Feedio

Novita Dewi Ternyata Satu Geng Sama Fatin!

Dini Tiara | 12 July 2017 - 13:56
Novita Dewi Ternyata Satu Geng Sama Fatin!
FeedMe.id, Jakarta - Walaupun tampil di final bareng dan jadi "lawan" di X-Factor Indonesia, ternyata Novita Dewi dan Fatin satu kubu! Mereka punya geng sendiri di X-Factor dan sering saling dukung satu sama lain. Wah kayak apa cerita suka dan duka ikutan ajang pencarian bakat populer sekelas X-Factor Indonesia? Dan apa pendapat Novita Dewi sama ajang pencarian bakat yang banyak banget belakangan ini?

Film

Sebelum Joker, Ini Lima Film Terbaik Joaquin Phoenix

Chrystina Yohana Limas | 2 jam yang lalu
Sebelum Joker, Ini Lima Film Terbaik Joaquin Phoenix

Phoenix, si pemeran Joker yang sukses menghipnotis penonton Indonesia ini ternyata aktingnya sudah lebih dulu keren di lima film ini, Feedies. Dan kabarnya lima film yang dibintanginya ini dikerjakan sutradara handal seperti M. Night Shyamalan yang melahirkan trilogi film mental illness Glass, Spike Jonze, Paul Thomas Anderson, Ridley Scott, dan Lyne Ramsay.

FeedMe.id, Jakarta – Penasaran kan Phoenix main di film apa saja sebelum dia jadi Joker? Nih Feedy kasih deh bocoran deretan lima film yang suskes dibintangi si pemeran Joker, Phoenix:

Gladiator (2000)

Film garapan Ridley Scott yang mengambil latar kerajaan Romawi ini bercerita tentang Commodus (Phoenix), anak dari Raja Marcus Aurelius yang picik banget dan gila kekuasaan yang berusaha memburu tangan kanan ayahnya, Jenderal Maximus (Crowe). Maximus yang akhirnya terusir dari kerajaan mencoba membalas dendam dengan bergabung menjadi petarung gladiator sebagai pintu masuk agar dapat berhadapan dengan Commodus untuk kedua kali.

Walaupun bukan sebagai tokoh utama, namun akting Phoenix tidak kalah dengan aktor utamanya, Russell Crowe. Phoenix mampu membuktikkan pada Ridley Scott kalau dia juga bisa bersinar dengan karakaternya sebagai Commodus.

Walk The Line (2005)

Tak hanya jago berakting sebagai petarung di film gladiator, Phoenix juga masuk nominasi Oscar karena perannya sebagai legenda music country Johnny Cash dalam film Walk the Line. Film ini mengisahkan perjalanan hidup Johnny dengan istrinya, June Carter yang menarik untuk ditonton.

The Master (2012)

Film drama Amerika Serikat yang naskahnya ditulis Paul Thomas Anderson, yang juga sekaligus menjadi sutradara dan produser film ini mendapat kritik positif dari para kritikus film. Joaquin Phoenix yang berperan sebagai Freddie Quell di film ini sebagai veteran Perang Dunia II dan berusaha menyesuaikan diri dengan masyarakat sesudah perang cenderung berperilaku tidak stabil.

Suatu malam Freddie mabuk dan mengalami PTSD yang membuat dirinya jadi kecanduan sex dan alkohol. Kecanduan tersebut membuat Freddie akhirnya bertemu dengan pimpinan organisasi “The Cause” bernama Lancaster Dodd. Lancaster yang mengetahui penyakit Freddie berjanji menyembuhkan, namun istri Lancaster, Peggy (Amy Adams) merasa ada hal misterius yang dimiliki Freddie.

Her (2013)

Di film ini Phoenix adu akting dengan Scarlet Johansson. Berkisah tentang penulis kartu ucapan yang dibintangi Phoenix mengalami patah hati dan bermaksud mulai membangun hubungan percintaan. Film yang mengambil latar masa depan ini mengangkat kisah cukup unik, karena Phoenix dalam film ini dikisahkan membangun hubungan percintaan yang tidak biasa. Hubungan yang dibangun dengan aplikasi komputer yang didesain menyesuaikan karakteristik penggunanya.

Film Her ini termasuk salah satu film terbaik Phoenix, dia mampu berakting sebagai pria dengan kondisi mental yang tidak stabil dengan sempurna. Hmm mungkin film ini jugalah yang menjadi modal Phoenix menjadi Joker, musuh bebuyutan Batman.

You Were Never Really Here (2017)

Sukses dengan perannya sebagai veteran di film The Master, Phoenix kembali didapuk sebagai veteran yang memiliki traumatis. Namun di film ini, Phoenix mendapat tugas berat yakni harus mencari gadis yang menjadi korban perdagangan manusia.

Di tengah pencariannya, Phoenix menemukan dirinya ada dalam pusaran yang sangat berbahaya untuk veteran seperti dia. Film ini mendapat standing ovation selama tujuh menit saat pemutaran perdananya di Cannes Film Festival di Perancis saking bagusnya nih film, Feedies. Dan ssst, bukan hanya filmnya, Phoenix juga menyabet gelar aktor favorit di event tersebut.

Nah itulah lima film terbaik Phoenix sebelum Joker. Mana yang udah dan belum kamu tonton?

Subscribe to our newsletter

Connect with us

Film

7 Film Mental Illness Ini Membuatmu Makin Bersimpati dengan Penderitanya

Chrystina Yohana Limas | 2 jam yang lalu
7 Film Mental Illness Ini Membuatmu Makin Bersimpati dengan Penderitanya

Mental illness bukan sekadar gangguan jiwa belaka, tujuh film berikut akan mendeskripsikan jenis penyakit mental illness yang belum pernah kamu bayangkan. Salah satu film bahkan menggambarkan jenis mental illness yang dialami penderita akibat kelainan pada otak.

FeedMe.id, Jakarta – Dibintangi aktor dan aktris terbaik, tujuh film mental illness ini memiliki cerita menarik yang akan membuatmu lebih mengenal apa itu mental illness dan bersimpati dengan penderitanya. Selain film mental illness akibat kelainan otak, Feedy juga merekomendasikan salah satu film mental illness yang sekarang lagi banyak beredar nih meme-nya, Feedies:

Fight Club (1999)

Bernostalgia dengan sosok Brad Pitt di masa muda benar-benar membuat Feedy terpesona nih. Ups, oke balik ke topik filmnya. Film yang diadaptasi dari novel karangan Chuck Palahniuk dengan judul yang sama di tahun 1996 ini diperankan oleh Edward Norton sebagai ‘narrator tanpa nama’ yang bertemu dengan Tyler Durden yang diperankan oleh si ganteng Brad Pitt di masa mudanya yang berprofesi sebagai sales sabun.

