Hiburan

Marthino Lio: Peraih Piala Maya yang Pernah Ngarep Masuk Militer

Bagus Prasetiyo | 14 February 2019 - 17:00
Marthino Lio: Peraih Piala Maya yang Pernah Ngarep Masuk Militer

Marthino Lio nggak mendadak terkenal dan langsung meraih Piala Maya dan menyabet gelar "Aktor Pendukung Pria Terpilih". Ada kesukaan yang ia bangun sedari kecil. Meskipun sempat bermimpi menjadi anggota militer, kini Lio memantapkan hati berkarier di dunia hiburan. Simak selengkapnya dalam #InterviewFeedy di bawah ini.

FeedMe.id, Jakarta - Nama Marthino Lio kerap disandingkan dengan Ario Bayu. Gimana enggak, secara fisik, Lio mirip banget dengan Bayu. Bisa dibilang, Marthino Lio adalah versi muda dari Ario Bayu. Hal ini semakin terlihat jelas saat keduanya tampil bersama dalam film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta. Di film arahan Hanung Bramantyo tersebut, Lio berperan sebagai Sultan Agung Muda. Nah, yang jadi Sultan Agung dewasanya itu Ario Bayu. Terasa makin nyata kan filmnya?

Cowok kelahiran 26 Januari 1989 ini baru aja diganjar penghargaan lho, Feedies. Akibat aktingnya yang memukau dalam film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta, Marthino Lio diganjar Piala Maya dalam kategori "Aktor Pendukung Pria Terpilih". Perjuangan Lio ini nggak singkat, lho. Sedari kecil, lelaki yang memulai debutnya sebagai model tahun 2004 ini memang udah menyukai seni. 

Lewat wawancara khusus yang Feedy hadiri, Lio berkisah bahwa ia sempat bermimpi menjadi anggota militer. Namun, keinginannya ini nggak disetujui sang ibu. Kemudian saat beranjak dewasa, ia berkeinginan tejun ke dunia seni. Lagi-lagi keinginanya itu kurang mendapat restu. Namun, Lio akhirnya bisa membuktikan bahwa ia bisa berkarier di industri hiburan tanah air. Salah satu buktinya adalah Piala Maya yang baru aja diraihnya. 

Penasaran bagaimana waancara Feedy dengan Lio? Begini selengkapnya.

Bagaimana perasaannya mendapat penghargaan?

Ini perdana menang award. Sebelumya menang, tapi bareng The Melly di soundtrack Ada Apa dengan Cinta, di lagu "Ratusan Purnama", yang dapat Piala Citra. 

Apa arti penghargaan buat Lio?

Nggak ngerasa spesial atau gimana-gimana juga. Apa yang aku lakukan waktu itu, aku hanya memberikan yang terbaik. Ternyata ada hasilnya, ada penghargaannya. Di situ lebih ke ucapan syukur aja. Setelah aku tahu kabar itu (menang Piala Maya) aku duduk, merenung, dan berdoa. 

Untuk menghidupkan karakter di Sultan Agung, pendalaman apa yang kamu lakukan?

Pendalamannya, kami belajar memanah, belajar berkuda, belajar menembang (menyanyikan lagu Jawa), belajar menari, belajar peraturan-peraturan sebelum masuk ke keraton seperti apa. 

Apa ada kesulitan?

Kesulitan sih enggak, karena pada akhirnya, aku ngerjainnya dengan penuh keikhlasan. Jadi saat datang di workshop, aku seperti gelas kosong yang siap diisi. Yang paling berdampak itu ajaran dari Mbak Asti (Adinia Wirasti). Dia ngajarin aku bedah naskah, maksud dari dialog ini apa. Mbak Asti dan Mas Bayu (Ario Bayu) pernah ngasih tahu, kunci dari akting yang baik adalah reaksi yang baik. Harus selalu tahu, saat di dalam scene itu, lagi scene-nya siapa. Kita di dalam karakter itu harus ngapain. Misalnya, ada satu adegan di mana aku bertemu Putri mariono. Itu scene-nya Putri. Putri itu nangisnya mahal-. Di situ aku cuma bereaksi terhadap aksi yang dia berikan. Itu pas aku harus balik lagi ke keraton, di situ berasa kayak energi yang Putri kasih, aku terima, terus aku balikin lagi, kemudian pecah. 

Kamu bermain dalam film dengan genre berbeda-beda, ada perbedaan paling besar yang dirasakan?

