandeng seniman tersohor Melati Suryodarmo. Perfomance artist asal Kota Liwet tampil solo memainkan beragam perangkat seperti kursi, tali, dan cermin.

Perkenalannya bermula saat Tulus ngobrol via telepon dengan sang seniman. Ia mengaku mengagumi karya-karya seniman kontemporer itu. Uniknya, Melati gak mengenal Tulus. Bahkan ia gak sadar kalau Tulus merupakan artis populer Ibukota yang punya jutaan penggemar. Di video musik ?Ruang Sendiri?, gerak tariannya senada dengan alunan lagu ?Ruang Sendiri?. Melati Suryodarmo bukanlah seniman biasa. Namanya kerap kali membawa harum Indonesia di pertunjukkan dunia. Ia sering membawakan kesenian kontemporer ke berbagai belahan dunia. Bahkan Marina Abramovic mengabadikan seniman kontemporer berusia 47 tahun sebagai ?10 Young Artist to Watch?. Kamu setuju gak nih, Tulus yang menang?

Hiburan

Empat Musikus Kekinian Ini Pandai Bikin Lagu Hits

Fahmi Anky | 15 December 2016 - 22:39
Empat Musikus Kekinian Ini Pandai Bikin Lagu Hits
Musikus dunia bukan hanya populer karena memiliki kualitas suara yang prima. Lebih dari itu banyak di antara mereka yang juga memiliki kemampuan lain seperti menulis lagu. Bahkan, banyak di antara musikus dunia kerap kali menciptakan lagu-lagu populer dan sukses. Feedy telah merangkum sejumlah musikus yang sukses menciptakan lagu populer berkat tangan dinginnya. Gak hanya itu aja Feedies, para musikus juga menciptakan lagu-lagu di setiap albumnya. Siapa aja musikus ?tangan dingin? itu?
FeedMe.id, Jakarta ? Jadi penyanyi sukses bukan hanya modal suara dan penampilan bagus. Lebih dari itu, sebagai penyanyi bakal punya nilai tambah kalau dapat menciptakan lagu sendiri. Bakal menjadi kebanggaan sendiri apabila hasil ciptaan sendiri mendapatkan apresiasi. Beberapa penyanyi populer ini punya andil besar dalam menciptakan hits andalan dari album-albumnya. Feedy punya empat musikus kekinian yang juga sebagai pencipta lagu di albumnya.

Bruno Mars

[caption id="attachment_16913" align="aligncenter" width="766"]Foto: pinterest.com Foto: pinterest.com[/caption] Masih ingat mega hits ?Just The Way You Are?? Itu lho lagu yang dipopulerkan oleh Bruno Mars dari album Doo-Wops & Hooligans. Album itu menjadi debut album perdananya sebagai solois. Sukses menciptakan lagu ?Just the Way You Are? yang terjual lebih dari 13,7 juta unit diseluruh dunia. Ia juga aktif menciptakan lagu-lagu populer dari album studio pertama Doo-Wops & Hooligans, Unorthodox Jukebox, dan yang teranyar 24K Magic.

Sederet lagu-lagu yang sukses menempati tangga lagu Billboard Hot 100 antara lain "Grenade", "The Lazy Song", "Marry You", "Talking to the Moon", "Count On Me", "Young Girls","Locked Out of Heaven", "Gorilla", "Treasure", "Moonshine", "When I Was Your Man" hingga "24K Magic".  Berkat tangan dinginnya, keseluruhan albumnya hingga kini berhasil terjual lebih dari 100 juta unit di seluruh dunia. Bahkan, ia dinobatkan sebagai 'Best-Selling Artists of All Time'.

Beyonce

[caption id="attachment_16914" align="aligncenter" width="766"]Foto: cnn.com Foto: cnn.com[/caption] Sejak memutuskan untuk hengkang dari Destiny?s Child. Beyonce menjadi solois dengan merilis debut single berjudul ?Crazy In Love? dan berkolaborasi dnegan Jay Z. Penampilan Queen Bey langsung mencuri perhatian kritikus musik dunia. Salah satunya mega hits ?Crazy In Love? yang diciptakan olehnya. Pasca merilis single perdana. Penyanyi asal Amerika merilis debut album solo perdana tahun 2003. Seluruh materi lagu yang ada di album perdananya merupakan hasil ciptaannya. Mulai dari ?Crazy In Love? hingga ?Baby Boy?. Album debutnya berhasil terjual lebih dari 11 juta unit diseluruh dunia.