Diceritakan dalam film ini, baik Norton dan Brad merasa bosan dengan kehidupan yang mereka berdua jalani. Karena itulah mereka berdua memutuskan membangun sebuah arena pertarungan di bawah tanah dan membuat sebuah aturan ketat bagi setiap orang yang ingin bertarung.

Arena inilah yang diberi nama Fight Club, dari sinilah akhirnya Norton menemukan banyak hal-hal mengejutkan terjadi. Termasuk ketika akhirnya Norton atau sang narrator menyadari kalau sosok Tyler Durden ternyata khayalan Norton sendiri.

Alur cerita yang ngetwist membuat film ini menjadi film mental illness terbaik pilihan Feedy. Inilah alasan Feedy mengulasnya paling pertama. Kamu bisa intip trailernya dulu, Feedies sebelum memutuskan menonton filmnya.

A Beautiful Mind (2001)

Film mental illness rekomendasi kedua dari Feedy nih, Feedies. Waktu awal nonton, Feedy sempat bingung dan merasakan kepedihan yang dialami John Nash di masa-masa penderitaannya melawan mental illness. Film ini diangkat dari kisah nyata yang menceritakan sosok asli John Nash yang diperankan oleh Russell Crowe, peraih Nobel di bidang ekonomi ternyata pernah mengidap skizofrenia paranoid.

Alur cerita menarik dan konflik Nash dengan para teman khayalan yang digambarkan cukup nyata memberi wawasan kepada Feedy bagaimana bersikap kepada penderita mental illness. Ternyata penderita skizofrenia ini berbeda tingkatannya. Ada yang hanya menderita di tahap mendengar suara halusinasi, ada pula yang tingkatnya sudah cukup parah yaitu melihat secara langsung suara-suara halusinasi dalam bentuk nyata yaitu teman khayalan yang ada di film A Beautiful Mind ini.

FYI, film ini mendapat rating cukup tinggi di IMDb yang sekaligus menambah daftar rekomendasi film mental illness terbaik pilihan Feedy. Tonton trailernya dulu deh dijamin penasaran pengin nonton film ini.

Trilogi Glass (Unbreakabale, Split, dan Glass)

Shyamalan, sutradara trilogi film ini sempat diragukan karena pernah gagal membuat twist dari beberapa karya-karyanya. Tapi lewat film trilogi glass ini, Shyamalan sukses membuat film trilogi mental illness yang mengurasi emosi lebih banyak dibandingkan film mental illness lainnya.

Di film Glass, Bruce Wilis bertemu kembali dengan Samuel L. Jackson, setelah sebelumnya terpisah di film Unbreakable, di mana Samuel bernasib tragis, dipenjara. Sedikit flashback, mereka berdua bertemu di Unbreakable, di mana mereka berdua sama-sama terobsesi pada sesuatu, Bruce terobsesi menjadi pahlawan, sedangkan Samuel terobsesi menjadi penjahat. Film ini termasuk salah satu film mental illness terbaik selain juga termasuk salah satu film action menegangkan di tahun 2000.

Sedangkan untuk Split yang rilis di tahun 2017 yang merupakan sekuel dari film Unbreakable, James McAvoy yang didapuk sebaai pemuda dengan banyak kepribadian, klimaksnya ketika salah satu kepribadian bernama ‘Beast’ (ini puncak kepribadian yang merupakan gabungan dari berbagai macam hewan buas). Kepribadian ini muncul karena James menyamar menjadi pekerja kebun binatang.

Glass adalah puncak dari alur cerita yang belum kelar di dua film sebelumnya (Unbreakable dan Split). Bruce Wilis, Samuel L. Jackson, dan James McAvoy kembali dipertemukan di awal tahun 2019, dan beradu acting. Film ini menjadi film mental illness yang paling ditunggu di awal 2019. Glass akan menjelaskan bagaimana kedua film sebelumnya.

Numb (2007)

Film ini bercerita tentang seorang penulis naskah sukses bernama Hudson Milbank (Matthew Perr) yang menderita kelainan jiwa unik yaitu depersonalization disorder. Ini adalah kelainan jiwa di mana penderitanya merasa dirinya terpisah dari tubuhnya. Yang miris, Hudson yang menderita ini akan merasa asing dengan dirinya sendiri dan merasa melihat diri mereka dari kejauhan.

Memang tidak dapat dipungkiri kadang sebagai penulis apalagi penulis sebuah cerita, tokoh-tokoh ciptaannya bisa merasuk ke dalam jiwanya sehingga terkadang sering merasa bingung dengan kepribadian asli. Bahkan mungkin sampai merasakan yang dialami oleh Hudson, merasa jiwanya terpisah dari tubuhnya. Kelainan ini kalau tidak ditangani ke psikiater akan bertambah parah. Hudson yang menyadari penyakitnya memutuskan berobat ke psikiater dan berusaha melawan penyakit yang dideritanya.

Film ini akan menyadarkan kita bahwa penderita seperti Hudson yang adalah seorang penulis naskah sukses pun bisa terkena mental illness, namun mau berjuang karena dirinya menyadari ada wanita yang dicintainya yang selalu memberinya semangat untuk sembuh. Film ini juga menyadarkan Feedy kalau ada jenis kelainan jiwa yang unik tapi belum dibahas dan berpotensi menyerang setiap dari kita tanpa disadari.

Welcome to Me (2015)

Berbeda dengan film mental illness lainnya yang bertema thriller, action, atau bahkan ada yang berbumbu romantis. Tapi film ini bergenre drama komedi yang mengisahkan seorang wanita bernama Alice Klieg (Kristen Wiig) menderita kelainan jiwa borderline personality disorder. Suatu hari, Alice memenangkan lotere yang menjadikannya miliuner. Malangnya, sejak saat itu, Alice jadi impulsif, membeli sebuah talkshow untuk dirinya sendiri dan menjadikannya wadah berbicara tentang pandangannya terhadap topik-topik tertentu.

