Hiburan

27 Steps of May: Sebuah Kisah Traumatis Korban Pemerkosaan

Bagus Prasetiyo | 15 February 2019 - 17:00
27 Steps of May: Sebuah Kisah Traumatis Korban Pemerkosaan

Indonesia gak kehabisan film berkualitas lho, Feedies. Tahun ini, 27 Steps of May akan tayang di seluruh bioskop Indonesia. Film ini berkisah soal trauma yang dialami May, korban kekerasan seksual. Film ini sendiri udah wara wiri di berbagai festival film luar negeri. Dan lagi, film ini menyuguhkan realita tentang perempuan dan kesenjangan hukum yang dialami.

FeedMe.id, Jakarta - May, 14 tahun, diperkosa oleh sekelompok orang nggak dikenal. Kejadian tersebut membuat May trauma. Ia pun menarik diri sepenuhnya dari kehidupan. May menjalami hidup tanpa koneksi, emosi, kata-kata, dan hanya menyisakan trauma. Kisah ini merupakan penggalan film 27 Steps of May. May sendiri diperanan oleh aktris Raihaanun. Film yang digarap oleh Ravi Bharwani ini mengangkat kisah trauma akibat kekerasan seksual dan terinspirasi dari peristiwa Mei 1998.  

Peristiwa pilu itu nggak cuma berdampak pada kehidupan May aja, tapi juga sang bapak. Bapak May (Lukman Sardi) hancur dan menyalahkan dirinya sendiri karena nggak bisa menjaga sang putri. Bapak May memiliki karakter lembut yang siap mengorbankan segalanya untuk May. Namun, sang bapak memiliki sifat berbeda kala di luar rumah: Ia menyalurkan segala emosinya di ring tinju. Trauma yang mereka alami berlangsung selama 8 tahun lamanya.

Suatu ketika, seorang pesulap (Ario Bayu) pindah ke sebelah rumah mereka. Pesulap itu mencuri perhatian May lewat celah kecil dari dinding Kamar May. 

"Dalam kasus kekerasan seksual, dampak dari kejadian itu bukan hanya dialami oleh korban, tapi juga kelaurga korban. Dalam film ini, selain may, bapak May juga mengalami trauma yang dalam hingga berujung depresi. Kekerasan seksual merupakan kejahatan yang ngagk bisa ditoleransi," ucap Rayya Makarim, penulis skenario dan produser film ini, melalui siaran tertulis yang diterima Feedy. 

Kisah May sebenarnya mewakili banyak suara korban kekerasan perempuan yang kasusnya terbungkam. Komnas Perempuan mencatat pada 2015, terdapat 6.499 kasus kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak perempuan. Pada 2016, tercatat ada 5.785 kasus dan pada 2017, ada 2.979 kasus kekerasan seksual di ranah KDRT atau relasi personal, serta sebanyak 2.670 kasus terjadi di ranah publik.

Kenapa sih para korban kekerasan seksual enggan melapor? Ini terjadi karena para korban kerap mendapat stigma buruk, Feedies. Hal ini diperparah dengan perilaku aparat hukum yang nggak sensitif, pembiaran alias pemakluman dari masyarakat, hingga kecenderungan masyarakat menyalahkan korban. 

Kasus kekerasan seksual sendiri saat ini udah mencapai level darurat nih, Feedies.Dalam beberapa bulan terakhir, berita nasional dihebohkan dengan kasus Agni (bukan nama sebenanrya) dan Baiq Nuril yang gagal memenuhi rasa keadilan. Belum lagi ditambah dengan kasus pembunuhan dan pemerkosaan seorang perempuan oleh sekelompok pria di Sumatera Selatan, dan kasus lain yang belum terungkap. 

Wilza Lubis selaku produser berkisah soal pengalaman seusai penayangan film ini di Busan pada Oktober 2018. "Waktu itu di sesi tanya jawab ada salah satu penonton yang bercerita pengalamannya menjadi korban kekerasan seksual, dengan terharu ia berterima kasih isunya dapat tersuarakan lewat film ini," kata dia.