Perbedaannya lebih ke penempatannya. Modern zaman dulu itu seperti apa. Kayak sekarang lagi ngerjain film biopik. Aku harus belajar dialek Minang. Sementara aku juga lagi ngerjain proyek lain. Di film lain aku harus jadi orang Indonesia timur. Jadi dari timur ke barat. Kepala mau pecah. 

Apa tantangan terbesarnya?

Dialek dan meyakinkan diri sendiri bahwa kita dari daerah situ dan era itu. Butuh sebuan lebih buat belajar dialek. Hampir dua bulan. Waktu Sultan Agung, selama sebulan aku nggak berhenti  dengerin tembang Jawa. Keluarga sampai merasa aneh, ke mana-mana aku pakai sarung, pakai jarik. Aku sampai ditanya, "Ngapain sih lo?". Lalu aku jawab, "Bodo."

Bakat seni dari siapa?

Sebenarnya dulu mau jadi militer, tapi nggak dibolehin, akhirnya jadi seniman aja. Dulu maunya jadi militer karena melihat opa dulu kan militer, nenek militer juga. Kayaknya gagah pakai seragam. Adek-adeknya juga. Terus ngobrol sama nyokap, tapi nggak dibolehin. Orang tua takut. Takut kenapa-kenapa aja

Pilih jadi seniman, orang tua langsung setuju?

Enggak langsung. Seniman kan bayarannya gak jelas. Tapi aku ngeyel aja. Dengan jadi seniman kita bisa menciptakan sesuatu dan itulah salah satu sifat yang diberikan Tuhan. Kita dikasih kebebasan untuk menciptakan. Dan, aku bisa menginspirasi orang untuk bermimpi. Pada akhirnya, industri ini yang dijual adalah mimpi. Aku mau orang-orang bermimpi besar.

Yang ngajak ke dunia hiburan?

Waktu itu ikut model Indonesia pada 2004. Awal-awalnya dari model, terus ke majalah. Kalau musik, aku udah dari kecil. Dulu tinggal di Amerika dan sering main ke konsulat. Di sana ada gamelan dan sering aku mainin. Akhirnya aku disuruh belajar gamelan.

Wah, kalau begitu sih, tampaknya Lio memang udah menyukai seni sejak kecil ya, Feedies. Good luck buat kariernya ya, Lio! Ditunggu karya-karya selanjutnya.

 

Sponsored Content

James Gunn Bikin Film Superman Jahat

Chrystina Yohana Limas | 2 jam yang lalu
James Gunn Bikin Film Superman Jahat

Pernah terpikir nggak sama kamu, Feedies kalau Superman itu ternyata bukan alien yang baik? James Gunn, sutradara film buatan Marvel, Guardians of the Galaxy Vol.1&2 terpikir untuk membuat film superhero penyebar terror, berbanding terbalik dengan film superhero yang biasa kamu lihat, Feedies. 

FeedMe.id, Jakarta – Film superhero produksi Sony Pictures Entertainment yang diproduseri James Gunn ini ditampilkan bukan untuk menyelamatkan bumi. Kekuatan yang dimiliki superhero ini justru membuat kepanikan dan kekacauan di bumi. Simak cuplikan trailernya di bawah ini

Adegan Awal Mirip dengan Asal Muasal Superman

Ceritanya ada sepasang suami istri yang diperankan oleh Elizabeth Banks dan David Benman yang udah lama merindukan anak. Suatu hari, di rumah mereka yang letaknya di pedesaan, mereka kedatangan meteor yang mendadak jatuh dan turun di depan rumah mereka. 

Dari meteor yang jatuh itu, sang istri menemukan bayi alien, dan memutuskan mengadopsi bayi tersebut. Adegan awalnya mirip dengan kisah awal muasal Superman, namun berbeda karena sang bayi justru tumbuh dengan kemampuan dan sifat yang berbeda dengan superhero layaknya Superman.

Ini Keanehan si Anak Alien

Dalam cuplikan yang ditampilkan, sang anak alien bernama Brandon ini terlihat sangat menyeramkan. Melayang-layang di kegelapan, bermain dengan api, dan suka menggambar simbol-simbol aneh di buku catatannya. Pada akhir cuplikan, Brandon terlihat mengejar pelayan yang masuk ke lemari pendingin, tapi pintunya dirusak oleh kekuatan dalam dirinya yang mirip laser mata.

Sang ibu yang awalnya membela Brandon dan meyakinkan anak alien ini kalau dia memiliki kebaikan dalam dirinya akhirnya mulai ketakutan, dan bersembunyi di bawah ranjang. Sementara Brandon terus melakukan kekacauan dan penghancuran besar-besaran dengan mengenakan topeng dan jubah merah mirip Superman. 

