Hiburan

Marthino Lio: Peraih Piala Maya yang Pernah Ngarep Masuk Militer

Bagus Prasetiyo | 14 February 2019 - 17:00
Marthino Lio: Peraih Piala Maya yang Pernah Ngarep Masuk Militer

Marthino Lio nggak mendadak terkenal dan langsung meraih Piala Maya dan menyabet gelar "Aktor Pendukung Pria Terpilih". Ada kesukaan yang ia bangun sedari kecil. Meskipun sempat bermimpi menjadi anggota militer, kini Lio memantapkan hati berkarier di dunia hiburan. Simak selengkapnya dalam #InterviewFeedy di bawah ini.

FeedMe.id, Jakarta - Nama Marthino Lio kerap disandingkan dengan Ario Bayu. Gimana enggak, secara fisik, Lio mirip banget dengan Bayu. Bisa dibilang, Marthino Lio adalah versi muda dari Ario Bayu. Hal ini semakin terlihat jelas saat keduanya tampil bersama dalam film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta. Di film arahan Hanung Bramantyo tersebut, Lio berperan sebagai Sultan Agung Muda. Nah, yang jadi Sultan Agung dewasanya itu Ario Bayu. Terasa makin nyata kan filmnya?

Cowok kelahiran 26 Januari 1989 ini baru aja diganjar penghargaan lho, Feedies. Akibat aktingnya yang memukau dalam film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta, Marthino Lio diganjar Piala Maya dalam kategori "Aktor Pendukung Pria Terpilih". Perjuangan Lio ini nggak singkat, lho. Sedari kecil, lelaki yang memulai debutnya sebagai model tahun 2004 ini memang udah menyukai seni. 

Lewat wawancara khusus yang Feedy hadiri, Lio berkisah bahwa ia sempat bermimpi menjadi anggota militer. Namun, keinginannya ini nggak disetujui sang ibu. Kemudian saat beranjak dewasa, ia berkeinginan tejun ke dunia seni. Lagi-lagi keinginanya itu kurang mendapat restu. Namun, Lio akhirnya bisa membuktikan bahwa ia bisa berkarier di industri hiburan tanah air. Salah satu buktinya adalah Piala Maya yang baru aja diraihnya. 

Penasaran bagaimana waancara Feedy dengan Lio? Begini selengkapnya.

Bagaimana perasaannya mendapat penghargaan?

Ini perdana menang award. Sebelumya menang, tapi bareng The Melly di soundtrack Ada Apa dengan Cinta, di lagu "Ratusan Purnama", yang dapat Piala Citra. 

Apa arti penghargaan buat Lio?

Nggak ngerasa spesial atau gimana-gimana juga. Apa yang aku lakukan waktu itu, aku hanya memberikan yang terbaik. Ternyata ada hasilnya, ada penghargaannya. Di situ lebih ke ucapan syukur aja. Setelah aku tahu kabar itu (menang Piala Maya) aku duduk, merenung, dan berdoa. 

Untuk menghidupkan karakter di Sultan Agung, pendalaman apa yang kamu lakukan?

Pendalamannya, kami belajar memanah, belajar berkuda, belajar menembang (menyanyikan lagu Jawa), belajar menari, belajar peraturan-peraturan sebelum masuk ke keraton seperti apa. 

Apa ada kesulitan?

Kesulitan sih enggak, karena pada akhirnya, aku ngerjainnya dengan penuh keikhlasan. Jadi saat datang di workshop, aku seperti gelas kosong yang siap diisi. Yang paling berdampak itu ajaran dari Mbak Asti (Adinia Wirasti). Dia ngajarin aku bedah naskah, maksud dari dialog ini apa. Mbak Asti dan Mas Bayu (Ario Bayu) pernah ngasih tahu, kunci dari akting yang baik adalah reaksi yang baik. Harus selalu tahu, saat di dalam scene itu, lagi scene-nya siapa. Kita di dalam karakter itu harus ngapain. Misalnya, ada satu adegan di mana aku bertemu Putri mariono. Itu scene-nya Putri. Putri itu nangisnya mahal-. Di situ aku cuma bereaksi terhadap aksi yang dia berikan. Itu pas aku harus balik lagi ke keraton, di situ berasa kayak energi yang Putri kasih, aku terima, terus aku balikin lagi, kemudian pecah. 

Kamu bermain dalam film dengan genre berbeda-beda, ada perbedaan paling besar yang dirasakan?