FYI, borderline personality disorder ini adalah kelainan jiwa yang ditandai dengan suasana hati serta citra diri yang selalu berubah-ubah dan perilaku impulsif (nggak pakai mikir dulu deh). Penderita BPD ini cara berpikir, cara pandang, dan perasaannya berbeda dibanding orang pada umumnya. Dampaknya timbul banyak masalah ketika dirinya menjalankan kehidupan sehari-hari dan menjalin hubungan dengan orang lain.

Brain on Fire (2016)

Diangkat dari kisah nyata, film ini berkisah tentang jurnalis muda bernama Susannah Cahalan (Chloe Moretz) yang mengalami hal-hal aneh. Seperti tiba-tiba kesurupan, merasa mendengar orang-orang membicarakannya, peka berlebihan dengan suara dan rabaan, puncaknya perilakunya yang tak terkontrol sehingga kariernya di New York Post terancam.

Susannah yang panik berusaha mencari pengobatan ke banyak dokter tapi hal-hal aneh itu makin menjadi, bahkan makin parah. Akhirnya dia menemukan fakta mencengangkan dari seorang dokter kalau otaknya ada kelainan. Kelainan yang membuat perilaku dan gejala-gejala mirip kelainan jiwa pada Susannah.

Film ini berbeda dengan film mental illness lainnya, di mana penggambaran kelainan jiwa biasanya berdasarkan pengaruh lingkungan atau trauma masa lalu. Film ini justru menggambarkan jenis kelainan jiwa unik lain yang disebabkan adanya kelainan pada otak.

Bagus banget film ini karena menggambarkan cerita dari sudut pandang Susannah dan bagaimana perkembangan serta dampak bagi kehdupan sekitarnya. Menariknya, kita bisa tahu bahwa ada juga jenis kelainan jiwa yang tidak murni.

Joker (2019)

Ini adalah film paling dinantikan penggemar Batman dan DC Comics. Villain dari Batman ini sekarang jadi bahan pembicaraan netizen, dari larangan membawa anak ketika nonton hingga beredarnya meme berupa quote “Orang jahat yang terlahir dari orang baik yang tersakiti”. Uhuks banget nih meme yang satu ini.

Joker yang diperankan oleh Joaquin Phoenix sebagai Arthur Fleck ini berkisah tentang musuh Batman paling ikonik. Joker diceritakan adalah musuh yang lahir karena tekanan demi tekanan yang dihadapinya di Gotham City.

Ironisnya, sebelum menjadi Joker, Fleck bercita-cita menjadi komedian dengan bergabung di klub komedi menjadi badut penghibur. Di tengah situasi kelam kota Gotham, Fleck harus berjuang keras dan kerap mendapatkan pelecehan verbal, kerap pula diisakiti oleh produk dari boroknya pemerintahan Gotham. Yang bikin miris, saat kembali ke rumah Fleck bisa kembali ceria saat bertemu sang ibu, Penny (Frances Conroy) yang ternyata adalah ibu tirinya.

Film ini sekaligus memperingatkan kepada kita semua, Feedies kalau pembullyan itu tidak bia dikatagorikan becanda saja tapi sudah betul-betul masuk kategori pembunuhan karakter seseorang. Dari awal film hingga pertengahan, Fleck dibully habis-habisan oleh lingkungannya dan akhirnya seisi kota Gotham pun sukses melahirkan psikopat yang kehilangan kemampuan simpatinya. Hal itu bisa terlihat dari tawa ikonik Fleck saat sedang merasa stress. Bayangin aja deh, saat sedang ingin membawakan materi stand-up comedy di atas panggung komedi, belum mulai eh tiba-tiba penyakitnya kambuh yang menyebabkan dirinya tertawa terbahak-bahak di depan orang banyak. Film ini sudah beredar mulai 2 Oktober dan ssst sudah meraih penghargaan di Venice Film Festival dan Golden Lion bulan September lalu. Film ini juga digadang-gadang layak meraih piala Oscar untuk kategori Best Actor berkat acting Phoenix yang jauh berbeda dengan Heath Ledger, pemeran Joker sebelumnya.

Itulah tujuh film mental illness yang sukses menimbulkan simpati kepada penderitanya. Dari ketujuh film ini, mana yang membuatmu iba, Feedies? Kalau Feedy sih A Beautiful Mind dan Joker. Semoga lewat ketujuh film ini kamu akan lebih bersimpati lagi dengan penderita mental illness.

Event

Sulit Fokus Hingga Kram Otot, Ini Akibat Kurang Minum Air Putih

Chrystina Yohana Limas | 2 jam yang lalu
Sulit Fokus Hingga Kram Otot, Ini Akibat Kurang Minum Air Putih

Lemot banget kalau diajak ngomong, gampang marah, kram otot, atau bahkan sering sembelit. Apakah kamu sering mengalami hal ini saat sedang beraktifitas?

FeedMe.id, Jakarta – Jangan pernah sepelekan kebutuhan air putih untuk kehidupan kita sehari-hari. Karena kurang minum air putih bisa mengalami hal ini:

Sulit Fokus

Diajak ngomong orang nggak nyambung dan mulai menurunnya tingkat konsentrasi, bahkan sering pelupa itu akibat minimnya kecukupan air putih lho, Feedies. Kalau kamu sepelekan, akibatnya fungsi otak bisa terganggu. Karena sebenarnya otak kita itu terdiri dari 75% air dan kalau kekurangan apalagi sampai kehilangan bisa menghambat kinerja otak kita.

“Karena otak kita terdiri dari 75% air, dehidrasi dapat menyebabkan perubahan emosi, kurang konsentrasi, sakit kepala ringan, dan kelelahan,” kata dr. Tria Rosemiarti, Hydration Science Director Danone-AQUA dalam acara peluncuran label baru AQUA di Summarecon Mall Serpong, Jumat (4/10/2019).

Dan biasanya nih kalau sering sulit fokus, lama-lama kamu jadi

Gampang Marah/Emosian

Karena kekurangan cairan bisa menurunkan kemampuan berpikir secara jernih dan tidak dapat mengontrol mood yang berakibat kamu jadi gampang marah/emosian. Riset yang dilakukan University of Connecticut’s Human Performance Laboratory, dehidrasi akibat kurangnya cairan bisa membuat orang mudah marah, mempengaruhi fungsi mental, dan tingkat energi.

“Dehidrasi ringan akibat kekurangan 1,5% cairan dari kebutuhan tubuh bisa mempengaruhi perasaan kita. Terutama pada wanita yang lebih peka pada efek dehidrasi ringan. Kondisi dehidrasi ringan kerap terjadi dalam pelaksanaan aktivitas sehari-hari,” ujar Harris Lieberman, salah satu periset.