Sejak sukses merilis album Crazy In Love. Pelantun ?If I Were a Boy? kembali merilis album B?Day (2004), I Am... Sasha Fierce (2008), 4 (2011), Beyoncé (2013), dan Lemonade (2016). FYI, hampir keseluruhan materi lagu yang ada di setiap albumnya, ia yang menciptakan sendiri. Kecuali lagu "The Closer I Get to You" dan "I Was Here'. Hingga kini keseluruhan albumnya telah terjual lebih dari 60 juta unit di seluruh dunia. Bahkan, Queen Bey disebut-sebut sebagai 'Most Nominated Woman? versi Grammy Awards. Ia udah berhasil membawa pulang 20 piala Grammy. Bukan hanya itu aja Feedies, ia juga dinobatkan sebagai ?Top Certified Artist in America during the 2000s?, ?Top Radio Songs Artist of the Decade? dan ?Top Female Artist of the 2000s? versi Billboard, ?100 Most Influential People in the World 2013 & 2014? versi Time, ?The Most Powerful Female In Entertainment 2015? versi Forbes, dan ?Person of the Year 2016? versi Time. Bukan hanya Bruno Mars dan Queen Bey aja yang dikenal sebagai penulis dan kerap kali menciptakan hits populer di setiap album-albumnya. Dua musikus berikut ini juga masih aktif menciptakan lagu-lagu jagoan.

The Weeknd

  [caption id="attachment_16915" align="aligncenter" width="766"]Foto: cosmopolitan.com Foto: cosmopolitan.com[/caption] Awalnya, penyanya asal Kanada ini hanya sebagai YouTuber. Pertama kali ia posting mixtape-nya tahun 2011 bernama House of Baloons, Thursday, dan Echoes of Silence. Tahun berikutnya ia merilis album kompilasi berjudul Trilogy. Sejak saat itu namanya mulai dikenal luas sebagai solois. Debut album perdananya berjudul Kiss Land. Sebagai single perdana, melalui label XO, dua single andalannya dirilis seperti ?Kiss Land? dan ?Live For?. Tahun 2015, ia kembali merilis album studio kedua berjudul Beauty Behind the Madness. Dari album studio keduanya, Tesfaye berhasil menciptakan hits populer seperti "Often", "The Hills", "Can't Feel My Face", "In the Night", dan "Acquainted". "Can't Feel My Face" dan "The Hills" berhasil menembus tangga lagu Billboard Hot 100. Bahkan, album studio keduanya juga berhasil menempati peringkat pertama Billboard 200. International Federation of the Phonographic Industry (IFPI) menobatkan Beauty Behind the Madness sebagai ?Top 10 Best-Selling Album of 2015?.

Tesfaye juga aktif menulis ke-18 lagu barunya pada album Starboy. Album studio ketiganya dirilis tanggal 25 November 2015. Yang menggembirakan, ke-18 lagu barunya berhasil tembus tangga lagu Billboard Hot 100, sedangkan albumnya berhasil menempati peringkat pertama Billboard 200. Bahkan single perdananya ?Starboy? menempati peringkat ke-2 Billboard Hot 100.

Taylor Swift

[caption id="attachment_16916" align="aligncenter" width="766"]Foto: rollingstone.com Foto: rollingstone.com[/caption] Taylor Swift memulai debut solonya menjadi penyanyi country. Taylor Swift menjadi judul album perdananya yang dirilis tahun 2006. Hingga tahun 2015, materi album yang diciptakan olehnya sendiri berhasil terjual lebih dari 6 juta unit di seluruh dunia. Bahkan, album perdananya berhasil nyantol di Bllboard 200 dan berthan selama 275 minggu lho. Ia masih meneruskan merilis dua album berikutnya sebagai penyanyi solo country. Dua album berikutnya berjudul Fearless dan Speak Now. Namun, mulai dari album Speak Now ia mulai merambah genre pop. Kemudian, ia merilis album studio keempat dan kelima dengan genre pop. Ia juga mengubah penampilannya menjadi lebih kekinian.