Perbedaannya lebih ke penempatannya. Modern zaman dulu itu seperti apa. Kayak sekarang lagi ngerjain film biopik. Aku harus belajar dialek Minang. Sementara aku juga lagi ngerjain proyek lain. Di film lain aku harus jadi orang Indonesia timur. Jadi dari timur ke barat. Kepala mau pecah. 

Apa tantangan terbesarnya?

Dialek dan meyakinkan diri sendiri bahwa kita dari daerah situ dan era itu. Butuh sebuan lebih buat belajar dialek. Hampir dua bulan. Waktu Sultan Agung, selama sebulan aku nggak berhenti  dengerin tembang Jawa. Keluarga sampai merasa aneh, ke mana-mana aku pakai sarung, pakai jarik. Aku sampai ditanya, "Ngapain sih lo?". Lalu aku jawab, "Bodo."

Bakat seni dari siapa?

Sebenarnya dulu mau jadi militer, tapi nggak dibolehin, akhirnya jadi seniman aja. Dulu maunya jadi militer karena melihat opa dulu kan militer, nenek militer juga. Kayaknya gagah pakai seragam. Adek-adeknya juga. Terus ngobrol sama nyokap, tapi nggak dibolehin. Orang tua takut. Takut kenapa-kenapa aja

Pilih jadi seniman, orang tua langsung setuju?

Enggak langsung. Seniman kan bayarannya gak jelas. Tapi aku ngeyel aja. Dengan jadi seniman kita bisa menciptakan sesuatu dan itulah salah satu sifat yang diberikan Tuhan. Kita dikasih kebebasan untuk menciptakan. Dan, aku bisa menginspirasi orang untuk bermimpi. Pada akhirnya, industri ini yang dijual adalah mimpi. Aku mau orang-orang bermimpi besar.

Yang ngajak ke dunia hiburan?

Waktu itu ikut model Indonesia pada 2004. Awal-awalnya dari model, terus ke majalah. Kalau musik, aku udah dari kecil. Dulu tinggal di Amerika dan sering main ke konsulat. Di sana ada gamelan dan sering aku mainin. Akhirnya aku disuruh belajar gamelan.

Wah, kalau begitu sih, tampaknya Lio memang udah menyukai seni sejak kecil ya, Feedies. Good luck buat kariernya ya, Lio! Ditunggu karya-karya selanjutnya.

 

Gaya

Gokil, Smartphone Energizer Punya Kapasitas Baterai Non-Stop

Angela Wahyudi | 2 jam yang lalu
Gokil, Smartphone Energizer Punya Kapasitas Baterai Non-Stop

Kebutuhan orang zaman sekarang sebenarnya cukup simple, yakni asal punya smartphone,  jaringan internet, dan juga baterai. Sayangnya, kemampuan power bank juga terbatas buat mengisi baterai. Buat kamu yang kerap terkendala soal isi daya, kamu bisa melirik ponsel yang satu ini nih, Feedies. 

FeedMe.id, Jakarta - Salah satu perusahaan produsen batu baterai terbesar di dunia, Energizer akhirnya tertarik untuk membuat smartphone. Tentunya smartphone ini mempunyai keunggulan yang sesuai dengan identitas perusahaan tersebut, yaitu mempunyai kapasitas baterai yang besar. Gak tanggung-tanggung, kapasitas baterai smartphone yang diberi nama Energizer Power Max P18K Pop ini mempunyai kapasitas baterai 18.000 mAh lho, Feedies.

Digadang-gadang baterai ponsel ini bisa bertahan hingga empat hari untuk mendengarkan musik non-stop, dua hari nonton video, dan 50 hari dalam mode standby. Ditambah lagi, Energizer Power Max P18K Pop mempunyai fitur quick charging 18W dengan USB Power Delivery 2.0. Jadi kamu nggak perlu khawatir dengan lamanya waktu pengecasan karena kapasitas baterainya yang gede banget ini.

Meskipun begitu, smartphone Energizer Power Max P18K Pop memiliki spesifikasi yang sangat standar, seperti prosesornya yang menggunakan Mediatek Helio P70 yang didukung dengan kapasitas RAM 6GB. Di sektor kamera, smartphone ini mempunyai 3 buah kamera belakang dengan resolusi 12MP, 5MP, dan 2MP.

Selain itu, kita masih belum tahu berapa harga smartphone yang punya baterai yang mungkin bisa digunain buat nge-charge genset ini. Energizer Power Max P18K PoX sendiri rencananya baru akan dikenalkan di ajang MWC 2019 di akhir Februari nanti dan belum tahu apakah akan masuk Indonesia atau enggak.