Film 27 Steps of May sendiri tayang perdana di Busan International Film Festival pada 2018 dan telah berkeliling menuju Cape Town Film Festival di Afrika Selatan dan juga Goteborg Film Festival di Swedia. Film ketiga Ravi Bharwani ini juga meraih film terbaik dari Golden Hanoman Award untuk kategori film panjang Asia terbaik di Jogja-NETPAC Asian Film Festival pada November 2018. Dalam ajang Film Festival Tempo 2018, 27 Steps of May mendapat dua penghargaan, yakni Rayya Makarim sebagai Penulis Skenario Pilihan Tempo dan Raihaanun sebagai Aktris Pilihan Tempo.

Kini, 27 Steps of May tayang dalam Plaza Indonesia Film Festival 2019 di Plaza Indonesia pada 15 Februari 2018 dan akan hadir tahun ini serentak di bioskop-bioskop Indonesia.

 

Gaya

Redmi Note 7 Dijuluki Sang Gatotkaca karena Mampu Begini

Bagus Prasetiyo | 2 jam yang lalu
Redmi Note 7 Dijuluki Sang Gatotkaca karena Mampu Begini

Xiaomi menjuluki gawai teranyarnya, Redmi Note 7, sebagai Sang Gatotkaca. Ini karena smartphone tersebut dinilai kuat tahan banting. Seberapa kuat sih memangnya?

FeedMe.id, Jakarta - Xiaomi baru aja merilis smartphone paling mutakhirnya, Redmi Note 7. Ponsel yang memiliki spesifikasi tinggi, tapi harganya nggak melambung ini dijuluki sebagai 'Sang Gatotkaca' oleh Xiaomi. Hal ini merujuk pada tujuh keunggulan yang dimiliki samrtphone ini, Feedies. Keunggulan ini, antara lain sensor kamera besar, baterai besar, kinerja cepat, layar besar, warna menarik, kualitas terbaik, dan kuat.

"Karena kekuatannya, Redi Note 7 layak disebut Sang Gatotaca," ujar Steven Shi, Head of Southeast Asia, Country Head, Xiaomi Indonesia saat Feedy temui dalam peluncuran Xiaomi Redmi Note 7 di Jakarta, Kamis, 21 Maret 2019.

Redmi Note 7 menggunakan Gorilla® Glass 5 di bagian depan dan belakang. Xiaomi mengklaim smartphone ini membuatnya tahan kerusakan jika jatuh. Pada pinggirannya, Redmi Note 7 juga telah diperkuat untuk meningkatkan daya tahannya. Selain itu, tombol dan port juga dilengkapi dengan segel kedap air untuk mengurangi dampak percikan air yang masuk ke dalam ponsel pada saat penggunaan sehari-hari.

Dalam video yang diperlihatkan saat peluncuran, terlihat ponsel ini dimasukkan ke dalam tempat makan yang berisi banyak paku payung. Kemudian, wadah itu dikocok dan diguncangkan beberapa detik. Saat tempat dibuka, nggak ditemukan goresan sama sekali pada bagian layar dan juga belakang bodi Xiaomi Redmi Note 7. Inilah kenapa gawai satu ini berjuluk Sang Gatotkaca.

Redmi Note 7 hadir dalam beberapa pilihan warna, yakni Space Black, Neptune Blue, dan Nebula Red. Smartphone ini dijual di harga Rp 1.999.000 untuk versi 3GB+32GB, dan Rp 2.599.000 untuk versi 4GB+64GB. 

Untuk ketersediaan, kedua versi Redmi Note 7 tersebut mulai bis akamu beli di situs resmi Xiaomi, Mi.com dan seluruh Authorized Mi Store pada 27 Maret 2019 dengan jadwal penjualan yang akan diumumkan di akun resmi media sosial Xiaomi. 

Untuk keunggulan dan spesifikasi lainnya, kamu bisa melihatnya di sini.

Subscribe to our newsletter

Connect with us

Viral

Finlandia Kembali Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia, Indonesia di Nomor Berapa?

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Finlandia Kembali Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia, Indonesia di Nomor Berapa?