Bukan hanya kehidupan pribadinya yang menjadi sorotan. Namun, setiap lagunya selalu dinantikan oleh penggemar dan penikmat musik dunia. Kemampuannya sebagai penulis lagu udah gak diragukan lagi Feedies. Terbukti, ia berhasil menciptakan lagu-lagu yang menjadi langganan tangga lagu Billboard Hot 100. Ia dinobatkan sebagai ?Songwriters Hall of Fame?. Ia juga berhasil menjadi penyanyi wanita pertama yang memperoleh dua Grammy untuk kategori ?Album of the Year?. Bukan hanya itu aja Feedies, mantan kekasih Calvin Harris juga dinobatkan sebagai ?Three Albums Sell a Million Copies within One Week?. Swift juga memperoleh lima Guinness World Records, satu Emmy Award, 23 Billboard Music Awards, 11 Country Music Association Awards, delapan Academy of Country Music Awards, and satu Brit Award. Pelantun ?New Romantics? juga dinobatkan sebagai Best-Selling Artists of All Time, 100 most Influential People in the World 2010 & 2015 versi Time, Top-Earning Women in Music 2011-2015 versi Forbes, 100 Most Powerful Women 2015 versi Forbes, dan Forbes Celebrity 100 2016 versi Forbes. Jadi, siapa penyanyi dan pencipta lagu favorit kamu?

Hiburan

Lima Video Musik Paling Sering Ditonton Sepanjang 2016

Fahmi Anky | 14 December 2016 - 10:40
Lima Video Musik Paling Sering Ditonton Sepanjang 2016
Sering tonton YouTube? Siapa musikus favoritmu yang selalu kamu tunggu videoklipnya? Feedy bakal kasih tau videoklip milik musikus mana aja yang videonya paling banyak ditonton oleh youtuber. Salah satunya kamu pasti masih ingat dengan Duo DJ Pop asal Amerika, The Chainsmokers? Yap! Videoklip mereka yang berjudul ?Don?t Let Me Down? berhasil menjadi salah satu video yang paling banyak ditonton lho. Selengkapnya ada di halaman selanjutnya, Feedies.
FeedMe.id, Jakarta ? Penghujung tahun 2016 tinggal tiga minggu lagi Feedies. Sepanjang 2016 banyak banget peristiwa dan momen yang udah dilewati oleh Feedies dan musikus dunia. Feedy baru aja ngepoin sederet video klip yang udah sempat dirilis sepanjang 2016. Dari sekian banyak video klip yang diunggah via Vevo dan ditonton lewat YouTube. Feedy merangkum lima video musikus populer yang paling banyak ditonton di YouTube.

The Chainsmokers Feat. Daya - Don't Let Me Down

Duo DJ Pop asal Amerika, Drew Taggart dan Alex Pall memang lagi naik daun banget Feedies. ThE Chainsmokers disebut-sebut mewakili musik tren anak muda kekinian. Hampil di semua klub malam hits pasti memainkan lagu ?Closer?, ?Don?t Let Me Down?, ?Inside Out?, dan ?Selfie?. Seanjang tahun 2016, The Chainsmoker udah merilis EP bertajuk Collage. Dari EP keduanya, udah rilis 5 single dan 5 videoklip. Beberapa diantaranya ?Don?t Let Me Down?, ?Inside Out?, ?Closer?, ?All We Know?, dan ?Setting Fires?. Diantara kelima videoklip yang udah tayang di YouTube, videoklip ?Don?t Let Me Down? berhasil ditonton 498,127,671.

Ariana Grande - Side to Side

Ariana Grande jadi populer sejak menyanyikan lagu ?Popular Song? bersama penyanyi nyentrik, Mika. Lagu itu udah dirilis sejak tahun 2013. Sejak saat itu nama penyanyi mungil asal Amerika telah sukses merilis tiga album studio. Bahkan, album ketiganya Dangerous Woman telah sukses terjual lebih dari 1 juta unit. Bukan hanya itu album Dangerous Woman berhasil menempati peringkat ke-2 Billboard 200. Saking suksesnya, videoklip teranyar ?Side to Side? berhasil ditonton 511,276,164 youtuber. Single ketiga dari album Dangerous Woman merupakan kolaborasi dengan Nicki Minaj.