Kapan Tayang?

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Brightburn (@brightburnmovie) on

Film superhero jahat, BrightBurn buatan James Gunn yang disutradarai oleh David Yarovesky yang terkenal lewat film horror The Hive (2014) ini dijadwalkan tayang Mei 2019. Gimana Feedies menurut kamu film bergenre superhero-horror ini? Kalau kamu penasaran tonton aja dulu trailernya, Brightburn, dan pantengin terus FeedMe.id untuk kabar selanjutnya yah, Feedies.

Subscribe to our newsletter

Connect with us

Santai

5 Makanan Khas Sri Lanka yang Harus Kamu Coba

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
5 Makanan Khas Sri Lanka yang Harus Kamu Coba

FeedMe.id, Jakarta – Feedies, buat kamu yang suka makanan India dan juga suka makanan Indonesia, pernah gak kepikiran gimana jadinya kalau dua cita rasanya tersebut digabung? Kalau pernah kepikiran, kamu harus nyobain makanan khas Sri Lanka.

Banyak orang yang bilang makanan khas Sri Lanka rasanya mirip-mirip kayak makanan khas India digabung dengan cita rasa khas Indonesia. Lalu, makanan khas Sri Lanka apa yang harus kamu cobain? Menurut Feedy, lima makanan berikut ini, Feedies.

1. Watalappan

Salah satu makanan khas Sri Lanka yang harus kamu coba adalah Watalappan. Makanan dengan nama yang asing di telinga kita ini adalah salah satu makanan populer di negara kecil ini. Meskipun populer, katanya sih agak sulit buat nyobain makanan ini. Soalnya, makanan ini cuma disajikan buat acara-acara tertentu doang.

Makanan bernama watalappan ini punya cita rasa yang hampir mirip sama custard telur tapi dengan pengaruh Melayu dan beberapa tambahan khusus kayak gula aren, pala, kapulaga dan juga santan. Makanan ini biasanya jadi pilihan buat jadi makanan penutup.

2. Lamprais

Makanan khas Sri Lanka berikutnya yang harus kamu cobain adalah lamprais. Makanan yang biasa disebut burger belanda ini memang makanan yang dulunya diturunkan oleh keturunan Burghers Belanda. Selain itu, bentuk makanan ini dari luar juga kelihatan bulet kayak bungkus burger.

Meski disebut burger belanda, lamprais ini sebenarnya kombinasi dari nasi, kari daging sapi/domba/babi, sambal, ikan, terung, kacang-kacangan dan perkedel yang dibungkus sama daun pisang dan dikukus juga dipanggang. Jadi, mirip-mirip nasi bakar ya, Feedies.

3. Dhal

Makanan berikutnya yang harus dicoba adalah Dhal. Makanan ini bisa dibilang jadi salah satu makanan pokok di Sri Lanka lho, Feedies. Buat masak ini, bahan yang dibutuhin cuma bawang bombay, cabe hijau dan beberapa rempah kayak daun pandan, fenugreek, jinten dan kayu manis buat selanjutnya dicampur sama santan. Nah, makanan ini sendiri kayak kari dengan tekstur yang lebih tipis dibanding kari khas India.

4. Kottu Roti

Buat makanan cepat saji khas Sri Lanka, penyajian kottu roti ini mirip sama nasi goreng, tapi ada bedanya. Kalau nasi goreng bahannya dari nasi, kottu roti bahannya dari roti, tepatnya berbahan roti godamba khas Sri Lanka. Roti godamba ini bakalan dipotong kecil-kecil sebelum nantinya digoreng pakai bahan lain kayak sayuran, telur, dan daging.

5. Appa

Sekilas makanan khas Sri Lanka ini mirip sama kue ape khas Jakarta. Tapi appa berbeda, Feedies. Soalnya, camilan Sri Lanka ini dibuat dari fermentasi tepung beras dan santan yang didadar dengan kulit pinggir yang renyah. Mirip kue ape banget, ya. Bedanya, kalau kue ape cuma dimakan gitu aja, appa bisa disajikan berbagai macam, salah satunya bisa dimakan pakai telur mata sapi di atasnya, bisa pakai susu, bisa juga jadi pengganti nasi dan pakai pelengkap kuah kari beserta lauk.

Gimana, Feedies, tertarik buat nyobain makanan khas Sri Lanka?