Kulit Jadi Kering

Kekurangan cairan juga bisa menyebabkan kulit jadi kering, bersisik, dan timbul kerutan di sana sini. Kulit kering menandakan kondisi yang tidak sehat lho, Feedies. Jadi kalau kamu mau tahu apakah kekurangan cairan atau nggak, efek yang paling terasa dari kondisi kulit kamu.

Sembelit atau Konstipasi

Menurut Ohio State University Wexner Medical Cemter, wasir yang sampai berdarah adalah salah satu penyebab sembelit atau konstipasi. Ini karena kontraksi usus besar yang kurang baik yang menyebabkan penyerapan makanan tidak sempurna. Kalau kamu kurang minum air putih, usus besar tidak dapat mencerna makanan dan membentuk tinja.

Kram Otot

Tubuh yang kekurangan cairan walau hanya 5% saja dari kebutuhan harian, bisa menyebabkan kram otot. Karena air juga berfungsi melumaskan sendi agar gerakan tubuh tetap lancar dan mencegah otot yang kaku dan kram. Saat berolahraga, otot sangat perlu oksigen yang terdapat di air ketika digunakan, agar tidak menyebabkan kram akibat terlalu kering.

“Kehilangan cairan dan elektrolit juga dapat menyebabkan kram otot yang menghambat kinerja kita. Karena itu, kita perlu mengkonsumsi air yang cukup sehat setiap hari dan menjadikannya sebuah kebiasaan,” kata dr. Tria Rosemiarti, Hydration Science Director Danone-AQUA dalam acara peluncuran label baru AQUA di Summarecon Mall Serpong, Jumat (4/10/2019).

Ginjal Terganggu

Tanda-tanda yang terlihat sih biasanya mulai sakit pinggang karena kurangnya asupan air putih setiap hari yang berlangsung begitu lama. Gangguan ini memang biasanya muncul di awal 40 tahun, tapi tidak menutup kemungkinan kita yang masih muda bisa terkena gangguan ginjal. Tahu kan akibatnya kalau ginjal sampai rusak, musti cuci darah yang butuh biaya nggak sedikit. Jadi jangan sampai kurang asupan air putih.

Nah udah tahu kan sekarang akibatnya kalau kamu sampai kekurangan asupan cairan air putih. Jadi yuk mencegah sebelum mengobati dengan cara penuhi asupan air putih sekurang-kurangnya 7-8 gelas per hari atau sekitar 2 liter per hari. Tapi ini pun tidak mutlak karena tergantung usia, jenis kelamin, dan aktivitas setiap orang.

“Kecukupan air memang standarnya 7-8 gelas air atau sekitar 1,8 s.d. 2 liter air namun itu tergantung dari usia, jenis kelamin, dan aktivitas masing-masing orang,” kata dr. Tria Rosemiarti, Hydration Science Director Danone-AQUA dalam acara peluncuran label baru AQUA di Summarecon Mall Serpong, Jumat (4/10/2019).

Santai

Sebelum Konsumsi Yogurt, Baca Dulu Fakta Penting Ini Feedies

Chrystina Yohana Limas | 2 jam yang lalu
Sebelum Konsumsi Yogurt, Baca Dulu Fakta Penting Ini Feedies

Ada beberapa fakta penting yang harus Feedies tahu sebelum kamu konsumsi yogurt lho. Seperti waktu yang tepat konsumsi yogurt, manfaat penting yang belum kamu tahu, alasan penting jangan konsumsi yogurt setelah minum kopi, dan penemuan baru yogurt dengan campuran vitamin C

FeedMe.id, Jakarta – Bahkan kalau kamu mau langsing hanya dengan mengkonsumsi yogurt, harus tahu dulu cara yang tepat lho. Ini nih fakta penting sebelum kamu konsumsi yogurt:

Cara Diet yang Tepat dengan Konsumsi Yogurt

Konsumsi dengan roti gandum atau roti organik seperti roti sourdough yang terbuat dari bakteri baik, agar manfaatnya lebih optimal lagi bisa tambahkan dengan buah dan sayuran. Jangan ditambahkan madu atau gula berlebihan, nanti bukannya kurus malah tambah naik berat badan kamu. Nah kalau kamu ingin diet dengan yogurt lebih optimal, coba pilih

Waktu yang Tepat Konsumsi Yogurt

Kalau kata Dr Haekal Anshari tidak ada waktu yang paling tepat, tapi kalau kamu ingin diet yang optimal, waktu yang paling tepat itu saat sarapan, sehabis makan siang, dijadikan camilan sore seperti contohnya dibuat smoothies atau pudding yogurt kelapa, diminum dua jam sebelum tidur di malam hari. Ini nih alasannya kenapa kamu harus konsumsi yogurt di malam hari dua jam sebelum tidur

Mengandung Tryptophan

Dilansir Foods for Better Health, kandungan typtophan dalam yogurt membuat tidur kamu lebih nyenyak. Hal ini karena tryptophan membantu memproduksi hormone serotonin dan melatonin yang membuat tubuh rileks. Kalau kamu tidur lebih cepat dan nyenyak akan mengurangi keinginan otak untuk terus bekerja yang membuat perutmu jadi gampang lapar dan berakibat naiknya berat badan. Kandungan tryptophan juga cocok untuk kamu yang menderita

Alergi Terhadap Susu/Lactose Intolerant

Ini karena kandungan tryptophan dalam yogurt setara dengan segelas susu. Jadi kalau kamu yang nggak biasa minum susu karena menderita lactose intolerant dan ingin tetap tidur nyenyak, bisa diganti dengan mengkonsumsi yogurt sebagai alternative untuk meningkatkan kualitas tidur. Agar yogurt yang kamu konsumsi tidak kehilangan manfaatnya sebaiknya

Beri Jeda Kalau Ingin Minum Kopi

Kalau kata dokter gizi Haekal Anshari, jangan minum kopi sesudah konsumsi yogurt, karena kalau sudah minum yogurt baru kopi, manfaat yogurt akan terbuang dengan cepat lewat buang air kecil. Haekal mengatakan sifat diuretik bisa menyebabkan seseorang sering buang air kecil. Alasan lainnya, efek pengeroposan tulang karena kandungan kafein dalam kopi, sebaliknya yogurt kaya akan vitamin C, D, dan kalsium yang berfungsi menjaga kesehatan tulang.