Rihanna Feat Drake ? Work

Meskipun keduanya sempat dikabarkan menjalin asmara dan (katanya) baru putus. Namun, kolaborasi antara keduanya di videoklip ?Work? masih menyita perhatian youtuber. Sebanyak 800,281,930 tonton kolaborasi ?panas? antara Drake dan Rihanna. Keduanya juga masih sibuk mempromosikan album teranyar masing-masing. Drake masih sibuk prososi album Views, sedangkan Riri sibuk dengan album kedelapan, Anti. Selain ada Rihanna, The Chainsmokers, Drake, dan Ariana Grande masih ada dua peringkat teratas yang videonya berhasil ditonton lebih dari 1 miliar kali, Feedies. Coba klik halaman selanjutnya ya.

Calvin Harris Feat Rihanna - This Is What You Came For

Masih inget single populer dari Calvin Harris dan Rihanna yang (katanya) diciptakan oleh Taylor Swift? Calvin Harris dan Rihanna kembali berkolaborasi lewat hits single ?This Is What You Came For?. Single yang dirilis tanggal 29 April 2016, sukses merajai lebih dari 30 tangga lagu dunia. Bahkan, single ?This Is What You Came For? terjual lebih dari 6 juta unit. Saking populernya, videoklip ?This Is What You Came For? berhasil ditonton 1,051,948,581 youtuber.

Fifth Harmony Feat. Ty Dolla $ign - Work from Home

Wow! Diperingkat pertama ditempati oleh jebolan X Factor US, Fifth Harmony. Girl group asal Amerika yang digawangi oleh Camila Cabello, Ally Brooke, Normani Kordel, Dinah Jane, dan Lauren Jauregui sukses menjadi salah satu girl group populer di Amerika untuk saat ini. Sejak merilis single ?Miss Movin On? nama Fifth Harmony semakin diperhitungkan. Berkat tangan dingin sang mentor, Simon Cowell. Fifth Harmony berhasil dinobatkan sebagai ?Artist to Watch 2014? versi MTV Video Music Awards. Sejak saat itu secara terus menerus album Better Together, Reflection, dan 7/27 berhasil masuk Billboard 200. Selain itu single ?Work from Home? berhasil masuk peringkta 10 besar Billboard Hot 100. FYI, Fifth Harmony menjadi girl group pertama yang sukses menembus Billboard Hot 100 dan girl group pertama yang berhasil berada di top 5 selama satu dekade. Saking populernya, ?Work from Home? berhasil ditonton lebih dari 1,199,846,134 youtuber. Yay! Congratulations, Fifth Harmony! Mana video yang paling kamu suka nih Feedies?

Hiburan

Festival Musik ala Google Bikin Penasaran

Fahmi Anky | 08 December 2016 - 10:26
Festival Musik ala Google Bikin Penasaran
Google baru aja bikin festival musik saingan Apple Music Festival. Melalui acara yang bertajuk GOODFest, Google menyuguhkan pertunjukan musik yang berbeda, dengan menggabungkan ketiga unsur yang meliputi musik, komunitas, dan teknologi. GOODFest sendiri memiliki keunikan tersendriri lho Feedies. Apa sih perbedaan yang paling mencolok dari GOODFest dibandingkan Apple Music Festival?
FeedMe.id, Jakarta ? Baru-baru ini Google bikin festival musik yang unik. Acara yang bertajuk GOODFest ini menggabungkan unsur musik, komunitas, dan teknologi. Acara ini udah berlangsung sejak 29 November 2016 di New York. Menurut kamu GOODFest mirip Apple Music Festival? Eiittsss....beda banget, Feedies. Dengan mengangkat tiga unsur seperti musik, komunitas, dan teknologi, Google menampilkan sebuah festival dengan hype berbeda. Sementara Apple Music Festival sendiri udah diselenggarakan sepuluh tahun. Sederet pesohor populer pun ikut berpartisipasi memeriahkan acara festival musik tahunan tersebut. Beberapa diantaranya yang jadi langganan tampil adalah Lady Gaga, Calvin Harris, Alicia Keys, Bastille, One Republic, dan masih banyak lagi Feedies. Hmm... Apa yang bikin berbeda dari ?GOODFest??