Daftar negara paling bahagia di dunia tahun ini udah dirilis. Dalam daftar ini Finlandia kembali jadi negara paling bahagia di dunia. Lalu Indonesia ada di urutan keberapa ya, Feedies?

FeedMe.id, Jakarta – Sama kayak tahun sebelumnya, kali ini Finlandia dinobatkan jadi negara paling bahagia di dunia lagi. Hal ini berarti Finlandia udah kedua kali berturut-turut meraih gelar ini berdasarkan World Happiness Report.

Sehabis Finlandia, negara serumpunnya kayak Denmark, Norwegia, dan Islandia ngikutin di urutan kedua sampai keempat. Sedangkan urutan kelima ditempati Belanda.

Lalu ada di peringkat berapakah Indonesia? Indonesia ternyata ada jauh di bawah Finlandia, Feedies. Kita berada di peringkat 92 dunia dari 156 negara. Meskipun jauh di bawah Finlandia, posisi ini udah lebih baik daripada tahun lalu yang cuma ada di posisi ke-96.

Meskipun begitu, kebahagiaan Indonesia ternyata masih kalah dibanding beberapa negara Asia Tenggara, lho. Singapura, misalnya, ada di urutan ke-35, Thailand ke-52, Filipina ke-69, dan Malaysia ke-80.

Perlu kamu ketahui nih, Feedies, World Happines Report adalah laporan yang dikeluarkan oleh Sustainable Development Solutions Network buat PBB. Laporan terbaru mereka baru aja dikeluarkan 20 Maret kemarin, bertepatan sama Hari Kebahagiaan Internasional.

Laporan ini didasarkan enam variabel kunci yang dianggap menopang kebahagiaan dan kesejahteraan negara, yaitu mencakup pendapatan, kebebasan, kepercayaan, harapan hidup sehat, dukungan sosial, dan kemurahan hati.

Sebagai negara yang orang-orangnya dikenal ramah, kapan kira-kira Indonesia akan merangsek ke papan atas daftar ini ya, Feedies?

Gaya

Fakta Xiaomi Redmi Note 7: Spek Sangar, Harga Murah 'Penghancur' Pasar

Bagus Prasetiyo | 2 jam yang lalu
Fakta Xiaomi Redmi Note 7: Spek Sangar, Harga Murah 'Penghancur' Pasar

Xiaomi kembali menggebrak pasar nih, Feedies. Lewat Redmi Note 7, Xiaomi ngasih lihat bahwa ponsel 'dewa' nggak melulu harus selangit harganya. Sebab, gawai teranyar Xiaomi ini harganya membumi banget. 

FeedMe.id, Jakarta - Saat ini tuntutan akan smartphone yang betulan smart sangat tinggi. Maksudnya smart adalah punya kamera oke, prosesor kencang, baterai tahan lama nggak ngecas cepat, serta tahan banting. Bila semua keinginan ini ada dalam satu smartphone, bukan rahasia umum lagi kalau harga ponselnya bakal tinggi. Namun, hal ini nggak terjadi dengan Redmi Note 7 nih, Feedies.

Redmi baru aja meluncurkan seri Redmi Note 7. Kalau dari spesifikasi, smartphone ini tergolong 'galak', lho. Lengkap. Komplit. Semua ada. Namun, harganya berbanding terbalik: kelewat murah. 

"Xiaomi sangat antusias untuk meluncurkan model terbaru dari seri Redmi Note, Redmi Note 7 di Indonesia untuk menjawab permintaan konsumen yang tinggi akan smartphone yang memiliki performa yang luar biasa dengan harga yang sangat kompetitif," ujar Steven Shi, Head of Southeast Asia, Country Head, Xiaomi Indonesia saat Feedy temui dalam peluncuran Xiaomi Redmi Note 7 di Jakarta, Kamis, 21 Maret 2019.

Untuk mengenal gawai ini lebih jauh, Feedy akan membagikan fakta-fakta soal fitur sampai harganya buat kamu nih, Feedies.