“Kalau sudah minum yogurt dulu baru kopi, nanti manfaat yogurt akan terbuang dengan cepat lewat buang air kecil. Jadi belum sempat diserap, sudah dikeluarkan, kan percuma. Jadi baikya yang negative dari kopi gelontorkan dulu. Nanti baru diganti dan diisi yogurt untuk kesehatan tulang,” katanya saat ditemui dalam acara peluncuran Cimory Yolite C+ di XXI Lounge Plaza Senayan, Kamis (19/09/2019).

FYI, ada aturan waktu yang harus ditetapkan kalau ingin mengkonsumsi keduanya. Haekal mengatakan agar beri jeda waktu setidaknya tiga hingga empat jam dari konsumsi kopi ke yogurt, karena apapun yang kita konsumsi nggak dengan cepat diproses oleh tubuh lho, Feedies.

“Harus melewati banyak organ dahulu. Jadi, idealnya diberi jeda beberapa waktu kalau mau menikmati manfaat dari keduanya,” tambah Haekal lagi.

Manfaat Penting untuk Perempuan

Untuk para perempuan, konsumsi yogurt memberikan manfaat penting. Karena menurut ahli kesehatan UI, Karin Wiradarma, salah satu bakteri baik yang terkandung dalam yogurt yaitu lactobacillus dapat membantu menjaga kestabilan pH atau kadar keasaman daerah intim perempuan. Bakteri probiotik ini akan membantu membunuh jamur dan mengurangi risiko infeksi jamur.

“Jika pH terjaga, segala infeksi dapat terhindar. Selain itu, tentu keputihan juga dapat dihindari,” ucap Karin.

Ada satu lagi fakta penting yang harus kamu tahu sebelum konsumsi yogurt nih, Feedies dan ini penemuan terbaru sekaligus pertama di Indonesia yang penting bagi kesehatan Feedies

Yogurt dengan Vitamin C

Menurut pemerhati gizi, Dr. Haekal Anshari dengan mengkonsumsi yogurt dengan vitamin C penting untuk kesehatan tubuh. Selain menjaga kesehatan pencernaan yang membuat diet jadi lancar, di lain sisi juga terhindarkan dari alergi flu akibat radikal bebas berbahaya untuk kamu yang tinggal di ibukota.

“Konsumsi yogurt yang mengandung manfaat kebaikan susu dan bakteri baik serta Vitamin C harian sesungguhnya sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Benar memang bahwa nutrisi lain pun dibutuhkan namun ketika hal tersebut diasup dengan teratur, begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan. Susu yang mengandung nutrisi yang lengkap seperti; protein, karbohidrat, lemak, kalsium, vitamin dan mineral memiliki manfaat tidak hanya untuk tumbuh kembang anak, namun memiliki manfaat jangka panjang antara lain membantu memelihara kesehatan tulang dan gigi, serta daya tahan tubuh. Sementara yogurt drink yang terbuat dari susu yang difermentasi oleh bakteri asam laktat memiliki kandungan untuk menjaga kesehatan pencernaan, sehingga meningkatkan daya tahan tubuh, membantu menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah, bahkan dapat membantu menurunkan berat badan. Di sisi lain vitamin C harus dikonsumsi sesuai dengan angka kecukupan gizi harian karena bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, membantu pembentukan kolagen dan mempercepat proses pemulihan saat sakit sehingga baik untuk meningkatkan daya tubuh. Karena itu kembali lagi bahwa yogurt plus vitamin C disarankan untuk dikonsumsi secara teratur setiap hari,” kata Dr. Haekal Anshari, pemerhati gizi dalam acara peluncuran Cimory Yolite C+ di XXI Lounge Plaza Senayan, Kamis (19/09/2019).

Cimory Yolite C+ pas banget nih buat kamu yang selalu aktif dan banyak beraktivitas di luar. Karena memberikan manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh seperti yang sudah Feedy paparkan serta kemasannya yang praktis dibawa ke mana-mana nggak bikin ribet kalau mau langsung neguk, Feedies. Cimory Yolite C+ juga hadir dengan lima varian rasa yang bisa kamu pilih seperti original, lemon, jeruk, stroberi, dan bluberi. Setiap varian rasanya lezat dan mengandung vitamin C, harganya juga nggak mahal, hanya Rp 7.900. Jadi, rasa apa yang mau kamu coba, Feedies?

Viral

Simak Fakta Menarik Di Balik Hengkangnya Pepsi dari Indonesia

Chrystina Yohana Limas | 2 jam yang lalu
Simak Fakta Menarik Di Balik Hengkangnya Pepsi dari Indonesia

Berita mengejutkan datang dari minuman pesaing Coca Cola di Indonesia, Pepsi yang resmi akan hengkang dari Indonesia 10 Oktober 2019. Ada fakta menarik di balik hengkangnya Pepsi dari Indonesia

FeedMe.id, Jakarta – Mulai dari sengketa awal dengan Indofood yang menjadi distributor utama hingga nasib KFC dan Pizza Hut yang menjadi pemasok terbesar Pepsi di Indonesia. Simak fakta menarik di balik hengkangnya Pepsi dari Indonesia:

Sengketa Pepsi dengan Indofood

Hubungan Indofood yang menjadi produsen sekaligus distributor utama Pepsi di Indonesia sudah merenggang sejak 2017 dengan Pepsi. Hal ini terkait mundurnya PT Perusahaan Perkebunan London Sumatra Indonesia Tbk (Lonsum) yang merupakan anak usaha IndoAgri, perusahaan yang terafiliasi dengan Indofood dari penerapan sertifikasi minyak sawit berkelanjutan atau Roundtable of Sustainable Palm Oil (RSPO).

Anak usaha IndoAgri yang terafiliasi dengan Indofood, Lonsum, diduga melakukan 23 pelanggaran prinsip dan kriteria industri perkebunan sawit, mulai dari kondisi pekerja, risiko kesehatan, diskriminasi gender pekerja, sampai dengan pekerja anak. Atas hal ini, PepsiCo menyatakan kekecewaannya. PepsiCo beserta perusahaan patungan yang didirikan bersama Indofood memutuskan untuk tidak lagi menggunakan minyak kelapa sawit dari IndoAgri, induk usaha Lonsum.

“Kami sangat kecewa mengetahui upaya IndoAgri untuk menarik PT Lonsum dari RSPO. Ini tidak dapat diterima dan tidak konsisten dengan kebijakan dan komitmen kami tentang minyak sawit berkelanjutan,” ungkap Juru Bicara PepsiCo melansir FoodNavigator-Asia.