GOODFest Diadakan di Lima Kota Berbeda 

[caption id="attachment_16500" align="aligncenter" width="766"]Foto: youtube.com Foto: YouTube[/caption] Inilah salah satu perbedaan yang mencolok antara GOODFest dengan Apple Music Festival. Kalau acara yang digagas oleh Apple diadakan selama berhari-hari dengan lokasi yang sama, maka GOODFest diadakan selama lima hari dengan kota berbeda. Meskipun baru pertama kali diadakan, GOODFest bukan hanya sekadar pertunjukan musik lhoGOODFest berikutnya akan diadakan pada 9 Desember di New Orleans dan dilanjutkan 12 Desember di Seattle. Sedangkan dua kota selanjutnya, yaitu San Fransisco dan Los Angeles masih belum ditentukan tanggal pelaksanaannya.

Disiarkan Secara Live Streamed

[caption id="attachment_16498" align="aligncenter" width="766"]Foto: gsmarena.com Foto: GSM Arena[/caption] Selain dapat menyaksikan pertunjukan musiknya secara langsung, GOODFest dapat disaksikan secara live streamed, Feedies. Kalau Apple Music Festival kan hanya bisa disaksikan secara langsung di tempat pertunjukan aja. Setelah itu, GOODFest dapat disaksikan secara global via YouTube, jadi penonton yang gak kebagian tiket bisa langsung deh mengaksesnya. Google mendeskripsikan acara GOODFest sebagai "a first-of-its-kind-live stream for good". Acara ini dimeriahkan oleh grup indie asal Inggris Glass Animals, Shipa Ray, Gogol Bordello, Nick Zinner of the Yeah Yeah Yeahs, dan D.R.A.M. Sepanjang gelaran, GOODFest menampilkan satu bintang tamu berbeda setiap konsernya, sesuai dengan tema acara.

GOODFest Berbagi

[caption id="attachment_16499" align="aligncenter" width="766"]Foto: youtube.com Foto: YouTube[/caption] GOODFest diadakan pertama kali utuk mempromosikan smartphone teranyar dari Google yang bernama Pixel. Sebagai bentuk kepedulian Google, melalui rangkaian acara GOODFest, keuntungan penjualan tiket bakal disumbangkan melalui DonorChoose.org. Google juga menggambarkan acara GOODFest sebagai sebuah perayaan akan perkembangan, positivitas, dan kekuatan seseorang untuk membawa kemajuan dunia. Menurut Feedies, GOODFest kece gak? Lumayan kan bisa nonton via YouTube.

Hiburan

Begini Nasib Musikus Populer Dunia di Soul Train Music Awards

Fahmi Anky | 03 December 2016 - 17:10
Begini Nasib Musikus Populer Dunia di Soul Train Music Awards
Meskipun Beyonce gagal mendominasi piala MTV Europe Music Awards. Namun, berkat album Lemonade, ia berhasil unggul di Soul Train Music Awards 2016. Queen Bey berhasil mendominasi delapan nominasi dan bawa pulang empat piala kemenangan. Ia juga berhasil mengalahkan pesaing terkuat seperti Adele dan Rihanna. Selain Queen Bey, ada juga kabar dari Adele, Rihanna, dan Drake di ajang penghargaan khusus musik latin itu.
FeedMe.id, Jakarta ? Meskipun gagal membawa pulang piala AMAs 2016 untuk kategori ?Female Artist? dan ?Favorite Soul / R&B Album?. Queen Bey terbukti masih eksis lho, tanggal 27 November ia berhasil unggul di ajang penghargaan bergengsi black music bernama Soul Train Music Awards. Ajang penghargaan bergengsi untuk musik soul atau black music seperti R&B, Hip-hop, dan lain-lain diselenggarakan tanggal 6 November di Orleans Arena, Las Vegas, Nevada. Acara yang dipandu oleh Erykah Badu itu mengantarkan Queen Bey meraih empat piala Soul Train Music Awards. Pelantun ?Formation? berhasil mengalahkan pesaing terkuat seperti Adele dan Rihanna. Adele berhasil meraih dua nominasi. Sedangkan Rihanna berhasil mengumpulkan tujuh nominasi. Memang gak bisa dipungkiri berkat album Lemonade. Istri dari Jay Z banyak meraih kesuksesan. Coba intip fakta menarik Soul Train Music Awards 2016.  

