Film

“Aruna dan Lidahnya” Jadi Film, Ini Komentar Penulis Novelnya

feedme,id aruna dan lidahnya 2
Dibaca 769

Aruna dan Lidahnya adalah sebuah novel yang ditulis oleh Laksmi Pamuntjak. Nah, berhubung film adaptasi novel tersebut udah mau tayang, kira-kira apa ya komentar sang novelis?

FeedMe.id, Jakarta – Kamu tentunya udah tahu dong kalau film terbaru Dian Sastro dan Nicholas Saputra, Aruna dan Lidahnya, dipastikan tayang pada September mendatang? Film ini merupakan film kedua yang dibuat oleh Palari Films, production house yang membuat Posesif di tahun 2017 lalu.

Aruna dan Lidahnya sendiri merupakan film adaptasi lepas dari novel berjudul sama yang ditulis oleh Laksmi Pamuntjak pada 2014 lalu. Dalam konferensi pers yang diselenggarakan di Plaza Indonesia, Kamis, 9 Agustus 2018, sang novelis mengungkapkan perasaannya melihat buku yang ia tulis dihidupkan oleh Palari Films.

“Tentu saja saya merasa sangat tersanjung. Terus terang saya nggak bisa membayangkan novel saya diadaptasi ke dalam film oleh orang lain selain Edwin (sutradara). Hal-hal yang dia lihat dalam novel itu adalah hal-hal yang penting bagi saya juga,” ujar Laksmi Pamuntjak saat ditemui Feedy beberapa waktu lalu.

Mengadaptasi sebuah novel ke layar lebar bukan perkara mudah, Feedies. Nggak jarang sebuah film adaptasi dianggap gagal menyampaikan pesan atau menggambarkan momen yang tepat dari sebuah novel.

Menanggapi kekhawatiran tersebut, Laksmi mengatakan kalau dia udah menyerahkan sepenuhnya arah film Aruna dan Lidahnya kepada Edwin dan Palari Films.

“Dari pertama kali saya memutuskan untuk berkolaborasi dengan Edwin, saya sudah memutuskan untuk saya akan legowo. Karena ketika sebuah karya dialihbentukkan atau ditafsir ulang ke sebuah medium lain, itu udah menjadi karya yang lain. Saya ikhlaskan novel ini digarap oleh mereka yang tahu mediumnya: Edwin dan timnya,” kata dia lagi.

Baik novel maupun filmnya akan berfokus pada sosok cewek jomblo demen makan berusia 30 tahunan, Aruna (Dian Sastro). Berprofesi sebagai ahli wabah, pada suatu hari Aruna ditugaskan untuk menyelidiki wabah flu burung yang merebak di beberapa tempat di Indonesia.

Dalam perjalanan tersebut, Aruna mengajak dua sahabat baiknya: seorang koki profesional bernama Bono (Nicholas Saputra) dan kritikus makanan bernama Nad (Hannah Al Rasyid). Di tengah jalan, rombongan ini ketambahan satu ‘anggota’ lagi, Farish (Oka Antara) yang merupakan mantan temen sekantor Aruna.

Dibintangi oleh Dian Sastro, Nicholas Saputra, Hannah Al Rashid, dan Oka Antara, Aruna dan Lidahnya akan segera tayang di bioskop pada 27 September 2018.

Most Popular

To Top