Tak Perpanjang Kontrak Tapi Berharap Bisa Balik Lagi

Yups, walau telah resmi putus kontrak dengan Indofood, pihak dari PepsiCo berharap bisa balik lagi ke pasar Indonesia dengan merek minumannya yang terkenal yaitu Pepsi, Mirinda, 7UP, dan Mtn Dew. Hal ini disampaikan langsung melalui keterangan resmi dari laman mereka pepsico.com, “PepsiCo berharap dapat kembali ke pasar Indonesia dengan merek minumannya yang terkenal (Pepsi, Mirinda, 7UP, dan Mtn Dew) di masa depan.”

Gimana Nasib KFC dan Pizza Hut?

Keputusan Pepsi hengkang dari Indonesia ini tentunya mempengaruhi permintaan dari beberapa mitranya selama ini yakni KFC dan Pizza Hut yang sudah lama menjadi mitra. Kedua perusahaan fast food terkemuka di Indonesia pun mengambil antisipasi yang dinilai memiliki rasa yang sama dengan Pepsi yakni pesaing terberatnya, Coca Cola.

“Iya, sudah beberapa bulan lalu Pepsi informasikan ke kita kalau mereka mau fokus ke negara lain, nggak di Indonesia. Makanya kontrak dengan kami juga akan berakhir di Oktober nanti. Sejauh ini pasokan Pepsi aman, tapi setelah kontrak berakhir akan pakai Coca Cola,” ujar Direktur PT Fast Food Indonesia Tbk (KFC), Justinus Dalimin, Kamis (03/10/2019).

Ditemui di tempat berbeda, Direktur PT Sarimelati Kencana Tbk (Pizza Hut), Jeo Sasanto mengatakan pihaknya sudah secara bertahap menggantikan Pepsi dengan pesaingnya yaitu Coca Cola.

“Secara bertahap pasokan Pepsi akan digantikan Coca Cola sampai dengan akhir Oktober 2019,’ tegasnya.

FYI, mengutip laporan keuangan PepsiCo tahun 2018 lalu, pendapatannya sebesar USD 64,66 miliar, naik tipis 2% dibanding tahun 2017 sebesar USD 63,52 miliar. Sayangnya justru berita menghilangnya Pepsi dari Indonesia belum diketahui para pengusaha yang tergabung dalam GAPMMI (Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia). Berikut keterangan dari waketum

Belum Ada Informasi Langsung

Waketum GAPMMI, Rachmat hidayah mengaku pihaknya baru mendapatkan kabar tersebut melalui berita yang beredar di media. Oleh karena itu Rachmat belum bisa bicara banyak mengenai hengkangnya Pepsi dari Indonesia.

“Belum ada informasi langsung, tahunya kami dari media,” kata Rachmat dilansir Kumparan.com, Selasa (01/10/2019).

Senada dengan Rachmat, Ketua Umum GAPMMI, Adhi S. Lukman juga tak bisa bicara banyak menganggapi kabar tersebut. Adhi mengatakan belum ada kajian lebih dalam saat ini karena belum dapat laporan, “Saya belum dapat laporan.”

Menanggapi hal tersebut, Kemenperin pun ikut turun tangan dengan rencananya memanggil Pepsico

Kata Kemenperin Soal Hengkangnya Pepsi dari Indonesia

Hingga sekarang, Kemenperin belum terima kabar dari kedua pelaku bisnis yakni dari pihak Indofood dan PepsiCo. Untuk itu, Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Abdul Rochim mengatakan pihaknya akan memanggil PepsiCo untuk menanyakan alasan di balik keputusannya hengkang dari Indonesia.

“Belum ada laporan terkait perpanjangan kontrak Indofood dengan Pepsi, itu B to B (Business to business). Karena belum ada laporan, saya secara pasti belum tahu. Sementara saya akan menanyakan ke Pepsi terlebih dahulu apa masalahnya dan fasilitas apa yang diharapkan sehingga Pepsi masih bisa beroperasi,” kata Abdul seperti dilansir detikcom, melalui pesan singkat, Kamis (03/10/2019).

Hmm, kira-kira PepsiCo masih akan tetap hengkang atau tetap beroperasi nih, Feedies? Kamu sendiri gimana?

Viral

5 Fakta Unik Batik Desa Osing yang Kamu Harus Tahu

Chrystina Yohana Limas | 2 jam yang lalu
5 Fakta Unik Batik Desa Osing yang Kamu Harus Tahu

Salah satu keunikan desa Osing tak hanya atraksi dan kulinernya saja. Batik tulisnya juga memiliki keunikan tersendiri. Dari motif, cara masyarakatnya menyimpan batik, hingga tingkat kerumitan pembuatannya yang sulit ditiru.

FeedMe.id, Jakarta - Bahkan masyarakat Osing memiliki keunikan tersendiri dalam cara penggunaan batik yang berbeda dengan orang lain di Indonesia. Simak yuk fakta unik batik desa Osing yang berhasil Feedy temukan:

Ada Kekuatan Mistis di Balik Motifnya

Salah satu motif batik desa Osing yang mendunia adalah motif Gajah Oling. Ternyata di balik motif ini tersembunyi kekuatan mistis. Alkisah di zaman dahulu, setelah senja para orangtua dilarang keluar rumah membawa anak-anak mereka karena mereka percaya makhluk gaib sedang berkeliaran di waktu-waktu tersebut.

Untuk melindungi anak-anak mereka kalau para orangtua terpaksa harus keluar rumah dan menggendong mereka, para orangtua menggunakan jarit batik motif Gajah Oling. Konon motif ini dipercaya memiliki kekuatan mistis yakni dapat menangkal kekuatan jahat dari makhluk halus di zaman tersebut.

Kekuatan lainnya dari motif batik Gajah Oling ini yang dipercaya masyarakat Osing adalah untuk menenangkan bayi dan anak-anak yang rewel atau menangis dengan cara digendong menggunakan motif Gajah Oling. Hingga saat ini masih banyak masyarakat Osing khususnya para orangtua yang meyakini bahwa Gajah Oling bukanlah sembarang motif namun motif yang memiliki unsur mistis.