 

Subscribe to our newsletter

Connect with us

Santai

Mengenal Pagpag, Daging Daur Ulang Favorit Warga Miskin Filipina

Angela Wahyudi | 2 jam yang lalu
Mengenal Pagpag, Daging Daur Ulang Favorit Warga Miskin Filipina

Dengan hidup berkecukupan, kita sebagai manusia harusnya bisa bersyukur. Apalagi kalau bisa makan makanan yang enak dan bersih. Jika melihat ke bawah, menu makanan pagpag di Filipina ini justru bukanlah berasal dari tempat yang bersih, lho, Feedies.

FeedMe.id, Jakarta – Banyak dari kita yang mungkin gak bisa menyantap makanan secara bersih. Seperti kehidupan di kawasan kumuh Manila, sangat sulit, bahkan menyediakan makanan di atas meja adalah hal yang mustahil.

Para warga pun memutar otak supaya setiap hari bisa makan. Akhirnya banyak dari mereka yang terpaksa menyantap daging sisa yang didaur ulang dan dikenal dengan nama Pagpag.

Pagpag adalah istilah untuk makanan sisa. Biasanya, pagpag berasal dari daging yang diambil dari sampah restoran, untuk kemudian dicuci, dimasak dan dijual kembali kepada masyarakat miskin di kawasan kumuh Manila. Bisa dibilang, ini adalah makanan utama mereka sehari-hari.

Dilansir dari Odditycentral.com, pagpag ternyata jadi bisnis yang menguntungkan di tengah komunitas warga miskin Manila lho, Feedies. Para pedagang seringkali membeli bahan baku daging sisa dengan harga murah dari pengepul.

Daging sisa itu dikumpulkan oleh pengepul dari para pemulung yang mengais tumpukan makanan sisa atau produk pangan kedaluwarsa, yang diambil di jaringan restoran cepat saji dan supermarket.

Satu kantong plastik daging pagpag biasanya dijual seharga 20 peso atau sekitar Rp 14.000, yang kemudian dimasak dan dijual seharga rata-rata 10 peso atau sekitar Rp 7.354 per porsi.

Cara memasaknya pun jauh dari standar sehat. Daging sisa dicuci berkali-kali dengan alasan "menghilangkan kotoran yang melekat" ketika diambil dari tumpukan sampah dan kemudian dicampur beragam bumbu, sayur, dan saus hingga menjadi hidangan baru yang dijajakan di warung makan kumuh.

Tentunya makanan ini sangat nggak sehat. Namun, sepertinya warga miskin di sana nggak punya pilihan lain.

Hiburan

Paris Hilton Rekaman Album Setelah Lebih dari 10 Tahun Vakum?

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Paris Hilton Rekaman Album Setelah Lebih dari 10 Tahun Vakum?

Nggak cuma dikenal sebagai model, sosialita, dan aktris cantik aja, Paris Hilton juga dikenal sebagai penyanyi yang terbilang sukses di debutnya. Album pertamanya cukup laris. Sayangnya setelah album pertama rilis, ia nggak merilis lagi karya musiknya. Namun, kini kabarnya ia lagi rekaman setelah lebih dari 10 tahun vakum di dunia musik.

FeedMe.id, Jakarta – Selama ini mungkin kamu cuma mengira Paris Hilton cuma sosialita cantik, kaya dan pewaris salah satu hotel bintang lima. Tanpa kamu sadari, atau mungkin kamu sadar tapi lupa, Paris Hilton sebenarnya juga berkarya dengan lagu lho, Feedies.

Sayangnya, memang dia udah lama banget nggak merilis lagu. Eits, tapi buat kamu yang kangen sama karya Hilton, kabarnya ia bakalan balik ke studio rekaman buat ngerjain lagu baru, lho. Kabar ini ia berikan lewat akun Twitternya.

“Balik ke studio, musik baru segera hadir,” tulis Paris Hilton di Twitter tanggal 19 Februari.

Terhitung terakhir ia berkarya lewat musik memang udah lama banget, Feedies. Terakhir Hilton merilis lagu adalah pada 2006 lalu. Itu juga merupakan debutnya dengan album bertajuk Paris. Album ini cukup laris dengan berhasil menjual 600 ribu keping di seluruh dunia. Lagunya yang berjudul "Stars Are Blind" pun jadi single yang sukses dan bertengger di urutan 18 Billboard Hot 100 tahun 2006.