Desain Kece

Desain baru Redmi Note 7 menandai perubahan desain terbesar dalam seri Redmi Note, yakni menampilkan gaya premium dengan bagian depan dan belakang yang dilapisi bahan Corning® Gorilla® Glass 5. Seri ini memiliki layar berponi Dot Drop dengan screen-to-body ratio 19,5:9 berukuran 6,3 inci diagonal yang menawan serta memiliki FHD+ beresolusi 2380 x 1080. 

Kamera 48MP, Saingi Oppo F11 Pro

Pada bagian belakang, Redmi Note 7 menggunakan sensor CMOS Samsung ISOCELL GM1 yang memiliki 48 juta piksel. Saat mengambil gambar, Redmi Note 7 menggunakan teknologi Tetracell Samsung yang menggabungkan empat piksel yang menjadi satu piksel besar 1,6 μm. Hal tersebut meningkatkan sensitivitas cahaya dan membuat gambar 12MP yang dihasilkan menjadi lebih terang dan jelas, bahkan dalam kondisi sedikit cahaya. Ini kayak kamera belakang Oppo F11 Pro.

Selain itu, Xiaomi menggabungkan kamera Redmi Note 7 dengan fitur AI terbaru, termasuk fitur night mode yang pernah diperkenalkan bersama dengan produk flagship Xiaomi, yaitu Mi MIX 3, serta AI Scene Detection, AI Beautify, dan AI Portrait yang membuat pengguna dapat menghasilkan gambar yang menakjubkan dengan sangat mudah.

Daleman Ngebut

Redmi Note 7 mengusung chipset Qualcomm® Snapdragon™ 660 AIE SoC, dengan kecepatan clock-speed maksimum 2,2 GHz. Untuk baterai, Redmi Note 7 dibekali baterai berdaya 4.000 mAh. Enaknya lagi, pengisian daya baterai ini udah mendukung USB tipeC yang bikin ngecas lebih cepat. 

Selain itu, Redmi Note 7 juga mendukung IR blaster yang bisa mengontrol dan terhubung dengan berbagai teknologi peralatan rumah tangga, kayak televisi atau AC.

Kuat

Redmi Note 7 menggunakan Gorilla® Glass 5 di bagian depan dan belakang. Xiaomi mengklaim smartphone ini membuatnya tahan kerusakan jika jatuh. Pada pinggirannya, Redmi Note 7 juga telah diperkuat untuk meningkatkan daya tahannya. Selain itu, tombol dan port juga dilengkapi dengan segel kedap air untuk mengurangi dampak percikan air yang masuk ke dalam ponsel pada saat penggunaan sehari-hari.

Garansi Lebih Lama

Redmi Note 7 akan hadir dengan 18 bulan masa garansi. Tentu ini lebih lama dibanding produsen lain yang rata-rata 12 bulan.

Harga dan Ketersediaan

Nah, ini dia yang ditunggu. Redmi Note 7 hadir dalam beberapa pilihan warna, yakni Space Black, Neptune Blue, dan Nebula Red. Smartphone ini dijual di harga Rp 1.999.000 untuk versi 3GB+32GB, dan Rp 2.599.000 untuk versi 4GB+64GB. Kalau melihat harganya, tentu ini jauh di bawah pesaingnya. Oppo, misalnya, membanderol F11 Pro dengan fitur nggak jauh berbeda di harga Rp 4.999.000. 

Untuk ketersediaan, kedua versi Redmi Note 7 tersebut mulai bis akamu beli di situs resmi Xiaomi, Mi.com dan seluruh Authorized Mi Store pada 27 Maret 2019 dengan jadwal penjualan yang akan diumumkan di akun resmi media sosial Xiaomi. 

Hiburan

Apa, Cardi B Kembali Jadi Penari Telanjang?

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Apa, Cardi B Kembali Jadi Penari Telanjang?

Rapper Cardi B yang pernah jadi penati striptis sebelum berkarier di dunia musik dikabarkan bakalan balik ke dunia striptis lagi. What?!

FeedMe.id, Jakarta – Sebelum jadi musikus setenar sekarang, rapper Cardi B pernah berprofesi jadi penari telanjang alias striptease. Nah, belum lama ini dikabarkan sang rapper balik lagi jadi penari striptis. Apakah benar?