Tingkat Kerumitan Pembuatannya Sulit Ditiru

Motif batik tulis desa Osing/Kemiren hingga saat ini masih dipertahankan, namun beberapa di antaranya memiliki tingkat kerumitan pembuatan yang sulit ditiru pengrajin sekarang. Salah satunya motif Gringsing dengan guratan motifnya yang kecil dan memanjang karena pengerjaannya menggunakan canting berukuran kecil, begitu juga dengan degradasi pewarnaan.

Simpan Batik di Toples Kaca

Masyarakat Osing punay cara khusus menjaga batik warisana leluhurnya, yakni dimasukkan dalam sebuah toples-toples kaca dan dipajang dalam lemari kaca. Batik-batik inni selain disimpan juga sekaligus dipamerkan. Yang unik dan menarik metode penyimpanan seperti ini sudah dikenal dan dilakukan puluhan tahun dan turun temurun, Feedies.

“Ini merupakan tradisi warga Osing melestarikan batik, dengan cara kami,” ujar Haidi Bing Slamet, warga Desa Kemiren/Osing, Kecamatan Glagah, Banyuwangi.

Menurut Haidi, hampir seluruh warga Desa Osing/Kemiren menyimpan batik dengan cara unik seperti itu. Mereka percaya, batik kuno  warisan leluhur tidak akan rusak atau terbebas dari ngengat dan binatang perusak kain kalau disimpan dengan cara dimasukkan dalam toples kaca. Selain itu, toples yang kedap udara dianggap bisa membuat batik lebih awet, dan ssst warga Osing juga percaya ketika menampilkan batiknya, leluhurnya datang.

“Kalau ditaruh di lemari tidak akan awet, khawatir dimakan ngengat. Selain itu kerusakan yang disebabkan dari suhu, udara, dan lain-lain. Dengan kedapanya udara pada toples diharapkan memberi dampak positif terhdap keawetan batik tersebut. Masyarakat Osing percaya bahwa ketika mereka menampilkan batiknya, leluhurnya datang,” ujar pria yang akrab dipanggil Edi.

Tiap Keluarga Wajib Memiliki Batik

Fakta menarik dan unik di desa Osing/Kemiren ini setiap keluarga wajib memiliki batik, karena bagi mereka batik bukanlah sekedar kain biasa tapi menjadi symbol penting seperti persyaratan untuk lamaran yang dilakukan mempelai laki-laki kepada calon istrinya.

“Batik pemberian mempelai laki-laki nantinya akan dipakai mempelai perempuan saat mereka bersanding di pelaminan. Jadi batik itu punya peranan penting dalam sebuah keluarga,” ujar Aekanu Hariyono, pemerhati Batik Banyuwangi.

 Batik Dipakai sebagai Penutup Kepala

Umumnya batik digunakan sebagai bahan utama dalam industry fashion untuk memproduksi pakaian, tas, hingga aksesoris. Tapi unik dan menariknya bagi masyarakat Osing, batik digunakan sebagai penutup kepala yang dipercaya memilki makna sekaligus nilai filosofis tersendiri, yang kemudian dikenal dengan udheng.

“Udheng tidak sekedar penutup kepala, tapi perlengkapan wajib bagi laki-laki Osing saat penyelenggaraan ritual baik bersifat individu maupun komunal,” ungkap Lintu Tulistyantoro, Ketua Komunitas Batik Jawa Timur di Surabaya (KIBAS).

Menurut Aekanu Hariyono, Budayawan Banyuwangi secara filosofis, udheng dipahami sebagai ekspresi dari keyakinan masyarakat tentang pandangan hidup. Bentuk udheng yang segi empat dan berbagai motifnya memiliki nilai magis.

“Dalam pemakaiannya, udheng dilipat membentuk segitiga sama sisi yang mana hal tersebut dapat menyampaikan makna tentang hubungan manusia dengan Tuhan, antar sesama, dan alam,” ungkap Aekanu.

Aekanu juga lantas menjelaskan dalam penggunaannya secara umum ada du acara yaitu udheng Tongkosan yang menutup seluruh kepala dengan penampilan dua segitiga di kanan dan kirinya, dan udheng Sampatan yang memiliki bentuk terbuka dengan segitiga lepas di bagian belakang baik yang menjulang ke atas maupun ke bawah.

“Tongkosan biasanya digunakan dalam acara formal hingga ritual keagamaan. Namun, untuk santai atau pemakaian sehari-hari biasanya Sampatan yang lebih sering digunakan,” tutur Aekanu yang saat ini juga kolektor udheng.

Udheng juga memiliki berbagai motif lho seperti ulo bunting, ukel kerikan, totogan, barong ider bumi, manuk caruk, sabuk mangir, juwono, blarakan, hingga yang paling khas gajah oling.

“Gajah oling digambarkan dengan bentuk menyerupai clurit yang letaknya di Blambangan atau bagian tengah udheng. Motif tersebut memiliki makna  perputaran hidup untuk mencapai harmoni dan kesempurnaan,” tutur Aekanu lagi.

Fakta unik dan menarik lainnya desa Osing sekarang menjadi sentra batik Banyuwangi dan memiliki 22 motif seperti sembruk cacing, gajah oling, umah tawon, kopi pecah, gedheg’an, gajah mungkung, paras gempal, srimpet, wader kesit, kangkong setingkes, lakaran, juwono, gringsing, garuda mungkur, dan sekar jagad. Wah ternyata batik Banyuwangi punya keunikan tersendiri yah, tertarik menggunakannya? Yuk mulai gunakan sekarang apalagi hari ini Hari Batik Nasional, kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikan batik Indonesia.

Santai

Bukan Hanya Kisah Mistis, Desa Osing Ini Juga Terkenal dengan Atraksinya yang Eksotis

Chrystina Yohana Limas | 2 jam yang lalu
Bukan Hanya Kisah Mistis, Desa Osing Ini Juga Terkenal dengan Atraksinya yang Eksotis

Desa Osing yang viral karena dikaitkan dengan kisah mistis KKN di Desa Penari ini ternyata memiliki banyak keunikan yang sempat Feedy bahas beberapa hari yang lalu. Salah satu keunikannya adalah atraksinya yang eksotis.