Dengan kesuksesan album pertama, ia pernah bilang bahwa udah menyelesaikan album kedua. Namun, sampai sekarang albumnya belum pernah dirilis. Jadi, kita tunggu aja deh ya karya terbaru yang diomongin Hilton lewat cuitannya tersebut.

Santai

Jari Keriput di Dalam Air adalah Bentuk Adaptasi dan Evolusi

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Jari Keriput di Dalam Air adalah Bentuk Adaptasi dan Evolusi

Sebagai manusia, kita pasti pernah mengalami jari keriput saat basah atau kelamaan di air. Ternyata, hal ini terjadi sangat wajar dan merupakan hasil evolusi yang berguna dalam kehidupanmu lho, Feedies. Seberguna apa? Langsung simak di bawah ini ya.

FeedMe.id, Jakarta – Kamu pernah bertanya-tanya nggak kenapa jari tangan dan kaki kita kalau kelamaan di dalam air bakalan jadi keriput? Apakah ini berbahaya atau ini sebenarnya wajar? Atau jangan-jangan kita mengalami penuaan dini?

Dilansir dari Hai, hal ini sebenernya wajar banget kok, Feedies. Awalnya para peneliti bilang bawha lapisan luar kulit, epidermis, menyerap air. Namun, karena tarikan dengan lapisan bawahnya, ia gak bisa mengembang sempurna dan mengakibatkan keriput.

Namun, di tahun 1935 ternyata baru diketahui oleh sekelompok ilmuwanl ternyata jari tangan dan kaki orang yang punya kerusakan saraf nggak keriput saat lama di dalam air. Artinya, keriputnya jari ini bukan berkaitan dengan lapisan kulit melainkan saraf.

Para ahli saraf pun menyimpulkan bahwa hal ini adalah reaksi syaraf manusia dan merupakan hasil evolusi. Hal ini dikatakan sebagai upaya adaptasi jari tangan ataupun kaki biar bisa nempel di permukaaan yang basah dan licin, biar kita nggak jatuh.

Jadi, udah tahu kan apa alasan jari tangan dan kaki kita keriput kalau kelamaan di air. Yang jelas sih bukan penuaan dini ya, Feedies.

Hiburan

Kevin dan Nick Jadi Petunjuk Jonas Brother Reuni

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Kevin dan Nick Jadi Petunjuk Jonas Brother Reuni

Jonas Brother memang udah lama banget bubar. Tiga personel mereka fokus buat bersolo karier selama bubar dari tahun 2013. Namun, kabarnya dalam waktu dekat ini mereka bakal reuni lagi sebagai Jonas Brother lho, Feedies.

FeedMe.id, Jakarta – Salah satu band remaja populer yang teridir dari tiga bersaudara, Jonas Brother, memang udah lama bubar. Namun kabarnya, mereka akan reuni lagi lho, Feedies.

Kabar reuni Jonas Brother ini mulai kedengeran waktu Joe, Kevin dan Nick Jonas terbang ke London bareng-bareng. Banyak orang menduga mereka terbang bareng karena lagi merencakanan sesuatu buat reuni band ini.

Benar aja, kabarnya reuni mereka bakalan ditandai dengan musik baru dan sebuah film dokumenter yang mengisahkan tentang perjalanan mereka menuju reuni dari Jonas Brother.

Buat yang belum tahu, Jonas Brother dibentuk tahun 2005 dan sempet dapet nominasi Best New Artist Grammy Awards 2008 sebelum vakum di tahun 2010 dan 2011. Di tahun 2012 mereka sembet balik dan mau rekaman album baru. Namun, rekaman itu malah batal dan mereka mutusin buat bubar di tahun 2013 sampai sekarang.

Semoga kabar reuninya Jonas Brother bisa bener-bener terwujud ya, Feedies.

Gaya

Fantastis, Segini Harga Kaset Lawas Mario Bros Sehabis Dilelang

Abyan Naufal | 2 jam yang lalu
Fantastis, Segini Harga Kaset Lawas Mario Bros Sehabis Dilelang

Buat kamu yang masih nyimpen kaset Mario Bros, sebaiknya jangan dibuang dulu, Feedies. Kalau masih berfungsi kaset lawas ini bisa dijual dengan harga tinggi lho ternyata. Kayak kaset lawas Mario Bros ini, Feedies. Harganya fantastis.

