Viral

Kamu Tahu Gak kalau Besok dan Lusa Punya “Saudara”?

feedme-id-besok
Dibaca 1.9K

Pssst, kamu tahu gak sih, kemarin, hari ini, besok, dan lusa ternyata punya “saudara”? Nah, “saudara” mereka ini adalah hari ketiga dan keempat setelah hari ini. Sebenarnya kedua “saudara” ini udah ada sejak dulu, tapi orang jarang mengetahuinya. Hmmm, wajar sih, namanya juga asing dan agak aneh. Feedy jamin kamu pasti juga belum pernah dengar. #EdisiBahasa9

FeedMe.id, Jakarta – Kita biasa menyebut “besok” untuk satu hari setelah hari ini dan “lusa” untuk dua hari setelah hari ini, tapi bagaimana dengan tiga dan empat hari setelah hari ini? Ternyata, ada istilahnya sendiri lho, Feedies, untuk menyebut hari-hari itu. Dengan kata lain, besok dan lusa juga punya “saudara”.

Soal “saudara” ini ternyata memang udah ada dari dulu, Feedies. Namun, namanya kurang populer. Makanya orang lebih suka menyebut “habis lusa” atau “lusa, besoknya lagi”. Kamu juga pasti begitu, kan? Bukan cuma punya nama sendiri yang jarang terdengar, para “saudara” dari besok dan lusa juga punya nama lain. Penasaran? Ini nih namanya!

Baca juga: Tiga Trik Biar Kamu Gak Bingung Nulis “Di” Dipisah atau “Digabung”

Tulat atau Langkat

Itu apa, ya? Foto: Shutterstock

Itu apa, ya? Foto: Shutterstock

Waduh, apaan, tuh? Menurut Kamus Besar Bahasa Indosia (KBBI) daring (online) versi Kemendikbud, tulat adalah hari sesudah lusa alias tiga hari seteah hari ini. Tulat punya nama lain, yakni langkat, yang artinya juga hari sesudah lusa. Ingat, tulat, bukan tulalit. Langkat, bukan lengket.

Untuk pemakaiannya, kamu bisa menggunakan salah satunya. Misalnya, “Kita pergi berenang lusa atau tulat, nih?” atau juga “Eh iya, tugas yang ini dikumpulnya masih lama, kan? Langkat kalau gak salah.”

Baca juga: Pssst, Ini Kosa Kata Baru di KBBI yang Wajib Kamu Tahu!

Tubin atau Tungging

Liburan tanpa gadget, kenapa enggak? GIF via Giphy

Tungging, kenapa enggak? GIF via Giphy

Setelah tulat atau langkat, ada tubin (bukan turbin, ya). Sama seperti hari sesudah lusa, tubin juga punya nama lain, yakni tungging. Eits, bukan nungging ya, Feedies. Masih menurut KBBI versi Kemendikbud, tubin dan tungging artinya hari keempat setelah hari ini atau hari setelah tubin.

Kamu bisa memilih salah satu untuk pemakaiannya nih, Feedies. Misalnya, “Tubin ini gue mau jalan sama pacar,” atau juga “Aku mau jalan sama kamu tapi tungging, ya.”

Baca juga: Kamu Pasti Gak Sadar kalau Salah Menggunakan Lima Kata Ini

Memang terdengar asing banget sih, Feedies. Namun, kamu harus membiasakannya. Paling enggak, kamu jadi tahu kalau selain kemarin, hari ini, besok, dan lusa, masih ada sebutan untuk hari-hari lainnya. Kamu berminat pakai “saudara”-nya besok dan lusa di atas? Atau lebih pilih “habis lusa” dan “Lusa, terus besoknya lagi”?

GEEQ.ID Channel Box

Most Popular

To Top