Hiburan

Injak Usia 40 Tahun, Kourtney Kardashian Ketakutan

Angela Wahyudi | 2 jam yang lalu
Injak Usia 40 Tahun, Kourtney Kardashian Ketakutan

FeedMe.id, Jakarta – Kenginan selalu tampak muda walaupun udah memasuki usia lanjut adalah impian semua orang, terutama kaum hawa. Banyak dari para perempuan yang belum bisa menerima kenyataan dirinya semakin bertambah tua. Hal ini pun dirasakan Kourtney Kardashian yang saat ini merasa karena harus menerima kenyataan bahwa dirinya akan bertambah tua. Sebab, pada 18 April 2019 kemarin, Kourtney Kardashian baru aja genap menginjak umurnya yang ke-40 tahun.

Dilansir dari HollywoodLife, seorang sumber terdekatnya mengatakan, "Kourtney sangat takut memasuki usia 40 tahun karena dia tak mau menjadi tua dan berurusan dengan segala sesuatu yang datang bersama (umur barunya)."

Meski begitu, di tengah ketakutannya, Kourtney Kardashian mensyukuri apa yang dimilikinya saat ini. Sebab, meskipun umurnya udah 40 tahun, tapi tampilan Kourtney masih seperti perempuan berusia 20 tahun.

Walau berusia lanjut, Kourtney Kardashian tetap percaya diri dengan segala pencapaiannya, termasuk memiliki tubuh yang indah. Salah satu yang memotivasiya untuk tetap percaya diri adalah melihat ibunya, Kris Jenner. Biarpun berusia 63 tahun, Kris Jenner juga gak mau kalah cantik dan awet muda dari kelima anak perempuannya itu.  

Menginjak usia 40 tahun, Kourtney Kardashian kabarnya gak bakalan menggelar pesta besar-besaran, seperti yang biasa dilakukan oleh keluarganya. Makan malam bersama dengan ketiga anaknya, Scott Dissick dan keluarga dekat, jadi pilihan Kourtney untuk merayakan usia barunya.

 

Viral

Selain di Sri Lanka, Ini Daftar Gereja yang Juga Pernah Diserang Bom

Angela Wahyudi | 2 jam yang lalu
Selain di Sri Lanka, Ini Daftar Gereja yang Juga Pernah Diserang Bom

FeedMe.id, Jakarta – Insiden berupa serangan bom yang yang menyerang gereja di Sri Lanka pada Minggu Paskah, 21 April 2019 menambah daftar deretan Gereja di dunia yang mengalami masalah yang sama.

Akibat insiden ini, sekitar 137 orang diketahui menjad korban atas ledakan bom. Selain Sri Lanka, belum lama serangan bom Gereja Katedral Bunda Maria dari Gunung Karmel di Jolo, Filipina Selatan, pada Minggu, 27 Januari 2019, menjadi bukti tempat ibadah telah menjadi salah satu sasaran terorisme.

Inilah serangan bom yang terjadi di gereja dalam tiga tahun terakhir

1. Gereja Koptik Ortodoks, Mesir 

Ledakan di gereja koptik Ortodoks ini terjadi pada Sabtu, 5 Januari  2019 di dekat sebuah kawasan pemukiman di ibu kota Kairo, Mesir. Belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab, tapi Mesir udah dikenal selama bertahun-tahun memerangi para militan garis keras. Serangan ini terjadi cuma berselang dua hari sebelum umat Kristen Ortodoks merayakan hari raya Natal. Karena insiden ini, seorang aparat kepolisian tewas.

2. Gereja Bethel Memorial Methodist, Pakistan 

Ledakan bom terjadi di luar gedung gereja Bethel Memorial Methodist, di Quetta kota, Pakistan pada 17 Desember 2017. Pelaku yang terdiri dari dua orang meledakkan bom yang melekat pada tubuh mereka waktu ratusan umat kristen lagi beribadah jelang misa Natal. Ledakan bom bunuh diri ini setidaknya menewaskan 9 orang.

3. Gereja Episcopal St. Stephen di Beaumont, Amerika Serikat 

Ledakan terjadi di gereja Episcopal St. Stephen, 10 Mei 2018. Berawal dari sebuah paket berisi bom yang kemudian meledak di sebuah tangga menuju pintu masuk gereja Bom. Bom itu baru meledak pada tengah malam. Beruntungnya, ledakan ini gak menimbulkan korban jiwa. Hanya sejumlah kaca di gereja pecah dan beberapa bagian dinding berlubang karena dampak ledakan.