Ternyata nggak beneran kok, Feedies. Cardi B cuma jadi penari telanjang dalam film pertamanya aja. Dilansir dari Deadline, Cardi B memang udah dipastikan bakal main di film Hustlers yang digarap oleh rumah produksi STX Film.

Cerita film yang diadaptasi dari tulisan majalah New York bertajuk Hustlers at Scores ini memang didasarkan kejadian nyata tentang mantan penari telanjang yang merencanakan pencurian puluhan ribu dolar dari klien mereka di Wall Street.

Pada film yang disutradarai dan ditulis oleh Lorene Scafaria ini, Cardi B bakal beradu akting dengan Jennifer Lopez, Constance Wu, Lili Reinhart, Keke Palmer, Julia Stiles dan Mercedes Ruehl. Film ini sendiri baru mulai syuting 22 Maret nanti di New York.

Hiburan

Psst, Kit Harington Sempat Tertekan saat Perankan Jon Snow, Lho!

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Psst, Kit Harington Sempat Tertekan saat Perankan Jon Snow, Lho!

Menjelang musim terakhir, serial fantasi yang paling populer di dunia, Game of Thrones berfokus pada tokoh Jon Snow dan Daenerys Targeryen. Sebuah fakta terungkap, ternyata aktor pemeran Jon Snow, Kit Harington pernah tertekan karena situasi ini lho, Feedies.

FeedMe.id, Jakarta – Buat kamu para penggemar serial fantasi Game of Thrones pasti nggak asing dengan aktor Kit Harington yang memerankan sosok Jon Snow. Namun, kamu tahu nggak, Kit Harington sempat merasa tertekan sebagai Jon Snow lho, Feedies?

Hal ini diungkapkan Harington ke Variety belum lama ini. Dalam wawancara tersebut, Harington menyebutkan segala tekanan terhadap dirinya mulai datang gara-gara Jon Snow kembali hidup di musim kelima Game of Thrones di tahun 2015.

"Saat itu bukanlah waktu yang amat baik dalam hidup saya," kata Harington seperti Feedy kutip dari CNN. "Saya merasa harus merasa menjadi orang paling beruntung di dunia, ketika sebenarnya, saya merasa amat rentan.”

Tekanan dalam hidupnya ini muncul gara-gara Jon Snow tiba-tiba jadi sosok yang paling penting di serial Game of Thrones.

"Ketika Anda menjadi pusat perhatian dari sebuah acara televisi, dan sebuah acara tv mungkin berada dalam posisi puncaknya, fokus kepada dirimu itu sungguh menakutkan," kata dia melanjutkan.

Menurut Harington, kondisi tertekan ini bikin dia jadi cemas dan merasa nggak aman menyandang status barunya yang melejit ini. Gara-gara kondisi ini juga, bahkan Harington harus menjalani terapi lho, Feedies.

"Saya merasa amat tidak aman, dan saya tidak berbicara kepada siapa pun. Saya merasa amat bersyukur atas apa yang saya punya, namun saya merasa sangat khawatir tentang apa yang mesti saya lakukan," ucapnya.

Meskipun sempat merasa tertekan, sekarang ia udah merasa tenang dan sangat puas atas serial yang masuk di musim terakhir ini kok, Feedies. Musim terakhir Game of Thrones sendiri bakalan tayang 14 April nanti di HBO.

Viral

Duh, Seorang Wanita Tembak Kekasihnya karena Ngorok

Angela Wahyudi | 2 jam yang lalu
Duh, Seorang Wanita Tembak Kekasihnya karena Ngorok

Tidur dengan mendengkur alias ngorok memang menganggu. Namun, nggak seharusnya gangguan ini bikin kita sampai tega hati menembak orang yang ngorok, kayak yang dilakukan perempuan asal Floroda, Amerika Serikat ini, Feedies.

FeedMe.id, Jakarta – Mendengkur alias ngorok adalah mengeluarkan suara saat sedang terlelap tidur. Biasanya, seseorang gak pernah merencanakan akan mengorok, apalagi mengganggu teman tidur mereka.