Queen Bey Raih Delapan nominasi

[caption id="attachment_16044" align="aligncenter" width="760"]feedme-id-beyonce_soul-train Foto: sagacom.com[/caption]   Qeen Bey, berhasil mendominasi nominasi Soul Train Music Awards 2016. Ia berhasil meraih delapan nominasi, diikuti oleh Rihanna dengan tujuh nominasi dan Drake lima nominasi. Pelantun ?Freedom? berhasil masuk pada kategori ?Album of the Year: Lemonade?, ?Song of the Year: Formation?, ?Video of the Year: Formation dan Sorry?, ?The Ashford & Simpson Songwriter?s Award: Formation?, ?Best R&B/Soul Female Artist?, ?Best Dance Perfomance?, ?Best Collaboration?.  

Beyonce Menang Empat Piala Soul Train Music Awards 2016

[caption id="attachment_16047" align="aligncenter" width="696"] Foto: time.com[/caption] Selain unggul pada perolehan nominasi. Peraih 20 Grammys juga berhasil unggul memborong empat piala Soul Train Music Awards 2016. Beberap diantaranya untuk kategori ?Album of the Year: Lemonade?, ?Song of the Year: Formation?, ?Video of the Year: Formation?, dan ?Best R&B/Soul Female Artist?.  

  Malam itu memang menjadi hari yang membahagiakan untuk Queen Bey. Selain sempat unggul di ajang penghargaan Video Music Awards ia kembali unggul di Soul Train Music Awards 2016. Namun, hal tersebut tidak dirasakan oleh Adele, Drake, dan Rihanna.

Adele, Drake, dan Rihanna Menelan Pil Pahit

[caption id="attachment_16048" align="aligncenter" width="766"]feedme-id-adele-drake-rihanna Foto: easyrock.com.ph[/caption]   Adele, Drake, dan Rihanna bukanlah musikus yang dapat disepelekan. Karya musiknya udah banyak diakui oleh penikmat musik dunia. Adele dikenal sebagai solois wanita paling sukses di Inggris. Bahkan, album teranyar 25 berhasil terjual lebih dari 20 juta unit di seluruh dunia per Juni 2016. Album 25 Adele disebut-sebut sebagai salah satu album paling laku di dunia. Sedangkan Drake, berhasil bikin sejarah baru. Album studio keempat Views milik Drake dinobatkan sebagai ?Most-Streams Album? versi Apple Music dan ?Spotify?s Most Played All-Time?. Sedangkan, pelantun ?Diamonds? berhasil mendapatkan penghargaan spesial ?Vanguard Awards? dari MTV Video Music Awards 2016. Namun, ketiga musikus populer itu gagal membawa pulang satu pun piala Soul Train Music Awards.

Gaya

Tebak Grup Musik dari Personelnya, Berani? [KUIS]

Bagus Prasetiyo | 21 November 2016 - 10:27
Tebak Grup Musik dari Personelnya, Berani? [KUIS]
Gak jarang orang mengenal musik, tapi gak kenal sama siapa yang membawakannya. Atau tahu grup musiknya, tapi gak tahu nama-nama personelnya. Nah, kali ini Feedy mau nantangin kamu nih untuk nebak nama grup musik berdasarkan personelnya. Kira-kira kamu bisa jawab dengan tepat gak ya? Ah, yakin banget. Coba jawab dulu.
[os-widget path="/adminhivi/tebak-grup-musik-dari-personelnya-berani" of="adminhivi" comments="false"]