 

Santai

Bukannya Pakai Roti, Sandwich Ini Malah Pakai Acar Timun

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Bukannya Pakai Roti, Sandwich Ini Malah Pakai Acar Timun

FeedMe.id, Jakarta – Kalau kamu dengar "sandwich" pasti yang terpikir sama kamu adalah roti lapis. Hal ini sebenarnya wajar, Feedies. Pasalnya, sandwich memang dibuat dari roti yang diisi dengan daging dan beberapa sayuran.

Namun, gimana jadinya kalau sandwich nggak memakai roti, malah pakai pickle alias acar dari timun sebagai pembungkusnya? Ternyata hal ini benar-benar terjadi. Alih-alih pakai roti, di Amerika Serikat ada jenis sandwich baru yang bernama pickle sandwich.

Perlu kamu tahu, pickle merupakan salah satu isian dari sandwich. Terkadang acar mentimun ini juga bisa jadi camilan dan disantap tanpa apa pun. Adalah Elsie’s, restoran asal Amerika Serikat yang berani mendobrak hakikat sandwich dari roti lapis jadi acar lapis. Idenya ini datang dari salah satu pemiliknya Katherine Cohen. Cohen terinspirasi dari resep keluarganya.

Meskipun roti yang menjadi pembungkus sandwich ini diganti pickle, isian sandwichnya masih sama kayak sandwich pada umumnya kok, Feedies. Masih terdapat smoked beef, daging ayam, keju dan saus-saus khas lainnya.

Memang secara tampilan kreasi sandwich yang satu ini kelihatan aneh. Namun begitu, pickle sandwich dinilai lebih sehat, lho. Soalnya, roti yang biasa ada di sandwich udah berubah jadi acar timun, yang artinya asupan karbohidrat yang ada di dalam sandwich jadi berkurang.

Lalu berapa sih harga pickle sandwich yang unik ini? Seporsi pickle sandwich dengan isian klasik dijual seharga USD8,50 atau sekitar Rp119 ribu. Buat menambah isian sesuai selera kamu dikenakan biaya tambahan sebesar 24 sen.

Jadi, gimana nih, apakah kamu tertarik buat nyobain sandwich unik ini?

Hiburan

Keren Juga, Boyband BTS Setara The Beatles soal Hal Ini

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Keren Juga, Boyband BTS Setara The Beatles soal Hal Ini

FeedMe.id, Jakarta – K-Pop alias musik Korea sekarang ini gak boleh diremehin lagi, Feedies. Pasalnya, banyak banget boyband dan girlband dari Negeri Ginseng ini yang berhasil mencetak prestasi secara internasional.

Prestasi terbaru dari ranah Kpop ini berhasil diraih oleh boyband BTS. Hal ini mereka raih sehabis album Map of the Soul: Persona yang dirilis beberapa pekan lalu langsung menempati posisi pertama Billboard 200.

Hal ini merupakan capaian ketiga BTS dalam kurun waktu kurang dari setahun. Sebelumnya album mereka Love Yourself: Tear juga berhasin menempati posisi pertama di Juni 2018. Terus dilanjut oleh album Love Yourself: Answer yang juga menempati posisi pertama di September 2018.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by BTS official (@bts.bighitofficial) on

Melansir Billboard via CNN, capaian ini bikin BTS mempunyai rekor yang sama kayak band legendaris dari Inggris, The Beatles. Di tahun 1995 sampai 1996, album Anthology 1, Anthology 2, dan Anthology 3 The Beatles berhasil menempati posisi pertama dalam kurun waktu cuma 11 bulan. Selain the Beatles, band The Monkees juga pernah ada di posisi ini dengan waktu kurang dari satu tahun.

Torehan The Monkees ini didapatkan pada 1967 lewat album More of the Monkees yang berhasil duduk di peringkat pertama pada Februari. Kemudian dilanjut oleh Headquarters pada Juni dan Pisces, Aquarius, Carpicorn, and Jones LTD pada Desember.

Memangnya selaku apa sih album BTS kok bisa sampai duduk di urutan pertama? Berdasarkan dara Nielsen Music, album terbaru BTS itu berhasil terjual sebanyak 230 ribu kopi dalam satu pekan setelah perilisan. Angka ini juga jadi yang terbanyak buat penjualan album boyband Korea Selatan.

Gokil juga ya BTS bisa sampai kayak begini. Kamu para penggemarnya pasti bangga, deh. Soalnya, ada andil dirimu juga di balik torehan prestasinya ini.

TOP