FeedMe.id, Jakarta – Siapa nih yang dulu suka main game Mario Bros? Berhubung permainan tersebut udah lawas dan mulai langka di mana-mana, kaset Nintendo Entertainment System (NES) Super Mario Bros ini dilelang dan laku dengan harga US$ 100,150 atau setara Rp 1,4 miliar, lho.

Dilansir dari Slashgear, cartridge game Super Mario Bros ini dibeli oleh sekelompok kolektor di acara pelalangan yang berlangsung di Heritage Auctions, AS. Kaset tersebut diklaim sebagai kaset game 'graded' termahal yang pernah ada.

Adapun beberapa faktor yang bikin cartridge konsol game jadul ini terbilang langka banget dan dihargai selangit. Pertama, kaset game itu masih dilapisi oleh stiker original dan masih dalam kondisi disegel.

Bahkan, perusahaan pengukur kondisi kaset game, Wata Games, memberi skor pengemasan ‘9,4’ atau kondisi ‘Near Mint’ dan kondisi segel dengan nilai ‘A++’, yang menunjukkan kondisi sangat baik.

Alasan kedua, cartridge yang dilelang itu merupakan versi uji coba pasar yang dirilis secara terbatas untuk NES pada pertengahan 1908 silam di New York dan Los Angeles.

"Kaset game ini merupakan satu-satunya kaset uji coba pasar yang dirilis oleh Nintendo, yang kondisinya masih disegel," ujar pihak Wata Games,

Jadi, kaset lawas apa nih yang masih kamu simpan di rumah?

Hiburan

Sang Pendiri Meninggal Dunia, Siapa Penerus Chanel dan Fendi?

Angela Wahyudi | 2 jam yang lalu
Sang Pendiri Meninggal Dunia, Siapa Penerus Chanel dan Fendi?

Dunia mode baru aja ditinggalkan oleh sosok berbakatnya yaitu, Karl Lagerfeld. Karl adalah penemu brand Fendi dan Chanel. Lalu sekarang siapakah penerus Karl?

FeedMe.id, Jakarta – Bapak dari Fendi dan Chanel baru aja meninggal dunia pada Senin kemarin dikarenakan penyakit kanker pankreas yang dideritanya. Jelas, industri mode kehilangan sentuhan desainer asal Jerman tersebut. Terutama rumah mode Chanel dan Fendi yang lekat dengan kepemimpinan Karl Lagerfeld. Sosok penerus Lagerfeld di dua brand besar pun itu menjadi perhatian publik.

Dilansir dari New York Times, rumah mode Chanel telah menunjuk Virginie Viard untuk meneruskan kepemimpinan Karl Lagerfeld sejak tahun 1983. Bukan sosok yang baru, Virginie Viard merupakan orang kepercayaan Lagerfeld selama lebih dari 30 tahun dan juga direktur kreatif studio Chanel.

Waktu Karl Lagerfeld absen untuk pertama kalinya, dia menunjuk Virginie Viard untuk menggantikannya. Karl Lagerfeld pernah gak hadir menutup fashion show di dua fashion show Chanel Haute Couture di Paris pada 22 Januari 2019 silam. Saat itu, pihak rumah mode Chanel mengatakan Lagerfeld hanya kelelahan.

Terpilihnya Viard nggak lepas dari campur tangan keluarga miliarder Wertheimer yang mengendalikan laju bisnis brand Chanel. Menurut pernyataan yang dikeluarkan perusahaan, seleksi untuk memastikan warisan Gabrielle Chanel dan Karl Lagerfeld tetap hidup berujung kepada sosok Viard, bukan selebritas.

Sementara itu, Karl Lagerfeld kebetulan juga menjabat sebagai direktur kreatif Fendi sejak tahun 1965. Merek Fendi yang dimiliki oleh LVMH Moët Hennessy, perusahaan barang mewah terbesar di dunia, masih di tahap mencari pengganti Karl Lagerfeld.

Sebuah pernyataan dikeluarkan oleh rumah mode berbasis di Roma tersebut dengan menyebutkan kepergian Karl Lagerfeld sebagai kerugian yang tak terbayangkan sebelumnya.

“Karl Lagerfeld adalah mentor dan sumber referensi saya,” ujar Silvia Fendi, direktur kreatif untuk pakaian pria, aksesori, dan pakaian anak-anak. Dia pun menambahkan, “Dengan kedipan mata saja, kita sudah saling memahami. Untuk Fendi dan saya, sosok jenius kreatif Karl tetap selalu menjadi penuntun dalam berkarya.”

 

TOP