Namun, kasus terganggunya seseorang karena bunyi dengkuran dirasakan oleh seorang perempuan asal Florida, Amerika Serikat bernama Lorie Morin. Sayangnya, wanita tersebut harus diamankan oleh polisi setempat setelah melakukan penembakan terhadap pacarnya.

Dilansir dari New York Post, alasan penembakan itu sungguh mengejutkan. Sebab, wanita itu kesal dengan pacarnya yang ngorok terlalu keras saat tidur. Penembakan itu sendiri terjadi pada Rabu, 6 Maret lalu tepat pukul 22.20 waktu setempat. Mereka tinggal bersama di sebuah kawasan bernama Sharpes Lake.

Menurut pelaku, perbuatan nekatnya tersebut dilakukan dengan nggak sadar. Dalam sebuah penyelidikan, dirinya mengatakan bahwa gak tahan dengan suara ngorok yang dikeluarkan sang pacar saat tidur.

Walaupun udah ditegur sang pacar, tapi masih aja masih mendengkur dengan keras. Ya, maklum aja ya, Feedies, pada dasarnya jika seseorang mengorok, mereka gak sadar kalau mereka melakukan itu.

Karena masih ngorok walaupun udah ditegur, alhasil keduanya terlibat pertikaian hebat. Morin menjelaskan sebelum pertikaian, dia dan si pacar dalam keadaan mabuk karena mengonsumsi alkohol. Tensi yang semakin tinggi, Morin pun tiba-tiba mengambil pistol dan mengarahkannya ke kepala si pacar.

Mendengar tembakan dari arah tempat tinggal Morin dan pacar, para tetangga pun langsung terbangun dan menghampiri lokasi kejadian. Melihat korban gak sadarkan diri mereka langsung menelpon polisi dan ambulans.

Korban pun langsung dilarikan ke Rumah Sakit Regional Holmes. Para tetangga yang mengetahui kejadian ini kaget karena merasa tersangka adalah perempuan yang baik.

 

Santai

Ini Lho 3 Kota di Dunia dengan Biaya Hidup Paling Mahal

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Ini Lho 3 Kota di Dunia dengan Biaya Hidup Paling Mahal

Berencana pindah ke luar negeri? Boleh, asal jangan pindah ke tiga kota ini kalau kamu nggak punya cukup tabungan ya, Feedies. Sebab, tiga kota ini dinobatkan sebagai kota dengan biaya hidup paling mahal di 2019. 

FeedMe.id, Jakarta – Feedies, apakah kamu berencana buat pindah ke luar negeri karena merasa tinggal di sana lebih nyaman dan seru? Kalau iya, kamu harus pilih kota yang benar, ya. Jangan sampai kamu malah tinggal di kota dengan biaya hidup mahal.

Nah, buat mengantisipasi hal ini, kamu bisa menyimak hasil survei terbaru yang dirilis oleh Economist Intelligence Unit (EIU). Dilansir dari CNN, survei ini menempatkan tiga kota sebagai kota dengan biaya hidup paling mahal. Tiga kota tersebut adalah Singapura, Hong Kong dan Paris.

Tiga kota ini secara bersamaan ada di peringkat teratas dalam daftar yang berisi nama 133 kota di dunia tersebut. Daftar kota termahal ini biasanya dirilis dua tahun sekali sebagai panduan hidup para ekspatriat dan kamu yang suka melancong.

Di daftar terakhir sebelum ini, Hong Kong dan Paris berada di peringkat empat dan dua. Sedangkan Singapura memang ada di peringkat pertama sejak lima tahun berturut-turut. Daftar ini disusun berdasarkan hasil perbandingan 160 produk dan layanan yang tersedia di ratusan kota.

Harga produk dan layanan yang dibandingin antara lain adalah makanan, minuman, pakaian, biaya sekolah dan biaya liburan. Singapura dan Hong Kong disebut punya biaya hidup yang lebih mahal 7 persen dibandiingin sama New York.

Jadi, apakah kamu mau pindah ke tiga kota di atas, Feedies? Atau masih betah di kotamu sekarang ini?

TOP