FeedMe.id, Jakarta- Atraksi yang masih dijaga sampai saat ini di zaman serba modern dan digitalisasi. Atraksi ini adalah tradisi yang dijalankan turun temurun dan kesemuanya masih asli, murni, tanpa ada intervensi dari pihak luar, berikut ulasannya:

Atraksi Tradisi Gedhogan

Ini adalah atraksi yang dilakukan oleh para perempuan berkebaya dengan memukul-mukul lesung dan alu sehingga menimbulkan bunyi yang enak didengar. Tradisi ini masih terjaga saat bercocok tanam, warga di sana menggelar tradisi selamatan berkali-kali. Dari sejak menanam benih padi, ketika padi sudah mulai berisi hingga masa panen. Para petani masih menggunakan ani-ani yang diiringi tetabuhan angklung dan gendang yang dimainkan di pematang sawah. Pada atraksi ini, para warga memainkan musik lesung yang juga menjadi kesenian yang masuk dalam warisan budaya asli suku Osing.

Barong Osing

Desa Osing memang memiliki banyak atraksi yang mampu menyedot perhatian traveler baik dalam maupun luar negeri yang datang. Selain gedhongan yang eksotis dan menyedot perhatian, atraksi barong ini juga mampu menyedot perhatian. Atraksi ini hampir mirip dengan kesenian reog asal Ponorogo. Berciri wujud singa bersayap dan bermahkota menunjukkan mata melotot, bertaring, dagu bergerak yang dimainkan dua orang. Kesenian barong ini sering dimainkan terutama dalam ritual Barong Ider Bumi.

Sepuluh Ewu Cangkir Kopi

Ini adalah festival yang diadakan setiap tahun GRATIS. Sebanyak 10 ribu atau sepuluh ewu cangkir kopi disajikan gratis bersama kudapan khas lokal di pelataran rumah setiap warga di desa Osing seperti kucur/cucur yang berwarna coklat agak gelap karena menggunakan gula aren, cenil kudapan yang disajikan dengan hidangan mirip sate ditaburi parutan kelapa, kue lepet, tape ekor, ketan kirip, klemben, percek berbahan dasar pisang mirip mie berwarna kuning atau kerupuk rujak buah gerobak, dll.

Agar menghasilkan citarasa kopi terbaik, cara penyajiannya harus seragam. Kopi disajikan dalam cangkir kecil berwarna putih, bergambar bunga yang khas dan ditutup agar panasnya lebih tahan lama. Cara minum kopi seperti ini adalah tradisi warga Osing Desa Kemiren yang merupakan suku asli Banyuwangi sejak zaman nenek moyang dahulu. Ada ungkapan dari nenek moyang mereka dalam bahasa Osing yakni “Welurine Mbah Buyut Kemire Ngombe Kopi Cangkir Tutup”, yang artinya adalah meminum kopi dengan cangkir yang ada tutupnya.

Cara pembuatan kopi Osing sendiri masih tradisional, Feedies. Kopinya disangrai tidak menggunakan wajan dari aluminium, tapi dari tembikar. Para penyangrai ini adalah mbah-mbah yang berumur kira-kira 65 s.d ≥ 70 tahun. Karena menggunakan tembikar, kopi Osing memiliki rasa yang berbeda, terlihat lebih hitam. Yang perlu kamu tahu ada makna filosofi dari warga Osing di balik festival sepuluh ewu cangkir kopi yaitu “sak corot dadi seduluran” yang artinya “sekali seduh kita bersaudara”, yaitu dengan meminum kopi yang disuguhkan sebagai symbol menyambung silaturahmi dan menambah persaudaraan. Meminum kopi khas warga Osing bukan saja pada festival Sepuluh Ewu Cangkir Kopi yang diadakan setiap tahun saja lho, Feedies. Kamu bisa menikmatinya dalam sebuah festival yang juga diadakan setahun sekali ini, yakni

Festival Tumpeng Sewu

Bukan hanya saja sebuah ritual adat yang menjadi tradisi berulang setiap tahun, namun festival ini menjadi atraksi wisata Banyuwangi yang dihadiri ribuan warga dari berbagai penjuru desa maupun wisatawan. Tumpeng sewu sesuai namanya menghidangkan seribu tumpengan yang ditutup daun pisang dilengkapi lauk khas warga Osing/Kemiren yakni pecel pithik dan sayur lalapan sebagai pelengkap.

Baik wisatawan dan warga desa Osing bersama-sama menikmati tumpeng di tengah jalan Desa Osing/Kemiren. Jadi mulai jam 17:30 WIB, jalan menuju desa adat Kemiren/Osing telah ditutup untuk Festival Tumpeng Sewu. Untuk siapapun yang ingin menuju desa ini harus berjalan kaki demi menghormati ritual adat ini. Sekitar jam 18:00 WIB atau tepatnya usai sholat Magrib, ritual dilangsungkan di bawah temaram api obor, dan semua orang duduk bersila di atas tikar ataupun karpet yang digelar di depan rumah.

Sebelum makan tumpeng sewu, warga diajak berdoa agar desa mereka dijauhkan dari segala bencana dan sumber penyakit karena ritual tumpeng sewu diyakini merupakan selamatan tolak bala. Setiap rumah warga desa Osing minimal mengeluarkan satu tumpeng yang diletakkan di depan rumahnya. Usai berdoa yang dibacakan sesepuh dari masjid di desa setempat, warga dipersilakan makan tumpeng bersama. Festival Tumpeng Sewu ini adalah tradisi adat Suku Osing, suku asli warga Banyuwangi di desa Kemiren yang juga dikenal dengan nama Desa Osing, digelar seminggu sebelum Idul Adha.

Festival Gandrung Sewu

Ini adalah festival pertunjukkan tari kolosal Banyuwangi yang ditampilkan oleh seribu lebih penari dengan tetabuhan Gamelan Osing, sesuai dengan nama festivalnya, gandrung sewu, dimana sewu berarti seribu. Festival ini sudah dimulai sejak tahun 2012, di mana pertunjukkan selalu diadakan di pantai Boom Marina dengan latar pemandangan indah pantai dan selat Bali, dari siang hingga matahari terbenam.

Festival tarian ini sebenarnya adalah wujud syukur warga atas tanah yang subur dan hasil panen yang melimpah. Tema dari pertunjukkan ini pun selalu berbeda setiap tahunnya. Kalau tahun lalu bertema kepahlawanan yaitu Layar Kumendung, tahun ini judulnya Panji Panji Sunangkoro diselingi drama kolosal.

Nah itulah atraksi yang ada di Desa Kemiren/Osing, Banyuwangi. Kalau ke sana bulan Oktober ini jangan lupa menonton Festival Gandrung Sewu yang jadi latar kisah misteri KKN di Desa Penari oleh Simpleman tanggal 12 Oktober 2019.

TOP